cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SMAN 1 BRANDAN BARAT Rospita Hutasoit; Lena Rosdiana Pangaribuan; Ruth Mayasari Simanjuntak
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Barisan Aritmatika IPA SMAN 1 Brandan Barat. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat yang terdiri dari 3 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun karena situasi Covid-19 maka hanya 15 orang dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Samplingmaka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata = 78. Pada kelas kontrol kemampuan untuk berpikir kritis memiliki nilai rata-rata = 46. Dengan memperhatikan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Barisan Aritmatika Kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat dikatakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) memberikan pengaruh lebih dari pembelajaran konvensional terhadap materi Barisan Aritmatika Kelas XI IPA SMAN 1 Brandan Barat. Kata Kunci : Pembelajaran GI dan Pemikiran Kritis,
Kemampuan Matematis Mahasiswa Berdasarkan Gender Ari Hestaliana R
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Kemampuan matematis laki-laki dan perempuan berbeda. Pada saat menyelesaikan soal, laki-laki mengerjakan secara ringkas dan sulit dalam menjelaskan solusi/jawabannya. Sedangkan perempuan mengerjakan soal dengan cara panjang serta mudah dalam menjelaskan solusinya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis antara laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis dilakukan dengan pengujian statistik berupa uji-t independen dengan taraf signifikansi adalah 5%. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data tidak ada perbedaan secara signifikan kemampuan matematis laki-laki dan perempuan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Kata-kata kunci: Kemampuan Matematis, Gender, Mahasiswa.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran E-Learning Ditinjau Dari Disposisi matematis Ari Trias Setiadi; Rika Sukmawati; M. Arie Firmansyah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis yang menggunakan model pembelajaran e-learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deksriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TM 2 SMKN 8 Kota Tangerang, mengambil sampel 1 kelas sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil data dari kuesioner angket untuk disposisi matematis tinggi berjumlah 9 siswa (39%), sedang berjumlah 6 siswa (26%) dan rendah 8 siswa (35%). Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang disebabkan oleh disposisi matematis yaitu percaya diri, penalaran, berfikir fleksibel, tekun, dan rasa ingin tahu. Siswa sangat yakin akan hasil yang diberikan adalah benar, dengan kata lain memiliki keyakinan akan apa yang telah mereka kerjakan. Maka dapat disimpulkan bahwa dari setiap kategori kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang dan rendah mampu menyelesaikan permasalahan dalam soal dengan baik. Tetapi di setiap soal yang diberikan tidak ada kesimpulan atas jawaban yang dikerjakan Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran E- learning, Disposisi Matematis
PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNISI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 PULAU RAKYAT Rika Handayani; Lailin Hijriani; Risna Mira Bella Saragih
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognisi siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi siswa seluruh SMP Negeri 1 Pulau Rakyat. Sampel Kelas VIII-1 yang terdiri dari 32 siswa diberi Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik, angket metakognisi. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan metakognisi terhadap komunikasi matematik siswa. Jika kemampuan metakognisi siswa tinggi maka kemampuan komunikasi matematik siswa juga tinggi, begitu juga sebaliknya jika kemampuan metakognisi siswa rendah maka kemampuan komunikasi matematik siswa rendah. Kata Kunci : Metakognisi, Komunikasi Matematik, Pembelajaran Berbasis Masalah.
Kebiasaan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Nurmitasari Nurmitasari; Ainur Rosidah
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Aktifitas dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan sangat berdampak pada keberhasilan belajar mahasiswa yang disebut Indeks Prestasi mahasiswa. Aktifitas dan kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan belajar yang menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar mahasiswa. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMPRI pada pembelajaran berani terhadap hasil belajar di era pandemi .Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UMPRI Angkatan 2016 yang berjumlah 20 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini memberikan arti bahwa semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa maka IP yang didapat akan semakin tinggi. Sebaliknya sebaliknya kebiasaan belajar maka IP mahasiswa semakin rendah. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran berani.
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MtS melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Sulastri Sulastri
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM adalah kemampuan komunikasi matematis, namun berdasakan penelitian awal kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa mengakibatkan peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit. Solusi agar peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-11 MtS Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa yang terdiri dari dua siswa pada kategori tinggi, dua siswa kategori sedang, dan dua siswa kategori rendah berdasarkan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan  tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah matematika memenuhi ketiga indikator, yaitu (1)  kemampuan mengekspresikan ide matematika melalui lisan,tertulis, mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan rendah yaitu siswa S1 memenuhi dua indikator dan siswa S2 hanya memenuhi satu indikator. Kata Kunci: Komuniakasi Matematis, Pendidikan Matematika Realistik
Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII di SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022 Sarty Herawaty Br Sormin; Lois Novita; Mei Randa Manurung; Agusmanto J. B Hutauruk
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan kelas VIII-5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun karena situasi Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Samplingmaka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat diperoleh adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Contextual Teaching and Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat dikatakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberikan pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap materi yang diajarkan pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022. Kata Kunci : CTL dan Berpikir Kritis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7