cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MATA KULIAH SISTEM BELAJAR JARAK JAUH (SBJJ) UNTUK PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UIKA BOGOR Afif Ahmad Wiranata
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4921

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan pembelajaran berbasis web matakuliah Sistem Belajar Jarak Jauh (SBJJ) untuk Program Studi  Teknologi Pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan dengan sasaran mahasiswa program sarjana. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Nama produk hasil pengembangan program ­web-based learning mata kuliah Sistem Belajar Jarak Jauh  yaitu  dengan URL https://elearning.uika-bogor.ac.id/course/view.php?id=1467. Program ini dikembangkan menggunakan platform LMS Moodle. Evaluasi terhadap produk dilakukan sesuai acuan model pengembangan Dick & Carey, proses evaluasi bertahap dilakukan pada para  ahli yaitu kepada ahli materi, ahli media, dan ahli instruksional. Kemudian dilanjutkan kepada sasaran dengan uji satu-ke-satu, kelompok kecil, dan kelompok besar. Evaluasi dilakukan hingga tahap evaluasi formatif, hasil evaluasi formatif menyatakan bahwa web-based learning  mata kuliah SBJJ  Program Studi Teknologi Pendidikan UIKA rata-rata mendapatkan nilai 82,5 masuk kedalam kategori baik diperkuat dengan hasil ujian yang rata-rata memperoleh nilai 83.0 yang dikategorikan baik.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKIDAH-AKHLAK BERBASIS SMARTPHONE DALAM UPAYA MENGAPLIKASIKAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS XII MADRASAH ALIYAH AL-ARQOM BOGOR Abdullah Husein; Muktiono Waspodo; Zaenal Abidin Arief
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4938

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menganalis: 1) Proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor. 2) Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model ADDIE. Adapun subyek validasi terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media dan desain instruksional, satu orang praktisi pembelajaran, tiga peserta didik untuk uji coba perorangan, tujuh peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh tiga peserta didik untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif.Adapun kesimpulan penelitian ini bahwa: 1) proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone berdasarkan model ADDIE dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII di MA Al-Arqom Bogor dilakukan dengan Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate (ADDIE); 2) Penilaian kelayakan multimedia oleh ahli materi pertama diperoleh skor 93% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli materi kedua diperoleh skor 94% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli media dan desain instruksional pertama diperoleh skor 90% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh ahli media dan desain instruksional kedua diperoleh skor 96% (Sangat Layak). Penilaian kelayakan oleh praktisi pembelajaran Akidah-Akhlak kelas XII diperoleh skor 97% (Sangat Layak). Dan rerata penilaian dari para ahli (expert judgement) dan praktisi pembelajaran Akidah-Akhlak diperoleh skor 94% (sangat layak). Adapun respon peserta didik kelas XII dengan adanya multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak terhadap aplikasi metakognisinya pada uji coba perorangan, rerata aplikasi metakognisinya bernilai 92,33 (Sangat Bagus). Pada uji coba kelompok kecil diperoleh rerata aplikasi metakognisinya bernilai 80,85 (Bagus). Dan pada uji coba lapangan diperoleh rerata aplikasi metakognisinya bernilai 84,27 (Bagus). Dengan demikian maka multimedia pembelajaran interaktif akidah-akhlak berbasis smartphone dikatakan sangat layak dan Bagus dalam upaya mengaplikasikan metakognisi peserta didik kelas XII MA Al-Arqom Bogor
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) SISWA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MELALUI METODE INKUIRI Siti Alkomah; Zainal Abidin Arief; Kurniati Kurniati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4926

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar, siswa, serta bagaimana proses peningkatannya. Masalah  dalam  penelitian  inii  dirumuskan sebagai berikut: Apakah metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, Apakah metode inkuiri dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, dan Bagaimana proses peningkatannya. Metode yang digunakan adalah metode kaji tindak berbentuk penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelompok A4 SDIT Ummul Quro Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Data diambil melalui teknik wawancara untuk studii pendahuluan, observasi, dan studi document`asi.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; berdasarkan data nilai terendah pada pra-siklus yaitu 19, siklus I : 44, siklus II : 56, dan siklus III : 69, nilai tertinggi pada pra-siklus : 25, siklus I : 88, siklus II : 94, dan siklus III : 94, dengan nilai rata-rata pada pra-siklus : 21, siklus I : 62, siklus II : 75, dan siklus III : 83. Siswa yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), pada pra-siklus : 0%, siklus I : 3 orang (33%), siklus II : 5 orang (56%), dan siklus III : 7 orang (78%) jadi mengalami kenaikan sebesar 78%. Metode inkuiri dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa; berdasarkan data nilai terendah pada pra-siklus : 25, siklus I : 40, siklus II : 55, dan siklus III : 75, nilai tertinggi pada pra-siklus : 55, siklus I : 85, siklus II : 95, dan siklus III : 95, denga nilai rata-rata pada pra-siklus : 36, siklus I : 58, siklus II : 76, dan siklus III : 88. Siswa yang mencapai kriteria Amat Baik (AB), pada pra-siklus : 0%, siklus I : 2 orang (22%), siklus II : 5 orang (56%), dan siklus III : 8 orang (89%), jadi mengalami kenaikan sebesar 89%. Proses peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dilaksanakan melalui bermain dengan mekanisme pembelajaran metode inkuiri yang telah tertuang dalam RPPH mulai dari tahap pijakan pengalaman awal sebagai kegiatan pendahuluan, pijakan selama anak main sebagai kegiatan inti, dan pijakan setelah main, sebagai kegiatn penutup
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE HOME VISIT PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B PAUD PELANGI MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR Nunur Nurhasdian; Zainal Abidin Arief; Muktiono Waspodo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4935

