cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : 2579891X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ini tidak hanya mengenai urusan pembangunan sebuah proyek bangunan, tetapi juga memungkinkan untuk memodelisasi sebuah bentuk dengan bantuan software.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2019)" : 9 Documents clear
Studi Kepuasan Kerja untuk Pekerja Konstruksi Lulusan Baru di Indonesia Moh Nur Sholeh; Undayani Cita Sari
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.911 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4492

Abstract

Pekerja konstruksi fresh graduate atau generasi milenial saat ini semakin mendominasi sumber daya manusia perusahaan konstruksi. Fresh graduate yang sangat potensial juga memiliki banyak tantangan untuk dikelola. Sebagai sumber daya manusia baru dengan jumlah banyak, sangat diperlukan kajian tentang bagaimana kinerja dan kepuasan kerja mereka. Penelitian ini fokus pada kajian kepuasan kinerja pekerja konstruksi fresh graduate dari sudut pandang mereka sendiri dengan mengadopsi beberapa indikator dari The Toyota Way. Metode analisa perhitungan dilakukan dengan merangking hasil perhitungan antara skala penerapan dan pengembangan individu & teamwork. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling memuaskan yang dirasakan oleh pekerja konstruksi fresh graduate adalah pemimpin harus memiliki pengetahuan kerja yang mendalam dengan skor 18.574, sedangkan indikator kepuasan yang menunjukkan ketidakpuasan adalah materi pelatihan dibakukan dengan skor 13.468. Selanjutnya, sebagai rekomendasi adalah perlu adanya inovasi gaya kepemimpinan dari para pemimpin perusahaan konstruksi.
Analisa Tidak Linier Mekanisme Keruntuhan Jembatan Busur Rangka Baja (A-Half Through Arch) Abdul Rochim; Data Iranata; Bambang Piscesa; Navir Afif Refani
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.664 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4764

Abstract

The collapses of steel truss bridges can be caused by some factors such as vehicle overloads, material deterioration (corrosion, fatigue), and unexpected tsunami and/or earthquake loads. However, in this paper, the study is limited only to the failure of a-half through arch bridge due to earthquake loads. The bridge has a 100 m long span and is designed using the response spectrum of Surabaya city, East Java, Indonesia. Static nonlinear push-over analysis is used to investigate the performance and the collapse mechanism of the bridge. The bridge was designed based on SNI 1725-2016 and SNI 2833-2016. From the analysis, the failure of the structural elements occurred in the arch members located somewhere near the end portal. The performance level of the bridge determined using the Capacity Spectrum Method [1] is at the Immediate Occupancy (IO) level."--------------------------------------------------------------------------------"Keruntuhan jembatan bisa disebabkan beberapa faktor seperti beban berlebih, fatik, korosi, gempa bumi dan/atau tsunami. Namun, dalam artikel ini, penelitian dibatasi hanya pada kegagalan jembatan busur dengan tipe a-half through arch bridge yang diakibatkan oleh beban gempa. Jembatan yang ditinjau memiliki bentang 100 m dan didesain sesuai dengan zona gempa kota Surabaya, Jawa Timur – Indonesia. Jembatan didesain dengan menggunakan SNI 1725-2016 dan SNI 2833-2016. Analisa beban dorong tidak linear digunakan untuk mengetahui kinerja dan mekanisme keruntuhan struktur jembatan. Berdasarkan hasil studi menunjukkan bahwa kegagalan elemen struktur jembatan terjadi pada elemen busur dekat portal akhir. Level kinerja struktur jembatan ditentukan dengan Metode Kapasitas Spektrum [1] dan termasuk dalam level Immediate Occupancy (IO).
Analisa Hubungan Antara Nilai Lendutan Dengan Modulus Elastisitas Perkerasan Lentur Akibat Beban Berlebih Dengan Metode Boussinesq Andi Sahrul Hidayat; Catur Arif Prastyanto
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.504 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4904

Abstract

Pengujian lendutan perkerasan menggunakan alat Falling Weight Deflectometer merupakan pengujian yang telah digunakan secara luas diseluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan modulus elastis perkerasan lentur diprofil Flexible Pavement Systems (FPS) dengan metode Boussinesq. Lokasi pengujian pada penelitian ini adalah di ruas jalan Raya Ngelom Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan modulus elastisitas setiap lapisan perkerasan yang memiliki korelasi yang baik terhadap nilai lendutan pengujian FWD. Persamaan model yang baik adalah model regresi power dengan nilai Y = 216.51x-1 dimana Y adalah modulus elastisitas perkerasan dan X adalah nilai lendutan perkerasan.
Model Panjang Antrian Kendaraan pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang Jl. Gayung Kebonsari Surabaya) Utami, Adita; Widyastuti, Hera
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.821 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4693

Abstract

Pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi di Indonesia mempengaruhi peningkatan volume kendaraan, terutama di kota Surabaya. Peningkatan volume kendaraan, menyebabkan kemacetan di beberapa titik di Surabaya. Salah satu faktor kemacetan di perlintasan kereta api adalah durasi waktu penutupan saat kereta melewati persimpangan. Durasi penutupan perlintasan yang tidak pasti menyebabkan pengguna jalan menjadi tidak disiplin dengan menerobos perlintasan yang berakibat pada meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di persimpangan sebidang tidak berpalang pintu. Sehingga perlu dibuat dua model hubungan antar variable. Model pertama yaitu hubungan antara lama waktu penutupan perlintasan dengan jumlah rangkaian kereta dan kecepatan kereta, dan model kedua yaitu hubungan antara lama waktu penutupan perlintasan dengan panjang antrian kendaraan. Digunakan metode regresi berganda (multiple regression) untuk membuat model tersebut. Hasil yang didapatkan yaitu model hubungan antar variable yang dianalisis, yang nantinya dapat digunakan sebagi rekomendasi terhadap pembangunan early warning
Identifikasi Struktur Tanah Bawah Permukaan dan Kedalaman Akuifer Daerah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Manggar Menggunakan Metode Resistivitas Konfigurasi Schlumberger Muntaha, Mohammad; Latifah, Jakaria Aspan; Sastrawan, Febrian Dedi
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.039 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.3836

Abstract

Air menjadi persoalan bagi warga sekitar daerah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Manggar Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kedalaman akuifer dan struktur bawah permukaan sekitar daerah TPA Manggar dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi Schlumberger. Data yang diperoleh pada proses akusisi digunakan untuk menghitung nilai resistivitas semu pada setiap titik pengukuran dan dianalisisi secara kuantitatif dan kualitatif. Proses dilanjutkan dengan inversi menggunakan program IP2 Win sehingga didapatkan nilai resistivitas dan ketebalan lapisan pada setiap titik pengukuran. Hasil pengukuran terlihat bahwa struktur bawah permukaan pada setiap titik pengukuran memiliki kesamaan, yaitu pada lapisan teratas merupakan lapisan top soil dengan lapisan kedap air (impermeable). Dibawahnya  merupakan lapisan lempung yang lolos air (permeable), selanjutnya adalah lapisan  pasir yang memiliki fungsi sebagai lapisan akuifer air tanah. Kedalaman lapisan akuifer air tanah menunjukkan hasil yang berbeda-beda, akuifer terdangkal pada titik pengukuran kedua yaitu 1,15 – 7,68 meter dan akuifer terdalam pada titik pengukuran ketiga yaitu 41,2 – 61,7 meter. Rentang nilai resistivitas akuifer pada tiap titik pengukuran bervariasi berkisar 7,33 Ωm  – 27,4 Ωm.
Evaluasi Nilai Distribusi Beban As Kendaraan Berdasarkan Data Aktual di Lapangan untuk Kendaraan dengan Konfigurasi Sumbu 1.2 H dan 1.2+2.2 Renna Melinda; Catur Arif Prastyanto
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.115 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4885

Abstract

Di Indonesia banyak terjadi kasus kerusakan jalan sebelum umur rencana. Salah satu factor yang berpengaruh adalah banyak truk bermuatan overloaded. Untuk merencanakan tebal perkerasan  mengacu pada metode perencanaan perkerasan jalan lentur yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga. Sedangkan data yang ada pada pedoman tersebut hanya untuk kendaraan dengan muatan standar. Kondisi yang kurang sesuai tersebut diduga akan mempengaruhi nilai distribusi beban as kendaraan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Weight in Motion (WIM) di beberapa ruas jalan provinsi di wilayah Jawa Timur. Untuk membuktikan kebenaran hipotesa digunakan metode analisis uji hipotesis rata-rata independen. Dari hasil  uji rata-rata tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai distribusi hasil penelitian dengan Bina Marga yang berpengaruh terhadap nilai EAL. Perbedaan nilai EAL akibat kelebihan muatan bervariasi antara 3,40 kali sampai dengan 3,49 kali lebih besar dari muatan standar. Hal tersebut dapat mempengaruhi perencanaan perkerasan lentur, sehingga menyebabkan kinerja perkerasan kurang optimal dan mengalami kerusakan dini.
Analisis Perbandingan Kadar Aspal Optimum (KAO) untuk Perbedaan Gradasi (BBA, FAA dan BM) Anwar Efendy; Ervina Ahyudanari
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.887 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4706

Abstract

Gradasi agregat adalah salah satu bagian penting dalam campuran beraspal. Sifat-sifat campuran seperti stabilitas, kekakuan, kemudahan kerja, permeabilitas, keawetan, ketahanan terhadap kelelahan, tahanan gelincir, dan ketahanan terhadap air sangat dipengaruhi oleh gradasi agregat. Ada 3 jenis gradasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu gradasi BBA merupakan gradasi terbuka sedangkan gradasi FAA dan gradasi BM merupakan gradasi rapat. Gradasi BBA dan FAA merupakan gradasi yang digunakan untuk perkerasan bandara sementara BM adalah gradasi yang digunakan untuk pembangunan jalan. Pada tahun 2018, permintaan aspal di Indonesia mencapai 1,8 miliar ton, tetapi yang dapat dipenuhi oleh produsen aspal lokal hanya mencapai 344 juta ton. PT. Pertamina (Persero) hanya mampu memenuhi 30% dari kebutuhan aspal dalam negeri. Sisanya 70% aspal diimpor dari Singapura karena pasokan aspal rendah dari produsen dalam negeri. Tujuan dalam penelitian ini untuk menentukan perbandingan dari kebutuhan kadar aspal optimum antara gradasi BBA (Beton Bitumineux pour chausées Aéronautiques), gradasi FAA (Federal Aviation Administration) dan gradasi BM (Bina Marga 2010 revisi 3). Dari ke 3 jenis gradasi tersebut, gradasi FAA yang memiliki Kadar Aspal Optimum terendah yaitu,  5,13%, kemudian gradasi BM 5,65% dan yang tertinggi gradasi BBA 6,1%.
Prediksi Perilaku Lentur Kolom Beton Bertulang Mutu Tinggi Terhadap Kombinasi Beban Perpindahan Monotonik dan Aksial Rendah Muhammad Ali Rofiq; Harun Alrasyid; Data Iranata; Djoko Irawan
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.954 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4899

Abstract

Penerapan material mutu tinggi mulai digunakan untuk membatasi luas kolom dilantai bawah struktur gedung tinggi. Spesimen kolom beton mutu tinggi dengan dimensi 600x600x1800 mm akan dimodelkan menggunakan program bantu ABAQUS dengan beban aksial secara konstan dan lateral displacement. Spesifikasi beton mutu tinggi 70 MPa, tulangan longitudinal mutu tinggi (SD685) dan tulangan transversal mutu tinggi (SD785) digunakan pada penelitian ini. Input beban aksial konstan yang digunakan adalah 0,1Agf'cdengan beban lateral displacement sampai gagal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku hubungan force terhadap displacement kolom beton bertulang mutu tinggi yang terjadi akibat beban perpindahanlateral monotonik dan beban aksial rendah. Pemodelan elemen beton menggunakan solid CD38R dan tulangan menggunakan elemen truss T2D3 dengan mesh 100x100 mm.  Hasil pemodelan kolom beton mutu tinggi menunjukkan bahwa prediksi FEA kolom beton mutu tinggi mempunyai korelasi yang baik dengan hasil eksperimen.
Analisis Probabilitas Pemilihan Moda Pesawat Terbang dan Kapal Laut pada Rute Fakfak – Sorong dengan Metode Revealed Preference Ratna Septa Sari Tuhepaly; Hera Widyastuti
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil Vol 17, No 1 (2019)
Publisher : Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.265 KB) | DOI: 10.12962/j2579-891X.v17i1.4694

Abstract

Kabupaten Fakfak merupakan daerah kepulauan. Sarana angkutan laut dan angkutan udara menjadi alat transportasi antar kabupaten. Rute Fakfak–Sorong menjadi rute paling padat. Kota Sorong bukan hanya menjadi kota tujuan, tetapi juga menjadi penghubung ke kota lainnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini perlu dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik sosio-ekonomi penumpang dalam memilih moda pesawat terbang dan kapal laut pada rute Fakfak–Sorong. Selain itu dilakukan analisis regresi logistik biner dengan menggunakan teknik revealed preference untuk mendapatkan besaran nilai probabilitas penumpang dalam pemilihan moda pesawat terbang dan kapal laut. Hasil probabilitas pemilihan moda pesawat terbang terbesar ada pada variabel pendapatan diatas Rp. 5.000.000,- yaitu 61.75%, sedangkan hasil probabilitas pemilihan moda kapal laut terbesar ada pada variabel variabel pendapatan dibawah Rp. 1.500.000,- yaitu 83.36%.

Page 1 of 1 | Total Record : 9