cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI KELUARGA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANAK USIA DINI Yuvita Rachmi; Sigit Wibowo; Masitowati Gatot
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.5870

Abstract

Kegiatan penyelenggaraan pelibatan keluarga dalam implementasi program pengembangan kemampuan literasi anak seperti kegiatan membacakan cerita dirumah, membuat pojok baca dirumah, masih diselenggarakan dan masuk ke kurikulum sekolah. Peserta didik dengan rentang usia 3 – 6 tahun yang dilayani di satuan pendidikan ini terlihat terbisa dengan kegiatan membukabuka buku diluar kegiatan inti pembelajaran. Fokus yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana mendapatkan informasi tentang implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD Berbasis Aqidah Islam Rumah Cendekia Ciomas Kabupaten Bogor. Pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Informan penelitian sebanyak 28 orang terdiri dari 5 orang guru PAUD BAI Rumah Cendekia, 10 orang wali murid, dan 13 orang peserta didik. Analisis data dilakukan dalam tiga fase, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan simpulan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Gerakan Literasi Keluarga dalam meningkatkan kompetensi literasi anak usia dini di PAUD Berbasis Aqidah Islam Rumah Cendekia. 1) Pelaksanaan gerakan literasi keluarga dengan penataan, penggunaan, dan pemanfaatan fasilitas pojok baca, perpustakaan untuk menunjang implementasi. 2) Guru, orang tua, dan siswa sudah mengikuti sosialisasi gerakan literasi keluarga (memiliki pemahaman tentang teknis pelaksanaan dan implementasinya), 3) Memiliki guru dengan prestasi di bidang literasi yang mumpuni, 4) Tata aliran kerja pelaksana Gerakan literasi keluarga
KEBIJAKAN PUBLIK DI BIDANG PENDIDIKAN: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DENGAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Anton Wardaya; Novianto Budi Kurniawan; Tiodora Hadumaon Siagian
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.7332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi siswa dan kemampuan teknologi digital serta peran kemampuan teknologi digital dalam memediasi pengaruh motivasi terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan jumlah 200 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM ( Structural Equation Model) dengan menggunakan Program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung motivasi terhadap prestasi siswa adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi prestasi sebesar 38,50%.  Pengaruh langsung motivasi terhadap kemampuan teknologi digital adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi kemampuan teknologi digital sebesar 47,40%. Pengaruh langsung kemampuan teknologi digital terhadap prestasi siswa adalah positif dan signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Kemampuan teknologi digital mempengaruhi prestasi sebesar 51,8%. Pengaruh tidak langsung motivasi terhadap prestasi siswa melalui motivasi belajar adalah positif signifikan dengan nilai p value sebesar 0,00. Motivasi mempengaruhi prestasi dengan dimediasi oleh teknologi digital sebesar 0,1825. Kemampuan teknologi merupakan variabel mediasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Pengaruh motivasi siswa terhadap kinerja siswa lebih tinggi bila dimediasi oleh kemampuan teknologi digital, dibandingkan motivasi siswa secara langsung terhadap kinerja siswa.
Pemikiran Martin Heidegger Tentang Eksistensialisme dan Pengejawantahan Metodologinya Dalam Pendidikan Islam Ghiyats Aiman
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.7298

Abstract

Dalam pembangunan paradigma berpikir manusia, filsafat berperan penting di dalamnya. Perlunya modernisasi pendidikan dalam menjawab tuntutan zaman yang salah satunya ialah penerapan metodologis yang tepat. Martin Heidegger lahir pada 26 september 1889 disebuah kota kecil negara Jerman yaitu Meskirch. Ayahnya bernama Friederich Heidegger yang berprofesi sebagai koster gereja  Katolik di Santo Martinus dan ibunya bernama Johanna Heidegger. Ide pemikiran Martin Heidegger terkait eksistensialisme ialah menyoal kembali hakikat keberadaan manusia sebagai Being yang memiliki Existen. Dalam bukunya Being and Time ia menjelaskan pemaknaan ada (manusia) itu sendiri atas kesadarannya. Ia menyebut manusia sebagai Dasein ( “Da” yang berarti disana dan “Sein” berarti Ada) yakni ada di dunia (Being In The World). Keberadaan manusia berbeda dengan keberadaannya suatu benda. Adanya benda selalu dikaitkan dengan adanya manusia karena benda tidak akan ada bilamana tidak ada keberadaan manusia. Metode penelitian yang penulis lakukan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian pustka) yang relevan dengan objek pembahasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara memilih data yang berkorelasi dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diinginkan aliran eksistensialisme adalah metode dialog dan diskusi.
GAMBARAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMK DI MASA PANDEMI COVID-19 RIOWATI RIOWATI; MILANDAH MAULINA
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.6651

Abstract

Abstract: This writing aim to discover the level of academic resilience of vocational students. The policy of online learning during the COVID-19 pandemic raises various challenges in all aspects of education, especially for students. The proper response to survive in pandemic conditions is needed by students to maintain the stabilization of the learning process. The researcher used a quantitative descriptive method with a sample of 220 vocational students from four majors selected using a simple random sampling technique. This study used the Academic Resilience Scale (ARS). The data analysis process is based on categorizing the maximum, minimum, mean, and standard deviation of academic resilience. The results of the categorization show that there are more students in the medium and high scores. It shows that vocational students during the pandemic have good academic resilience abilities, but the emotional ability score is low, and intervention is need.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP SMART EKSELENSIA INDONESIA KABUPATEN BOGOR Eka Kurniasih; Zainal Abidin Arief; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.6024

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang bertujuan untuk menguji/mengungkap adanya: 1) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa; 2) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran jigsaw dan super memory system dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa; 3) Perbedaan antara kreativitas tinggi yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa;4) Perbedaan antara kreativitas rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran jigsaw dan super memory system terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang diambil sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Masing-masing siswa diberikan tes kreativitas. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kreativitas rendah. Selanjutnya, siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran super memory system dikelompokkan ke dalam kelompok siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (dengan anova dua jalur). Uji statistik digunakan uji t tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2021.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw dengan kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran super memory system dengan kreativitas tinggi, dibuktikan dengan sig 0,200 ≥ 0,05. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran jigsaw dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. 3) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi yang belajar dengan model pembelajaran super memory system. 4) Hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran jigsaw lebih baik dibanding hasil belajar pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah yang belajar dengan model pembelajaran super memory system.
ASSESSMEN FLUENCY OF THINKING, FLEXIBILITY, DAN ELABORATION CALON GURU FISIKA: DESAIN, DAN VALIDITAS Dewi Hikmah Marisda; Yusri Handayani Hamid; Riskawati R; Andi Nur Samsi; Murniati M
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.6014

Abstract

Pengembangan keterampilan berpikir kreatif  merupakan salah satu fokus perhatian dalam perkuliahan Fisika Dasar. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif penting dilakukan karena keterampilan ini merupakan keterampilan Abad 21 yang juga dikehendaki dunia kerja. Daya saing suatu bangsa dapat dilihat dari kreativitas yang dimiliki oleh Sumber Daya Manusia suatu negara. Tujuan penelitian  adalah mengembangkan assessmen (tes) keterampilan berpikir kreatif untuk indikator berpikir lancar (fluency of thinking), berpikir luwes (flexibility), dan keterincian (elaboration). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Produk instrument tes keterampilan berpikir kreatif yang dihasilkan divalidasi oleh dua orang pakar, dan diperoleh kesimpulan bahwa assessmen yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Selanjutnya diharapkan kepada dosen pengampu untuk mengembangkan penilaian yang berorientasi pada kecakapan Abad 21 (keterampilan berpikir kreatif, kritis, komunikasi, dan kolaborasi), tidak hanya terfokus pada penilaian pengetahuan kognitif saja.   Instrument tes (assessmen) yang dikembangkan juga disesuaikan dengan capaian pembelajaran mata kuliah Fisika Dasar.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Ramnaega L Siregar; M Joharis Lubis
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.7084