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), untuk tujuan mengumpulkan data apakah pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan aktivitas belajar kelompok B di Paud Pelangi Megamendung Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Apakah pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak? 2) Apakah pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan aktivitas belajar anak? 3) Bagaimanakah proses pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan aktivitas belajar anak di kelompok B PAUD Pelangi Bogor?Adapun hasil penelitian ini, berdasarkan hasil temuan penelitian tindakan (action research), 1) maka peneliti menarik kesimpulan bahwa pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan aktivitas belajar siswa kelompok B Paud Pelangi Megamendung Kabupaten Bogor. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari pra tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator kemampuan motorik kasar, yakni : (a) indikator membersihkan rumah; (b) indikator berjalan di papan titian; dan (c) indikator merayap setelah dilaksanakan tindakankan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus 1 sebesar 25%, siklus 2 sebesar 30%, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 75%. 2) Pembelajaran blended learning dengan metode home visit dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dari prosentase tiap-tiap indikator aktivitas belajar, yakni : (a) indikator anak dapat bekerja sama dengan kelompok; (b) indikator anakmemiliki rasa ingin tahu; (c) indikator anak dapatmenanggapi pertanyaan guru; (4) indikator anak mau mencoba semua kegiatan yang diberikan guru, setelah dilaksanakan tindakan dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus 1 sebesar 25%, siklus 2 sebesar 40%, dan pada siklus 3 meningkat menjadi 80%. 3) Adapun proses pembelajaran blended learning dengan metode home visit yang telah dilaksanakan dengan baik dan terbukti menjadi alternatif yang tepat dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan aktivitas belajar anak di kelompok B PAUD Pelangi Bogor. Efektifitas pembelajaran blended learning dengan metode home visit terlihat dari peningkatan kemampuan motorik kasar dan aktivitas belajar anak di setiap siklusnya.
HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA PADA PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Ardian Hidayat; Muktiono Waspodo; Zaenal Abidin Arief
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4917

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 118 orang yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak komputer SPSS. Data dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran angket/kuesioner kepada sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan penyesuaian diri dengan hasil belajar peserta pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan dimana thitung > ttabel (6,310 > 1,662) dan dengan probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05, dan juga didukung dengan R square sebesar 0,256 atau 25,6%. Dengan demikian, terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan hasil belajar pada Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Perhubungan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG TATA SURYA DAN GALAKSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNING (CTL)DI KELAS VI-A SD NEGERI PABRIK ES KECAMATAN BOGOR TENGAH KOTA BOGOR Hanifah Hanifah
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4922

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA dengan materi Tata Surya dan Galaksi pada peserta didik Kelas VI SD Negeri Pabrik Es Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Setelah melalui 2 siklus dengan tindakan yang berbeda, hasil observasi guru menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor18 (cukup), dan di Siklus II memperoleh skor 31 (sanga tbaik), untuk aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 60,28 (cukup), dan di Siklus II memperoleh skor rata-rata 95,68 (Sangat baik), sedangkan untuk hasil belajar IPA pada pra siklus dengan ketuntasan klasikal 25% meningkat menjadi 53,57% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus. Dengan demikian, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP POSITIF BELAJAR DAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI RA AL ISRO BOGOR Khuzaimah Khuzaimah; Zainal Abidin Arief; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4920

