cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS" : 10 Documents clear
Analisis Peran Mengajar Guru Pada Peningkatan Motivasi Belajar Dan Kepedulian Lingkungan Siswa Tk Melati Ceria School Surabaya Asy’ari Asy’ari
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.6 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1938

Abstract

Abstrak: Tujuan pemulisan ini untuk megetahui analisis peran guru pada peningkatan belajar peserta didik di TK Melati Ceria School Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah 2 responden. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pernyataan yang relevan. Kemudian mtode peneltian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui penjabaran dan diolah menjadi sebuah kalimat yang lebih runtut.Maka dari kesimpulan hasi penelitian menunjukkan bahwa belajar yang menyenangkan anak dapat dengan mudah menerima materi-materi yang diberikan tanpa adanya rasa malas pada diri anak karena ketertarikan mereka pada suasana belajar tersebut. Anak tidak akan memberontak untuk berangkat kesekolah. Dengan adanya pembelajaran diluar kelas atau diluar wilayah sekolah berupa karya wisata akan membuat anak tambah semangat dam termotivasi belajar dan mereka tertarik untuk mengetahui dan memperluas pengetahuannya tentang hal-hal lain yang ada disekitarnya. Tumbuhanya motivasi belajar karena peran guru yang profesiona memiliki kecakapan verbal dan non-verbal dengan menciptakan setrategi yang menyesuaikan kebutuhan anak dan menjadikan suasana pembelajar yang menyenangkan. 
Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Dwp Klampok Benjeng Gresiktahun Pelajaran 2015/2016 Mariya Ulfa
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.844 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1963

Abstract

Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B TK DWP Klampok Benjeng.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka.Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 anak. Hasil analisa data bahwa : 1) perencanaan pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran. 2) langkah pembelajaran antara lain : melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, 3) peningkatan kemampuan dengan indikator : menyebutkan angka 1-10, menunjukkan angka 1-10, dan mengurutkan angka 1-10 dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini dengan menggunakan media kartu angka  di TK DWP Klampok Benjeng  yaitu anak mengenal angka 1-10 mencapai 93%.
Tanggung Jawab Negara Atas Hak Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus A’an Efendi; Dwi Nurhayati Adhani
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.099 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1940

Abstract

Hak atas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dapat dilihat dari dua sisi. Bagi anak berkebutuhan khusus sebagai pemegang hak ia tidak hanya dapat berharap hak itu diperolehnya tetapi dapat menuntut pelaksanaanya. Dari aspek negara, negara terikat kewajiban hukum untuk menghormati dan melaksanakan hak itu. Kegagalan melaksanakan kewajiban hukum yang berakibat timbulnya kerugian bagi pemegang hak menyebabkan negara dapat dibebani tanggung jawab hukum untuk memberikan ganti kerugian. Hak atas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus adalah hak konstitusional yang dijamin konstitusi yang selanjutnya harus diatur penjabarannya lebih lanjut dalam peraturan perundang-undangan di bawah konstitusi. Pengaturan hak dalam aturan-aturan hukum yang mengikat itu harus ditindaklanjuti dengan tindakan pelaksanaan hak supaya tidak sekadar menjadi hak di atas kertas.
Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A TK DWP Kedungrukem Benjeng Gresik Tahun Pelajaran 2015/2016 Nur Faizatin
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.74 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1964

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah siswa Kelompok A TK DWP Kedungrukem Benjeng Gresik melalui kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti melipat kertas dan melipat berbagai macam lipatan kertas. yang disesuaikan dengan tema sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan kemampuan melipat kertas pada anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan  pembelajaran dengan melipat kertas yang berlangsung. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil 57% peningkatan kemampuan melipat kertas dan pada siklus II diperoleh hasil 80% peningkatan kemampuan melipat kertas, dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena telah mencapai target indikator penelitian sebesar 80%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kegiatan  melipat kertas (origami) sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan melipat kertas/origami pembelajaran permulaan yang menarik dan menyenangkan anak. Guru juga hendaknya mampu menciptakan lingkungan pembela-jaran yang nyaman dan menyenangkan bagi anak.
Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Veronica, Nina
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.002 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu untuk diberikan stimulasi sejak anak usia dini. Perkembangan kognitif berhubungan dengan pola berfikir, pemecahan masalah dan imajinasi anak. Perkembangan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permainan, karena bermain merupakan hal yang dekat dengan anak dan dunia anak adalah dunia bermain. Permainan tidak semuanya berdampak baik bagi anak, sehingga orang tua dan guru harus mengetahui tujuan dan manfaat dari permainan itu sendiri bagi anak. Dalam kajian teori berikut akan membahas tentang permainan yang sesuai dengan kebutuhan anak terutama untuk mengembangkan aspek kognitif anak usia dini.
Resiko Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Pada Pernikahan Usia Anak Di Kawasan Marginal Surabaya Rahayu, Aristiana Prihatining; Hamsia, Waode
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.643 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1965

