cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): September" : 16 Documents clear
PERAMALAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) KABUPATEN BOJONEGORO MENGGUNAKAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING BROWN Yuniar Farida; Diah Ayu Sulistiani; Nurissaidah Ulinnuha
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5521

Abstract

Pembangunan manusia kini dipandang sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan suatu bangsa yang berkaitan erat dengan bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lingkungan. Keberhasilan pembangunan manusia diukur berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai sumber daya alam yang beragam dan melimpah. Besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki seharusnya sejalan dengan kualitas pembangunan manusianya. Namun ternyata hal tersebut tidak sejalan dengan nilai IPM Kabupaten Bojonegoro yang berada di bawah rata-rata nilai IPM Jawa Timur. Sehingga pemerintah Bojonegoro terus berupaya untuk memaksimalkan potensi dan meningkatkan nilai IPM. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan peramalan (forecasting) sebagai acuan untuk memaksimalkan tingkat pembangunan manusia di Kabupaten Bojonegoro pada beberapa tahun yang akan datang. Pada penelitian ini, untuk meramalkan IPM di Kabupaten Bojonegoro menggunakan metode Double Exponential Smoothing (DES) dari Brown dengan data yang digunakan merupakan data IPM di Kabupaten Bojonegoro dari tahun 2010 sampai 2020. Data yang digunakan diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil perhitungan, peramalan terbaik diperoleh berdasarkan nilai parameter α 0.7 dengan besar nilai MAPE 0.376% yang masuk kriteria sangat baik. Hasil peramalan IPM untuk tahun 2021 sebesar 69.61, untuk tahun 2022 sebesar 70.14, dan untuk tahun 2023 sebesar 70.67 termasuk kategori IPM sedang. Kata kunci: Double exponential smoothing brown, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), peramalan
PEMETAAN BIBLIOMETRIK TERHADAP TREND RISET MATEMATIKA TERAPAN DI GOOGLE SCOLAR MENGGUNAKAN VOSVIEWER Arifin Karim; Joko Soebagyo
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5835

Abstract

Penelitian bibliometrik ini berfokus pada mapping riset matematika terapan berbasis data google scholar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan penelitian matematika terapan. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan database google scholar dengan kata kunci applied mathematic, kategori publikasi adalah jurnal, dan sampel sebanyak 500 jurnal. Pengambilan data dilakukan menggunakan software Publish or Perish  (PoP). Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan tahun publikasi, nama penerbit, produktivitas peneliti, dan trend riset matematika terapan. PoP digunakan untuk mendapatkan data perkembangan riset secara akurat. Analisis data dilakukan menggunakan Excel dan VOSViewer. Hasil penelitian menggambarkan bahwa trend publikasi matematika terapan dari tahun 2005-2021 mengalami penurunan secara linier dimana jumlah publikasi meningkat sebanyak 68 artikel di tahun 2007 yang diterbitkan oleh Elsevier. Peneliti yang paling produktif adalah Dr. S. Arulselvi dengan publikasi sebanyak 6 artikel. Visualisasi VOSViewer juga menunjukkan bahwa riset matematika terapan yang masih jarang diteliti adalah yang berkaitan dengan adomian decomposition, numerical solution, dan homotopy perturbation method.Kata kunci:  Bibliometrik, google scholar, matematika terapan, publish or perish, vosviewer
KEAKURATAN METODE DEKOMPOSISI ADOMIAN UNTUK MASALAH NILAI AWAL YANG PENYELESAIAN EKSAKNYA MEMUAT TITIK SINGULAR Yulius Keremata Lede; Sudi Mungkasi
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5300

Abstract

Salah satu cabang ilmu matematika adalah persamaan diferensial. Artikel ini menyelesaikan masalah nilai awal (persamaan diferensial biasa yang dilengkapi dengan suatu data nilai awal fungsi) dengan menggunakan metode dekomposisi Adomian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati sifat penyelesaian dekomposisi Adomian apabila penyelesaian eksaknya memuat titik singular. Artikel ini mengambil suatu kasus uji persamaan diferensial untuk menunjukkan kinerja metode dekomposisi Adomian. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penyelesaian persamaan matematis secara hampiran ke dalam deret fungsi dan pengamatan hasil simulasi komputer. Hasil dari simulasi kasus uji menunjukkan bahwa penyelesaian dekomposisi Adomian sangat akurat untuk titik-titik di sekitar data awal. Akan tetapi, penyelesaian dekomposisi Adomian kurang akurat untuk titik-titik di sekitar titik singular dan untuk titik-titik yang jauh dari titik awal. Keakuratan di sini diartikan dengan nilai error mutlak dari hampiran, yaitu bahwa hampiran disebut akurat apabila error mutlaknya kecil. Kata kunci: Masalah nilai awal, metode dekomposisi Adomian, persamaan diferensial biasa
PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN TERHADAP PENGETAHUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN R. Bambang Aryan Soekisno; Rafiq Zulkarnaen
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5426

