cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1" : 12 Documents clear
Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Mata Pelajaran Matematika di SMA Kabupaten Majene Hikmah Hikmah; Nursyafitri Amin
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.887 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.191

Abstract

Tujuan umum penelitian ini untuk mengadakan perbaikan pembelajaran berkaitan dengan model tes dan sistem penskorannya. Tujuan khusus penelitian untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking) HOT Matematika pada kelas XI SMA yang memenuhi syarat, meliputi: 1) fit dengan PCM dan 1) tingkat kesulitan item Responden siswa SMA kelas XI di Kabupaten Majene terdiri 3 SMA Negeri di Kabupaten Majene yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 3. Langkah-langkah penelitian meliputi; 1) perancangan instrumen, 2) uji coba instrumen, dan 3) perakitan tes. Tahap perancangan instrumen meliputi: a) Penentuan Tujuan Tes, b) Penentuan Kompetensi yang akan diujikan, c) Penentuan Materi yang Diujikan, d) Penyusunan Kisi-kisi Tes, e) Penulisan Item Berdasarkan Prinsip-prinsip Pengembangan Tes HOT, f) Validasi Item Tes, g) Perbaikan Item dan Perakitan Tes, dan h) Penyusunan Pedoman Penskoran. Tahap uji coba instrumen terdiri: a) Penetapan Subjek Uji Coba (SMA), b) Pelaksanaan Uji coba Tes, dan c) Analisis Data Hasil Uji Coba dengan teknik: (1) Kecocokan Item Instrumen (goodness fit), (2) Reliabilitas, (3) Kurva Karakteristik Item, (4) Indeks Kesukaran, dan (5) Fungsi Informasi dan SEM. Tahap Perakitan Tes untuk Pengukuran.Kata kunci : pengembangan instrumen, penilaian, kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros Pada Mata Kuliah Evolusi Jirana Jirana; Mohammad Amin; Endang Suarsini; Betty Lukiati
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.82 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.192

Abstract

Mata kuliah evolusi merupakan salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh mahasiswa, sulitnya pemahaman mahasiswa terhadap konsep evolusi disebabkan oleh beberapa masalah sehingga perlu dilakukan beberapa observasi terhadap komponen-komponen dalam proses pembelajaran Evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Berpikir mahasiswa terhadap Mata Kuliah Evolusi di Universitas Sulawesi Barat Penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara penyebaran angket dan pemberian tes untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa tentang konsep evolusi. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap mahasiswa STKIP Yapim Maros Program Pendidikan Biologi dengan 36 orang responden menunjukkan bahwa Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa STKIP Yapim Maros. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir mahasiswa biologi STKIP Yapim Maros terhadap mata kuliah Evolusi masih rendah. Oleh karena itu perlu dilakukanpembenahan dalam penelitian lanjutan.Kata kunci: Berpikir Kritis, Evolusi, Pembelajaran
Analisis Parameter Anomali SP Menggunakan Metode Inversi Non linier Pendekatan Linier Fajriani Fajriani; Hardi Hamzah; Wahyu Srigutomo; Prihamdhanu Mukti Pratomo
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.577 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.193

Abstract

nterpretasi anomali self-potential (SP) model geometri sederhana (fixed geometry) sederhana, dilakukan untuk menghitung kedalaman, sudut polarisasi benda, moment dipole listrik, dan bentuk struktur benda dibawah permukaan yang mempengaruhi data SP yang diamati diatas permukaan. Dalam mengidentifikasi parameter anomali SP akibat dari model fixed geometry dibawah permukaan bumi dapat dilakukan dengan cara pemodelan inversi. Dalam tulisan ini pemodelan inversi diselesaikan menggunakan pendekatan linier dengan metode least-square terbobot dan metode Levenberg-Marquardt. Kedua metode ini diaplikasikan untuk menentukan nilai parameter dari anomali self-potential akibat struktur sesar, dengan menganggap struktur sesar menyerupai bentuk lempeng. Metode least-square terbobot dan Levenberg-Marquardt mampu mengikuti pola hasil data pengukuran di lapangan. Kedua metode inversi tersebut efisien karena proses perhitungannya yang relatif singkat serta nilai parameter model struktur lempeng hasil perhitungan kedua metode tersebut menunjukkan hasil yang sama hanya terdapat sedikit selisih perhitungan pada nilai kemiringan sudut lempeng.Kata kunci: anomali self-potential, fixed geometry, pendekatan linier
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Biologi STKIP PI Makassar Kamriana Kamriana; Nasrianty Nasrianty
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.215 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.194

