cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 7 Documents clear
Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Maswati maswati; Rosmiati Ramli; Kalbi Jafar; Sumadin
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.1951

Abstract

Pandemi COVID-19 saat ini berdampak pada banyak bidang, termasuk ekonomi, kesehatan, masyarakat, dan keamanan, termasuk pendidikan. Dampaknya pada bidang pendidikan adalah penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media online. Hal ini membutuhkan pemikiran kreatif dan inovatif dari pihak guru ketika memutuskan sistem pembelajaran mana yang akan diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di PAUD Islam Terpadu Parepare. Metode survei yang digunakan adalah kualitatif yang menggambarkan lokasi survei di PAUD Islam Terpadu Parepare. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi pelaksanaan inovasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19, serta menggunakan teknik triangulasi sumber untuk validasi keabsahan data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa inovasi pembelajaran di PAUD Islam Terpadu Parepare bertujuan untuk menopang kualitas pembelajaran dan perkembangan siswa. Inovasi yang diterapkan adalah: 1) Inovasi Perencanaan Pembelajaran, 2) Pembelajaran daring via Whatsapp Grup, 3) Pembelajaran daring via Google Classroom atau google kelas, 4) Home visit, 5) Pembelajaran luring dengan system rolling, 6) Evaluasi Perkembangan anak via google form.
Tingkat Literasi Media Digital pada Mahasiswa Pendidikan Biologi di Era Revolusi Industri 4.0 M Irfan; Sainab; Fitrah
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.2396

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi media digital pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Pemilihan responden menggunakan teknik random sampling. Jumlah responden penelitian 240 orang yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2015-2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif yang meliputi individual competences framework. Hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa Pendidikan Biologi pada kategori use (technical skill) 63.33% di tingkatan medium dan 36,67% di tingkatan advanced. Tingkat literasi media digital mahasiswa Pendidikan Biologi pada kategori critical understanding 0.4% berada pada tingkatan basic, 80% pada tingkatan medium, dan 19,59% pada tingkatan advanced. Sedangkan untuk kategori communicative abilities 1.25% berada di tingkatan basic, 80% di tingkatan medium, dan 17,9% berada di tingkatan advanced. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi media digital mahasiswa Pendidikan Biologi ditinjau dari individual competences framework sebagian besar masih berada pada tingkatan medium. Hasil ini dapat menjadi rujukan dalam penentuan kebijakan institusi untuk meningkatkan kemampuan literasi media digital pada mahasiswa. Abstract This study aims to determine the digital media literacy level of students in the Biology Education program in the industrial revolution 4.0 era. This research is quantitative descriptive research, using a survey method. Selection of respondents using a random sampling technique. The number of research respondents was 240 people who were active students of the 2015 – 2021 class. The instrument used in this study was a questionnaire sheet. Data analysis was performed using descriptive analysis which included the individual competencies framework. The results showed that students of Biology Education in the category of use (technical skills) were 63.33% at the medium level and 36.67% at the advanced level. The digital media literacy level of Biology Education students in the critical understanding category is 0.4% at the basic level, 80% at the medium level, and 19.59% at the advanced level. Meanwhile, for the category of communicative abilities, 1.25% is at the basic level, 80% is at the medium level, and 17.9% is at the advanced level. Based on these results, it can be concluded that the level of media digital literacy of Biology Education students in terms of individual competencies framework is mostly still at the medium level. These results can be used as a reference in determining institutional policies to improve students’ digital media literacy skills.
Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul SMA/MA Sederajat Lusiana jamal hasibuan
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.1734

Abstract

This research aims to develop an interactive e-module using the Adobe Animate Creative Cloud (CC) application on chemical bonds and molecular shapes that are valid and suitable for use in the learning process. This research is a qualitative descriptive study using the research design and development of the ADDIE model. Data collection techniques were carried out through library research and field studies, with data collection instruments using validation sheets and user response questionnaires. The research subjects consisted of 3 chemistry teachers and 26 students of class X SMA Negeri 2 Tambang and MAN 2 Pekanbaru City. The results and conclusions of this study are that the e-module developed is valid and feasible to use according to material validators and media validators with percentages of 98.83% and 97.20%, respectively. The results of the teacher response assessment get a score of 91.70% and the assessment by students gets a score of 96.01% with very good assessment criteria and can be used in the learning process. The conclusions of this study provide recommendations for further research related to the effectiveness of the use of e-modules when used in the learning process so that the developed e-modules prove to be effective for use during learning.
Efektivitas Kahoot Pada Pembelajaran Bunpou Nouryoku Shiken Level 5 Putri Rahayuningtyas
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.1838

Abstract

Abstrak Pembelajaran bunpou (tata bahasa) masih sangat jarang lakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menyenangkan dan berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran online berupa kahoot terhadap penguasaan bunpou (tata bahasa) pada mata kuliah nihongo kentei 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian yakni mahasiswa berjumlah 26 orang terbagi dalam dua kelompok yakni kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian merupakan nilai kuis materi bunpo (tata bahasa) dengan menggunakan aplikasi kahoot dan tanpa aplikasi kahoot. Nilai rata-rata yang diperoleh kontrol sebanyak 69,8. Kelas eksperimen memperoleh nilai 85,6. Hasil akhir yang didapatkan kahoot efektif digunakan pada kelas eksperimen. Sehingga kesimpulan akhir yang diperoleh adalah kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran bunpou (tata bahasa) mata kuliah nihongo kentei 1 pada mahasiswa semester IV. Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan pada pembelajaran bahasa Jepang, materi membaca dan mendengarkan dengan menggunakan media pembelajaran online yang menarik.
Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kimia Analitik 1 Dengan Sistim Blended Learning dan Kajian Tentang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yanti tinenti
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.1615

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterlaksanaan tahapan model PBP dalam proses perkuliahan dan capaian pembelajran lulusan (CPL) mahasiswa pada mata kuliah kimia analitik 1 semester gazal tahun akademik 2020/2021 yang menerapkan model PBP dengan sistim blended learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini didahului dengan merencanakan proses perkuliahan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PBP), menerapkannya dalam proses perkuliahan dengan sistim blanded learning, kemudian melakukan penilaian proses, dan melihat ketercapaian CPL pada mata kuliah kimia analitik I dalam bentuk nilai-nilai kuantitatif, dan selanjutnya dideskripsikan. Adapun jenis deskriptif kualitatif marupakan jenis penelitian untuk melihat keterlaksanaan Langkah-langkah model PBP dengan sisitim blanded learning dan ketercapaian CPL. Data diperoleh dengan menggunakan Teknik observasi dalam bentuk narasi kemudian dikaji kesesuaiannya dengan teori dan penelitian-penelitian relevan yang berkaitan dengan keterlaksanaan Langkah-langkan model PBP. Hasil penelitian ini adalah Model PBP dengan sistim blended learning pada mata kuliah kimia analitik I telaksana dengan baik menurut tahap perencanaan, perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, CPL KU dan KK dinyatakan tercapai yang didasarkan pada penilaian sub CPMK 6, 7, 8, 9 dengan rata-rata persentase ketercapaian berturut-turut 100, 78, 80, 84, 77 dan secara umum persentase ketercapaian CPl KU 5 dan KK 4 adalah 100% dan 79,75%
Application of Remap-STAD Learning Model to Improve Student Cognitive Learning Outcomes in Teaching and Learning Strategy Course Tri Maniarta Sari; Ernawati Ernawati; Nur Amaliah
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.1859

Abstract

Monotonous learning process in this case the use of conventional methods that continuously have a significant enough effect on learning outcomes, therefore innovation is needed in carrying out the learning process in the classroom. regards, one innovation is using a new learning model, namely by using Remap-STAD learning model. This study aims to see the improvement of student cognitive learning outcomes who are taught using the Remap-STAD learning model. This research was conducted at Sembilanbelas November Kolaka University. The sample of this study was students of class 2018 offering B who program the Teaching and Learning Strategy course with a total of 27 students. This study used a qualitative approach to the type of classroom action research combined with Lesson Study. Data on cognitive learning outcomes are obtained through essay tests that are supported by observations. The results of this study indicate an increase in the cognitive learning outcomes of students who are taught with the Remap-STAD learning model.
Kajian Tentang Keaktifan, Hasil Belajar, dan Produk yang Dihasilkan Mahasiswa Pada Perkuliahan yang Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek Theresia Wariani; Vinsensia H. B. Hayon
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 5 No 2 (2023): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v5i2.2371

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keaktifan, hasil belajar, dan produk yang dihasilkan mahasiswa tahun akademik 2022/2023 pada mata kuliah Dasar dan Proses Pembelajaran Kimia 3 yang menerapkan Pendekatan Berbasis Proyek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data dalam menentukan keaktifan mahasiswa menggunakan jumlah dari aspek tingkah laku yang terlihat selama perkuliahaan. Hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam skor yang merupakan perbandingan antara hasil yang diperoleh mahasiswa terhadap skor maksimal. Produk yang dihasilkan mahasiswa berupa media pembelajaran diidentifikasi kuantitasnya, ditetapkan dari jumlah berbagai aspek tugas proyek yang harus dibuat sesuai tuntutan mata kuliah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas mahasiswa antara lain menyusun RPP, menyusun LKS, menyusun LKPD, membuat media, menyusun soal, melakukan pembelajaran sebaya, mengikuti pembelajaran sebaya, mengoreksi soal, mengerjakan soal dan membuat vidio. Hasil belajar mahasiswa rata-rata adalah 85 (A-) dengan kategori sangat memuaskan. Produk hasil karya yang dihasilkan berupa media pembelajaran untuk 7 (tujuh) kali tatap muka perkuliahan antara lain media praktikkum sederhana dan video pembelajaran untuk materi koagulasi protein, reaksi redoks, penurunan titik beku, hukum faraday, sel elektrolisis, tekanan osmosis, uji karbohidrat, pembuatan unsur halogen, korosi, sel volta, polimer, derajad ionisasi larutan elektrolit, reaksi eksoterm dan reaksi endoterem.

Page 1 of 1 | Total Record : 7