cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017" : 7 Documents clear
PELATIHAN PENDAMPINGAN DAN PEMASARAN BERBASIS TOKO ONLINE BAGI UKM HERBAL SARI SEHAT MULTIFARM, TEGALWARU CIAMPEA KABUPATEN BOGOR La Diadhan Hukama; Zainal Zawir Simon
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.796 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12542

Abstract

Saat ini terjadi perpindahan perilaku konsumen, salah satunya dari offline ke online. Beberapa pelaku bisnis offline terlihat cepat bergerak ke online. Namun Beberapa yang lain terlihat berdiam diri dan lamban merespon perubahan ini termasuk UMKM. Dalam rangka merespon perubahan tersebut, tim pengabdian maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) menginisiasi pembuatan toko online melalui pembuatan website, pelatihan dan pendampingan pengelolaan website UKM Herbal Sari Sehat Multifarm. Tujuan dari pelaksanaan P2M ini adalah membantu membuat toko online dengan membuat website UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm. hasil kegiatan pengabdian masarakat ini adalah terbentuknya toko online UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm yang bernama herbalmultifarm.wordpress.com
IbM Guru: Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika dan Bahasa Fatimatul Khikmiyah; Candra Hadi Asmara; Afakhrul Masub Bakhtiar
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2370.704 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12594

Abstract

Khikmiyah (2016) menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh para guru khususnya guru matematika tentang literasi sangat rendah. Meskipun demikian, sebagian besar guru menyatakan bahwa kemampuan literasi memiliki peranan penting bagi peserta didik. Selain itu, referensi berbahasa Indonesia yang digunakan untuk mendukung tercapainya literasi sangat terbatas. Agar siswa memiliki kemampuan literasi yang baik maka kemampuan ini harus diasah dan dilatih sejak dini. Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk melatih literasi siswa sejak dini yaitu melalui guru. Program yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian IbM ini adalah menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan buku ajar literasi matematika dan bahasa untuk guru SD/MI. Tujuan jangka panjang dari kegiatan ini adalah menyebarluaskan literasi matematika dan bahasa, peningkatan pengetahuan dan kemampuan literasi guru dan siswa di sekolah dasar dan menengah serta tersedianya buku ajar literasi untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Adapun target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya buku ajar literasi matematika dan bahasa untuk siswa SD/MI.Hasil dari kegiatan ini yaitu; (1) Buku ajar literasi matematika dan Bahasa untuk Siswa kelas 5 SD/MI (2)Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang literasi, (3).Meningkatnya kesadaran guru tentang pentingnya literasi bagi peserta didik, (4).Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang model penelitian pengembangan khususnya model ADDIE, (5). Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang teknik penulisan buku.
Pendampingan Pembelajaran Memilah Dan Menempatkan Sampah Pada Tempatnya Sejak Usia Dini Di TK Imbas 1 Choirul Amri; Wahyu Widyantoro
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2960.04 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12598

Abstract

Perubahan perilaku dapat dilakukan melalui kebiasaan yang  dipraktikan sejak usia dini. Pembelajaran bagi anak usia dini merupakan  tahapan penting untuk pembisaan perilaku. Perilaku hidup sehat dan bersih melalui pengalaman belajar melalui pemberian contoh dan melalukan pembiasaan.Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini melalui pemilahan sampah di TK Imbas 1 (TK ABA Trini) Trihanggo, Gamping, Sleman. Kegiatan ini menggunakan metode demontrasi dan praktik memilah sampah. Diharapkan melalui kegiatan ini anak-anak TK Imbas 1 (TK ABA Trini) mampu mengenal dan mempraktikan memilah sampah pada tempat pemilah sampah.Praktik pemilahan sampah ini dengan pengenalan jenis sampah kepada Murid TK Imbas 1 (TK ABA Trini), hasil kegiatan ini mampu meningkatkan kebisaan anak-anak dalam menempatkan sampah pada tempat pemilah sampah.Pendekatan perilaku hidup sehat dapat dapat dilakukan sejak usia dini, pengalaman pemilahan sampah sejak dini ini akan memberikan pengalaman perilaku hidup sehat dan bersih sejak dini. 
Membangun Kompetensi Nelayan Dalam Industri Kelautan I Gede Astra Wesnawa; Putu Indra Christiawan; Agus Sudarmawan; Luh Gede Erni Sulindawati
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.978 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12609

