cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Gemaedu
Published by PGRI DKI Jakarta
ISSN : 24770620     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi" : 10 Documents clear
PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR SISWA (Survei di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bogor) Sulaeman, Ani Nuraeni
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.473 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep mematika siswa SMA Negeri di kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan teknik analisis jalur. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa yang berasal dari 3 sekolah yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ciomas, SMA Negeri 1 Dramaga dan SMA Negeri 1 Tenjolaya. Hasil penelitian menyimpulkan :1) tidak terdapat pengaruh langsung yang tidak signifikan kecerdasan emosional siswa terhadap penguasaan konsep Matematika pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bogor. 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat belajar terhadap penguasaan konsep Matematika pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bogor. 3). Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasaan emosional siswa terhadap minat belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bogor. 4). Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan Kecerdasan emosional Siswa terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Bogor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel intervening (Minat belajar) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penguasaan Konsep Matematika   The purpose of this study was to analyze the effect of Emotional Intelligence and Interest Students Learn to Control Concepts mematika high school students in the district of Bogor. The method used is survey method with path analysis techniques. These samples included 80 students from 3 schools are students of class XI Natural Sciences 1 Ciomas High School, High School 1 Dramaga and high schools 1 Tenjolaya. The study concluded: 1) there is no direct effect is not significant emotional intelligence of students' mastery of mathematical concepts in high school students in Bogor Regency. 2) There is a direct effect of significant interest in learning the mastery of mathematical concepts in high school students in Bogor Regency. 3). there is a significant direct effect of emotional intelligence of students' learning interest of high school students in Bogor Regency. 4). there is the indirect effect is not significant emotional intelligence students toward mastery of mathematics concepts through learning interest of high school students in Bogor Regency. It can be concluded that the intervening variables (Interest in learning) did not significantly affect Mastery Math Concepts
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING(PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA N 2 GUNUNGPUTRI BOGOR Linda, Linda
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.05 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh Project-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Metode penelitian ini adalah mixed method dengan Embedded design. Sampel penelitian ini adalah  siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dengan uji t. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran Project-Based Learning dan sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran Project-Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Project-Based Learning  lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori dan Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project-Based Learning  adalah positif.   The purpose of this study to determine the effect of Project-Based Learning in improving the ability of students' mathematical understanding. This research method is a mixed method with Embedded design. The sample was a class XI student of Natural Sciences and 3 as the experimental class XI student of Natural Sciences 2 as the control class. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. Quantitative analysis was conducted on the initial test, the final test, and normalized gain understanding of mathematical ability, as well as against two groups of test data to test the mean difference between the two populations with the t test. Qualitative analysis was undertaken to examine the activities of teachers and students during the learning Project-Based Learning and the students' attitudes toward learning model Learning Project-Based Learning. The results showed that increased understanding of mathematical ability of students who get a learning model Project-Based Learning is better than students who had expository and Student responses to the implementation of mathematics learning model Project-Based Learning is positive.  
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENCATAT TRANSAKSI KEUANGAN KE DALAM JURNAL MELALUI METODE DISKUSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 18 JAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Martutik, Martutik
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.321 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan 18 Jakarta semester I tahun pelajaran 2016/2017  pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagang khususnya kompetensi dasar mencatat transaksi keuangan ke dalam buku harian atau jurnal. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskripsi dengan pendekatan action research. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  X Akuntansi 2 Sekolah Menengah Kejuruan 18 Jakarta Selatan. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa pada Siklus I, rata-rata hasil belajar  75,71 dengan persentase ketuntasan 71 %, dan pada siklus II, rata-rata hasil mengalami kenaikan menjadi  84,53 dengan persentase ketuntasan 97%. Aktivitas belajar  dalam kegiatan pembelajaran juga mengalami kenaikan dari siklus I dibanding siklus II,  siklus I  69,11% dan siklus II 91,47% sehingga mengalami kenaikan 22,36%.yang terdiri partisipasi aktif, interaksi siswa dengan kelompok, melaksanakan tugas tepat waktu dalam menyelesaikan tugas.           This study aims to determine whether the discussion method can improve the results of class X student of accounting 2 Vocational High School 18 South Jakarta the first semester of the school year 2016/2017 accounting subjects and trading services company in particular the basic competencies record financial transactions in the diary or journal. This type of research is research description with action research approach. The research subject is class X Accounting 2 Vocational High School 18 South Jakarta. The results of descriptive analysis revealed that in the first cycle, an average of 75.71 with the percentage of learning outcomes completeness 71%, and the second cycle, average yield rose to 84.53 with the percentage of completeness 97%. Activities learned in the learning activities also increased from the first cycle compared to the second cycle, the first cycle and cycle II 69.11% 91.47% 22.36% so that the increase consisted .The active participation, student interaction with a group, carry out the task on time in completing the task.
IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN WRITING BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 MEGAMENDUNG KABUPATEN BOGOR Wulan, Euis Irmawati
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.034 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bahasa Inggris, terutama  keterampilan Writing dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Subject penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMAN 1 Megamendung, Kabupaten Bogor yang berjumlah  35 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan melakukan 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus satu dan dua masing-masing  terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen yaitu lembar observasi, catatan lapangan, kuisioner dan penilaian akhir siswa.Berdasarkan hasil penelitian, saran ditujukan kepada guru-guru bahasa Inggris yang mempunyai masalah yang sama agarmengimplementasikan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Ingris terutama dalam keterampilan writing, untuk peneliti yang akan datang dianjurkan untuk mengadakan penelitian secara mendalam untuk meningkatkan hasil belajar siswa.   This research is Classroom Action Reasearch (CAR). The aim of this research is to increase student’s achievement on writing  skill in English by the application of cooperative learning model of STAD . The subjects were XII IPA 2 grade students of SMAN 1 Megamendung having 35 students consisted of 22 female students and 13 male students. The purpose of the researcher employed action research which was conducted in the classroom following four stages : planning, implementing, observing, and reflecting.the study was implemented in wo cycled. The first and two cycle consisted of three meeting. The data of the study were gathered through: observation checklist, field notes, questionaires and the last score of the student'. Based on the finding of the study, it is suggested that English teachers who have similar problems implement this  the learning models STAD  for improving the student’s English lesson especially in writing  skill. Furthermore, future researchers are suggested to have the reasearh more and more seriously to achieve the best result of learning.
PENGELOLAAN LAYANAN INFORMASI DENGAN PBL (Problem Based Learning) DAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI Widati, Sri
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.036 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya pemahaman dan minat dalam penelitian lebih lanjut untuk perguruan tinggi, terutama di kelas XI SMA N 2 Cibinong Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Cibinong Kabupaten. Bogor pada Tahun Akademik 2013-2014 di kelas XI Ilmu 2. Dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian lebih lanjut dari layanan manajemen informasi dengan metode PBL dan dapat memfasilitasi upaya aktif debat untuk meningkatkan pemahaman dan minat dalam studi lebih lanjut, sebagai siswa mengembangkan potensi maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas dalam Konseling (Action Reasearch) oleh 2 siklus. Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan Pertama, layanan informasi manajemen dengan Active Debate PBL dan dapat meningkatkan pemahaman dan minat dalam studi lebih lanjut pada pencapaian siklus pertama nilai klasik meningkat 75,68% pada siklus I ke 93,44%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari 9,4%. Berdasarkan data penelitian yang mengevaluasi pemahaman lebih lanjut dari siklus I diperoleh rata-rata 76,23 dengan pencapaian 72,4, siklus kedua untuk mendapatkan rata-rata 87,65% dengan pencapaian 89,65%.  The study originated from the lack of understanding and interest in further studies to universities, especially in class XI SMA N 2 Cibinong district Bogor. The experiment was conducted in SMA N 2 Cibinong District. Bogor in the Academic Year 2013-2014 in class XI Science 2. With the number of 36 students consisting of 10 male students and 26 female students. Further studies of information management services to the PBL method and can facilitate the debate Active efforts to improve the understanding and interest in further studies, as students develop maximum potential. This research was conducted with Classroom Action Research in Counseling (Action Reasearch) by 2 cycles. The study resulted in two conclusions First, management information services with Active Debate PBL and can increase understanding and interest in further studies on the achievement of the first cycle of the classical value increased 75.68 % in the first cycle to 93.44 %. This shows an increase of 9.4 %. Based on data from studies evaluating further understanding of the cycle I gained an average of 76.23 with the achievement of 72.4, the second cycle to get an average of 87,65 % with 89.65 % achievement
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN BOGOR ( Survey pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Cibinong ) Noeringtyas, Dijah
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.088 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMA di Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel terdiri dari 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Kebiasaan Membaca (X1) dan Penguasaan Kosa Kata (X2) secara bersama-sama terhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa  (Y),  terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Kebiasaan Membaca (X1) terhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa  (Y), dan terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Penguasaan Kosa Kata (X2) terhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa  (Y). Dari hasil pengujian korelasi maupun pengujian regresi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Kebiasaan Membaca (X1) dan Penguasaan Kosa Kata (X2) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa (Y). The purpose of research to know and analyze the influence of reading habits and mastery of vocabulary on the ability to understand English reading high school students in Bogor Regency. The research method used is survey. The sample consists of 60 students. The results showed that there is a significant influence of the independent variable of Influence of Reading Habit (X1) and Vocabulary Mastery (X2) together to Understanding English Language Reading Student (Y), there is a significant influence of independent variable Influence of Reading Habit (X1) to Understanding of Student English Reading (Y), and there is a significant influence of independent variable Influence of Vocabulary Mastery (X2) to Understanding English Student Reading (Y). From the result of correlation test and regression testing, it can be concluded that there is a significant influence of independent variable of Influence of Reading Habit (X1) and Vocabulary Mastery (X2) together to the dependent variable of Understanding of Student English Reading (Y).
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII.1 SMAN 1 CIGOMBONG Nati, Nati
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.221 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan secara kolaboratif dan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam pengusaan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan, dan merupakan tolak ukur keefektifan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga guru dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII.IPA.1 SMA Negeri 1 Cigombong pada bulan Agustus-September tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian, terdapat 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki, dan 22 siswa perempuan dengan karakteristik individu yang beragam. Nilai hasil belajar matematika siswa kelas XII.IPA.1 sebelum dilakukan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Reciprocal adalah sebesar 60,77 .Setelah dilakukan tidakan pada siklus I nilai rata-rata matematika  siswa mencapai 67,1 dan pada siklus II mencapai 74,4, sedangkan antusias siswa mengalami peningkatan, pada siklus I tindakan I mencapai 56,41 % dan pada tindakan 2 meningkat menjadi 71,39%. Pada siklus II, antusias siswa lebih meningkat, yaitu pada tindakan 1 mencapai 77,78% dan pada tindakan 2  mencapai 86,11%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif  tipe NHT (Numbered Head Together) Reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   This research is a classroom action research, carried out collaboratively and aims to know the success of students in material pengusaan in accordance with planned learning objectives, and is a benchmark of effectiveness of learning activities in improving student learning outcomes, so that teachers can know the advantages and disadvantages of the learning process . This research was conducted in class XII.IPA.1 SMA Negeri 1 Cigombong in August-September academic year 2014/2015. The sample in the study, there are 40 students consisting of 18 male students, and 22 female students with diverse individual characteristics. The value of mathematics learning outcomes of class XII.IPA.1 students before the implementation of cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) Reciprocal is equal to 60.77. After done on the cycle I the average score of mathematics students reached 67.1 and on cycle II Reached 74.4, while the student enthusiasm increased, in the first cycle action I reached 56.41% and in action 2 increased to 71.39%. In cycle II, students' enthusiasm is more increased, that is in action 1 reach 77,78% and in action 2 reach 86,11%. Based on the results achieved, it can be concluded that the application of cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) Reciprocal can improve student learning outcomes.  
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA (Eksperimen Pada SMA N di Bogor) Sumitri, Sumitri
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.284 KB)

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model  pembelajaran Fisika terhdap pemahaman konsep dasar dalam pembelajaran Fisika khususnya untuk penyelesaian materi Suhu dan Kalor di kelas X SMA. Sampel berukuran 48 siswa yang diperoleh dengan tehnik sampling otomatis dari kelas sampel SMA N 2 Cibinong dan SMA N 4 Cibinong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan tes/ulangan harian dan menyebar angket. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, ANAVA dua arah. Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung =15,634,  (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika dengan nilai sig 0,013  < 0,05 dan Fhitung =6,645,  (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaamn konsep fisika dengan nilai sig 0,953 > 0,05, (4) Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, maka sebagai guru fisika harus mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga hasil pemahaman konsep fisika siswa meningkat. Di samping itu guru dalam mengajarkan materi fisika harus menerapkan model pembelajaran yang tepat,salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning   The purpose of this study is to determine the effect of Physics learning model terhdap understanding of basic concepts in Physics learning, especially for the completion of materials Temperature and Heat in grade X SMA. Samples of 48 students were obtained by automatic sampling technique from sample class of SMA N 2 Cibinong and SMA N 4 Cibinong. Data collection was conducted by conducting daily tests / tests and dispatching questionnaires. Data analysis with descriptive statistic method, two way ANOVA. The statistical test used F test. The results showed that: (1) There is influence of learning model to understanding physics concept with sig 0,000 <0,05 and Fhitung = 15,634; (2) there is influence of learning motivation toward understanding physics concept with sig value 0,013 <0,05 and Fhitung = 6,645, (3) There is no influence of learning model interaction and learning motivation toward the concept of physics with the value of sig 0,953> 0,05, (4) Based on the result of this research, then as physics teacher must be able Increase students 'learning motivation, so that the students' understanding of the concepts of physics increases. In addition, teachers in teaching materials physics must apply the appropriate learning model, one of which is the model of learning Problem Based Learning
PENALARAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI CIBINONG BOGOR Sudhawati, Raden Rara Tatra
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.634 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran, pengaruh minat belajar, pengaruh interaksi media pembelajaran dan minat belajar terhadap penalaran konsep matematika pada siswa kelas X SMA Negeri di Cibinong Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket dan tes. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, Anova dua arah dan uji lanjut dengan menggunakan uji t. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal April 2016 sampai  Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan : 1) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap penalaran konsep matematika, yang dibuktikan dengan  nilai Sig. = 0,008 < 0,05 dan nilai Fh = 7,618 . 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap penalaran konsep matematika, yang dibuktikan dengan  nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai Fh = 23,443. 3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan media pembelajaran dan minat belajar terhadap penalaran konsep matematika, yang dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,040 < 0,05 dan nilai Fh = 4,432. The purpose of this study is to determine the influence of instructional media, the influence of learning interest, the influence of learning media interaction and interest in learning on the reasoning of mathematics concepts in students of class X SMA Negeri in Cibinong Bogor. The research method used is experiment. The data were collected by questionnaire and test technique. Data analysis using descriptive statistic method, two way Anova and further test using t test. This research was conducted on April 2016 until June 2016. The results showed: 1) there is a significant influence of learning media on mathematical concept reasoning, as evidenced by the Sig value. = 0.008 <0.05 and the value Fh = 7.618. 2) There is a significant influence of learning interest on mathematical concept reasoning, as evidenced by the value of Sig. = 0,000 <0.05 and the value Fh = 23,443. 3) there is a significant interaction effect of instructional media and interest in learning on mathematical concept reasoning, as evidenced by the value of Sig. = 0.040 <0.05 and the value Fh = 4.432.
MENULIS LAPORAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING Supriyatmini, Supriyatmini
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 2 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.573 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus, untuk melihat peningkatan kemampuan menulis laporan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui cooperative learning. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi tes, lembar angket, pengamatan, panduan wawancara. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus penelitian dianalisis secara deskripsi, untuk melihat perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Data tersebut meliputi data  hasil menulis siswa dalam implementasi pembelajaran melalui cooperative learning. Melalui pengolahan data, diperoleh simpulan bahwa melalui pembelajaran cooperative learning menyatakan adanya peningkatan  hasil menulis  pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata  72,83 menjadi  76,67 pada siklus 2. Hal tersebut berarti  pula bahwa hasil menulis menunjukkan peningkatan. Dengan demikian, simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 252 Jakarta   Classroom Action Research is done as much as two cycles, to see the improvement of writing skills report students in following learning through cooperative learning. Instruments used to obtain data include tests, questionnaires, observations, interview guides. The data collected in each observation activity from the implementation of the research cycle is analyzed in descriptions, to see the changes that occur in the learning activities. These data include data writing results of students in the implementation of learning through cooperative learning. Through data processing, it is concluded that through cooperative learning learning, there is an increase of writing result in cycle 1 reaches an average value of 72.83 to 76.67 in cycle 2. It means also that the writing result shows improvement. Thus, the conclusions of this study indicate that through cooperative learning learning model can improve the ability to write reports to students of class VIII SMP Negeri 252 Jakarta.  

Page 1 of 1 | Total Record : 10