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent pretest-posttest control groupyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berpikir Kritis MahasiswaSTKIP Pembangunan Indonesia Makassar.Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Makassar yang terdiri dari dua kelas dan berlaku sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada proses pembelajaran, Wawancara, nilai post tes serta dokumentasi.Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran. Nilai post test terdiri dari 10 pertanyaan essay secara keseluruhan.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis,Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Nasruddin Nasruddin; Jahring Jahring
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.609 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.195

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian true eksperimen dengan design yang bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Farmasi di SMK Negeri 1 Watunohu. Penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi kemudian memberikan tes awal dan kemudian melakukan pelaksanaan PTK dalam dua siklus tindakan. Teknik pengambilan data yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran dengan lembar observasi sedangkan data yang menggambarkan kemampuan komunikasi matematis siswa didapat melalui tes tindakan penelitian melalui instrument soal tiap siklus. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hal ini ditunjukkan oleh hasil yang diperoleh dari tes awal bahwa tidak ada siswa yang memperoleh predikat sangat baik,namun yang dikategorikan baik sebanyak 13.33% sedangkan yang dikategorikan cukup baik sekitar 33.33%, dan yang dikategorikan kurang baik sebanyak 53.33%. Pada hasil tes siklus I meningkat, yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 6.67%, komunikasi matematis siswa yang dikategorikan baik sebanyak 53.33%, sedangkan dikaategorikan cukup baik sebanyak 6.67%. Pada tes siklus II mengalami meningkat, siswa memperoleh sangat baik sebanyak 13.33%, memperoleh predikat baik sebanyak 80%, sedangkan yang dikategorikan cukup baik 33.33%, dan yang dikategorikan kurang baik 6.67%. Dengan demikian indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dapat tercapai dengan baik.Kata kunci—Reciprocal teaching, PTK, hasil belajar
Beberapa Sifat Akar Persamaan Kuadrat Berkoefisien Bilangan Kompleks Ahmad Ansar; Muhammad Arafat Abdullah
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.085 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.196

Abstract

Pada makalah ini dibahas dan diselidiki sifat akar-akar persamaan kuadratberkoefisien kompleks. Diawali dengan mempelajari cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat berkoefisien kompleks. Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki syarat persamaan kuadrat berkoefisien kompleks memiliki akar sama, akar-akar yang saling konjugat, memiliki sebuah akar real serta memiliki sebuah akar imajiner murni. Dijelaskan pula cara membentuk persamaan kuadrat baru apabila diketahui akar-akarnya.Kata kunci : Persamaan kuadrat, Koefisien kompleks, Bilangan Kompleks
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Marniat Marniati; Tahir Tahir
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.331 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.197

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswaantara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci: Kooperatif , Quick on the draw
Model SIS Stokastik pada Penyakit Malaria Berdasarkan Distribusi Data Pasien Darmawati Darmawati; Wahyudin Nur
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.152 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.198

