cover
Contact Name
M. Lutfi Firdaus
Contact Email
M. Lutfi Firdaus
Phone
-
Journal Mail Official
pascapendipa@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
PENDIPA Journal of Science Education
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 20869363     EISSN : 26229307     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher education and other educational institution. We encourage scientist, lecturer, teacher and student to submit their original paper to the journal. PENDIPA journal is published by Graduate School of Science Education - University of Bengkulu, three times a year on February, June and October
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER" : 30 Documents clear
Validitas dan Reliabilitas Motivated Strategies for Learning Questionaire (MSLQ) pada Mahasiswa Kedokteran Rima Kusuma Ningrum
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.421-425

Abstract

MSLQ sudah banyak divalidasi dalam berbagai bahasa dan juga telah digunakan sebagai penelitian di berbagai negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas MSLQ dalam Bahasa Indonesia pada mahasiswa kedokteran. Setiap butir pernyataan dalam MSLQ dinilai dengan menggunakan tujuh skala Likert.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran semester 2, 4 dan 6 yang berjumlah 219 mahasiswa dengan respon rate sebesar 190 mahasiswa (86,76%). Hasil penelitian menunjukkan 77 item pernyataan pada MSLQ konsisten mengukur motivasi dan strategi belajar. Reliabilitas MSLQ untuk dimensi motivasi adalah sebesar 0.89 dan strategi belajar sebesar 0,88. Dengan demikian, MSLQ merupakan kuesioner yang valid dan reliabel untuk mengukur motivasi dan strategi belajar pada mahasiswa kedokteran.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri tipe 5E berbasis Scaffolding sebagai Transfer Tanggung Jawab Kelas VIII di SMPN 1 Kota Jambi Desi Puspita Sari; Muhammad Rusdi; Evita Anggereini
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.359-365

Abstract

Penelitian tentang scaffolding ini bertujuan untuk mengetahui bantuan apa yang tepat diberikan guru kepada peserta didik dalam menguasai beberapa teknik belajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Scaffolding dapat berbentuk verbal ( fokus pada pengembangan bahasa), prosedural (teknik pengelompokan dan kerangka kegiatan), dan berbentuk tools ( alat yang mendukung pembelajaran ). Scaffolding dapat diberikan setelah melakukan dynamics assessment di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan mempersiapkan perancah proseduraldalam bentuk LKPD dan dipraktekkan di kelas dalam pembelajaran untuk mendapatkan dinamika fading dan transfer tanggung jawab komponen aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe 5E yaitu Engage, Explore, Explain, Elaborate, dan Evaluate . Penelitian ini merupakan tindakan tindakan kelas yang berlangsung secara tiga siklus. Tiap tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data tindakan guru dan tindakan siswa dalam bentuk lembar observasi dan data penelitian keterampilan kelompok dengan tahapan 5E melalui LKPD yang telah dirancang. Hasil penelitian menunjukkan adanya transfer tanggung jawab dari guru ke peserta didik.Pada akhirnya, memberikan evaluasi yang berkualitas, memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan tugasnya sebagai siswa dengan baik.
Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA Fitri Aldresti; Erviyenni Erviyenni; Sri Haryati
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.292-299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis collaborative learning yang valid untuk mata kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. (DDPMIPA). Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model 3-D (Three D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan 4-D Thiagarajan. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri atas tiga tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Rangkaian aktivitas pada e-LKM berbasis collaborative learning yang mendukung mahasiswa untuk aktif, saling berinteraksi, dan berkolaborasi dalam proses pembelajaran. Hasil pengembangan berupa tiga produk e-LKM dengan topik berbeda. Uji validasi menunjukkan bahwa e-LKM yang telah dikembangkan layak digunakan pada mata kuliah DDPMIPA dengan persentase validitas e-LKM 1 sebesar 92,36%, e-LKM 2 sebesar 86,11%, dan e-LKM 3 sebesar 87,50%.
Online Learning PBL Model with the STS Approach to Improve High School Students’ Critical Thinking Ability Gita Lorencia S.; Budi Jatmiko
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.459-465

Abstract

The research aims to describe the effectiveness of online learning PBL ( Problem Based Learning)model with STS (Science Technology Society) approach to improve students’ critical thinking ability. Research is Pre experimental with pre-test and post-test design conducted at Labschool UNESA High School in the academic year 2020/2021. The research sample consisted of 56 students of eleventh grade Natural Science. Collecting data is done through pre-test, applying the model PBL with the STS approach through the Google meet, and the last is post-test. Analysis data using paired t-test, analysis of n-gain, and independent t-test. According to analysis data, students' critical thinking ability scores are suffering an increase that is significant at ? = 5% with an average n-gain in the medium category and consistent in both classes. The conclusion is that the online learning PBL model with the STS approach effectively improves the critical thinking ability of high school students.
Korelasi karakter Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang Lokal di Lahan Bekas Sawah Eny Togatorop; Dia Novita Sari; Dian Novita; Edi Susilo; Parwito Parwito
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.389-393

