cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Technology
ISSN : 25494856     EISSN : 25498290     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2019)" : 15 Documents clear
EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KERJA KERAS Wardani, Devi Listya; Pusari, Ratna Wahyu; Wakhyudin, Husni
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.666 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21741

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Tujuannya untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler taekwondo dalam mengembangkan karakter kerja keras siswa. Penelitian ini menggunkakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler taekwondo di SD Negeri Candi 01 Semarang dapat mengembangkan karakter kerja keras siswa dengan baik. Karakter kerja keras tersebut diantaranya yaitu siswa bersungguh-sungguh saat pelatih memberikan materi taekwondo, siswa selalu bersemangat dalam mengerjakan tugasnya, siswa selalu bekerja keras agar mendapatkan tingkatan sabuk yang lebih tinggi. Siswa selalu mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika pelatih menerangkan materi. Siswa tidak mengeluh ketika ada gerakan/teknik taekwondo yang susah saat diajarkan pelatih dan siswa selalu berusaha menyelesaikan tugas dari pelatih dengan tuntas. Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Taekwondo, Karakter Kerja Keras
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Chityadewi, Kirana
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.668 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21746

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung penjumlahan pecahan bagi siswa Kelas IV SD Negeri Wedarijaksa 01. 2).Untuk mengetahui bagaimana pendekatan CTL (contextual teaching and learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan pecahan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek dan setting  penelitian kelas IV semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 SD Negeri Wedarijaksa 01  Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar pada operasi hitung penjumlahan pecahan. Berdasarkan analisis hasil observasi selama 2 siklus tindakan dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : 1)           Dengan penggunaan pendekatan CTL (contextual teaching and learning, hasil pembelajaran  matematika pada operasi hitung penjumlahan pecahan mengalami peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas, 2) Teknik pembelajaran ini sesuai dengan cara pembelajaran yang diinginkan oleh siswa, 3) Model pembelajaran ini sesuai  suasana pembelajaran yang mandiri merangsang daya kreatifitas dan keaktivan siswa karena dapat menghubungkan pembelajaran dengan alam sekitar. Kata Kunci: Hasil Belajar,Operasi Hitung, Pecahan, CTL (Contextual Teaching and Learning)
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU Rofiq, Abdul; Mahadewi, Luh Putu Putrini; Parmiti, Desak Putu
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.969 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21732

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS, (3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementasi, evaluation). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi rancangan pengembangan, validitas hasil pengembangan multimedia dan efektivitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS. Rancangan pengembangan media menghasilkan naskah multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS. (2) Kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: (a) ahli isi pembelajaran 90% berada pada kategori sangat baik; (b) ahli desain pembelajaran 86,67% berada pada kategori baik; (c) ahli media pembelajaran 92% berada pada kategori sangat baik; d) uji coba perorangan 92,67% berada pada kategori sangat baik; (e) uji coba kelompok kecil 93,3% berada pada kategori sangat baik; (f) dan  uji  coba  lapangan  94,2%  yang  berada  pada  kategori  sangat baik. (3) Efektivitas hasil pengembangan media multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPS menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 12,72 > ttabel = 2,004. Ini berarti Multimedia Pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran IPS efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Setianingsih, I Gst. A. A. Aris; Putra, DB. Kt. Ngr. Semara; Ardana, I Kt.
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.679 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno yang berjumlah 269 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 4 sekolah. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas IVB di SD Negeri 5 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas IVB di SD Negeri 2 Pedungan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,073 > harga ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=65. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Dilihat dari nilai rata-rata (mean) kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen X? = 0,504 dan pada kelompok kontrol X? = 0,374. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Ir Soekarno Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci:Reciprocal Teaching, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA MAGIC CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR Ariyanto, Dika Dwi; Shodiqin, Ali; Damayani, Aries Tika
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.916 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Ralistic Mathematic Education dan model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media Magic Circle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk non-equivalent control group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VA, VB, dan VC. SD N Tamansari  Mranggen Demak yang berjumlah total 56 dengan menggunakan teknik sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol 36,00 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1. 47,70 dan hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2. 42,12. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol 62,67 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1. 79,11 dan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2. 76,00. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana jumlah kelas eksperimen 1. (2,718) > (2,021). Dan juga jumlah kelas eksperimen 2. (2,257)> (2,021) Sehingga hasil belajar siswa kelas V SD N Tamansari Mranggen mengalami peningkatan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Realistic Mathematic dan Snowball Throwing, Magic Circle, Sekolah Dasar.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI Dewi, I Gusti Ayu Agung Sri Sasmita; Sudatha, I Gde Wawan; Sukmana, Adrianus I Wayan Ilia Yuda
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.87 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21745

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar Bahasa Bali. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (2)mengetahui validitas dari multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter (3)mengetahui efektivitas multimedia yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Hannafin and Peck.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor pretest, posttest dan kualitatif berupa saran, masukan dan kritik perbaikan media.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes.Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) pengembangan multimedia dengan model Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan yaitu penilaian kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. (2) multimedia pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan karakter yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90%), (b) hasil review ahli multimedia menunjukkan produk berpredikat sangat baik (96%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (90,7%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (93,7%), (94,0%) dan (93,9%). (3) multimedia yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Ini berarti bahwa multimedia terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali. Kata Kunci :multimedia, pendidikan karakter, pengembangan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN Darsana, I Md Putra; Putra, I Kt Adnyana; Kristiantari, MG Rini
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.936 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21828

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah None Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat yang berjumlah 480 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa kelas VA SDN 26 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SDN 19 Pmecutan sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 43 orang siswa. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode tes jenis uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t didapat thitung = 2,928, dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 78, sehingga thitung = 2,928, > ttabel = 2,000. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VA SDN 26 Pemecutan dan siswa kelas VB SDN 19 Pemecutan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Rata-rata keterampilan membaca pemahaman yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa kelompok kontrol (75,65 > 68,26). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus R.A. Kartini Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Group Investigation, Media Gambar, Keterampilan Membaca Pemahaman
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA Sukarini, Ni Ketut
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.673 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21739

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di kelas II C Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 58,00 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 63,6 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,8. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II C SD Negeri 3 Sukawati semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC), Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU Rami, Ni Wayan
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.612 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21744

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukawati di Kelas II B yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya  rata-rata prestasi belajar yang diperoleh adalah 68,09, pada siklus I meningkat menjadi 72,61 dan pada siklus II menjadi 79,76. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas II B SD Negeri 3 Sukawati Semester  II Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif Students Team Achievement Division  (STAD), prestasi belajar.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Indrawan, I Gede Edy; Jampel, Nyoman; Mahadewi, Luh Putu Putrini
Journal of Education Technology Vol 3, No 3 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.186 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i3.21738

Abstract

Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Gerokgak adalah terbatasnya media yang mampu memvisualisasikan materi pelajaran.sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui kualitas multimedia pembelajaran menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukan siswa, serta (3) untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther. Validasi multimedia dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran,  ahli media pembelajaran,  uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas multimedia dilakukan oleh 29 siswa menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif mulai dari langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) Validitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli isi pembelajaran 92,5% berada pada kategori sangat baik; b) ahli desain pembelajaran 92,22% berada pada kategori sangat baik; c) ahli media pembelajaran 84,7% berada pada kategori baik; d) uji coba perorangan90% berada pada kategori sangat baik; e) uji coba kelompok kecil 89% berada pada kategori sangat baik; f)  dan  uji  coba  lapangan  87,7%  yang  berada  pada  kategori  baik; (3) berdasarkan uji hipotesis ditunjukkan bahwa harga thitung = 14,10> ttabel  =2,003. Dengan demikian multimedia pembelajaran ini efektif untukmeningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 2 Gerokgak. Kata Kunci: IPA, multimedia pembelajaran, pengembangan

Page 1 of 2 | Total Record : 15