cover
Contact Name
putu suarcaya
Contact Email
p.suarcaya@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
undiksha.linguascientia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Lingua Scientia Journal
ISSN : 08549125     EISSN : 25992678     DOI : -
Core Subject : Education,
Lingua Scientia is a journal committed to publishing studies in the area of foreign language teaching and learning and linguistics. It adopts diverse theoretical and methodological perspectives in exploring a wide range of current issues in foreign language teaching and linguistic studies. Subject areas of study include, but are not limited to: Foreign language teaching, general linguistics (phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics), curriculum Development, applied linguistics, translation studies, (critical) discourse analysis, and intercultural communication.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 1 (2016)" : 6 Documents clear
An Analysis of Jargon Used by Receptionists in Front Office at Asa Bali Luxury Villas and Spa Seminyak Yudha, I Putu Citra; Seken, I Ketut
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.723 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16066

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk linguistik, arti dan fungsi jargon yang digunakan oleh resepsionis pada front office di Asa Bali Luxury Villa and Spa Seminyak. Jargon dianalisis dengan menggunakan teori dari Allan &Buridge (2006). Penelitian ini di desain menggunakan metode penelitian kualitatif. Jargon yang di identifikasi adalah jargon yang digunakan dalam bentuk lisan dan tertulis. Tehknik - tehknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi dan interview. Dalam hasil penelitian, ditemukan 123 jargon yang digunakan oleh resepsionis di front office Asa Bali Villa and Spa. Arti dari jargon -jargon yang digunakan didefinisikan berdasaran interview pada staff villa, dokumen resepsionis, kamus, dan konteks penggunaan jargon. Data analisis menunjukan terdapat dua fungsi jargon.
Affixation System in Lemukih Dialect of Balinese: A Descriptive Study of Derivational and Inflectional Process Riasa, i Made Liantana
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.175 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16067

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan jenis-jenis prefik dan sufik di dialek Bali Lemukih dan termasuk dalam jenis infleksi dan derivasi mereka terlibat.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif Qualitatif.Dua informan pembicara dialek Lemukih dipilih sesuai dengan criteria. Data dikumpulkan sesuai dengan empat teknik, bernama: eliciting, perekaman, pencatatan dan observasi teknik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada sepuluh prefik dan lima sufiks di dialek Bali Lemukih. Prefik dan sufiks ini akan digolongkan lebih lanjut kedalam derivasi dan infleksi prefik dan sufik. Prefik yang termasuk kedalam derivasi adalah {ma-}, {N-}, {ka-}, {pa-}, and {kuma-}. Sedangkan sufik yang temasuk kedalam derivasi adalah {-an} dan {ang}. Prefik yang termasuk kedalam infleksi adalah {ma-}, {N-}, {ka-}, and {maka-}. Sedangkan sufik yang temasuk kedalam infleksi adalah {-in}, {-ne}, {-an}, {-ang}, dan {-e}. Terlebihnya, masing-masing prefik dan sufik memiliki fungsi yang berbeda seperti pembuat kata kerja, pembuat kata benda, pembuat kata sifat, pembuat kata pasif, pembuat kata aktif, pembuat kata khusus, pembuat kata distributif, pembuat kata imperative, dan pembuat kata komparatif.
Developing a Character-Based Interactive Multimedia for Seventh Grade Junior High School Students Nova, M; Padmadewi, Ni Nyoman; Hadisaputra, I Nyoman Pasek
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.321 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16068

Abstract

Kurikulum 2013 membutuhkan insersi pendidikan karakter dan integrasi teknologi. Penitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi karakteristik dari multimedia interaktif berbasis karakter, 2)menjelaskan proses perancangan multimedia interaktif berbasis karakter, 3) menjelaskan produk multimedia interaktif berbasis karakter, dan 4) menjelaskan kualitas multimedia interaktif berbasis karakter. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan yang menggunakan pendekatan metode campuran, sequential exploratory design, dan Four-D model.
The Effect of Graphic Organizer upon Reading Comprehension of the Twelfth Grade Students of SMAN 1 Sukawati in Academic Year 2015/2016 Dewi, Anak Agung Mitha Indri; Marhaeni, Anak Agung Istri Ngurah; Suwastini, Ni Komang Arie
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.741 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII yang diajar menggunakan Graphic Organizer dengan siswa yang diajar menggunakan teknik konvensional. Penelitian ini dalam bentuk penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah 75 siswa yang telah dipilih dengan menggunakan teknik sampel random atau acak; terdiri dari 37 siswa kelas XII IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan 38 siswa kelas XII IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII yang diajar menggunakan Graphic Organizer dimana siswa yang diajar menggunakan Graphic Organizer menunjukkan pemahaman membaca yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan teknik konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Graphic Organizer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa kelas XII di SMA N 1 Sukawati tahun ajaran 2015/2016.
The Naturalness of Translation in Translating Short Story Entitled “Drupadi” from Indonesian into English Dewi, N L.P.V.; Mardjohan, Asril; Santosa, Made H
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.003 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16064

Abstract

This study aimed at analyzing the naturalness of translation and finding the percentage of the naturalness of translation in translating short story entitled “Drupadi” from Indonesian into English. The subjects of this study were two native speakers which are come from the native area. Meanwhile, the object of this study was a short story entitled “Drupadi” especially the sentences in both Indonesian and English version. In this study, the researcher used Larson’s theory as the reference of the study in order to analyze the naturalness of translation in short story entitled “Drupadi” from Indonesian into English. The data were obtained by two methods of data collection, namely checklist and interview. The total of the data in this study was 131 sentences and it was analyzed descriptively. The result of this study showed that, 0% of the data is considered to fall into “unnatural” level, 2.29% are considered to fall into “less natural” level, 13.74% of the data belong to the “natural” level, and 83.97% of the data is classified as “highly natural”. Based on the result, it can be concluded that the short story entitled “Drupadi” which has been translated by Tom Hunter from Indonesian into English was in “highly natural” level and it can be used as teaching material for the teacher who teaches language, especially translation.
An Analysis of Code Switching Used by Lecturer of English Education Department at Ganesha University of Education Suarnajaya, Wayan; Mardjohan, Asril; Wijaya, Danu
Lingua Scientia Vol 23, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.919 KB) | DOI: 10.23887/ls.v23i1.16065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe dari alih kodebahasa, fungsi alih kodebahasa, dan alasan penggunaan alihkodebahasa yang digunakanoleh dosen bahasa Inggris sebagai strategi komunikasi untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di semester II Jurusan PendidikanBahasa Inggris di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dosen laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perekam MP3, catatan lapangan, dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua jenis alih kode yang digunakan oleh guru bahasa Inggris. Mereka adalah intra-sentential alih kodebahasa dan inter-sentensial alih kodebahasa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6