cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1" : 7 Documents clear
NILAI PENDIDIKAN BISNIS KELUARGA PENGUSAHA PERAK HS SILVER DI KOTAGEDE Birsyada, Muhammad Iqbal; Siswanta, Siswanta
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p33-52

Abstract

Socio-historically the silver business has been the identity of the creative economy industry in Kotagede. This study aims to find a causal relationship between the business behaviors of silver HS silver entrepreneurs in Kotagede with family education values. In addition, this study want to find the process of inheritance business values in the family of silver HS Silver entrepreneurs in Kotagede. This design uses a qualitative method with a phenomenological approach. The procedure of this study focuses on the study of the phenomenon of the behavior of silver entrepreneurs in Kotagede Silver HS. The results of this study include the existence of a causal relationship between business success and Javanese cultural values applied in the family. Second, the founder of the HS company. Silver in daily practice inherits and instills the character values of good business education with families and all employees through examples in doing business. The values of business education include: honest, patient, humble, clean, neat, thorough, strong intention, innovative, and hard work. Third, the development of HS. Silver is increasingly advanced because the quality of management used is very good and the products produced always adjust to market developments.Keywords: Values, Education, Family Business, Entrepreneurs, Silver. 
PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG BANK SYARIAH DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENABUNG SISWA PADA BANK SYARIAH DI KELAS XI IPS MAN 2 KOTA MALANG Mulyaningtyas, Indah Fajarwati; Soesatyo, Yoyok; Sakti, Norida Canda
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan tentang bank syariah dan literasi keuangan terhadap minat menabung siswa pada bank syariah di kelas XI IPS MAN 2 Kota Malang.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel, yaitu sebanyak 62 orang siswa.Dalam penelitian ini analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang bank syariah dan literasi keuangan terhadap minat menabung di bank syariah dengan menggunakan regresi linier berganda.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung siswa pada bank syariah di kelas XI IPS MAN 2 Kota Malang.
PENGARUH KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 PADA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SMK Rusmana, Dede
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu topik utama yang menjadi perhatian dalam penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Salah satu aspek kewirausahaan yaitu kemampuan kewirausahaan menjadi komponen pembentuk keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan dalam peningkatan sumber daya manusia. Kewirausahaan menjadi permasalahan ekonomi di Indonesia dan mempunyai hubungan dengan pengangguran. Pengangguran terbesar di Indonesia berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah wirausaha di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan tetapi kompetensinya masih rendah. Hal ini sesuai dengan penelitian awal di kabupaten Wonogiri yang menunjukkan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK masih rendah. Kompetensi kewirausahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain melalui pelatihan dan pendidikan secara sistematis dan peningkatan kemampuan teknologi terutama teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya kajian mengenai kompetensi kewirausahaan yang direlevansikan dengan pendidikan kewirausahaan dan komponen kemampuan digital. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan instrumen kuesioner dan responden adalah peserta didik SMK. Hasil penelitian menunjukkan pengintegrasian keterampilan digital abad 21 pada pendidikan kewirausahaan memiliki efek yang positif dan signifikan dalam peningkatan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK. 
DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT EKONOMI Kortin, Dafrosa Metildis; Hasan, Muhammad; Dinar, Muhammad; Ahmad, M. Ihsan Said
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p67-78

Abstract

Banyaknya peminat program lintas minat ekonomi di Sekolah Menengah Atas membuktikan bahwa ilmu ekonomi dewasa ini semakin digemari. Hal ini menarik untuk dibahas, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya terhadap keputusan siswa jurusan IPA memilih program lintas minat ekonomi di SMA Negeri 4 Makassar. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang memprogram lintas minat ekonomi dengan jumlah 80 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara minat, guru dan teman sebaya terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Motivasi dan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi.
SELF REGULATED LEARNING DAN RESILIENSI AKADEMIK SEBAGAI DETERMINASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF Oktariani, Mutiya; Dahlan, Dadang; Waspada, Ikaputera
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p5-16

Abstract

ABSTRAK Rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran ekonomi menjadi alasan penelitian ini, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor determinasi berpikir kreatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IIS SMA Nurul Amal Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang self regulated learning dan resiliensi akademik belajar ekonomi, serta tes berbentuk essai terkait tingkat berpikir kreatif Ekonomi. Metode penelitian adalah survey dengan alat pengumpul data angket model rating scale dan analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning dan resiliensi akademik menjadi determinan tingkat berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran ekonomi.Kata Kunci: Self Regulated Learning, Resiliensi Akademik, dan Berpikir Kreatif   ABSTRACT The low creative thinking skills of students in economics subjects is the reason for this study. So, this study aims to identify the determinants of creative thinking skills. The sample of the study were ninety subjects of social departements X grade students of SMA Nurul Amal in Palembang. The data were collected through self regulated learning and academic resilience questionnaires in learning economics and essay test which is related to creative thinking skills level data of economics. The data were analysed by using multiple linear regression techniques. The result shows that the self regulated learning and academic resilience became the determinants of student creative thinking skills in economics subject.Keywords: Self Regulated Learning, Academic Resiience, and Creative Thinking                   Skills
TECHNOPRENEURSHIP INTENTION: STUDI KASUS PADA MAHASISWA DIPENGARUHI ENTREPRENEURIAL LEARNING Nurhayati, Dwi; Machmud, Amir; Waspada, Ikaputera
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p79-92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh entrepreneurial learning terhadap technopreneurship intention mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan survei eksplanatori dengan pengujian hipotesis dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner. Populasi penelitian yang dipilih adalah 102 mahasiswa dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan entrepreneurial learning mahasiswa dikategorikan efektif dan technopreneurship intention mahasiswa dikategorikan tinggi. Diketahui bahwa variabel entrepreneurial learning berpengaruh terhadap technopreneurship intention mahasiswa dengan koefisien 0,557. Temuan ini menyiratkan bahwa untuk meningkatkan technopreneurship intention mahasiswa, perlu untuk meningkatkan entrepreneurial learning dengan aspek learning through immersion within the industry, opportunity recognition through cultural participation, dan practical theories of entrepreneurial action.Kata Kunci: Technopreneurship Intention, dan Entrepreneur Learning.
MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN E-MODULE AKUNTANSI TERINTEGRASI NILAI KARAKTER Sitorus, Destri Sambara
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p93-104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan e-module akuntansi terintegrasi nilai karakter untuk meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara kompetensi lulusan SMK dengan tuntutan dunia kerja serta implementasi dari kurikulum 2013 yang dimenuntut pengintegrasian nilai-nilai karakter pada tiap mata pelajaran. Data mengenai tanggung jawab siswa diperoleh melalui angket dan data mengenai hasil belajar siswa diperoleh melalui tes. Data mengenai tanggung jawab siswa dianalisis secara deskriptif naratif dan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa tingkat tanggung jawab siswa kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik dan tingkat tanggung jawab siswa kelas kontrol berada pada kategori baik. Hasil uji t didapat nilai sig 0,014 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Page 1 of 1 | Total Record : 7