cover
Contact Name
Ida Riaeni
Contact Email
ida.iswahyudi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jike@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek
ISSN : 26140829     EISSN : 26157950     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (p-issn: 2614-0829, e-issn: 2615-7950) adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Cirebon. JIKE menerima naskah dalam kajian ilmu komunikasi seperti: komunikasi pendidikan, komunikasi kesehatan, komunikasi politik, komunikasi bisnis, komunikasi pembangunan, hubungan masyarakat, jurnalistik, kajian media, media pembelajaran, dan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): JUNI" : 7 Documents clear
GAYA HIDUP HEDONISME DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA “AN EXPLORATION OF THE WONDROUS LABUAN BAJO” Muhamad Sholeh; Gita Juniarti
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1043

Abstract

Abstrak Gaya hidup dari kegiatan liburan perlahan-lahan berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Jika sebelumnya liburan menjadi kebutuhan tersier, saat ini akivitas liburan menjadi kebutuhan sekunder untuk kelas menengah, terutama kebutuhan anak-anak muda. Saat ini, anak-anak muda menjalani liburan dengan gaya hidup hedonisme dan hal itu semakin populer di kalangan mereka. Banyak hal yang menyebabkan tumbuhnya gaya hidup hedonisme tersebut, salah satunya karena hadirnya media sosial, seperti Instagram dan Youtube. Penelitian ini berasumsi bahwa iklan promosi wisata yang dipublikasikan di Youtube juga memiliki peran dalam menumbuhkan gaya hidup hedonisme di kalangan anak-anak muda ketika melakukan aktivitas liburan. Objek dari penelitian ini adalah iklan promosi wisata berjudul “An Exploration of The Wondrous Labuan Bajo” yang dipublikasikan oleh Wonderful Indonesia. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, terdapat tanda-tanda konotatif pada iklan yang mengarahkan kepada gaya hidup hedonisme ketika menjalani liburan, seperti berlibur di kapal phinisi dan penginapan mewah, serta perlengkapan gadget canggih yang dapat melakukan swafoto dan swavideo di mana saja. Ketika dikaji menggunakan empat kata kunci studi kultural, yaitu (1) budaya dan praktik tentang tanda, (2) teks dan khalayak, (3) materialism dan non-reduksionalisme, dan (4) kekuasaan, iklan pariwisata ini cenderung menampilkan produk yang dihasilkan oleh kelompok elit dan tidak memberikan suara kepada kelas menengah ke bawah, seperti pengusaha UMKM di Labuan Bajo. Maka, bisa disimpulkan bahwa kelompok elit memiliki peran dalam menanamkan budaya hedonisme di dalam kegiatan wisata melalui iklan pariwisata Wonderful Indonesia. Kata kunci: Liburan, gaya hidup hedonisme, anak-anak muda, iklan pariwisata Abstract The lifestyle of vacation began to differ along with the development of technology. Previously, vacation became the tertiary needs for people, but nowadays, it is becoming the secondary needs for middle class, especially for young people. The aim for vacation is not only for refreshing, but also enhance the existence of young people. Therefore, the hedonism lifestyle in vacation activities is inceasingly among young people. Many things induce the growth of the hedonism lifestyle, and one of which is due to the presence of social platform, such as Instagram and Youtube. This research assumes that tourism advertising that published on Youtube Wonderful Indonesia also have a role in fostering the hedonism lifestyle among young people. The object of this research is tourism promotion advertising tittled “An Exploration of The Wondrous Labuan Bajo” that published by Wonderful Indonesia. Based on the analysis using Roland Barthes’s semiotics theory, there are several connotative signs were seen in the advertisement tourism which directs to the hedonism lifestyle, such as vacation on phinisi ship and luxury resort. Furthermore, young people also bring sophisticated gadget that can do selfies anywhere to show their existence. This research also examined using four keyword of cultural studies, namely (1) culture and signifying practices, (2) texts and readers, (3) materialism and non-reductionism, and (4) power. The result describes that these advertising video tend to display products from elite class and do not give the voice for lower and middle class, such as MSME entrepreneurs in Labuan Bajo. It can be concluded that the elite class has role to changing the hedonism lifestyle for vacation in young people. Keywords: Vacation, hedonism lifestyle, young people, tourism advertising
DISTORSI BAHASA KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI MENGENAI PEMBANGUNAN PAPUA Hanifah Islamiyah
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1662