Abstract

Produksi kacang panjang yang tinggi sangat erat kaitannya dengan varietas yang digunakan maupun kondisi lingkungan tumbuh. Proses seleksi untuk mendapatkan varietas dengan daya hasil tinggi dipengaruhi oleh korelasi antar karakter hasil dan komponen hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antar karakter pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang melalui analisis korelasi. Penelitian dilakukan di lahan Percobaan Medan Baru, Bengkulu pada bulan Juli sampai dengan September 2020 dan menggunakan genotipe kacang panjang lokal. Penelitian disusun berdasarkan Rancangan Kelompok lengkap teracak (RKLT) dengan tiga ulangan. Analisis korelasi dilakukan terhadap data karakter panjang daun, lebar daun, umur panen, panjang polong, diameter polong, berat per polong, jumlah polong per tanaman dan berat polong per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter lebar daun berkorelasi positif nyata pada karakter diameter polong. Karakter panjang polong, berat per polong dan jumlah polong per tanaman berkorelasi positif nyata terhadap karakter hasil berat polong per tanaman. Karakter panjang polong, berat per polong dan jumlah polong per tanaman dapat digunakan sebagai pedoman kriteria seleksi genotipe kacang panjang.Kata kunci: genetik; genotipe; karakter; korelasi; polong
Strategi Konflik Kognitif sebagai Pembelajaran Remedial Materi Laju Reaksi untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Blitar Dora Nurmartarina; Dian Novita
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.328-336

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendiskripsikan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, profil miskonsepsi siswa sebelum maupun setelah adanya pembelajaran remedial strategi konflik kognitif pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, juga pergeseran miskonsepsinya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif tipe pra-eksperimen model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan, aktivitas belajar siswa, tes diagnostik three tier. Subyek penelitian yakni siswa yang menderita miskonsepsi di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Blitar sebanyak 11 siswa. Hasil analisis menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran remedial sebesar 97,59% dan 98,07% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua yang menujukkan kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa sebesar 100% pada pertemuan pertama dan kedua menunjukkan kategori sangat baik. Profil miskonsepsi siswa sebelum pembelajaran sebesar 61,36%, setelah dilakukan pembelajaran persentase menjadi 12,87%. Adanya selisih persentase sebelum dan sesudah sebanyak 48,48% menunjukkan jika terjadi pergeseran miskonsepsi setelah pembelajaran remedial strategi konflik kognitif. Selain itu, pergeseran dibuktikan lebih jelas dengan uji t berpasangan yang menghasilkan nilai signifikasi 0. Dapat disimpulkan jika pembelajaran remedial strategi konflik kognitif dapat mereduksi miskonsepsi pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Keefektifan Pembelajaran Daring Fisika SMA berbasis Probing Promting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Irfa' Nindy Adilla; Budi Jatmiko
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.426-435

Abstract

AbstrakKeterampilan berpikir kritis adalah suatu dasar dari pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran daring (dalam jaringan) fisika SMA berbasis Probing Promting untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan Pre-Eksperimental Design dengan uji coba One Group Pretest Posttest Design, dengan peserta didik kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Taman tahun ajaran 2020/2021 sebagai subjek penelitian. Untuk pengumpulan data menggunakan tes dan angket yang diisi peserta didik, dengan cara analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif serta interferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran daring (dalam jaringan) fisika SMA berbasis Probing Promting efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Taman. Hal tersebut ditinjau dari (a) Ada peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang signifikan, (b) nilai rerata n-gain berkategori tinggi, (c) tidak ada perbedaan peningkatan dari keterampilan berpikir kritis peserta didik kedua kelas. Dengan ini, pembelajaran daring (dalam jaringan) berbasis Probing Promting dapat dijadikan salah satu masukan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.Kata kunci: Keefektifan; Keterampilan berpikir kritis; Probing Promting; Pembelajaran Daring.
Pengembangan LKPD Simulasi Wave on String untuk Pembelajaran Gelombang Stasioner di SMA Rahman Eka Cahya; Imam Sucahyo
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.366-371

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Wave on String dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta respon peserta didik terhadap materi gelombang stasioner, khususnya gelombang pada tali yang berupa efektivitas penerapan dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model RnD (Research and Development). Metode penelitian yang diterapkan hanya sebatas pada mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang valid untuk diaplikasikan berdasarkan penilaian para validator. Pengaplikasian media pembelajaran ditujukan kepada 25 (dua puluh lima) peserta didik kelas XI di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dengan mengaplikasikan Media Wave on String dan LKPD, serta memberikan pre-test, post-test, dan angket respon. Hasil penelitian yang diperoleh mengindikasikan tingkat kevalidan media yang dikembangkan sebesar 94.18% yang tergolong sangat valid, efektivitas pemberian pre-test-post-test kepada peserta didik sebesar 80.03% yang tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar, respon peserta didik terhadap efektivitas pengaplikasian Media Wave on String sebesar 86.67%, respon peserta didik terhadap efektivitas pengaplikasian LKPD sebesar 84.00% yang tergolong sangat praktis, serta hasil praktikum peserta didik menunjukkan hasil yang sangat relevan dengan teori-teori gelombang stasioner yang ada, sehingga Media Wave on String dan LKPD yang dikembangkan layak untuk diaplikasikan sebagai media pembelajaran gelombang stasioner, khususnya materi gelombang pada tali untuk peserta didik kelas XI SMA.
LAFIAL: Pandemi COVID-19 Sebagai Momentum Kemandirian Industri Farmasi Menuju Ketahanan Kesehatan Nasional Dandung Ruskar; Septianita Hastuti; Heri Wahyudi; I Dewa Ketut Kerta Widana; Rio Khoirudin Apriyadi
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.300-308

Abstract

[LAFIAL: COVID-19 Pandemic As The Pharmaceutical Industry's Independence Momentum Towards National Health Resilience] Ninety percent of the distribution of medicinal raw materials and medical devices of the domestic pharmaceutical industry is sourced from imports from other countries. One of the exporter countries is China which still feels it has sovereignty over part of the North Natuna Sea (LNU) in the South China Sea conflict (LCS). In the conflict, Indonesia vehemently denies any unilateral claims from China. This has the potential to stop import access to Indonesia which ultimately has an impact on the development of the domestic pharmaceutical industry. In Presidential Instruction No. 6 of 2016, the government wants the realization of the resilience of the domestic pharmaceutical industry. Industrial resilience in the pharmaceutical sector has multi-benefits including accelerating national economic growth, meeting the scarcity of pharmaceutical products and medical devices as a result of COVID-19, and at the same time reducing import dependence on medicinal raw materials and medical devices. Navy Pharmaceutical Institute (LAFIAL) as the military pharmaceutical industry has a strategic capacity and role against both military and nonmilitary threats that can harm the health of the people of Indonesia. The involvement of LAFIAL is expected to further encourage and strengthen the independence of the pharmaceutical industry. This article is qualitative research through a descriptive approach with an analysis of studies from several references to describe the current pharmaceutical industry profile and the COVID-19 pandemic impact affecting the pharmaceutical industry independence, coupled with interviews from several sources. The interview results provide an overview of how the  LAFIAL benefits as a military pharmaceutical industry to support health defense, especially during the COVID-19 pandemic.
The Relationship between Learning Motivation and Learning Outcomes of Students Chemistry of Grade XI-MNS in 4 State SHS Pematangsiantar Hisar Marulitua Manurung; Suprapto Manurung
PendIPA Journal of Science Education Vol 5, No 3 (2021): JULY - OCTOBER
Publisher : University of Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/pendipa.5.3.466-471

Abstract

This study aimed to determine the relationship between learning motivation and learning outcomes of students chemistry of grade XI-MNS (mathematics and natural science). The research design used was quantitative with a correlation approach. The population of this study was all students of class XI-MNS at state senior high school (SHS) 4 Pematangsiantar as many as 205 students for the 2019/2020 Academic Year. The sampling technique for this research was random sampling, which is a random sampling technique with a total sample of 40 students. The instrument used in the study was a non-test (questionnaire) of 20 questions to measure student learning motivation, but measuring chemistry learning outcomes was taken from the odd semester exam scores. The results showed that the percentage of high motivation was 20%, sufficient motivation was 50%, and low motivation was 30%. Student chemistry learning outcomes with a minimum score with a score of 41 and a maximum value with a score of 63 derived from the semester test scores that have been assessed by the field teacher. The correlation coefficient (r) in this study is 0.80 and the value of the coefficient of determination (r²) amounting to 0.63 which indicates that students' chemistry learning outcomes affect 63% changes in chemistry learning motivation. This results show that the relationship between learning motivation and learning outcomes of students chemistry of grade XI-MNS is very strong.

Page 1 of 3 | Total Record : 30