Abstract

Setiap orang pasti pernah merasakan menjadi seorang pemimpin, entah itu di lingkungan sekolah, tempat kerja, pertemanan, keluarga, atau untuk dirinya sendiri. Momen tersebut akan membantu memunculkan kualitas dan gaya kepemimpinan dalam diri. Dalam lingkungan sekolah, seorang kepala sekolah sebaiknya memaksimalkan kemampuan yang ia miliki, terutama kemampuan dalam memimpin. Seorang kepala sekolah harus menerapkan gaya kepemimpinan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin, karena gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan pemimpin untuk berinteraksi dengan bawahannya. Rumusan masalah yang ingin dianalisis, yaitu bagaimana gaya kepemimpinan otokratis dan bagaimanakah pengaruh gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan melakukan studi pustaka dan observasi langsung terhadap lingkungan pendidikan khususnya sekolah dan kajian pustakaan. Dari hasil analisis tersebut diperoleh hasil bahwa gaya kepemimpinan otokratis berpengaruh langsung kepada kinerja guru, antara lain, guru lebih memiliki pola proses kerja yang efisien, guru memiliki manajemen krisis yang cepat, guru akan berusaha menjaga ketertiban & disiplin, guru memiliki target yang terfokus, guru akan meningkatan produktivitas diri dan guru akan memiliki komunikasi yang jelas.
Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response Melalui Blended Learning Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Azzhahiriyah Farrah Zhahiriyah; Muktiono Waspodo; Abdul Madjid
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.6049

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar Bahasa Inggris Peserta didik kelas VII melalui penggunaan model pembelajaran total physical response dengan metode blended learning. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana rancangan model pembelajaran total physical response melalui blended learning Untuk Mengatasi kesulitan Belajar Bahasa Inggris Peserta didik, (2) bagaimana menguji kelayakan penggunaan model pembelajaran total physical response dengan metode blended learning untuk mengatasi kesulitan belajar Peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) apakah penggunaan total physical response melalui metode blended learning efektif terhadap peserta didik yang mengalami masalah belajar bahasa Inggris. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 99 orang, yang terdiri dari ; 3 orang subjek uji awal, 12 orang subjek uji kelompok kecil, 30 orang subjek uji kelompok besar dan 54 orang subjek implementasi lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 92%, ahli desain instruksional/ media sebesar 88%, pengguna guru 93% dan pengguna peserta didik sebesar 92% secara keseluruhan memperoleh kategori “sangat layak”. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran total physical response melalui blended learning efektif untuk mengatasi kesulitan belajar Bahasa Inggris
GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI Fina Mardiana Nasution; Rudiansyah Siregar; M. Joharis Lubis
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.7072

Abstract

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Konflik dan Efikasi Diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, konflik, dan efikasi diri, terhadap kinerja kepala sekolah. Penelitian mempergunakan desain eksplanatoris, dengan populasi kepala SD di Kota Medan, dan melalui teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebesar 200 orang. Teknik analisis jalur digunakan untuk analisis data dengan menggunakan program aplikasi AMOS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan transformasional, konflik dan efikasi diri berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE LENS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Shelfy Rahma Andi Sofian; Wachju Subchan; Sudarti Sudarti
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tek.pend.v11i2.5972

Abstract

Proses belajar mengajar di kelas kerap kali menghadapi permasalahan dalam upaya mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu contoh permasalahan yang dihadapi seorang guru adalah kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas 7. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 7 pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam beberapa tahap yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan tes dan observasi. Aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus satu ke siklus kedua sebesar 11,31%. Hasil belajar siswa dari hasil penelitian juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google lens dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Page 1 of 2 | Total Record : 15