Abstract

Pemimpin politik kerap menggunakan penuturan bahasa untuk melindungi kekuasaannya. Distorsi bahasa dalam komunikasi politik dirumuskan oleh Mochtar Pabottingi yakni distorsi bahasa sebagai topeng, distorsi bahasa sebagai proyek lupa, distorsi bahasa sebagai representasi, dan distorsi bahasa sebagai ideologi. Bahayanya distorsi bahasa dengan tujuan menguatkan kekuasaan Jokowi dapat menjadikan negara yang totalitarianisme. Penelitian ini hendak mengetahui distorsi dalam penggunaan bahasa sebagai komunikasi politik yang dilakukan oleh Jokowi mengenai pembangunan infrastruktur di Papua. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif, yakni menganalisis bahasa yang memiliki fungsi yang bermacam-macam ketika dikomunikasikan, utamanya dalam menyampaikan ideologi program kepemimpinannya. Hasilnya adalah Jokowi menggunakan distorsi bahasa sebagai topeng untuk menarasikan Papua dikesampingkan, distorsi bahasa sebagai representasi untuk menggambarkan kondisi Papua tidak seperti yang sebenarnya, distorsi bahasa sebagai proyek lupa untuk melupakan aspek antropologis suku Papua, dan distorsi bahasa sebagai ideologi agar dapat dipahami dan menjadi maklum atas segala dampak yang diakibatkan daripada hal itu serta sila ke-lima Pancasila landasan pembangunan Jokowi.
KOMUNIKASI ANTAR AKTIVIS ORGANISASI KEMASYARAKATAN NAHDLATUL ULAMA’ DAN MUHAMMADIYAH DI DESA CANGAÁN KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO M. FAKHRUL IRFAN SYAH
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1700

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pola komunikasi antar pribadi di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro serta hal-hal yang melatar belakangi komunikasi antar aktivis organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah di Desa Canga’an. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman untuk melihat fenomena yang terjadi pada komunikasi organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah di desa Canga’an terkait dengan konsep front stage dan back stage melalui pola komunikasi antar pribadi pelaku organisasi. Dari hasil penelitian ini ada 2 (dua) temuan penelitian: Pertama, komunikasi antar aktivis organisasi di desa Canga’an kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro baik, indikator yang digunakan peneliti dalam menilai komunikasi antar aktivis organisasi yakni dinamis atau tidaknya komunikasi. Kedua, munculnya komunikasi antar aktivis organisasi kemasyarakatan di latar belakangi oleh faktor sejarah selain itu ego sosial yang terorganisir dan juga rasa memiliki terhadap organisasi kemasyarakatan hingga membuat Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah menjadi support system bagi organisator organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah.
CITRA PEMERINTAH TERKAIT PEMBERITAAN KASUS SUAP WALIKOTA TASIKMALAYA DI MEDIA ONLINE RADARTASIKMALAYA.COM Adinda Alfira Mufti Putri
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1758

Abstract

ABSTRAK Saat ini perkembangan informasi serta kemajuan teknologi semakin berkembang di kehidupan manusia. Terlebih media massa yang berperan dlam menyampaikan berita, menjadi salah satu saluran yang ampuh dalam mempengaruhi dan menyakinkan masyarakat dalam membentuk suatu opini publik. Seperti persoalan kasus suap Walikota Tasikmalaya terkait gratifikasi DID dan DAK tahun 2019 yang berpengaruh terhadap roda pemerintahan Kota Tasikmalaya, salah satunya yakni citra pemerintah Kota Tasikmalaya di mata masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin mengetahui citra pemerintah Kota Tasikmalaya dari pembingkaian pemberitaan kasus suap dana DID dan DAK yang dilakukan oleh Walikota Tasikmalaya pada tahun 2019 di media online radartasikmalaya.com. penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan studi analisis framing model Robert N. Entman sebagai landasan konseptual dengan konsepsi framing Entman yaitu pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian dari sisi penulis berita atau wartawan. Hasil penelitian framing yang dilakukan oleh media online radartasikmalaya.com terhadap citra pemerintah terkait kasus suap Walikota Tasikmalaya cenderung masih dalam konteks netral, karena pemberitaan yang dimuat memiliki isi yang berimbang dengan memasukan opini dari berbagai pihak yang terlibat didalamnya. Walaupun pemberitaan tersebut masuk kedalam model bad news, tetapi citra pemerintah Kota Tasikmalaya tidak menjadi buruk dengan adanya pemberitaan tersebut, hal ini karena pemerintah tidak meng-counter pemberitaan tersebut, justru diimbangi oleh pemberitaan positif berkaitan pembangunan Kota Tasikmalaya. Kata-kata Kunci: media online, citra, framing, suap Walikota, radartasikmalaya.com
YOUTUBER SEBAGAI PERUBAHAN MINAT PROFESI KAUM MILENIAL DI ERA POSTMODERN Adinda Fara Adhary; Fahmi Mahmuddin Siregar; Muhammad Rosikhun Abid; Dini Safitri
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1876