Abstract

Peneliti mengobservasi perilaku anak selama kegiatan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data hasil observasi wawancara dan catatan lapangan diolah dengan cara kuantitatif yaitu menghitung proses aktivitas pembelajaran anak dengan  pembelajaran Problem Solving dan indikator pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, serta kualitatif untuk melengkapi data. Penelitian ini memberikan hasil bahwa pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan sikap positif belajar dan kreativitas anak usia dini. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan pembelajaran Problem Solving  yaitu siklus 1 rata-rata prosentase kreativitas anak 36%, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 70% dan pada siklus 3 mengalami peningkatan sebesar 93%. Penerapan model pembelajaran Problem Solving juga  mampu meningkatkan sikap positif belajar pada anak usia dini, hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada setiap siklusnya Pada siklus 1 rata-rata prosentasenya nya yaitu 56%. Pada siklus 2  rata-rata prosentasenya yaitu 69% dan pada siklus 3  rata rata prosentase nya yaitu 93%. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan sikap positif belajar dan kreativitas pada anak usia dini.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE BERNYANYI BERBANTUAN KARTU HURUF PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PERTIWI GUNUNGSINDUR BOGOR Titin Yatimah; T. Abdul Madjid; Kendra Hartaya
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.4925

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Pembelajaran membaca permulaan melalui metode bernyanyi berbantuan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yang mencakup aspek; (1) melafalkan huruf, (2) mengenal lambang huruf, (3) merangkai huruf menjadi suku kata dan (4) merangkai suku kata menjadi kata. Dimana skor rata-rata yaitu:  membaca permulaan secara online, pada pra tindakan sebesar 31%, sedangkan Siklus I skornya rata-rata yaitu 41%, sedangkan siklus 2 skor rata-rata yaitu 61%, dan siklus 3 skor rata-ratanya sebesar 92% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Dan membaca permulaan secara offline, yaitu pra tindakan sebesar 36%, Siklus I 49%, siklus 2 62%, dan silus 3 sebesar 92% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Kedua, Pembelajaran membaca permulaan melalui metode bernyanyi berbantuan kartu huruf memberikan suasana yang menyenangkan bagi anak, terlihat dari besarnya rasa ingin tahu anak, keaktifan anak dalam menjawab berbagai pertanyaan dan partisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Secara kuantitatif peningkatan motivasi belajar anak dalam pembelajaran dengan metode bernyanyi berbantuan kartu huruf secara offline memiliki nilai rata-rata 37% pada pratindakan, 47% di Siklus I,  69% di siklus 2 dan di siklus 3 92% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Adapun motivasi belajar secara online, yaitu pra tindakan sebesar 39%, Siklus I 46%, siklus 2 69%, dan silus 3 sebesar 81% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Ketiga, Proses pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode bernyanyi berbantuan kartu huruf pada peserta didik kelompok B TK Pertiwi Gunungsindur Bogor yaitu dengan intervensi tindakan WhatsApp grup dan home visit.
PENERAPAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) UNGGUL BERBASIS KOMPETENSI DI SOCIETY 5.0 Clara Yanti
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.7641

Abstract

Digitization in human resource management can help companies modernize HR functions and give them a competitive advantage. At the same time, changing work styles and changing HR needs are necessary. The researcher aims to find out how to apply competency-based human resource management in the digital era. Researchers also explore the current key benefits and risks, and analyze their impact on the competence and role of HR Professionals. The qualitative research includes the analysis of secondary data describing the level of existing digital skills based on the reactions of more than 7,000 respondents from six EU member countries (Germany, Finland, UK, Portugal, Sweden and Slovakia). The results obtained indicate that the application of HR professionalism tends to be reluctant to adopt technology. The results also confirm the importance of digitization for human resources and the demand for digital skills in recent years
Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam dan Relevansi Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer Bagas Ilham Yudhiyantoro
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v10i2.7269

Abstract

Harun Nasution merupakan salah satu tokoh pemikir islam yang berpengaruh dalam dunia Pendidikan islam , terutama di Indonesia. Banyak terobosan-terobosan baru yang diterapkan ke sistem Pendidikan di Indonesia. Beliau yang juga pernah menjabat sebagai Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Tahun 1973, juga banyak dari pemikiran beliau yang akhirnya diterapkan pada sistem Pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) tentang Pendidikan islam sekaligus relevansinya terhadap Pendidikan islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Buku dan jurnal ilmiah digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harun Nasution mengemukakan Pendidikan bisa diterapkan dan dipandang dari area agama, dengan menggunakan dasar ajaran agama islam menjadikan Pendidikan yang bernilai religius sehingga para peserta didik bisa mengenal dan mempelajari nilai-nilai penyembahan tuhan dengan tidak mengesampingkan ajaran akademik. Relevansi pemikiran Harun Nasution tentang Pendidikan islam kontemporer mencakup dasar Pendidikan, prinsip penyelenggaraan Pendidikan, sistem Pendidikan dan tenaga kependidikan. Relevansi dari pemikiran Harun Nasution tentunya juga berdasar pada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 10