cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1" : 3 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MATARAM Indraswati, Dyah; Hidayati, Vivi Rachmatul; Wulandari, Nourma Pramesti; Maulyda, Mohammad Archi
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 9, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p17-34

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dikemas dalam google form. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian dilakukan pada 100 orang mahasiswa semester 8 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram yang sedang menempuh skripsi. Mahasiswa semester 8 dipilih karena dianggap memiliki pola pikir yang paling siap untuk menentukan masa depannya dan terjun ke dunia kerja. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha.
MEMBANGUN KEUNGGULAN PRODUK FIGURATIF GUNA MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRIS PADA UKM BATIK DI KABUPATEN CIREBON) Maulana, Fahmi; Judiman, Judiman
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 9, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p5-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengaruh inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain variabel inovasi produk, kapabilitas manajemen pemasaran, keunggulan produk figurative terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahn purposive sampling, sampel penelitian ini yaitu UKM batik cirebon.  Jumlah sampel sebanyak 120 UKM batik di Kabupaten Cirebon. Analisis penelitian menggunakan model persamaan Structural Equation Model (SEM). Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figuratif. UKM Batik  Inovasi produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan produk figurative. Keunggulan produk figuratif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kapabilitas manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini menjadi masukan untuk para UKM batik agar selalu terus berinovasi dalam menciptakan berbagai macam motif supaya pembeli banyak pilihan sehingga dapat meningkatkan keunggulan produk figuratif dan kinerja pemasaran. Sebaiknya UKM batik yang ada di Kabupaten Cirebon agar meningkatkan keunikan produk dan kualitas batiknya yang sesuai dengan selera dan keinginan para konsumen.
PERAN AKTIVITAS MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MEMBANGUN KAPABILITAS INOVASI BISNIS MAHASISWA Mulyono, Kemal Budi; Jaenudin, Ahmad; Widodo, Joko
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 9, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v9n1.p51-66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Knowledge Based Theory pada unit analisis pengusaha mahasiswa. Studi ini urgen untuk dilakukan karena jarangnya mengulas penelitian pendidikan kewirausahaan dari sisi pendidikan informal yang diimplementasikan melalui upaya manajemen pengetahuan yang dilakukan oleh pengusaha anggota asosiasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner terhadap 162 responden yang tersebar pada anggota HIPMI PT di Kota Semarang. Data yang didapatkan dianalisis deskriptif dan statistik inferensial dengan metode Warp Structural Equation Modelling- Partial Least Square menunjukkan bahwa penciptaan pengetahuan tidak signifikan mempengaruhi kapabilitas inovasi bisnis para pengusaha mahasiswa, sementara aktivitas pencarian pengetahuan, berbagi pengetahuan, dan penerapan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kapabilitas inovasi bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa kurang matangnya penciptaan pengetahuan dari pengusaha mahasiswa, membutuhkan dukungan dari pihak universitas yang menaungi HIPMI PT untuk dapat mengadakan proses seminar/workshop/lokakarya yang intensif sehingga berdampak terhadap peningkatan kemampuan inovasi pengusaha mahasiswa di universitas masing-masing.

Page 1 of 1 | Total Record : 3