cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020)" : 9 Documents clear
HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 5 TAMBUSAI KABUPATEN ROKAN HULU Ahmad Zamhuri
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan presentasi, yakni penelitian yang menggunakan angka untuk memperoleh dan mangungkapkan data yang sebenarnya, selain itupenilitian ini tergolong pada penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 162. Dengan menetapkan sampel yang diambil adalah 15% dari populasi, jadi sampel berjumlah 35 orang dengan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angkaet dalam bernyataan.sedangkan teknik anaslisa data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Program SPSS.21. Hasil penelitian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh F hitung sebesar 23,329 sedangkan f tabel dengan rumus df= n-2 (35-2=33) pada taraf signifikan pada 33 di t tabel 5% yakni 3,30 sedangkan 1% yakni 5,34, maka dapat dikatakan bahwa F hitung lebih besar dibandingkan F tabel (23,329>3,30) maka Ha (hipotesa alternative) diterima dan Ho (hipotesa nol) ditolak dengan besarnya hubungan antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa sebesar 41,4% dan selebihnya 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Dengan demikian variabel X (perhatian orang tua) berhubungan terhadap variable Y (minat belajar siswa) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Tambusai Kabupaten Rokan Hulu
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMA NEGERI I TAMBUSAI UTARA KABUPATEN ROKAN HULU Hidayati -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.210

Abstract

Kompetensi kepribadian sangat besar pengaruhnya terhdap pertumbuhan dan perkembangan pribadi peserta didik. Kompetensi kepribadian ini memiliki peran dan peran dan fun gsi yang sangat penting dalam membentuk kepribadian anak, guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM), serta mensejahterakan masyarakat, kemajuan negara, dan bangsa pada umunya.Pendidikan yang disebutkan juga sebagai guru memiliki peran penting untuk mengubah perilaku manusia. Oleh sebab itu guru sangat diharapkan memiliki kompetensi yang maksimal. Pemaknaan kompetensi dari sudut istilah mencakupberagam aspek, tidak saja terkait dengan fisik dan mental, tetapi juga aspek spiritual.Oleh karena itu, guru haruslah berusaha untuk tampil menyenangkan peserta didik, agar dapat mendorong mereka untuk belajar. Guru harus berani tampil beda, karena ditunut untuk memberikan dan memlihara pandangan tentang keagungan kepada peserta didiknya. Mengamban finansial ini guru harus terampil dalam berkomunikasi dengan peserta didik di segala umur
KERJA SAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SHALAT SISWA SMP NEGERI 16 PEKANBARU Raja Lottung Siregar
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.206

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) yang potensial peranan keluarga sebagai lembaga pendidikan semakin tampak dan penting. Dengan melaksanakan kerja sama antara guru pendidikan agama Islam dengan orang tua dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat siswa, maka semestinya sebagai orang tua bisa memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari guru tentang hal-hal mendidik anak-anaknya. Sebaliknya, para guru dapat pula memperoleh keterangan atau informasi tentang kehidupan dan sifat-sifat anaknya dalam keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kerja sama guru pendidikan agama Islam dengan orang tua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kerja sama guru pendidikan agama Islam dengan orang tua. Metode penelitian ini dengan deskriptif, metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, dan observasi, dan teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama guru pendidikan agama Islam dengan orang tua kurang baik dengan persentase 54, 16 %.
KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO Ahmad Busthomy MZ; Abdulloh Hamid
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.204

Abstract

Semenjak pandemi covid-19 terus meningkat dan menyebar, salah satu kebijakan pemerintah dalam pencegahan adalah menerapkan kegiatan belajar mengajar di rumah dengan tetap dikontrol oleh pendidik dan orang tua secara daring. Dengan metode pembelajaran online ini, membuat peserta didik perlu waktu untuk beradaptasi untuk menghadapi perubahan baru yang secara tidak langsung mempengaruhi penyerapan ilmu mereka. Kesiapan siswa merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas dan hasil belajar guna mencapai tujuan pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar PAI berbasis daring. Penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif dengan subjek penelitian 140 siswa SMK Antartika 2 Sidoarjo. Sedangkan pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa hasil belajar PAI dalam bentuk ulangan harian 1, 2, UKK semester II dan kuesioner dibuat dalam bentuk form (google form) yang disebarkan menggunakan Whatsapp. Tidak dilakukan secara langsung karena pemerintah menganjurkan "physical distancing" selama pandemi covid-19.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Analisis bivariat regresi linier sederhana digunakan untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh kedua variabel. Hasil analisis diperoleh skor F hitung = 18,470 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga ada pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar. Dalam tabel R square diperoleh skor 0,118, yang berarti bahwa besarnya pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap prestasi belajar adalah 11,8%.
KEMAMPUAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI II RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU Dwi Restiana
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.211

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinankepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive analytic dan verivicatif. Populasi penelitian ini adalah Guru dan siswa SMP Negeri II Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan maka peneliti menyimpulkan Manajemen kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh positif terhadap prestasi siswa, artinya bahwa prestasi siswa banyak dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya serta dipengaruhi oleh kemampuan kinerja guru.
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN IBADAH PADA SISWA Rijal Robbi Sulthoni; Ashif Az Zafi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.207

Abstract

Dengan berkaitannya soal agama. Dalam meningkatkan ibadah pada siswa adalah hal yang baik, seperti yang kita ketahui semakin berkurangnya nilai akan ibadah pada siswa, dengan dimunculkannya peningkatan dalam ibadah pada siswa akan memunculkan peningkatan ibadah. Dibuat aturan dalam sekolah agar mempunyai ketentuan-ketentuan dalam sekolah tersebut. Dan membentuk strategi agar guru mempunyai rancangan sebelum di berikan kepada siswanya.
ANALISIS PEMAHAMAM GURU TERHADAP CAPAIAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI TINGKAT SMP/MTS M Sultan Al Rajan; Chaerul Rochman; Ida Farida; Eri Hadiana
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru Pendidikan Agama Islam dan Non Pendidikan Agama Islam dalam capaian standar pengelolaan pendidikan di SMP/MTs. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan angket dan telaah pada buku atau jurnal-jurnal yang mendukung dalam penelitian. Adapun responden dalam penilitan ini berjumlah sepuluh orang yang terdiri dari lima guru PAI dan lima guru Non-PAI. Setelah data didapat kemudian diolah dan dianalisis lalu deskripsikan. data yang didapat dari guru PAI dengan skor prosentase tertinggi yaitu 100% dengan rincian ada empat indikator yaitu 1, 4, 6 dan 7 kemudian skor terendah dengan skor prosentase 85% ada empat indikator yaitu 2, 9, 12 dan 14. Adapun prosentase dari jumlah keseluruhan nilai rata-rata responden yaitu sebesar 91%. Data yang didapat dari guru Non-PAI yaitu skor prosentase tertinggidengan nilai 100% ada tujuh indikator yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 7, dan 12 kemudian skor terendah dengan skor prosentase 90 ada dua indikator yaitu 6 dan 9. Adapun prosentase dari jumlah keseluruhan nilai rata-rata responden yaitu sebesar 97%. Responden dengan skor prosentase terendah yaitu responden 1 dari guru PAI sebesar 75% dan responden 4 dari guru Non-PAI sebesar 93%. Dari semua data yang telah dianalisis maka dapat dideskripsikan bahwa seluruh responden baik itu guru PAI atau Non-PAI memahami capaian standar pengelolaan di SMP/MTs dengan baik. Namun dilihat perbandingannya Guru Non-PAI tingkat pemahamannya lebih tinggi dengan nilai prosentase 97% dibandingkan guru PAI yang memiliki nilai prosentase 91%.Rekomendasi dari penelitian ini adalah masih perlu diberikan pemahaman terkait standar pengelolaan ini kepada setiap guru agar lebih memahami serta dapat membantu dalam penyelenggaraannya.
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB ADAB ALMU’ALLIMIN KARYA IBN SUHNUN Salman -
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.208

Abstract

This thesis discusses the concept of Islamic education in the book Adab al-Mu'allimin. The Book of Adab al-Mu'allimin is a very important book as a source of reference by every teacher, especially for those who will be prospective teachers. IbnSahnun plays an important role in initiating education in Islam, so he is known by the educational leaders of Muslims. His work is about educating and combining the Tarbiyah School and the Fiqh School.In other words, it includes religious education, moral education, intellectual education, vocational education, physical education and social education. The competencies that an Islamic elementary educator should have include religious pedagogical competence, religious social competence, religious professional competence, religious moral competence, religious competence, and religious emotional competence.Theresearch model used is a qualitative model with qualitative descriptive approach, where descriptive research is not intended to test a particular hypothesis but describes "as is" about a variable, symptom or state. The end result of this research is that the existing thought in the book of adabal-Muallimin Ibn Suhnun unites the concept of fiqhwith tarbiyah, so it makes him a well-known teacher in terms of the concept of fiqih tarbiyah.
PROSEDUR PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Sawaluddin -; Koy Sahbudin Harahap; Supardi Ritonga; Muhammad Ramli S
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v9i1.209

Abstract

Evaluasi pembelajaran pada dasarnya dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik, sehingga dalam evaluasi dilakukan penilaian atau pengukuran terhadap kemampuan peserta didik. Dalam mengevaluasi ada banyak teknik yang dapat dipilih dan dilakukan oleh guru. Prosedur evaluasi adalah langkah-langkah evaluasi yang harus dilakukan seorang evaluator dalam melakukan evaluasi pembalajaran. Tentu tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pandangan berkaitan dengan prosedur kegiatan evaluasi, prosedur yang harus diikuti evaluator meliputi perencanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan evaluasi, pelaporan hasil evaluasi, dan pemanfaatan hasil evaluasi

Page 1 of 1 | Total Record : 9