cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2019)" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAP COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII Tesashogi, N. N. T; Sri Mertasari, Ni Made; Pujawan, I Gusti Ngurah
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reading conceptmap cooperative script (Remap CS) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttestonly control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPNegeri 4 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan denganteknik random sampling untuk memperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian. Datapemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian yangdiberikan di akhir penelitian. Dari data post-test diperoleh rata-rata pemahaman konsepmatematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Remap CSadalah 75,52 dan rata-rata pemahaman konsep matematika yang mengikutipembelajaran konvensional adalah 65. Dari hasil analisis menggunakan uji-t satu ekordengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai = 3,322 dan = 1,999, sehingga > . Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yangmengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Remap CS lebih tinggi daripadapemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Dengan kata lain model pembelajaran Remap CS berpengaruh positif terhadappemahaman konsep matematika siswa.Kata kunci: model pembelajaran reading concept map cooperative script, pemahamankonsep matematika, pembelajaran konvensional
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KECAKAPAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMARAPURA Dian Puspita Putri, Luh Putu; Sugiarta, I Made; Suweken, Gede
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19915

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MeansEnds Analysis terhadap kecakapan matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1Semarapura tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan merupakanpenelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Semarapura tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 210 siswa dan sebagaisampel kelas eksperimen kelas VIII A dan kelas kontrol kelas VIII C. Pengumpulandata dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis denganmenggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05,diperoleh thitung>ttabel (3.85>2.00), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadapat kecakapanmatematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2018/2019.Rata-rata skor kecakapan matematika siswa yang telah diberi perlakuan dikelaseksperimen sebesar 55,4583 dan kelas kontrol sebesar 40,125.Kata kunci: Means Ends Analysis, Kecakapan Matematika
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTUAN MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA Sri Jayanti, Ni Putu; Ardana, I Made; Pasek Suryawan, I Putu
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19909

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalahmatematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaranIMPROVE berbantuan masalah terbuka lebih baik daripada kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenispenelitian ini adalah ekperimen semu dengan desain penelitian post test only controlgroup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPLaboratorium Undiksha tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 99 siswa. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampelpenelitian sebanyak 49 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah siswadikumpulkan melalui tes uraian yang diberikan kepada siswa di akhir penelitian. Rataratanilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka adalah 66,16dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yangmengikuti pembelajaran konvensional adalah 54. Analisis data menggunakan uji-tsatu ekor yaitu ekor kanan, dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa nilai thitung=4,125 lebih dari ttabel=2,011. Nilai statistik ini memilikimakna bahwa kemampuan pemecahan matematika siswa mengikuti pembelajarandengan model pembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka lebih baikdaripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikutipembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran IMPROVE berbantuan masalah terbuka memiliki pengaruh positifterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswaKata kunci: kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran IMPROVE,masalah terbuka
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINGARAJA Githa, P. S; Sugiarta, I Made; Puja Astawa, I Wayan
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasimatematika dan aktivitas belajar siswa yang mengikuti model pembelajarankooperatif tipe Time Token. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentalsemu. Data yang diperoleh melalui postes dan hasil observasi dianalisismenggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitianmenunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time secara bersamaberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar siswa(F=22,276; p<0,05); secara tersendiri berpengaruh positif terhadapkemampuan komunikasi matematika siswa (F=34,726; p<0,05); dan aktivitasbelajar siswa (F=12,257; p<0,05).Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, kemampuankomunikasi matematika dan aktivitas belajar
ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TABANAN Indra Puspita Dewi, Kadek; Wisna Ariawan, I Putu; Gita, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19917

