cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
edupedia@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
EDUPEDIA
ISSN : 26141434     EISSN : 26144409     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): Oktober" : 10 Documents clear
GERAKAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA KAMPUS (OMEK) DALAM MENEGUHKAN IDENTITAS KEWARGAAN (STUDI KASUS: ORGANISASI HMI PMII IMM KABUPATEN PONOROGO) Siami Siami; Sulton Sulton; Prihma Sinta Utami
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.541

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1.)BagaimanakahGerakanOrganisasi Mahasiswa Ekstra kampus (OMEK) dalam meneguhkan identitas kewargaan IMM, HMI, PMII Kabupaten Ponorogo. (2.) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi gerakanorganisasi Mahasiswa Ekstra kampus (OMEK) dalam meneguhkan Identitas kewargaan (IMM, HMI, PMII Kabupaten Ponorogo (3.) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi gerakanorganisasi mahasiswa ekstra kampus Omek dalam meneguhkan identitas kewargaanKabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi atau Wawancara pada studi lapangan (Field Research) dan studi pustakan (Bibliography Studi) di lokasi penelitian yaitu Kabupaten Ponorogo. Data yang telah dikumpulkan ditelah atau di Analisisis dengan menggunakan analisis deskriptif kaulitatif yang bersifat ekploratif, yaitu dengan menggambarkan keadaan dan penganalisaan data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara menjelaskan dan menerangkan kenyataan objektif penelitian yang didapat dari hasil Observasi dan Wawancara di lapangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1.) Gerakanorganisasi mahasiswa ekstra kampus (OMEK) dalam meneguhkan identitas kewargaannya  Kabupaten. Ponorogo)yaitu: (a.) Pergerakan OMEK selain memperjuangakan aspirasi masyarakat terkait kesenjangan yang ada, disisi lain bertujuan untuk mendapatkan pengakuan pemerintah, masyarakat maupun kalangan mahasiswa (b.)Perjuangan OMEKdalam mendapatkan keadilan sosial yaitu gerakan-gerakan OMEKyang menuntut keadilan sosial merupakan reaksi gerakan organisasi ekstra terhadap distribusi kesejahteraan terkait masyarakat yang ekonomi yang dibawah dari rata-rata/lemah.(c.) Perjuangan OMEK dalam mendapatkan representasi politik, yang secara substantifnya pada pemenuhan kebutuhan kepada masyarakat kepada pemerintah.(2.) Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu: (a) Mahasiswa lebih mudah bergerak untuk digerakan, hal itu disebabkan mahasiswa memiliki cukup waktu dalam melihat persoalan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah.(b) Salah satu bentuk kekecewaan mahasiswa dan masyarakat terhadap kinerja elite politik yang buruk yang selama ini terjadi secara berulang-ulang (3.) Kendala-kendala yang dihadapi yaitu: (a.) Kurangnya kemampuan dalam menciptakan metode aksi (b.) Kurangnya koordinasi antara organisasi/lembaga agar menciptakan potensi kekuatan untuk mewujudkan perubahan sosial. (c.) kurangya pembinaan kekuatan atau membangun jaringan pergerakan. (d.) kurangya kordinasi antara organisasi.             
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR Firsa Damayanti; Intan Sari Rufiana
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran matematika terkait materi bangun ruang apabila kita lihat dari motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menerjemahkan data dengan kata-kata berdasarkan fakta-fakta yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas 6 SD yang bertempat tinggal di salah satu desa di Kabupaten Ponorogo. Pengumpulan data dari pemberian angket motivasi belajar, tes pemahaman konsep dan wawancara terhadap subjek serta dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang dengan motivasi belajar siswa. siswa yang memiliki tingkat motivasi rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah. Siswa dengan tingkat motivasi belajar sedang, kemampuan pemahaman matematika yang dimiliki lebih tinggi daripada siswa dengan motivasi rendah. Siswa dengan tingkat motivasi yang tinggi maka kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki semakin tinggi pula.
IMPLEMENTASI MEDIA WARBEN HUBBUL ILMII UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PONOROGO Hikmah Nurul Fitria; Muhibbudin Fadli; Dian Kristiana
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.542

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media warben hubbul ilmii untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo. Penelitian ini merupakan  penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Negeri Pembina Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah  analisis Miles dan Huberman. Analisis ini terdiri dari berbagai  analisi yaitu reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data atau simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi media warben hubbul ilmii  untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo menunjukkan bahwa anak aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama aktivitas mengenal warna, bentuk, dan angka dengan media warben hubbul ilmii. Guru makin mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media warben hubbul ilmii sebagai penunjang dalam proses aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil proses penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implememntasi media warben hubbul ilmii sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek belajar pemecahan masalah terjadi bila individu menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan, berfikir logis mengklarifikasikan benda, berdasarkan fungsi, bentuk, warna atau ukuran, mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya, mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau mengenal pola, dan berfikir simbolik yaitu menghitung jumalah banyak benda satu sampai dua puluh , mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan dan mengenal lambang huruf.
Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0 Iven Rahmawati; Dian Kristiana; Muhammad Fadlillah
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.543

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 di TK Kuncup Harapan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana yang sebelumnya melakukan uji prasyarat normalitas,uji linearitas, uji Heteroskedastisitas . Teknik dari pengambilan sampel dengan cara non-probability sampling. Responden dalam penelitian adalah 20 anak TK Kuncup Harapan Ponorogo berdasarkan hasil pengamatan guru terhadap peserta didik dan 20 orang tua dengan persepsi orang tua terhadap anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket  dengan instrument berupa skala gadget dan skala perkembangan sosial emosional. Data diperoleh secara langsung oleh peneliti yaitu pengisian angket dengan dibantu applikasi google form. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengetahui hipotesis penelitian. Analisis data dalam penelitian menggunakan bantuan perangkat software yaitu SPSS 16 for Windows 8. Dari hasil penelitian diperoleh nilai nilai signifikansi sebesar 0.013   0.05 yang dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah ada Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 yang bertempat di TK Kuncup Harapan Ponorogo.
Investigation of Business English Conversation Mastery by Indonesian Coffee and Cocoa Research Institute Employees in Jember Indah Werdiningsih
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.463

Abstract

The concept of English for Business purposes has endured substantial shifts over the last few years which caused by numbers of development, such as behaviour change of the customers, improvements in technology, and the coming together of Businesss Communication and English for Business Purposes. Due to this current situation, companies need to improve not only the quality of their product but also the quality of the human resources This research is intended to investigate the extent of Business Conversation mastery by ICCRI employees in 2019 and examine further the factors that may be related to it, such as (1) the teaching process carried out by teachers, and (2) the employees' perceptions of the importance of Business. Speaking test and a questionnaire is used to answer problems of the research.
TEACHER DIFFICULTIES AND STRATEGIES IN MANAGING A LARGE CLASS IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH Wahyu Indah Pertiwi; Niken Reti Indriastuti
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.549

Abstract

This research aims to describe the difficulties faced by teachers in managing a large class and the teacher strategies in managing a large class. This research is a qualitative descriptive research with the subject one of the English teachers of SMA N 1 Badegan and students of Class XI MIPA 1- XI MIPA 4 as participants. Data collection techniques in this study were interviews and questionnaire. The results showed that in teaching and learning English in a large class, there were found three main challenges that must be faced by the teacher, namely the difficulty in giving attention to each individual in the class, heterogeneous student abilities and the difference of student background knowledge. The strategies used by the teacher to solve the problems in managing large classes include division of heterogeneous groups, small-group strategies, peer tutoring, visual imagery, and translation strategies. The application of classroom management skills includes asking skills, explaining skills, variation skills, and teaching a group and individual skills.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA BERDASARKAN TEORI APOS SAAT DITERAPKAN PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH nur laila; Uki Suhendar
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.480

Abstract

NURLAILA ZAKIYATUL AF-IDAH : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Apos saat Diterapkan Program Belajar dari Rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori APOS saat diterapkan program belajar dari rumah.
ENHANCING STUDENTS’ WRITING ABILITY BY IMPLEMENTING PROBLEM-BASED LEARNING METHOD AT THE ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IN MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO IN ACADEMIC YEAR 2019/2020 Windi Astuti; Ana Maghfiroh; Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.550

Abstract

Writing is an important language skill because it becomes a means of learning, discovering, developing, and perfecting language skills. The researcher using Problem-Based Learning method to enhance students’ writing ability. This research aims to develop the students’ intelligence by learning to solve problems and shapes students’ interaction with the new environment that confronts students to real world problems to begin learning so that the students become critical thinkers. The researcher used a classroom action research design. The subject was the English department students at Muhammadiyah University of Ponorogo in the academic year 2019/2020. The class consists of 16 students. Before implementing, the researcher made a lesson plan, the steps of Problem-Based Learning method, and prepared instruments, questionnaires, observations, field notes, and test will be conducted in the last meeting. The research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings. Based on the result of the observation it showed that the students were more active than the previous meeting, the percentage was 52% in cycle one and 84% in cycle two. The result of the questionnaire score was 84% in cycle one and 96% in cycle two it means the students were more enjoyed, gave a positive response and looked more fun with the implementation of this method. The result of the writing test in cycle one is that 13 students or 81% who got score ≥ B- (2.5), in cycle two was 100% or all students got score ≥ B- (2.5). The result of writing test in cycle two, it showed improvement. The research finding proves that Problem-Based Learning method was successfully improve writing ability. Hopefully, this research can be a reference for the lecturer of writing course to teach and learn writing and for the next researcher for conducting the next research.
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar Reginta Syafira Anggari; Intan Sari Rufiana
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesulitan memecahkan masalah soal cerita, (2) mendeskripsikan minat belajar, dan (3) mendeskripsikan perbandingan siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 6 subjek kelas V. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 15 siswa kemudian digolongkan sesuai dengan kategori minat belajar masing-masing. Setelah itu dipilih 2 siswa dari masing-masing minat belajar yang memenuhi kriteria dengan memiliki komunikasi yang baik. Dari keenam siswa tersebut kemudian diberikan soal tes berupa soal cerita materi bangun datar. Setelah diberikan soal, kemudian hasil jawaban siswa dianalisis dan dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi dapat memahami soal, mengoperasikan pecahan, dan merefleksikan proses.Namun masih sulit untuk menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar sedang siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan. Namun dapat mefleksikan proses memecahkan masalah meskipun sulit menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar rendah siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan, siswa juga sulit menerapkan berbagai  strategi  serta merefleksikan proses dalam memecahkan masalah.
ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Yuli Ratnasari; Dwi Avita Nurhidayah
EDUPEDIA Vol 4, No 2 (2020): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v4i2.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo pada kelas IX A. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal berpikir reflektif dan pedoman wawancara. Tes yang digunakan sebanyak tiga soal. Semua siswa kelas IX A diberikan tes berpikir reflektif. Setelah diberikan tes, diambil 4 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik berdasarkan rekomendasi guru dan yang memenuhi indikator berpikir reflektif. Untuk selanjutnya empat siswa tersebut menjadi subjek wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah cukup reflektif dan reflektif. Siswa yang mempunyai proses berpikir reflektif kategori reflektif, pada masalah yang diberikan dapat memenuhi semua langkah fase dalam indikator berpikir reflektif reacting, comparing, dan contemplating dengan baik. Sedangkan siswa yang mempunyai proses berpikir reflektif kategori cukup reflektif melewati  fase reacting dan comparing saja. Siswa tidak memenuhi fase contemplating karena siswa tidak mampu menentukan maksud dari permasalahan dan tidak dapat menyimpulkan penyelesaian permasalahan. Sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan pertimbangan oleh guru untuk mengetahui berpikir reflektif siswa supaya guru lebih mengenali dan memperhatikan berpikir reflektif siswanya saat menyelesaikan masalah matematika karena dapat digunakan sebagai evaluasi hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10