Abstract

Pengembangan industri kelautan merupakan bagian integral dalam upaya pencapaian Indonesia sebagai poros maritim dunia. Nelayan sebagai ujung tombak pengembangan ini harus mengimbanginya dengan kompetensi yang baik. Akan tetapi, nelayan secara umum hanya memiliki kemampuan yang homogen, yaitu untuk melaut dan menangkap ikan. Permasalahan yang dihadapi nelayan dalam pengembangan industri kelautan, khususnya di Desa Sangsit adalah usaha yang dilaksanakan masih bersifat parsial dan individual. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi nelayan tersebut, maka solusi yang ditawarkan dalam mengembangkan industri kelautan adalah secara kolektif-aktif serta berorientasi keuntungan ekologis dan ekonomis. Tujuan dari program ini adalah dengan mendorong tumbuhnya sikap, keterampilan dan motivasi nelayan dalam mengoptimalkan potensi dan peluang industri kelautan. Program kemitraan ini dilaksanakan dengan pola pelatihan dan pendampingan kepada nelayan sebagai mitra yang telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mitra dalam usaha pembuatan perahu dan servis mesin perahu.
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGIMPLEMENTASIAN WISATA ISLAMI BAGI PELAKU WISATA DI KOTA PADANG Yunia Wardi; Abror Abror; Okki Tri Trinanda
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.941 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12670

Abstract

Islamic tourism is considered to have a very good prospect in the development of tourism in Indonesia, especially in the city of Padang. This assessment came about because of the culture of the people in the Islamic city of Padang. But despite the huge potential, there are still some problems related to the service. Whereas the implementation of good Islamic tourism is with the integration of various aspects of tourism services that exist. That is starting from the promotion of tourism, tourism service itself until the tourists are back again to their respective regions. Based on the background of the importance of Islamic tourism services in the tourist areas above, the activities of community service in the form of Islamic tourism service training is implemented, to provide insight into aspects of excellent service to tourists who make the tourist area more attractive and satisfying . As for the object of community service activities is the actors of tourism that deal directly with the tourists who come to the city of Padang. Namely the managers of travel bureaus, hotels, guides, guides, taxi drivers, and other parties. With the implementation of this activity, tourism actors have a good understanding of the concept and importance of Islamic Tourism, so they can integrate various tourist services to create a good Islamic tourism experience for tourists.
BUDIDAYA ITIK PEDAGING DI DESA ANGGASWANGI KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN Arso Setyaji; Ellya Rakhmawati; M Yusuf Setia Wardana
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.006 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12841

Abstract

Desa Anggaswangi merupakan salah satu wilayah Republik Indonesia yang terletak di Desa Godong, Kecamatan Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Ada beberapa warga yang mencoba berbudidaya  itik pedaging tapi gagal. Ada dua vokasi yang disiapkan untuk mengatasi ekonomi di desa Anggaswangi, yaitu: (a). Vokasi berdasarkan budidaya itik pedaging, dan (b). Vokasi berdasarkan industri rumahan, berupa olahan itik pedaging. Fokus program kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan anggota keluarga Mitra melalui program unggulan itik pedaging. Pembentukan kelompok dalam program kegiatan ini, meliputi: (1). Produksi dan pengembangan klaster usahatani itik pedaging, dan (2). Hasil klaster pemasaran. Dari 1875 ekor itik pedaging yang dikelola oleh 15 peternak, jumlah keuntungan keseluruhan adalah Rp 17.608.854,00 dengan rata-rata keuntungan 15 mitra sebesar Rp 1.173.923,60. Keuntungan bebek terbesar mitra KKN-PPM di Desa Anggaswangi adalah Bapak Suwarno dengan keuntungan Rp 1.407.875,00. Sedangkan yang paling sedikit keuntungannya adalah Rp 945.241,00 dari mitra KKN PPM Ibu Rustinah.
PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU-GURU SD GUGUS 6 KECAMATAN BATURITI I Gusti Putu Suharta; I Gst Putu Sudiarta; I Wayan Puja Astawa; Sariyasa Sariyasa
International Journal of Community Service Learning Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.273 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12842

Abstract

Sekolah Dasar No. 1, No. 2, No.3, dan No. 4 Candikuning Kecamatan Baturiti merupakan sekolah-sekolah yang berada di bawah Gugus 6.  Permasalahan guru-guru di Gugus 6 yang perlu memperoleh perhatian dan penanganan adalah berkaitan dengan guru kelas I – III, yaitu : (1) membuat rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada pengertian, dan (2) mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa . Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para guru SD kelas I – III Gugus 6 Kecamatan Baturiti, ditawarkan pemecahan melalui penyelenggaraan pelatihan dan pedampingan. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika realistic, dan (2) pengembangan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : (1) secara umum guru telah membuat rencana (lintasan pembelajaran) cukup  dalam arti ada relevansi dan konsistensi masing-masing komponen dari lindasan pembelajaran, tetapi uraian aktivitas dan dugaan respon siswa belum maksimal, (2) pengembangan media pembelajaran, media yang dikembangkan dirasakan sangat bermanfaat., (3) pembelajaran matematika realistik merupakan sesuatu yang baru, sehingga guru merasakan mendapatkan pengetahuan baru untuk mengajarkan matematika di SD, dan (4) guru merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan merasa senang untuk mengikuti pelatihan. Semua peserta menyarankan pelatihan semacam ini agar sering diadakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue