cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 8 Documents clear
Mengeksplorasi Informasi sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan dan Pemahaman di Kalangan Mahasiswa Zulhafizh Zulhafizh; Hermandra Hermandra; Asnawi Asnawi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1035

Abstract

Kegiatan belajar tidak cukup dilaksanakan secara adminstratif saja. Peserta didik harus berusaha dengan baik agar mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang memadai agar siap dalam menghadapi perkembangan global. Kondisi ini menuntut peserta didik membe membekali diri dengan baik agar bisa mengikuti perkembangan yang ada. Jika bagian dasar ini sudah gagal, maka dapat memberikan pengaruh terhadap aktivitas atau kegiatan berikutnya. Untuk itu, peserta didik harus berpikir kritis agar bisa menggali berbagai informasi secara maksimal. Pengamatan dilakukan terhadap aktivitas eksplorasi peserta didik dilakukan dengan metode deskriptif. Pengamatan ini sebagai bentuk manifistasi kegiatan pembelajaran jarah jauh (daring). Instrumen pengumpulan data dengan berupa angket skala dengan 73 orang. Secara keseluruhan aktivitas eksplorasi berada pada rata-rata 4,065 dengan kategori sangat tinggi dan tingkat signifikansi 0,879 dengan kategori sangat kuat. Data ini memperlihatkan betapa pentingnya tindakan eksplorasi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Semua aktivitas eksplorasi sangat membantu dalam merangsang kognisi dan psikomotor peserta didik sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman belajar.
Keterikatan Aspek-aspek Dominan Belajar Siswa Terhadap Evaluasi Belajar Matematika Yuliana Yuliana; Tasari Tasari; Nina Agustyaningrum
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1152

Abstract

Penelitian ini tergolong dalam penelitian korelasi yang bertujuan (1) untuk melihat adanya keterikatan antara evaluasi belajar matematika siswa terhadap aspek-aspek dominan belajar siswa dan (2) untuk menganalisis keterikatan evaluasi belajar matematika terhadap aspek-aspek dominan belajar siswa. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh simpulan bahwa : (1) Adanya tiga aspek dominan yang berpengaruh signifikan dan mempunyai keterikatan secara linier terhadap evaluasi belajar matematika, yaitu X1 = aspek psikologis dan waktu belajar, X2 = aspek minat dan jenis belajar, dan X5 = aspek belajar konsep. (2) Dari ketiga aspek dominan belajar yang berpengaruh signifikan tersebut membentuk model regresi linier Y = 3,831 X1 + 3,365 X2 + 1,593 X5 + 3,028 dan ketiga aspek dominan tersebut memberikan proporsi pengaruh terhadap evaluasi belajar matematika sebesar 70,4%.
Implementasi Formative Assessment berbasis Literasi Sains sebagai Mitigasi Learning Loss Mahasiswa Degi Alrinda Agustina; Rezky Ananda
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1333

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara mendadak berpotensi menyebabkan mahasiswa mengalami penurunan kemampuan belajar (learning loss) dan sulit mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan karena kompetensi yang kurang. Salah satu kompetensi mahasiswa yang penting untuk masa depan mereka adalah adalah literasi sains. Literasi sains adalah keterampilan untuk memahami konsep, menulis, melisankan, serta mengaplikasikan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah-masalah sains yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan formative assessment untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa sebagai salah satu upaya mitigasi learning loss. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan formative assessment dengan metode pemberian feedback, self assessment dan peer assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan formative assessment dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dan best practice yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di perguruan tinggi sebagai upaya mitigasi learning loss pada mahasiswa pada masa pandemi.
Projected Motion Sebagai Media Pembelajaran IPA SD Materi Pentingnya Upaya Pelestarian SDA di Lingkungan Alfina Bakti Pertiwi; Erwin Rahayu Saputra
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1337

Abstract

The continued existence of conventional learning in elementary school science subjects has left 4th graders without fully understanding the concept of science and of underinterest in student study. Therefore it takes the right media to use the development of technology to give us an understanding of the concept of science. One approach is by using surgical motion media. The purpose of this learning media development is for students to learn in accordance with the cognitive development stage, so that students can understand the science concept, matter of the importance of preserving natural resources (SDA) in the environment in video form. The method of development used in this development is the 4d method, consisting of the defining, design, development, and dissemination stages. Using this learning medium can be a relevant solution for teachers to communicate the science learning material for fourth graders. Keyword: Project Motion, Learning Material, Natural Sciences, Elemantary School
Analisis Penggunaan Software PlantNet Terhadap Pemerolehan Konsep Dan Keterampilan Prosedural Siswa Kiki Septaria; Atika Fatharani
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1604

Abstract

The purpose of this research is to assess the intensity of usefulness of technology in the form of PlantNet software on the idea and process (procedural) abilities of students in the topic of variety of living things after three practical activities. This study employed a pre-experimental design with a control and experimental group of 32 students each. This study focuses on the aspects of the idea and process/procedural responses provided by students after attending th(Prastyo et al., 2021)e practicum with and without the PlantNet software. The findings of the SPSS software study utilizing the unpaired t test (2-tailed) generated by the PlantNet program were able to substantially increase students' conceptual skills (sig. 0.0124 < 0,05) and process/procedural abilities (nilai sig. 0.02523 < 0,05). Further study is intended to examine motivation and gender relatedness to mastery of technologies employed during practicum.
Deskripsi Kemampuan Siswa Kelas V SDN 027 Renggeang dalam Memecahkan Masalah HOTS pada Operasi Hitung Pecahan Lukman Lukman; Agustan Agustan; Rukli Rukli
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1832

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas V SDN 027 Renggeang dalam memecahkan masalah matematika berbasis HOTS pada materi operasi hitung pecahan. Hal ini meliputi deskripsi kemampuan dan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah tersebut berdasarkan langkah IDEAL problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Instrument utama adalah peneliti, dan instrument pendukung berupa lembar tes, dan pedoman wawancara. Prosedur analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa siswa tersebut mampu melakukan langkah I, D, E dengan baik, namun kurang mampu melakukan langkah A dan L. Kesulitan pada langkah A dan L disebabkan oleh siswa tidak dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan baik. Siswa hanya dapat mengoreksi kesalahan komputasi karena kecerobohan atau kesalahan mengingat pengetahuan sebelumnya. Kata kunci: operasi hitung pecahan, pemecahan masalah HOTS, proses berpikir
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD Marda Wati; Agustan Syamsuddin; Rukli Rukli
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1834

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kolaborasi matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem-based learning berbantuan media mobile learning dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy ekperimental design type nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kelurahan Lembang-lembang yang terdiri dari 5 sekolah dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 137 dan sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 010 Palece dan SDN 008 Camba-camba, berjumlah 58 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi ditinjau dari indikator kemampuan kolanborasi yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis Uji Paired-Sampel T-Test, diperoleh nilai Sig 0,001 < 0,05. Karena nilai signifikan lebih kecil dari pada 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan kolaborasi matematika siswa kelas IV SD antara siswa yang diajar model pembelajaran problem-based learning berbantuan media mobile learning dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan media visual
Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Parepare Asrinan Asrinan; Asdar Dollo
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 1 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i1.1848

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Parepare yang tersebar dalam 6 kelas parallel. Sedangkan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 23 siswa dan VII B yang berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan uji Prasyarat yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji T Independent Sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) hasil pretest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 47,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata 78,43; 2) hasil pretest untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 42,82 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata yaitu 77,56; 3) Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t di peroleh thitung = 1,96 dan diperoleh nilai signifikansi 0,01< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Parepare. Abstract The experimental design is used in this research with a quantitative approach. The research aimed to describe the Effectiveness of problem-solving methods that effective to improve the learning outcomes of the 7-grade students in SMP Negeri 5 Parepare. The population were all VII grade students of SMP neg 5 Parepare in six parallel classes. Cluster random sampling is used to determine the sample. The samples were 23 students of VII A and 23 students of VII classes in the academic year 2021/2022. the research instrument was a mathematics achievement test. Furthermore, T independent Sample T-Test is used to test the hypothesis. The data is analyzed with normality and homogeneity test. The research found out that 1) the average experimental class pretest score was 47,82 and the post-test was 78,43; 2) the average controlled class pretest score was 42.82 and the post-test was 77,56; 3) based on the hypotheses testing by T-Test, 1,96 score is found, and the significant score was 0,01 < 0.05 which mean the Ho is rejected, and the H1 is accepted which is problem-solving method was effective to improve the learning outcomes of the 7-grade students in SMP Negeri 5 Parepare.

Page 1 of 1 | Total Record : 8