Abstract

Perencanaan pelaksanaan pembelajaran sebagai proses penting dalam mengajar matematika, dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melibatkan beberapa komponen diantaranya pengetahuan konten matematika dan pengetahuan pedagogis. Kualitas penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat dipengaruhi oleh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu: (a) mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan dan lama mengajar terhadap kemampuan guru matematika dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan (b) mengetahui kualitas pengetahuan guru matematika dalam merumuskan RPP. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kasus tunggal dan analisis ganda. Kasus yang diamati dalam penelitian ini yaitu kemampuan guru matematika dalam menyusun RPP ditinjau dari kualifikasi pendidikan dan lama mengajar, serta pengetahuan matematika guru dalam menyusun RPP. Subjek penelitian sebanyak 69 guru matematika di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Kualifikasi pendidikan dibagi kedalam tiga kriteria, yaitu: Sarjana Pendidikan Matematika, Sarjana non-Pendidikan Matematika, dan Sarjana non-Pendidikan. Selain kualifikasi pendidikan, ditinjau juga dari lama mengajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berbentuk penyusunan RPP oleh SP pada KD 3.3 dan 4.3 pada materi SPLDV, sedangkan instrumen non tes berbentuk wawancara dan observasi. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan menyusun RPP tidak dipengaruhi oleh lama mengajar, namun sangat dipengaruhi oleh kualifikasi pendidikan, dan kualifikasi pendidikan memberikan dampak secara signifikan tehadap pengetahuan guru matematika.Kata kunci:  Aktivitas matematis, antisipasi pedagogis-didaktis, pengetahuan konten matematika, pengetahuan pedagogis, RPP
PROFIL GAYA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA BERDASARKAN MODEL VARK Martyana Prihaswati; Eko Andy Purnomo
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.6064

Abstract

Berbagai model gaya belajar yang digunakan diantaranya Model Kolb, Fleming VAK, VARK, Honey dan Mumford, Indikator Tipe Myers–Briggs, Gregorc, Felder-Silverman. Setiap gaya belajar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Gaya belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Setiap mahasiswa mempunyai cara sendiri dalam menyerap materi yang disampaikan oleh dosen. Terdapat 4 gaya belajar mahasiswa diantaranya visual, auditori, reading dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya belajar mahasiswa prodi Pendidikan matematika berdasarkan model VARK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Matematika UNIMUS semester 2 sebanyak 42 mahasiswa. Triangulasi data dengan melakukan observasi, angket, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi: (1) sebanyak 43% menggunakan satu gaya belajar dan 57% menggunakan lebih dari satu gaya belajar; (2) pemetaan dominasi belajar mahasiswa sebanyak 67% menggunakan gaya belajar kinestetik, 16% reading, 12% auditori dan 5% visual; (3) terdapat 11 gaya belajar yang terdiri dari gaya belajar tunggal sebanyak 3, kombinasi 2 gaya belajar sebanyak 3, kombinasi 3 gaya belajar sebanyak 4, dan kombinasi 4 gaya belajar sebanyak 1 gaya belajar. Berdasarkan kajian penelitian diketahui bahwa mahasiswa dapat menggunakan lebih dari satu gaya belajar. Berdasarkan hasil tersebut maka sebagai dosen harus dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengoptimalkan penggunaan gaya belajar dalam menempuh mata kuliah sehingga hasilnya lebih maksimal.Kata kunci: Auditori, gaya belajar VARK, kinestetik, reading, visual
EFEKTIVITAS PENGAJARAN MIKRO BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro; Robert Harry Soesanto
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5088

Abstract

Situasi pandemi saat ini tidak memungkinkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka. Kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Oleh karenanya guru perlu terus melatih dan mengembangkan dirinya untuk siap menghadapi perubahan yang ada. Mahasiswa sebagai calon guru harus dipersiapkan secara matang. Salah satu caranya adalah melalui pengajaran mikro. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat efektivitas pengajaran mikro secara daring yang dilaksanakan berbasis blended learning. Subjek penelitian meliputi 35 mahasiswa tingkat 3 prodi pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen yang meliputi: rubrik pengajaran mikro, kuesioner, dan wawancara tertulis mengenai efektivitas pengajaran mikro. Kesimpulan yang diperoleh adalah pengajaran mikro secara daring berbasis blended learning (sinkronus dan asinkronus) dinilai masih efektif dalam mengembangkan keterampilan mengajar mahasiswa calon guru. Hal ini diperoleh berdasarkan analisis instrumen penelitian (rubrik hasil pengajaran mikro, rubrik, dan wawancara tertulis). Mahasiswa calon guru belajar bagaimana mempersiapkan strategi, media, dan pembelajaran blended learning yang menarik (membantu siswa menikmati proses pembelajaran) dan berkualitas (memenuhi tujuan pembelajaran) bagi siswa. Kata kunci: Blended learning, daring, pengajaran mikro, sinkronus-asinkronus
INVERS MOORE-PENROSE PADA MATRIKS ATAS ALJABAR MAX-PLUS TERSIMETRI Suroto Suroto
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5514

