cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
ISSN : 23031565     EISSN : 25021575     DOI : -
Core Subject : Economy,
EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and Learning Economics, Public Economics, Community Economics, Economic development, Regional Economics, Taxation, Microeconomics, Macroeconomics, Entrepreneurship, Economic Sociology, Social Economics, Financial management.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023)" : 10 Documents clear
Pengalaman calon guru ekonomi dalam pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru Dies Nurhayati; Putri Ayu Anisatus Shalikha
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17416

Abstract

Berdasarkan hasil obesrvasi awal pada mahasiswayang mengikuti perkuliahan micro teaching ditemukan fakta bahwa mayoritasmahasiswa calon guru tidak tertarik menjadi guru sehingga kurang memiliki kesungguhan dalam mengikuti perkuliahan. Sedangkan pada semester selanjutnya, mahasiswa tersebut wajib mengikuti program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) yang berhubungan langsung dengan mahasiswa. Peneliti bersama dengan koordinator mata kuliah micro teaching memfasilitasi mahasiswa dengan pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru yang mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 Tentang Model Kompetensi Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengalaman belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi dalam menerapkan pembelajaran bermakna berbasis model kompetensi guru di kelas micro teaching. Metode yang digunakan untuk mengungkap pengalaman belajar mahasiswa calon guru yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menguak pengalaman perkuliahan micro teaching dengan mindful learning berbasis model kompetensi guru memberikan praktik baik, yaitu: (1) menumbuhkan kesadaran diri sebagai calon guru ekonomi; (2) menstimulus semangat belajar materi pelajaran ekonomi; dan (3) meningkatkan penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.
Digital marketing analysis on the consumer decision-making process of millennials and Gen Z generation groups on the TikTok application Estetia Adistsany Salwanisa; Ira Wikartika
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17374

Abstract

This study investigates the impact of digital marketing on consumer behaviour in purchase decision-making among Millennials and Gen Z generations. The study employs convenience sampling with twenty respondents through a qualitative and exploratory research method. The research examines consumer behaviour based on their purchasing experiences. Findings reveal that digital marketing changes how consumers recognize problems, search for information, and evaluate products. User-generated content, such as reviews and recommendations, significantly influences consumers' information search process. Additionally, consumers tend to utilize comparative methods when assessing products. The study provides valuable insights for marketing practitioners in designing effective strategies to influence consumer behaviour in the digital era. A deep understanding of the role of digital marketing is crucial in achieving successful marketing goals in an increasingly connected digital landscape.
Pengaruh motivasi belajar, dan kualitas pembelajaran mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro Ridaul Innayah; Hendra Purwanto; Handaru Indrian Sasmito Adi; Candra Aeni
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17392

Abstract

Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro merupakan matakuliah yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi, khususnya pada materi permintaan dan penawaran. Hal ini mengingat profil lulusan yang akan dihasilkan oleh Prodi Pendidikan Ekonomi, diantaranya adalah lulusan yang mampu bekerja di sektor pendidikan, perusahaan, dan sebagai wirausaha. Pada matakuliah ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk dapat memahami konsep dan teorinya saja, akan tetapi juga dituntut dapat memecahkan permasalahan dalam soal-soal ekonomi. Agar dapat menyelesaikan masalah pengantar ilmu ekonomi mikro dengan baik, mahasiswa perlu banyak mengerjakan latihan soal. Akan tetapi dari hasil pengamatan dosen, masih banyak mahasiswa yang hanya menyalin jawaban temannya. Fenomena tersebut menjadikan kurang efektifnya tujuan pembelajaran, khususnya dalam kemampuan pemecahan masalah yang bagus. Motivasi belajar dan kualitas pembelajaran adalah faktor yang berperan penting dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini: mencari tahu bagaimana pengaruh secara parsial motivasi belajar dan kualitas pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro, serta bagaimana motivasi belajar dan kualitas pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah PIE mikro. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : 1)terdapatpengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam matakuliah PIE mikro sebesar 38,9%, 2) kualitas pembelajaran mahasiswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam matakuliah PIE mikro sebesar 43,6%, dan 3) Secara simultan motivasi belajar dan kualitas pembelajaran mahasiswa memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah PIE mikro sebesar 45,6%.
Analysis of quality control issues in lakop sapu ijuk using Root Cause Analysis (RCA) Evryan Yoga Arditya; Budi Nur Siswanto; Dudi Hendra Fachrudin
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17250

Abstract

UD Cibinong Indah Plastik is engaged in the production of cleaning tools, but the proportion of defective lakop sapu ijuk production is 6.2% of the total production, whereas the company's set standard for defective products is 5%, resulting in financial losses. In this study, the Root Cause Analysis method was employed to identify the root causes and propose improvements. Through Fault Tree Analysis, it was found that the most significant root cause is the lack of maintenance and replacement of machines. The suggested solutions through the Process Decision Program Chart are to improve the maintenance and replacement schedule, provide additional training for workers and operators, and enhance the supervision system and SOP socialization for better production outcomes in the future.
Analisis kontribusi dan interaksi antara inflasi, ekspor, impor dan pembiayaan Perbankan Syariah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan pendekatan Vector Auto Regression (VAR) Maisarah Lubis; Ibrahim Siregar; Rukiah Lubis
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.16408

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kontribusi dan interaksi antara variabel inflasi, ekspor, impor dan pembiayaan perbankan syariah terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.Metode penelitian yang digunakan yaitu dokumentasi dan tinjauan literature. Teknik analisis data menggunakan teknik Vector Auto Regression (VAR) dengan alat bantu Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk jangka panjang  inflasi dan impor berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi sementara ekspor dan pembiayaan perbankan syariah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Begitu juga sebaliknya untuk jangka pendek. Sementara dalam jangka pendek variabel inflasi, eskpor, impor dan pembiayaan perbankan syariah bisa saling  memiliki hubungan dengan variabel itu sendiri.
Electronic word of mouth against product purchasing decisions of vindex snack Tanjung Palas (with elaboration likelihood model approach) Rina Sri Wahyuni; N Nopianti; Adi Aspian Nur
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17182

Abstract

MSMEs must be technologically literate in utilizing marketing patterns, one of which is Electronic Word of Mouth with the Elaboration Likelihood Model approach, which can increase people's purchasing decisions by improving the image or brand of MSME products in Indonesia. This study aims to evaluate the effect of Electronic Word of Mouth in the decision process to purchase Vindex Snack products using the Elaboration Likelihood Model approach. The results of this study indicate that the influence of Electronic Word Of Mouth has a negative contribution to the product purchasing decision process. While the power of Electronic Word Of Mouth by using two routes, namely the Central Route and the Peripheral Route, with an information quantity indicator of 80%, means that the quantity of information is needed in making product purchasing decisions. The indicator for buying Vindex Snack products shows excellent results, with a presentation of 75%.
Analisis determinan keputusan Masyarakat Kecamatan Panyabungan Selatan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Moderating Ernita Batubara; Rukiah Lubis; Budi Gautama
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.16462

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis determinan keputusan masyarakat kecamatan panyabungan selatan menabung di bank syariah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh masyarakat Kecamatan Panyabungan Selatan dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling dan diperoleh sampel 173 responden. Analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi moderasi (MRA) dengan menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)Tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel pendapatan terhadap keputusan masayarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah, (2)Terdapat pengaruh signifikan antara variabel pengetahuan terhadap keputusan masayarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah, (3)Terdapat pengaruh signifikan antara variabel religiusitas terhadap keputusan masayarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah, (4)Minat tidak dapat memoderasi pendapatan terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah, (5)Minat dapat memoderasi pengetahuan terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah. (6)Minat dapat memoderasi religiusitas terhadap keputusan masyarakat Kecamatan Panyabungan Selatan menabung di bank syariah.
Comparative analysis of perceived security level in deciding the use of e-banking in Y and Z generations Siti Alhamra Salqaura; Indawati Lestari; Teddi Pribadi
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17381

Abstract

This study aimed to compare perceptions of the security level in making decisions on the use of e-banking in the Y and Z generations. Sampling was carried out using a purposive sampling method. The respondents in this study were e-banking consumers in the Y and Z generations. Data were analyzed using the Mann-Whitney U Test through SPSS software version 20.00. The research results show no significant difference in the perceived security in usage decisions of E-Banking Y and Z generations.
Pengaruh profesionalisme dan sertifikasi terhadap kinerja guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kabupaten Lumajang Roni Wiranata; Miftahus Surur; Siti Aisyah
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17368

Abstract

Profesionalisme merupakan unsur dari kompetensi guru. Indentifikasi keprofesionalan seorang guru dapat dibuktikan dengan kualitas kinerja yang baik dan juga diidentik dengan tunjangan profesi. Tunjangan profesi guru diproses melalui program sertifikasi yang diupayakan pemerintah untuk memberikan hak kepada guru yang keprofesionalnnya dianggap berkualitas sehingga dapat mempengaruhi kinerja yang positif. Tujuan dari research ini: (1) pengaruh profesionalisme dan sertifikasi secara parsial pada kinerja guru, (2) pengaruh profesionalisme dan sertifikasi secara simultan pada kinerja pendidik (3) variabel yang lebih dominan mempenggarui Kinerja guru. Penelitian ini dirancang dan dibuat dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam research ini seluruh guru mata pelajaran IPS SMP Negeri se-Kabupaten Lumajang yang berjumlah 159 orang dengan mengambil sampel sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial profesionalisme berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dan juga sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Secara simultan Profesionalisme dan Sertifikasi berpengaruh signifikan terhadap variable kinerja Guru Matapelajaran IPS di SMP Negeri se-Kabupaten Lumajang. Hasil nilai koefisien determinasi R2 menunjukkan nilai prosentase sebesar 28,4% variable kinerja guru IPS di kabupaten Lumajang dapat dipengaruhi oleh profesionalisme dan sertifikasi, sedangkan sisanya yaitu 71,6% kinerja guru dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pemanfaat media online dalam penjualan batik dari kelompok Batik Cantik Suropati (BCS) Tembokrejo Alfa Julia; Nunuk Indarti
EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/equilibrium.v11i2.17391

Abstract

Di era globalisasi ini teknologi internet banyak dimanfaatkan diberbagai bentuk kegiatan seperti mengajar, berdagang, membeli barang, pekerjaan kantor, dan sebagainya. Masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi internet sehingga dapat menggunakannya dengan bijak. Salah satu media online yang dapat digunakan secara positif yaitu berbisnis. Media online yang dapat digunakan dalam berbisnis seperti Instagram, Tik Tok, YouTube, Facebook, Blog, Twitter, LINE, dan Pinterest. Objek penelitian menggunakan kelompok Batik Canti Suropati Tembokrejo. Tujuan penelitian ntuk mengetahui media online yang digunakan oleh BCS, untuk mengetahui pemanfaatan media online yang dilakukan oleh BCS, dan untuk mengetahui keuntungan yang diterima oleh BCS setelah memanfaatkan media online. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif yang digunakan untuk mengumpulkan data yang nyata dan terperinci. Kesimpulan yang didapat penggunaan media sosial tidak hanya berpengaruh negatif, tetapi juga berpengaruh positif salah satunya dapat digunakan untuk berbisnis dan mempromosikan produk. Manfaat yang didapat meningkatnya tingkat permintaan dan terkenalnya perusahaan di kalangan masyarakat

Page 1 of 1 | Total Record : 10