Abstract

This research discusses how the profession of becoming a Youtuber is a benchmark in professional transition that often occurs in the postmodern era of the present which is especially felt by millennials. The purpose of this research is to find out what things are produced related to being a Youtuber as a professional transition in this post modern era as well as the background of the resulting work commodification and the various views related to the professional transition that occurred. The theory used in this study uses the postmodern Jean-Francois theory. The research approach in this study uses a qualitative approach. The method used in this research is a case study method. The research subjects in this study were millennials who are Youtuber by profession. Data collection techniques in this study used in-depth interviews conducted online with informants. The results of this study indicate that postmodernism influences informants to be involved in the youtube world. There are two statements that have been described by the informants in this study, namely, some of them consider that the profession of being a Youtuber in this post modern era for them is just a side profession on the basis of filling free time and as a hobbyist. Besides that, some of them also think that being a Youtuber is a very promising profession to see the income they receive if they get a large number of followers.Keywords: Youtuber, postmodern, millennials
PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG KOMPONEN TREATMEN DI PT. BINTANG INDOKARYA GEMILANG BREBES Nuralim Nuralim; Yusuf Sapari; Muhammad Kamaluddin; Lisna Novita
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.2431

Abstract

The success of a leader in directing his subordinates to produce performance cannot be separated from the organizational communication climate conditions that encourage the achievement of such performance. The communication made by the leader to his employees will be a bridge for the leader to be able to provide improvements to the performance of the team he leads. This study aims to determine the effect of leadership communication style on employee performance in the Component Gtreatment sector at PT Bintang Indokarya Gemilang Brebes. This research uses an explanative quantitative method. The population in this study were 195 employees of PT Bintang Indokarya Gemilang Brebes in the Component Treatment Sector. The sampling technique used is purposive sampling and obtained a sample of 66 people. Data collection in this study used a questionnaire distributed using a google form link. The tests carried out are Normality Test and Linearity Test. The hypothesis test used is simple linear regression. The results in this study can be concluded: Leadership Communication Style positively affects Employee Performance. The amount of Communication Style influence on employee performance was 0.753(75.3%). And obtained adjusted R Squere results of 0.382 or 38.2% this shows that employee performance variables are influenced by the variable leadership communication style of 38.2% while the remaining 61.8% is influenced by other factors beyond those discussed in this study. Keywords: Communication, Leadership Communication Style, Employee Performance, TLI (Transformational Leadership Inventory).
REPRESENTASI HUMOR SARKASME PADA VIDEO YOUTUBE UNCLE ROGER Fella Rahmah Putri; Ida Ri'aeni; Ririn Risnawati
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.2509

Abstract

A comedian has a function to entertain the audience. He displays interesting content and can lead the audience to laugh. Humor put forward by comedians consists of aspects of verbal actions carried out by speakers which we usually call aspects of the mouth and nonverbal aspects, namely with other body movements which are stimulating, cognitive and intellectual activities as assessment and evaluation as well as those that are visible from smiles and laughter. . It is interesting to study with semiotic method. Semiotics is the science or method of analysis to study signs. Semiotics has various types, one of which is Social Semiotics. This research is about sarcasm humor in Uncle Roger's Youtube video content entitled "Uncle Roger is Sick of Nasi Goreng Eggs (BBC Food). Researchers analyzed the video by connecting representation theory and MAK Halliday's social semiotic theory who saw that the text contains three important components, namely: Discourse, Discourse Tenor and Discourse Mode Based on the analysis of social semiotics, the results of the research are: (1) There are 14 Discourse Fields discussed by Uncle Roger in the video entitled "Uncle Roger is sick with Egg Fried Rice (BBC Food)"; (2) People involved in the discourse in the Youtube video is chef Hersha Patel who is under the auspices of the BBC Food portal and involves Asian culture in cooking egg fried rice compared to white or western culture (3) The discourse in this video uses a sarcasm style. used, is a discourse that contains sarcasm or full of innuendo and ridicule directly or indirectly . Uncle Roger is also a hyperbole, figure of speech, and personification. Keywords: social semiotics, sarcasm humor, youtube videos.

Page 1 of 1 | Total Record : 7