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan mendeskripsikanpenyebab terjadinya kesalahan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitianini adalah siswa yang berasal dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 3, dan XI MIPA 5 SMANegeri 1 Tabanan tahun ajaran 2018/2019 yang dipilih dengan teknik purposivesampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan wawancara mendalam.Instrumen berupa tes pemecahan masalah matematika yang digunakan telah diujiterlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dalam penelitian ini meliputireduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Jenis kesalahan siswa diklasifikasikanmenurut prosedur Newman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memecahkanmasalah matematika, subjek penelitian melakukan jenis kesalahan; memahami masalah,kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisanjawaban. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan memahamimasalah dan kesalahan transformasi, yang disebabkan karena subjek penelitian jarangberlatih mengerjakan soal yang berupa masalah verbal atau memerlukan penafsirankebahasaan dan soal yang menuntut untuk menyusun model matematika dari suatumasalah, sehingga mereka tidak terbiasa dengan kondisi tersebut. Solusi untukmenghindari atau meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut adalah siswa giat berlatihmengerjakan soal berjenis pemecahan masalah, berlatih menjawab pertanyaan yangmembutuhkan penafsiran kebahasaan dan pertanyaan yang meminta untuk mengubahsuatu masalah ke dalam model matematikanya, serta memeriksa kembali hasilperhitungan dan jawaban yang diperoleh.Kata kunci: analisis kesalahan, pemecahan masalah matematika, prosedur Newman.
PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN Yulia Paramita, Putu; Suharta, I Gusti Putu; Gita, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model experiential learningterhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran2018/2019 sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 306 orang. Uji kesetaraanmenggunakan uji ANAVA dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling.Data motivasi belajar matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan angketmotivasi belajar dan data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan denganmenggunakan tes prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ujiMANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkanbahwa: (1) terdapat perbedaaan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa yangmengikuti pembelajaran dengan model experiential learning dengan siswa yangmengikuti pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaaan motivasi belajarmatematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model experiential learningdengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; dan (3) terdapatperbedaaan prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran denganmodel experiential learning dengan siswa yang mengikuti pembelajarankonvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model experientiallearning berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.Kata kunci : model experiential learning, prestasi belajar matematika, motivasibelajar matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANGLI Sri Wahyuni, Ida Ayu Gede; Sukajaya, I Nyoman; Juniantari, Ni Made
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICAREberbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajar matematika siswa, sertamemberikan alternatif dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkanprestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semudengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group. Populasi penelitianini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bangli tahun ajaran 2018/2019. Sampeldalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang diambil denganmenggunakan teknik cluster random sampling. Data prestasi belajar matematikasiswa diukur menggunakan tes prestasi belajar matematika berbentuk uraian yangdiberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalahmatematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa = 2,1086 > = 0,0630tabelthitungt sehingga 0 Hditolak. Ini berarti bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan denganmenggunakan menggunakan ICARE berbantuan multimedia interaktif lebih baikdaripada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajarankonvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modelpembelajaran ICARE berbantuan multimedia interaktif terhadap prestasi belajarmatematika siswa.Kata kunci: model pembelajaran ICARE, multimedia interaktif, prestasi belajarmatematika.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Widiatmika, I Made; Suharta, I Gusti Putu; Pasek Suryawan, I Putu
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sukasada dan (2) respon siswa terhadappenerapan model pembelajaran creative problem solving. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Sukasada sebanyak 32 siswa pada semestergenap tahun ajaran 2018/2019. Data komunikasi matematis siswa dikumpulkanmenggunakan tes komunikasi matematis dan tanggapan siswa dikumpulkanmenggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secaradeskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswadengan kemampuan komunikasi matematis yang berada pada kategori minimal tinggimeningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut – turut yaitu: 21,87%, 46,87% dan 75%. Peningkatan optimal pada siklus III terjadi karena gurulebih menekankan pada pertanyaan arahan dalam mengemukakan gagasan –gagasan, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyelesaikan permasalahansesuai dengan cara mereka sendiri, memberikan kesempatan lebih banyak kepadasiswa untuk menyampaikan pendapat, serta mengevaluasi jalannya diskusi pada akhirpembelajaran. Selain itu respon siswa terhadapa model pembelajaran creativeproblem solving tergolong positif dengan rata – rata respon siswa sebesar 55,53.Kata kunci: Creative Problem Solving, Komunikasi Matematis, Tanggapan
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII.1 SMP N 2 SINGARAJA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) Arya Melyana Setiawati, Luh Putu; Sugiarta, I Made; Suharta, I Gusti Putu
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dantanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswakelas VII.1 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Datapemahaman konsep matematika siswa diukur menggunakan tes pemahaman konsep berbentuk uraian.Data tanggapan siswa diukur menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep dari siklus ke siklus berturutturut,yaitu 63,44 ; 74,69 ; dan 81,88 dengan rata-rata nilai mengalami peningkatan dari siklus ke siklussecara berturut-turut, yaitu 7,19 dan 11,25. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadikarena guru memberikan pengawasan lebih intensif terhadap siswa dalam pengerjaan LKS denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS . Kegiatan pembelajaran yang dilakukanmemberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep yang akan dipelajari. Selainitu, siswa merespon positif model kooperatif tipe TSTS.Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS(two stay twostray) , tanggapan siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 3 SINGARAJA Putri Wahyuni, Kadek; Sri Mertasari, Ni Made; Gita, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v10i2.19923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTERberbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikasiswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalahPost Test Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIMIPA SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian iniadalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang diambil menggunakkan teknikcluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahanmasalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian dandiberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalahmatematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa thitung = 3,606938 > ttabel = 1,998341 sehingga 0 Hditolak. Ini berarti, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yangdibelajarkan dengan model pembelajaran MASTER berbantuan mind mapping lebihbaik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkanbahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan mind mappingterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Kata kunci: model pembelajaran MASTER, mind mapping, pemecahan masalahmatematika

Page 1 of 1 | Total Record : 10