Abstract

Di Indonesia, angka perkawinan usia anak telah mengalami penurunan lebih dari dua kali lipat dalam tiga dekade terakhir tetapi masih merupakan salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Menurut Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012 dalam Analisis Data Perkawinan Usia Anak di Indonesia menunjukkan bahwa di antara perempuan pernah kawin usia 20-24 tahun, 25 persen menikah sebelum usia 18 tahun . Sementara itu, berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, 17 persen perempuan pernah kawin usia 20-24 tahun, menikah sebelum usia 18 tahun.Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor pendorong pernikahan anak dan mendeskripsikan berbagai bentuk kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang banyak menimpa perempuan (istri) yang menikah pada usia anak/dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Sample diambil secara purposive, yakni perempuan yang berusia 12-35 tahun, yang menikah pada usia 12-18 tahun.Hasil penelitian menunjukkan bahwa para perempuan yang menikah pada usia anak dini, sangat beresiko mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dengan pelaku mayoritas adalah suami (pasangan). Kekerasan psikis adalah kekerasan yang paling banyak terjadi, disusul kekerasan fisik dan kekerasan seksual. Maka peningkatan kesejahteraan masyarakat yang disertai dengan makin terjangkaunya layanan pendidikan bagi masyarakat miskin, peningkatan nilai spiritualitas dalam masyarakat akan mampu mengurangi angka pernikahan anak.
Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak Jatmikowati, Tri Endang
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.361 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Abstract

Pentingnya peran orang tua dalam pengembangan potensi anak bisa dimulai sejak anak masih usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara efektifitas komunikasi orang tua terhadap kepribadian intrapersonal anak. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B1 / usia 5-6 tahun Sekolah PAUD Terpadu Aisyiyah Kaliwates Kabupaten Jember sebanyak 18 orang, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian dengan koefisien korelasi menunjukkan 0,900, dengan taraf kesesatan 5% = 0,514, hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi searah yang positif antara kedua variabel tersebut, artinya tingginya nilai komunikasi efektif orang tua akan diikuti pula oleh tingginya nilai atau tingkat kecerdasan intrapersonal anak. Melalui pembiasaan dan kesadaran orang tua untuk melakukan komunikasi yang efektif kepada anak, mampu membantu anak untuk mengembangkan kemapuan intrapersonal.
PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA SENI DAN KREATIFITAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A DI RA ROUDLOTUL HAMDI REMBANG PASURUAN Gusmaniarti, Gusmaniarti
Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.537 KB) | DOI: 10.30651/pegi.v4i2.1942

Abstract

Studi ini mengangkat tentang pengaruh pembelajaran sentra seni dan kreativitas terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini khususnya usia 4-5 tahun. Kesenjangan antara hasil yang di dapat dengan kenyataan yang ada di lapangan untuk mengembangkan kemampauan sosialemosional anak menjadi latar belakang penelitian pembelajaran sentra khususnya sentra seni dan kreativitas dapat membantu perkembangan sosial emosional anak karena saat bermain sentra seni dan kreativitas misal : dalam kegiatan berkreasi dan beriamajinasi dengan teman- temannya anak lebih intens dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.???????? Metode penelitian yang di pakai adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan satu variabel bebas yaitu perkembangan sosial emosional anak. Sedangkan populasinya adalah semua siswa kelompok A dan kelompok B di RA Roudlotul hamdi Rembang dengan sampelnya 20 anak di kelompok A.yang mana sampel ini nanti di bagi 2 kelompok experimen dan kelompok kontial.???????? Uji Statistik yang di gunakan adalah uji validitas menggunakan rumus korelasi product momen,uji rellabilitas menggunakan alpha clonbach,uji normalitas wilcoxon signed rank dan uji hipotesis menggunakan analisis wilcoxon.???????? Dilihat dari angka ? angka statistik yang di hasilkan maka peneliti mengumpulkan ada pengaruh pembelajaran sentra seni dan kreativitas terhadap perkembangan sosialemosional anak dengan skor rata-rata yang muncul sebelum treatmen (Preetest) adalah 26,00 dan skor rata-rata yang muncul setelah treatmen (Posttest) adalah, 356,00.
Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini Naili Sa’ida
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.829 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1937

Abstract

Bahasa adalah alat untuk berpikir, mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Bahasa mencakup setiap sarana komunikasi dengan menyimbolkan pikiran dan perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain. Perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak memiliki hubungan yang erat. Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses berpikir anak. Dengan bahasa anak dapat lebih mudah memahami suatu informasi maupun kemampuan yang baru. Kemampuan berbahasa seseorang banyak dipengaruhi oleh kapasitas kemampuan kognitifnya. Besarnya kesempatan yang diperoleh untuk melakukan proses belajar dari lingkungannya mempengaruhi kemampuan berbahasa anak.Kata Kunci: bahasa, kognitif, anak usia dini 
Revitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Wayang Kardus Untuk Pemahaman Nilai Moral Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk ‘Aisyiyah 3 Surabaya Vitis Indra Qomariyanti; Wahono Wahono; Tri Kurniawati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, No 2 (2018): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.732 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v4i2.1943

Abstract

Penerapan metode bercerita melalui media wayang kardus berbasis cerita rakyat untuk mencegah terjadinya degradasi moral pada anak usia dini, sekaligus mengenalkan nilai moral dalam cerita rakyat, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Media ini merupakan teknologi pembelajaran yang diangkat dari kesenian tradisional dan telah diinovasi ke dalam dunia anak dengan bahan, bentuk karakter, warna menarik dan berbeda dari tokoh wayang sesungguhnya. Sederhananya penelitian ini akan menjawab pertanyaan berikut, bagaimana wayang kardus berbasis cerita rakyat nusantara menjadi sebuah media terhadap metode pengembangan bahan ajar nilai  moral bagi anak usia dini.Konsep pembentukan kepribadian melalui nilai afektif dalam pengembangan moral, menggunakan indikator untuk menganalisis sejauh mana kemampuan anak usia dini dalam memahami nilai afektif yang terdapat dalam cerita rakyat nusantara. Wayang kardus berbasis cerita rakyat dapat mengenalkan sekaligus menanamkan nilai agama moral dalam pembelajaran di usia dini, untuk mencegah degradasi moral sejak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10