cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 10 Documents clear
Strategi Komunikasi Pengelola Baitul Mal dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Rubino Rubino; Sahirman Sahirman; Iryuha Tantawi; Rachmawati Novaria
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13306

Abstract

Strategi komunikasi yang digunakan baik oleh individu maupun secara lembaga sangat menentukan terhadap keberhasilan tujuan yang ingin dicapai dari komunikasi tersebut. Maka dari itu perlu sebuah pengkajian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pihak Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues dalam mengidentifikasi para mustahiq zakat sehingga penyaluran zakat itu tepat sesuai sasaran. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data deskriptif. Hasil penelitian strategi komunikasi yang dilakukan oleh Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues yaitu komunikasi persuasif dan komunikasi kelompok, dengan melakukan sistem pendekatan secara kekeluargaan dan kemudian membentuk sebuah kelompok untuk memudahkan dalam mensosialisasikan program yang akan dilaksanakan. Strategi selanjutnya penerimaan dan penyaluran dana zakat kepada muzakki dengan cara yang mudah yaitu dengan menyiapkan Nomor  rekening Bank, kemudian pelaksanaan penyaluran. Kemudian tahapan pembinaan ini dilakukan oleh Baitul Mal dengan dua tahap yakni mendatangi langsung mustahiq kemudian memberikan pelatihan dalam mengembangkan    usahanya. Dengan adanya hasil penelitian ini bisa dipahami oleh semua pihak bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh pihak Maitul Mal Kabupaten Gayo Lues sangat menentukan terhadap keberhasilan kinerjanya.
Relasi Kuasa Dan Dinamika Isi Media Studi Ekonomi Politik Media Di Metro TV Pada Program Metro Siang Muhammad Wahdan; Dessy Linda; Bachtiar Febriana
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13117

Abstract

The media is a public facility that functions to meet the public's need for information and is a pillar of democracy. However, in the industrial structure, the media is no longer seen based on its use value, but is focused on the exchange rate in obtaining economic benefits. The media and the press as the 4th pillar of democracy and tools of social control, their independence is continuously stripped by economic and political interests. The purpose of this study is to determine the power relations and dynamics of media content in the study of the political economy of media on Metro TV in the Metro Siang program. The research method uses a qualitative descriptive research type using an approach to the study of political economy. Data collection techniques for primary were through interviews with Metro Siang program producers on Metro TV, media experts, and secondary data through observation and literature on Metro TV. The results of this study can be concluded that Metro TV as a media corporation cannot avoid intervention by the interests of the owners of capital and power. Political Economy and Power Relations are two things that a media corporation like Metro TV must continue to play properly in order to continue to win the competition between media.
Keefektifan Komunikasi Interpersonal dalam Menyelesaikan Konflik Suami Istri Sy. Nurul Syobah; Agus Bambang Nugraha; Rina Juwita; Kamsiah Kamsiah; Karimuddin Abdullah Lawang
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13307

Abstract

Dalam komunikasi tidak mungkin dielakkan pasti terjadi silang pendapat serta pandangan  yang setelah itu bisa memusatkan pada terbentuknya sengketa atau konflik. Konflik itu merupakan perihal yang tidak bisa dihindarkan dalam seluruh ikatan berumah tangga. Pantas disayangkan kalau dalam pandangan masyarakat menyangka konflik suatu hal yang wajib dijauhi, namun sesungguhnya konflik juga bisa bersifat positif serta membuat ikatan perkawinan jadi lebih berarti. Riset ini beranjak dari kerangka kejadian terjadi persengketaan suami istri sebab seerat apapun dalam ikatan perkawinan tentu diantara mereka tetap menghadapi perselisihan. Oleh sebab itu, peneliti mau menelaah pemakaian komunikasi interpersonal dalam penanganan persengketaan suami istri. Metodologi riset yang dipakai adalah metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Hasil penelitian membuktikan cara menyelesaikan persengketaan dengan metode mengutarakan perasaan, membuka diri buat menyambut dan menerima pendapat lain, berlagak empati, menekur serta paham, dan akur. Proses komunikasi yang dilakukan demikian dalam ilmu komunikasi disebut dengan metode komunikasi interpersonal. Sehingga hasil penelitian dinyatakan sangat penting penggunaan metode tersebut karena memberikan solusi yang baik secara efektif untuk menyelesaikan konflik suami istri.
Fenomena Halo Effect Terhadap Hijaber Pengguna Aplikasi Kencan Maudy Bunga Rosmita Saragih
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.12320

Abstract

This research is based on the film Tinder Swindler which tells the story of a con artist who ensnares his victims through a dating app by giving a good impression. This study extends previous research by examining how hijabers prioritize the information listed on dating application profiles compared to the facial profiles used. Methods This research uses a post-postivist paradigm with a qualitative approach. Participants in this study consisted of 8 participants. This research uses in-depth interviews both offline and online. In addition to interviews, data collection was carried out by means of a literature study. The results of this study indicate that trust will be given when individuals feel interested and feel they have the same thing in common. For hijabers who are already willing to get married or not, they think that their background, similarities to each other, and all the information written on a dating app profile gives a first impression and therefore affects how users perceive other qualities about that person. The phenomenon of the halo effect can be a boomerang for individuals who do not seek clear information related to new people they meet.
Pengaruh Program Kabar Pandemi Corona tvOne Terhadap Peningkatan Literasi Media Masyarakat Kota Medan di Era Digital Nofri Affandi; Rahmanita Ginting; Arifin Saleh
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13147

Abstract

Saat ini di tengah pandemi COVID-19, informasi hoaks kerap kali menjadi konsumsi publik, sehingga kesalahan informasi dan fitnah terus berkembang, dan menyebabkan banyaknya konspirasi yang tersebar di masyarakat, terutama di media sosial dan bahkan dipercaya oleh khalayak ramai. Salah satu stasiun televisi yang menayangkan program khusus COVID-19 yaitu tvOne “Kabar Pandemi Corona” yang tayang setiap hari mulai 15.30 hingga 16.00 WIB. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan variabel (x) program kabar pandemi corona tvOne dan variabel (y) literasi media masyarakat kota Medan, dengan metode survey dan berlandaskan teori uses and effect dan literasi media. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang masyarakat yang tinggal di 3 kecamatan dengan kasus konfirmasi COVID-19 terbanyak di kota Medan. Uji hipotesis menggunakan uji validitas, reliabilitas, linearitas, normalitas, regresi linear sederhadana, uji korelasi product momen pearson, uji t dan uji koefisien determinansi. Hasilnya adalah program kabar pandemi corona tvOne secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan literasi media masyarakat kota Medan di era digital, dengan nilai Signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,433 > ttabel 1,660, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji koefisien determinasi, variabel X berpengaruh sebesar 36,1 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kemampuan Literasi Media Sebagai Upaya Mengantisipasi Cybercrime Pada Remaja Di Kota Medan Fadhil Pahlevi Hidayat; Sigit Hardiyanto; Faizal Hamzah Lubis; Abrar Adhani; Zulfahmi Zulfahmi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.12904

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi & informasi di saat ini telah membuat manusia berada pada kehidupan yang serba praktis dan efisien, terutama hadirnya media sosial. Dampak negatif yang hadir karena media sosial adalah cybercrime. Cybercrime merupakan sebuah kejahatan yang dilakukan menggunakan jaringan atau internet. Untuk mengantisipasi permasalahan cybercrime pada remaja maka diperlukannya kemampuan literasi media. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi media pada remaja dalam upaya mengantisipasi Cybercrime di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan literasi media pada remaja dalam upaya mengantisipasi Cybercrime di Kota Medan berada pada level basic, yakni tingkat kemampuan remaja untuk menganalisis konten-konten media atau informasi terkait dengan cybercrime cukup baik namun masih terbatas sesuai pengetahuan yang mereka miliki saja serta tidak memiliki pemikiran yang kritis terkait cybercrime tersebut.
PEMBERITAAN KAMPANYE PUAN MAHARANI DI LOKASI BENCANA SEMERU PADA MEDIA KOMPAS.COM Bachtiar Romadhon Istiyadi; Yuli Candrasari
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13180

Abstract

(Analisis Resepsi Penerimaan Khalayak Tentang Pemberitaan Kampanye Puan Maharani di Lokasi Bencana Semeru pada Media Kompas.com)
Pengaruh Dakwah Di Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Religiusitas Remaja Di Demak Lutfiana Allisa; Agus Triyono
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13070

Abstract

Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang berkembang dengan cepat di dunia. Dunia dakwah juga memanfaatkan media sosial guna menjangkau kaum milenial. Pemanfaatan media sosial sebagai media untuk berdakwah telah dilaksanakan oleh banyak pendakwah di Indonesia, salah satunya adalah Husain yang merupakan pendakwah muda dengan menjadikan Tiktok sebagai media dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dakwah di media sosial Tiktok terhadap tingkat religiusitas di Demak. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh remaja di Demak. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah 97 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah di media sosial memiliki pengaruh positif terhadap tingkat religiusitas remaja. Dengan demikian, semakin tinggi terpaan tayangan dakwah di media sosial, maka tingkat religiusitas seorang remaja akan turut meningkat.Kata Kunci: Dakwah, Media Sosial, Religiusitas.
Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Facebook Terhadap Brand Image Coffee House Hafidz Ramadhan Budiarto; Luluatu Nayiroh; Flori Mardiani Lubis
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13295

Abstract

Tujuan dari penelitian ini supaya dapat mengetahui E-WOM mempengaruhi citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh teori AISAS. Purposive sampling digunakan dalam proses pengambilan sampel. Partisipan dalam penelitian ini adalah pengguna Facebook yang merupakan penggemar Kopi Wirajuara. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan media Google Forms. Sampel yang dipperoleh sebanyak 100 responden memberikan tanggapannya. Setelah itu digunakan SPSS 26 untuk mengolah data. Nilai t hitung yang diperoleh senilai = 2,527 dan Sig = 0,013 menunjukkan bahwa interest dalam electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand Image, seperti yang ditunjukkan oleh temuan penelitian ini. Share dalam E-WOM mendapat nilai sig 0,020 dan nilai t 2,372. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Brand Image Coffee House Wirajuara dipengaruhi oleh E-WOM.
Peran Jurnalis Lokal dalam Peliputan Isu-Isu Deforestasi di Aceh Barat Al Zuhri; Putri Maulina; Anhar Fazri; Haris Fadhillah; Mohammad Fikrullah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i1.13102

Abstract

Berdasarkan catatan Global Forest Watch, Indonesia dalam lima tahun terakhir menduduki peringkat keempat di dunia sebagai negara yang mengalami deforestasi terbesar. Sementara itu pula, Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia khususnya di Sumatera yang memiliki jumlah tutupan hutan setiap tahunnya. Deforestasi di Aceh terjadi melalui berbagai cara, seperti illegal logging, kebakaran hutan, atau konversi lahan hutan menjadi perkebunan. Media yang seharusnya berfungsi sebagai pendidik, pengawas, dan pemberi informasi, ternyata tidak memberikan liputan yang memadai tentang kasus perusakan hutan di Aceh. Dari pengamatan awal peneliti terhadap tiga media lokal, selama lima tahun terakhir sangat sedikit media lokal yang meliput berita tentang perusakan hutan dengan kualitas liputan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana penerapan profesionalisme jurnalis dalam meliput kasus deforestasi di Aceh Barat, kendala dan solusi jurnalis dalam menghadapi tantangan pemberitaan kasus deforestasi di lapangan. Profesionalisme jurnalis dalam kasus deforestasi dapat dikaji dari sudut pandang sains dan jurnalisme lingkungan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengungkap pengalaman jurnalis selama meliput di lapangan melalui wawancara mendalam, focus group discussion, dan dokumentasi terhadap enam wartawan lokal yaitu dari TV One, TVRI Aceh, Puja TV, RRI Aceh Barat, AJNN, dan Catat.co. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan jurnalisme berbasis sains dan lingkungan terlihat tidak ideal diterapkan oleh jurnalis di Aceh Barat dengan berbagai kendala dan tantangan. Adapun hal yang peneliti temukan mengenai beberapa tekanan yang menjadi kendala dan tantangan bagi jurnalis lokal dalam menerapkan jurnalisme berbasis sains dan lingkungan pada pemberitaan kasus kerusakan hutan dan lingkungan diantaranya kemandirian, akses informasi, kerjasama dengan berbagai sumber informasi, dan pelatihan khusus bagi jurnalis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10