cover
Contact Name
Laode Muharam
Contact Email
jurnal_bening@uho.ac.id
Phone
+6285325030388
Journal Mail Official
jurnal_bening@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kendari, 93232. Telp. (0401) 3190607, HP: 085325030388
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25484222     EISSN : 27161765     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/bening
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022)" : 8 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA N 1 SEMARANG Shella Novitasari; Suhendri Suhendri; Padmi Dhyah Yulianti
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.24386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X MIPA SMA N 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini bejumlah 105 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan skala penyesuian diri. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa kepercayaan diri dan penyesuaian diri siswa berada pada kategori rendah. Berdasarkan uji korelasi product moment, diperoleh nilai korelasi rhitung 0,793. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 105 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,195. Oleh karena itu rhitung > rtabel atau 0,793 > 0,195, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMA N 1 Semarang. Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai rhitung yang didapat bertanda positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti semakin tinggi kepercayaan diri, maka semakin tinggi juga penyesuain diri yang dimiliki oleh siswa.
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING SEBAYA TERHADAP RESILIENSI SISWA Riza Hilda Arisanti; Dodi Priyatmo Silondae
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling sebaya terhadap resiliensi Siswa SMPN 17 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode pre-experimental dengan one group pretest-posttest desain. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang siswa, ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala resiliensi. Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif presentatif dan statistik inferensial. Sebelum diberikan layanan konseling sebaya, tingkat resiliensi siswa berdasarkan skor pretest berada pada kategori rendah dengan rata-rata skor yaitu sebesar 86 (52.6%). Sedangkan setelah diberikan perlakuan, rata-rata skor post-test menjadi sebesar 117.2 (71.4%) dan berada pada kategori tinggi. Secara keseluruhan peningkatan skor resiliensi siswa sebesar 18.8%. Berdasarkan hasil analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan a=0,05, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed)=0,043 < α=0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya layanan konseling sebaya efektif meningkatkan resiliensi siswa SMPN 17 Kendari.
PERBEDAAN PERILAKU AGRESIF ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN Citra Ayu Lestari; Alber Tigor Arifyanto
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25941

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku agresif antara siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP Negeri 17 Kendari. Jenis penelitian ini adalah komporatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada SMP Negeri 17 Kendari berjumlah 206 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 41 siswa terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan independent t-tes. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada setiap aspek perilaku agresif. Pada aspek fisik siswa laki-laki dan perempuan memiliki Sig. (2-Tailed) 0.00 < 0.05 dengan nilai rata-rata siswa laki-laki (M= 53.6087) dan siswa perempuan (M= 29.8889). Pada aspek verbal  siswa laki-laki dan perempuan memiliki Sig. (2-Tailed) 0.00 < 0.05 dengan nilai rata-rata siswa laki-laki (M= 49.2609) dan siswa perempuan (M= 71.8333). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa laki-laki lebih agresif fisik sedangkan perempuan cenderung agresif verbal.
Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Di Masa Pandemi Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Eny Kusumawati
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25669

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas layanan bimbingan dan konseling di masa pandemi dengan tektik role playing untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan One Group Pretest - Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes. Subjek dari penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan layanan bimbingan konseling di masa pandemic dengan teknik role playing. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji T-tes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05 , maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan konseling di masa pandemic dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. 
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DALAM PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SEKS PADA REMAJA PEREMPUAN Ai Nusofa; Evi Afiati; Putri Dian Dia Conia
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pelayanan bimbingan dan konseling berupa kartu permainan untuk mengembangkan pemahaman seks pada remaja perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli terkait pengembangan media, praktisi pelayanan bimbingan dan konseling dan 10 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi, lembar validasi ahli dan praktisi dan lembar kelayakan produk. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan pakar menghasilkan skor 48 (96% dari total skor) sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Uji kelayakan praktisi mengasilkan skor 43 (95% dari total skor) sehingga masuk dalam kategori sangat baik. Uji kelayakan dari pengguna menghasilkan skor sebesar 90% pada aspek kelayakan materi, 89% pada aspek penyajian media dan 92% pada aspek kelayakan bahasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu untuk mengembangkan pemahaman seks pada remaja perempuan sangat baik dan layak untuk digunakan.
Penggunaan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Meaning of Life dan Kebersyukuran Hidup Peserta Didik Herman Nirwana; Yuli Permatasari; Nelly Syafril
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.26089

Abstract

Beberapa permasalahan yang dialami perserta didik di lapangan mengindikasikan meaning of life dan kebersyukuran hidup yang rendah. Permasalahan tersebut muncul karena minimnya “informasi” yang diterima oleh peserta didik berkaitan dengan pemahamannya tentang meaning of life dan kebersyukuran yang harusnya di terapkan dalam kehidupannya, untuk mencapai kenyamanan dan kebahagiaan. Tujuan penelitian ini untuk menelaah relevansi meaning of life dan kebersyukuran pada kehidupan siswa melalui penggunaan layanan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa, pemahaman siswa mengenai kesehatan reproduksi, kedisiplinan siswa, serta kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Secara khusus layanan informasi dapat juga meningkatkan meaning of life dan kebersyukuran hidup peserta didik. Kesimpulan substantif penelitian ini telah mengemukakan penggunaan layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang meaning of life dan kebersyukuran hidup.
PENYESUAIAN DIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA Nana Sumarna; Nurhidayah Yusuf
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25897

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyesuaian diri memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP UHO Angkatan 2020 yakni sebanyak 76 mahasiswa. Sampel ditarik dengan menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 76 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dan nilai akademik mahasiswa pada semester awal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan skor penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategori cukup dan nilai prestasi akademik mahasiswa berada pada kategori memuaskan. Berdasarkan hasil analisis inferensial pada taraf signifikasi sebesar α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,001. Karena Pvalue < α maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penyesuaian diri terhadap prestasi akademik mahasiswa.
PENGEMBANGAN MEDIA WEBSITE CHOOSE YOUR CAREER UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA Desy Ariyani; Deasy Yunika Khairun; Arga Satrio Prabowo
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v6i2.25847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media website choose your career untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 45 orang siswa yang memiliki tingkat kematangan karir rendah yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar kelayakan ahli, praktisi, calon pengguna serta skala kematangan karir siswa. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan kualitatif untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan serta analisis statistik menggunakan uji wilcoxon sign rank untuk mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa penilaian ahli, praktisi dan calon pengguna terhadap produk yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan. Hasil uji wilcoxon sign rank dengan menggunakan bantuan perangkat lunak (software) SPSS 18.00 for Windows menunjukkan hasil Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 leboh kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwasannya hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara hasil  pre–test dan  post–test, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media website choose your career dapat meningkatkan kematangan karir siwa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8