cover
Contact Name
Eko Pramudya Laksana
Contact Email
pramudyalaksana29@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jkbk.fip@um.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling
ISSN : 25484311     EISSN : 25033417     DOI : -
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, ISSN 2503-3417 (online), ISSN 2548-4311 (print), is a peer-reviewed journal which publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double blind review method. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling is published by Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Malang in collaboration with Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016)" : 6 Documents clear
EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA SMP Retno Winarlin; Blasius Boli Lasan; Widada Widada
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.942 KB)

Abstract

Abstract: This research aims to discover the effectiveness of group-counseling sociodramas to reduce verbal aggressive acts of junior High School students. The research design used is quasi-experiment, which is one Group Pre-test Post-test Design. The treatment given to experimental group is sosiodramas. Researcher  does a measurement before and after the treatment given to see whether there is a change shown by research subjects. the subjects are 16 eight-graders of SMP Negeri 15 Malang with high verbal aggressiveness scores. The pre-test and the post-test is in the form of verbal aggressive acts inventory which are done once each. Treatment giving is done in five meetengs. The analysis result using SPSS 16 for windows, Wilcoxon Signed Ranked Test score shows different value (Z= -3.517a) with 0.000 (P= 0.000 < 0,05), which proves group-counseling sociodramas are effective to reduce verbal aggressive acts of Junior High School students.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yaitu one Group Pretest Postest Design. Treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah teknik sosiodrama. Peneliti melakukan pengukuran sebelum dan setelah perlakuan untuk melihat perubahan subyek penelitian. Subyek penelitian sebanyak 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang yang memiliki skor agresivitas verbal tinggi. Pretest dan postest berupa inventory perilaku garesif verbal yang masing-masing dilaksanakan sekali. Pemberian treatment dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Dari hasil analisis SPSS 16 for windows, nilai uji Wilcoxon Signed Rank Test dapat diketahu nilai beda  (Z= -3.517a) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (P= 0.000 < 0,05) menunjukkan bahwa teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p068
PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI KETERBUKAAN DIRI UNTUK SISWA SMP Roichatul Jannah; Ella Faridati Zen; Muslihati Muslihati
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.344 KB)

Abstract

Abstrak: Studi pengembangan ini menghasilkan panduan untuk konselor dan media permainan simulasi keterbukaan diri yang digunakan untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall (1983): melakukan analisis kebutuhan, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji ahli (ahli materi BK & ahli media), hasil uji ahli dan uji calon pengguna produk (konselor), revisi produk, uji lapangan awal dan revisi produk akhir panduan permainan simulasi dan media permainan simulasi, berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna, dapat disimpulkan bahwa panduan permainan simulasi untuk konselor dan media permainan simulasi ini sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Karena itu permainan simulasi keterbukaan diri untuk siswa SMP sangat layak digunakan sebagai layanan bimbingan oleh konselor kepada siswa.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p074
PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN SOFT-SKILLS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KOTA MATARAM Anik Darmiany
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.652 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pelatihan soft-skill khususnya keterampilan komunikasi dan kendali emosi siswa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di kota Mataram. Metode penelitian dan pengembangan dilakukan melalui tiga tahap dari sepuluh langkah Borg & Gall yaitu, (1) penelitian awal (analisis kebutuhan), (2) pengembangan model pelatihan, (3) uji coba dan evaluasi model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pelatihan soft-skill menghasilkan pedoman pelatihan untuk konselor dan siswa, serta materi pelatihan soft-skill yang memenuhi kriteria akseptabel dari kegunaan, kemanfaatan, dan kelayakan. Disamping itu hasil penelitian menunjukkan pula bahwa terdapat perbedaan skor antara pre-test dan post-test keterampilan mengelola emosi dari tidak terampil menjadi sangat trampil, dan keterampilan komunikasi dari tidak terampil menjadi cukup terampil.Abstract: Research and development is aimed to produce soft-skills training models especially in communication skills and emotional control student junior high school (SMP) in Mataram city. Research and development method is carried out through three stages from the ten steps of Borg & Gall, they are; (1) the preliminary research (needs analysis), (2) the development of training model, (3) Model evaluation and try out. The results show that the development of soft-skills training model develop training manual for counselors and students, as well as soft-skills training materials that meet acceptable criteria of usability, usefulness and feasibility. Besides, the results showed also that there is a difference in scores between pre-test and post-test in skills at managing emotions from unskilled to be very skilled, and communication skills from unskilled become quite skilled.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p047
PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN EFIKASI DIRI DALAM HUBUNGAN PERTEMANAN MELALUI STRATEGI EXPERIENTIAL LEARNING BAGI SISWA SMP Layli Novita; Nur Hidayah
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.184 KB)

Abstract

Abstract: The research aims to develop self-efficacy training guides in friendship through experiential learning strategies for junior high school students, so that the counselor can use it as a media of social guidance services for the student especially to improve his confidence in the friendship. This training guide is printed teaching materials containing substance, operational measures, and the evaluation. The procedur of this developmental research is adapted from Borg and Galls (1983) which did in 3 step; 1) plannin;(2) developmental product; and (3) try out of the product. Based on the results of data analysis from expert assessment and potential users as well as revisions that are made in accordance with the advice and input to the product, it can be concluded that this training guide meets the good acceptance criteria and effectively proven in improving students self-efficacy in peer friendships.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP, sehingga konselor dapat menggunakannya sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial kepada siswa khususnya dalam meningkatkan keyakinan diri di dalam hubungan pertemanan. Panduan pelatihan ini adalah bahan ajar berbasis buku cetakan yang berisi materi, langkah kegiatan, serta evaluasi.Prosedur penelitian dan pengembanganpanduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan ini  mengadaptasi pengembangan Borg and Gall (1983) yang dilakukan dalam 3 tahapan yaitu, (1) perencanaan pengembangan produk, (2) pengembangan produk, dan (3)Uji Coba Produk. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna serta revisi-revisi yang dilakukan sesuai dengan saran dan masukan terhadap produk ini, dapat disimpulkan bahwa panduan pelatihan ini memenuhi kriteria keberterimaan yang baik dan terbukti efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa didalam hubungan pertemanan sebaya.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p079
HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMAN 1 GARUM KABUPATEN BLITAR Dinar Permadi Utomo; Harmiyanto Harmiyanto
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.796 KB)

Abstract

Abstract: This study uses descriptive correlational study in order to describe and to know whether or not interpersonal communication skills affect students’ self-confidence. The subject of the study includes the whole students of 10th grade at SMAN 1 Garum in the 2015/2016 academic year. The data analysis used in this study is descriptive analysis technique and Pearson product moment correlation. The result of the study shows that most of 10th grade students at SMAN 1 Garum of Blitar Regency have high level of interpersonal communication skills. In terms self-confidence, it is found that most of 10th grade students of SMAN 1 Garum of Blitar Regency also pose high level. The study suggests that there is significant correlation between interpersonal communication skills and self-confidence of 10th grade students at SMAN 1 Blitar of Blitar Regency. The result of the study shows that students with high level of communication skills also pose high level of self-confidence.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengetahui ada tidaknya hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal tinggi. Sebagian besar siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Hal ini membuktikan bahwa siswa yang memiliki keterampilan komunikasi tinggi maka rasa kepercayaan dirinya tinggi.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p055
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, EFIKASI DIRI AKADEMIK, HARGA DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTA MALANG Rahmawati Husnul Khotimah; Carolina Ligya Radjah; Dany Moenindyah Handarini
Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.454 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to determine the relationship between academic self-concept, academic self-efficacy, self-esteem and academic procrastination. To achieve these goals, used a correlational study design. The population used in the study are students of Junior High School in Malang, the sample totaled 393 students obtained through a multistage random sampling method of sampling. To measure academic self-concept, academic self-efficacy, self-esteem and academic procrastination, use a scale of academic self-concept, academic self-efficacy scale, the scale of self-esteem and academic procrastination scale that has been tested for validity and reliability. The results showed that each variable that academic self-concept, academic self-efficacy and self-esteem negatively related to academic procrastination and together these three variables affect the academic procrastination.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ialah siswa SMP Negeri di Kota Malang, sampel penelitian berjumlah 393 siswa yang diperoleh melalui metode pengambilan sampel multistage random sampling. Untuk mengukur konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik, digunakan skala konsep diri akademik, skala efikasi diri akademik, skala harga diri dan skala prokrastinasi akademik yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel yaitu konsep diri akademik, efikasi diri akademik dan harga diri memiliki hubungan negatif terhadap prokrastinasi akademik dan secara bersama-sama ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik.Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p060

Page 1 of 1 | Total Record : 6