Abstract

Pada makalah ini dibahas tentang invers Moore-Penrose pada matriks atas aljabar max-plus tersimetri. Pendefinisian invers Moore-Penrose atas aljabar max-plus tersimetri dilakukan dengan mengadopsi invers Moore-Penrose pada aljabar konvensional. Relasi “sama dengan” pada aljabar konvensional diganti peranannya dengan relasi “setimbang” pada aljabar max-plus tersimetri. Eksistensi invers Moore-Penrose ditunjukkan dengan memanfaatkan suatu fungsi yang mengkorespondensikan aljabar max-plus tersimetri dengan aljabar konvensional. Hasil yang diperoleh adalah bentuk dan beberapa sifat invers Moore-Penrose pada matriks atas aljabar max-plus tersimetri. Hasil ini berpotensi dapat dimanfaatkan untuk menentukan solusi dari sistem kesetimbangan linier atas aljabar max-plus tersimetri yang memiliki kemiripan peranan dengan sistem persamaan linier pada aljabar konvensional.Kata kunci: Aljabar max-plus tersimetri, invers Moore-Penrose, matriks
ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 Adang Effendi; Ai Tusi Fatimah; Asep Amam
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5632

Abstract

Pandemi covid-19 telah merubah proses pembelajaran dari luring menjadi daring. Proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan. Maka diperlukan penyesuaian-penyesuaian dalam proses pembelajaran yaitu dengan pembelajaran daring. Pembelajaran secara daring adalah salah satu solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran keefektifan pelaksanaan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh sebagai upaya untuk tidak terhentinya proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologis. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui google form. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online kurang efektif karena disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya kurang fleksibel dalam memberikan materi perkuliahannya, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan dalam memahami materi perkuliahan yang diberikan secara daring, keterbatasan kuota, jaringan yang kurang bagus, cara penyampaian dosen dalam pemberian materi perkuliahan, mahasiswa belum terbiasa dengan pembelajaran daring, dan banyaknya tugas yang diberikan oleh masing-masing dosen.Kata kunci: Efektivitas pembelajaran matematika, pandemi covid-19, pembelajaran online
BILANGAN KROMATIK LOKASI PADA GRAF TOTAL DAN GRAF SPLITTING DARI GRAF BINTANG Fransiskus Fran; Novia Kristefany Kabang; Yundari Yundari
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5322

Abstract

Misal diberikan graf terhubung G = (V, E) dan c menyatakan pewarnaan titik di G sehingga untuk titik u yang bertetangga dengan titik v di G, c(u) ≠ c(v). Jika himpunan titik-titik yang mempunyai warna i untuk I = 1, …, k dinyatakan dengan Ci, maka Ci disebut kelas warna. Lebih lanjut, dapat ditentukan kode warna cπ(u) untuk titik u yaitu k- pasang terurut,cπ(u) = (d(u, C1), d(u, C2), …, d(u, Ck)),dengan d(u, Ci) = min {d(u, x) l x Є Ci} untuk 1 ≤ i ≤ k, k Є N. Jika kode warna masing-masing titik di G berbeda, maka pewarnaan c adalah pewarnaan lokasi. Warna minimum (banyaknya warna) sehingga graf G dapat diwarnai dengan pewarnaan lokasi dinyatakan dengan XL(G), disebut bilangan kromatik lokasi. Pada artikel ini, diperoleh bilangan kromatik lokasi untuk graf total dari graf bintang (dinotasikan T(Sn)) dan graf splitting dari graf bintang (dinotasikan S’(Sn)) yaitu XL(T(Sn)) = n + 2, n = 1,2 dan XL(T(Sn)) = n + 1, n ≥ 3 dan XL(S’(Sn)) = n + 2, n Є N.Kata kunci: Kelas warna, kode warna, pewarnaan lokasi
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR Ika Meika; Asep Sujana; Septiani Dwi Arifiyanti; Ina Ramadina
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 6, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v6i2.5534

Abstract

Dalam rangka menyiapkan bangkitnya generasi emas Indonesia tahun 2045, diperlukan pembangunan pendidikan dalam perspektif masa depan yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, maju, mandiri dan modern, serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan potensi kemampuan siswa diantaranya kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM). Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi limit melalui pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak tiga orang siswa kelas XI SMK Bismillah Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK Bismillah Serang masih tergolong rendah. Hasil ini dibuktikan dengan hanya ada satu siswa yang mampu memenuhi indikator KBKM yaitu indikator elaborasi. Tidak ada satupun siswa yang memenuhi indikator kelancaran (kemahiran), kelenturan dan keaslian. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran matematika daring guru menggunakan aplikasi online whatsApp. Siswa menyatakan bahwa tidak menyukai pembelajaran matematika daring, siswa juga tidak mau mempelajari materi pembelajaran yang dirasa sulit di luar jam pelajaran, siswa kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Hal ini juga disebabkan karena kurangnya interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam bertanya kepada guru terkait materi yang dijelaskan.Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, limit, pembelajaran daring

Page 1 of 2 | Total Record : 16