Abstract

Penyakit Malaria merupakan salah satu penyakit yang paling sering mewabah di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, khususnya daerah Sulawesi Barat. Salah satu faktor pendukung dari wabah penyakit ini adalah banyaknya daerah rawa yang merupakan habitat alami perkembang biakan dari vektor, yaitu nyamuk Anopheles spp yang menularkan Parasit Plasmodium spp ke tubuh inang yakni manusia. Dalam penelitian ini kami menggunakan model Susceptible Infected Susceptible (SIS) untuk mengkaji model infeksi penyakit Malaria, dimana laju infeksi penyakitnya dimodelkan oleh Distribusi Poisson dengan berdasarkan pada model distribusi pasien. Data jumlah pasien akan diperiksa model distribusinya untuk mengetahui model stokastik yang akan digunakan dalam memodelkan laju infeksi, yang kemudian akan diaplikasikan dalam model SIS Stokastik infeksi Malaria di daerah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model dan analisis matematika untuk menanggulangi infeksi Malaria, agar tidak kembali mewabah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa model matematika yang dibentuk dapat menunjukkan dinamik dari penyakit Malaria tersebut.Kata kunci: Malaria, Model SIS, Distribusi Poisson
Tinjauan Singkat Tentang Regresi Parametrik dan Regresi non Parametrik Muhammad Abdy
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.137 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.199

Abstract

Dalam analisis regresi, terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk mengestimasi fungsi regresi, yaitu pendekatan parametrik dan pendekatan nonparametrik. Metode regresi parametrik akan sesuai jika ada teori, pengalaman masa lalu atau sumber lain yang dapat digunakan untuk menentukan bentuk fungsi regresi sehingga bentuk dari fungsi regresi diasumsikan diketahui kecuali untuk berhingga parameter yang tidak diketahui. Inferensi tentang fungsi regresi ekivalen dengan inferensi tentang parameter. Dalam regresi nonparametrik, tidak ada asumsi tentang bentuk fungsi regresi sehingga memberikan fleksibilitas di dalam bentuk yang mungkin dari fungsi regresi. Terdapat banyak tehnik untuk mengestimasi fungsi regresi nonparametrik, antara lain estimator kernel, spline, wavelet, k-NN dan lain-lain.Kata kunc: regresi parametrik, regresi nonparametrik, fungsi regresi, tehnik penghalusan.
Hubungan Nilai Matematika Rekayasa Terhadap Nilai Analisa Struktur Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sulawesi Barat Milawaty Waris; Nurmiati Zamad
SAINTIFIK Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.683 KB) | DOI: 10.31605/saintifik.v5i1.200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai mata kuliah Matematika rekayasa terhadap nilai mata kuliah Analisa struktur yang diperoleh mahasiswa teknik sipil Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan data berbentuk angka. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penelitian analitik korelatif menggunakan program aplikasi software SPSS versi 21, Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa teknik sipil universitas sulawesi barat, yang telah menempuh mata kuliah Matematika rekayasa dan Analisa Struktur. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi pearson (product moment). Hasil analisis diperoleh Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan antara nilai Matematika rekayasa dan Analisa struktur digolongkan sedang. Artinya pengaruhnya sedikit. Meskipun berkorelasi positif namun hasilnya signifikan atau tidak bisa digeneralisasikan ke dalam populasi. Hal ini menunjukkan bahwa nilai mata kuliah matematika rekayasa yang diperoleh tidak berhubungan dengan nilai mata kuliah analisa struktur yang diperoleh. Korelasi antara nilai Matematika rekayasa terhadap nilai analisa struktur adalah sebesar 0.435 dengan signifikansi pada taraf kesalahan 5% dan didapat r-tabel 0,361 maka ( r-hitung = 0,435 > r-tabel = 0,361) berarti Ho diterima, namun hubungan antara nilai Matematika rekayasa terhadap nilai mata kuliah analisa struktur tidak ada hubungannya karena meskipun nilai mata kuliah Matematika rekayasa tinggi belum tentu nilai mata kuliah analisa struktur juga tinggi.Kata kunci: Matematika rekayasa, Analisa Struktur, analisis korelasi pearson, uji signifikansi

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue