cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017" : 10 Documents clear
Hubungan Antara Cara Belajar dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kota Makassar Nurmiati, Nurmiati
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.115

Abstract

Siswa yang memiliki cara belajar yang baik, dapat mencerminkan siswa yang memiliki motivasibelajar yang tinggi sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah(i) untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa SMA di kotaMakassar, (ii) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswaSMA di kota Makassar, (iii) untuk mengetahui hubungan antara cara belajar dan motivasi belajarsecara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMA di kota Makassar. Jenis penelitian iniadalah penelitian éx-post facto” bersifat korelasional dengan teknik pengumpulan datamenggunakan angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) cara belajarsiswa SMA Negeri di kota Makassar berada pada kategori sedang, dan ada hubungan denganhasil belajar biologi siswa SMA Negeri di kota Makassar, (ii) motivasi belajar siswa SMA Negeridi kota Makassar berada pada kategori sedang, dan ada hubungan dengan hasil belajar biologisiswa SMA Negeri di kota Makassar, (iii) hasil belajar siswa SMA Negeri di kota Makassarberada pada kategori sedang, dan ada hubungan antara cara belajar dan motivasi belajar secarabersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di kota Makassar.Kata kunci—3-5 kata kunci, Algoritma A, algoritma B, kompleksitas
Implementasi Teori Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Bagi Mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat Rahman, Hirman; Nizar, Nizar
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.106

Abstract

Saat ini pengelolah lembaga masih menggunakan cara manual untuk menentukanmahasiswa yang berhak menerima beasiswa sehingga pengelolaan data kurang efektif,membutuhkan waktu yang relatif lama dan sering terjadi subjektifitas dari para pengambilkeputusan. Untuk mempermudah para pengelolah tersebut dalam menentukan mahasiswa yangberhak menerima beasiswa, maka perlu adanya suatu sistem rekomendasi yang berfungsi untukmembantu melakukan seleksi bagi para calon penerima beasiswa. Penelitian ini terkaitpengaplikasian teori pengambilan keputusan yang dibangun dalam suatu sistem denganmenggunakan kombinasi metode Analitical Hierarcy Process (AHP) dan Technique OrderPreference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). AHP digunakan untuk member bobotpenilaian pada kriteria yang dikumpulkan dari hasil kajian pustaka dan hasil wawancara danTOPSIS digunakan dalam proses perangkingan keputusan yang akan diambil sebagai dasarpenentuan keputusan. Penelitian ini yang akan diterapkan pada penentuan penerima beasiswamahasiswa di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas SulawesiBaratKata kunci : Analitical Hierarcy Process (AHP), Technique Order Preference by Similarity ToIdeal Solution (TOPSIS), Beasiswa FMIPA Unsulbar
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP Indrawati, Nenny
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.111

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan ujicoba terbatas yangbertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistik dalammodel pembelajaran berbasis masalah yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, danRencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri2 Makassar. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modelThiagarajan atau model 4-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan, telah divalidasi, danmengalami revisi sebanyak 2 kali sehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untukdigunakan. Hasil dari ujicoba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematikadengan pendekatan realistik dalam model pembelajaran berbasis masalah bersifat efektif danpraktis, yaitu (1) skor rata-rata siswa pada tes hasil belajar yaitu 70,52 dari skor ideal 100dengan standar deviasi 15,91 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 70,00% atau 28 orang;(2) aktivitas siswa dan aktivitas guru menunjukkan kecenderungan yang positif; (3) pengelolaankegiatan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual umumnya terlaksana denganbaik dengan persentase rata-rata keterlaksanaan aspek-aspek sebesar 87,5%; dan (4) umumnyasiswa memberikan respons positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan denganpersentase sebesar 90,00%.Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Masalah,Pendekatan Realistik
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Humairah, Nur Aisyah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.107

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) yang bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian melaluipenggunaan peta konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 1Campalagian Kabupaten Polewali Mandar tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 24 orang.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada tiap akhir siklus.Observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa tentangpenggunaan peta konsep diambil pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis denganmenggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah penggunaan petakonsep dalam pembelajaran fisika mengalami peningkatan. Baik dari segi perubahan sikapsiswa, keaktifan dan kesungguhan serta motivasi siswa dalam belajar fisika. Hal yang palingutama dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 41.67%menjadi 87.50%. Kehadiran, keaktifan dan rasa percaya diri siswa mengikuti kegiatan belajarmengajar, juga menunjukkan adanya kemajuan dan kesungguhan yang nampak dari hasilobservasi guru pada saat pembelajaran berlangsung . Hal tersebut di atas mengidentifikasikanbahwa hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten PolewaliMandar dapat ditingkatkan melalui penggunaan peta konsep dalam pembelajaran fisika.Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, peta konsep, hasil belajar, analisis kuantitatif dankualitatif.
Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar Khadijah, Khadijah; Astuti, Wiwik Wiji; Ahmad, Fandi
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.112

Abstract

Tujuan kegiatan ini yaitu hendak mengupayakan pengembangan keterampilan dan kemampuanprofessional guru dalam mengembangkan soal interaktif sebagai upaya peningkatan kualitaspendidikan di era teknologi seperti sekarang ini. Materi pembelajaran yang disajikan tidaklengkap tanpa adanya soal-soal latihan, untuk memastikan bahwa soal yang diberikan dikerjakanlangsung oleh siswa tanpa menyontek dan agar siswa dapat menilai dirinya sendiri makasebaiknya soal diberikan dengan menggunakan teknologi yang interaktif. Belum adanyaketerampilan pembuatan soal dengan teknologi yang interaktif bagi mahasiswa calon guru dikampus mitra menjadi pendorong pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Untuk itu, kegiatan iniakan memberikan pelatihan pembuatan soal interaktif, agar nantinya mahasiswa calon guru dikampus mitra mampu membuat sendiri soal yang bersifat interaktif. Metode penyajian materi danpraktikum pelatihan yaitu metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Hasil yang dicapai berupapengetahuan cara mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan penggunaan teknologi yaitudengan melibatkan tampilan yang menarik dari suatu aplikasi komputer, meningkatnyakemampuan dan keterampilan mahasiswa calon guru dalam membuat soal interaktif. Haltersebut tampak dari hasil kerja mandiri peserta dalam menghasilkan soal interaktif yangmenarik. Hasil kegiatan juga berupa antusiasme dan semangat peserta pelatihan yang tampakdari kehadiran peserta dan ketertarikan untuk lebih mendalami materi. Pemahaman danketerampilan pembuatan soal interaktif juga cukup tinggi yang tampak dari penguasaan langkahpembuatan dan kreasi tampilan soal interaktif.Kata Kunci: Soal Interaktif, teknologi pembelajaran
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD Hikmah, Hikmah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.108

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkanPerangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Realistik pada pokok bahasan Pecahan untukSiswa Kelas V SD, yang meliputi Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa, Rencana PelaksanaanPembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri No.2Kampung Baru Majene sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 oranglaki-laki. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan (Model4. D) yang terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu: pembatasan (define), perancangan (design),pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran matematikadengan pendekatan Realistik yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisidan telah diujicobakan serta mengalami revisi berulang-ulang kali sehingga didapatkan hasilyang valid, efektif, dan praktis.Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Pendekatan Realistik, Perangkat Pembelajaran.
Hubungan Jenis Serangga Penyerbuk dengan Morfologi Bunga Pada Tanaman Tomat (Lycopersicon Esculentum Mill.) dan Sawi (Brassica Juncea Linn.) Hasan, Phika Ainnadya; Atmowidi, Tri
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.113

Abstract

Morfologi  bunga  merupakan  salah  satu  faktor  yang  mempengaruhi  jenis  serangga penyerbuk yang dapat berkunjung. Pengamatan dilakukan pada tomat Lycopersicon esculentum Mill  dan  tanaman  sawi  Brassica  juncea  Linn  yang memiliki  perbedaan  pada  bentuk  bunga, khususnya pada bentuk benangsarinya. Pengamatan jenis serangga dilakukan selama sepuluh hari  di  lahan  pertanian  organik  dengan  menggunakan  metode  scan  sampling.  Pengamatan morfologi bunga meliputi bentuk, ukuran, warna dan struktur bunga. Ditemukan delapan spesies serangga  sebagai  penyerbuk  pada  kedua  tanaman  ini,  yaitu Ceratina  sp., Xylocopa  confuse, Amegilla sp., Nomia sp., Megachile sp., Syrphus sp., Vanessa sp. Dan Hypolimnas sp. Namun hanya empat spesies yang diamati berkunjung pada tanaman tomat, yaitu Ceratina sp., Xylocopa confusa, Amegilla  sp.  dan Nomia  sp.  Spesies  yang  berkunjung  pada  kedua  tanaman  ini  juga memperlihatkan perilaku yang berbeda dalam mengambil pollen dan nektar bunga.   Kata kunci:  morfologi bunga, serangga penyerbuk, tomat, sawi
Efek Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal dengan Melibatkan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN 349 Binamu Jeneponto Patimbangi, Andi
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonalsecara langsung atau tidak langsung yang melalui metakognisi terhadap hasil belajarmatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas.Penelitian ex-post facto disini dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibatantar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Binamu Jeneponto. Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini adalah sampel acak atau random sampling. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan membagikan angket dan tes hasil belajar kepada responden yang dipilihsebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif danteknik analisis statistik inferensial menggunakan AMOS 20. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yaknimelalui kemampuan metakognisi antara kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajarmatematika, (2) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yaknimelalui kemampuan metakognisi antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajarmatematika, (3) terdapat pengaruh positif secara langsung maupun secara tidak langsung yaknimelalui kemampuan metakognisi kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonalterhadap terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 349 Binamu.Kata kunci: Kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kemampuan metakognisi,hasil belajar
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Siswa Kelas XI IPA3 Di SMA Negeri 1 Wonomulyo Nur, Syamsiara
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.114

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakanmedia interaktif berbasis ICT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1Wonomulyo semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakankelas, terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data diperoleh denganmenggunakan 3 instrumen, yaitu lembar observasi untuk aktivitas, angket untuk sikap, dan tesevaluasi untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasilpenelitian menunjukkan dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswameningkat dari 68,81 menjadi 74,93, sedangkan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari70,37% menjadi 96,30%. Selain nilai hasil belajar siswa yang meningkat, aktivitas dan sikapsiswa juga meningkat. Peningkatan aktivitas tersebut meliputi, (1) mengamati media interaktifberbasis ICT, (2) menyimak penjelasan guru, (3) mencatat penjelasan guru, (4) mengerjakan soalberbasis flash, (5) aktif menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwapenggunaan media interaktif berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,serta dari perhitungan regresi dan korelasi diketahui terdapat hubungan positif antara aktifitasdan sikap terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Media interaktif, aktivitas dan hasil belajar siswa
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Kelas VII2 SMP Negeri 26 Makassar Munawarah, Munawarah
Jurnal Saintifik Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v3i1.110

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan ujicobaterbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatankontekstual pada pokok bahasan segitiga yang meliputi Buku Siswa, Lembar kegiatan Siswa, danRencana Pelaksanaan Pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 SMP Negeri26 Makassar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Prosedur pengembangan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design,Develop, dan Dessiminate) yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan,tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran dengan pendekatanKontekstual yang telah dikembangkan telah divalidasi dan mengalami revisi berulang-ulang kalisehingga didapatkan hasil yang maksimal dan layak untuk digunakan. Hasil dari ujicoba terbatasmenunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual bersifat efektif danpraktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes haaasil belajar adalah 71,97 dariskor ideal 100 dengan standar deviasi 14,78. Di mana 29 dari 36 siswa atau 80,56 % memenuhiketuntasan individuyang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai.; (2) denganmenggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual siswa jadi lebih aktifdalam proses pembelajaran; (3) pada umumya siswa memberikan respon yang positif terhadapperangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja danbelajar; dan (5) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran denganpendekatan Kontekstual termasuk dalam kategori tinggi, artinya penapilan guru dapatdipertahankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue