cover
Contact Name
Ari Irawan
Contact Email
sapinformatika@gmail.com
Phone
+6285691331979
Journal Mail Official
sapinformatika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.5/RW.5, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
ISSN : 2527967X     EISSN : 25492845     DOI : -
Core Subject : Education,
SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to education. The journal is published by Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal SAP published three times a year (April, Agustus, and Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): SAP" : 12 Documents clear
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro Irma Ayuwanti
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.047 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1017

Abstract

Berdasar hasil Pra Survey yang dilaksanakan di SMK Tuma’ninah Yasin Metro diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif selama pembelajaran serta hasil belajar siswa masih relatif rendah. Sehingga dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Tuma’ninah Yasin Metro semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah siswa kelas X adalah 11 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal tes dalam bentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X SMK Tuma’ninah Yasin Metro. 2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata dari 27,5% siklus I menjadi 54,54% pada siklus II dan menjadi 81,81% pada siklus III.
Analisis Kinerja Guru Ditinjau dari Pengaruh Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Sutrisno Sutrisno
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.728 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1026

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis kinerja guru yang ditinjau dari pengaruh persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama, survei dilakukan pada guru SMA Negeri di Jakarta Selatan. Jika ada pengaruh yang positif dan signifikan, maka seberapa kuat pengaruh persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian adalah survei dengan teknik analisis korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh antar masing-masing variabel. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah guru SMAN 49, SMAN 97 dan SMAN 109 dengan menyebar kuesioner. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh simpulan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan F hitung = 7,037. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,023 < 0,05 dan t hitung = 2,337. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,017 < 0,05 dan t hitung = 2,457.
Pengaruh Penggunaan Teknik Drama terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Natalia Tri Astuti
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.635 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui teknik pembelajaran dengan drama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik di SMPN 157 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMPN 157 Jakarta, dan sampel penelitian sebanyak 25 peserta didik untuk kelas eksperimen, dan 25 peserta didik untuk kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen dan tahapan. Berdasarkan hasil pengujian yang dibantu dengan SPSS 16.0. Pada taraf signifikansi 0,05, maka diperoleh hasil terdapat pengaruh positif yang rendah penggunaan teknik pembelajaran dengan drama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik.
Tema dan Pesan dalam Fungsi Media pada Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Analisis Wacana Pragmatik) Meryana Chandri Kustanti
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.299 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1025

Abstract

Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata diterbitkan oleh Bentang pada tahun 2005 dan meraih kesuksesan besar. Isi dari novel tersebut mewakili masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan dengan kondisi pendidikan yang memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan menggali lebih dalam apakah novel Laskar Pelangi mewakili fungsi media sebagai sarana informasi, pendidikan, hiburan, serta persuasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana pragmatik dengan menggunakan gabungan antara ilmu bahasa serta ilmu komunikasi. Inti dari pragmatik adalah melihat wacana dari hubungan antara kalimat dan konteksnya serta situasi pendukung. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tema yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi ditinjau dari fungsi media adalah kondisi pendidikan di Pulau Belitung yang mewakili keadaan pendidikan di Indonesia yang memprihatinkan karena terhimpit oleh kemiskinan. Pesan yang ingin disampaikan ialah bahwa masyarakat Indonesia diharapkan tetap memiliki tekad yang kuat untuk keluar dari kemiskinan dan meraih pendidikan yang lebih baik.
Peran Kemampuan Awal Matematika dan Persepsi Mahasiswa pada Statistika terhadap Prestasi Belajar Statistika Purni Munah Hartuti; Halleyna Widyasari
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.736 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1020

Abstract

Sering dijumpai mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika tidak menduga akan mendapatkan mata kuliah matematika. Mahasiswa menganggap bahwa mengambil program studi Teknik Informatika hanya akan mendapatkan mata kuliah pemrograman saja. Namun pada kenyataannnya, mata kuliah matematika di program studi Teknik Informatika kira-kira sebesar 30%. Banyak mahasiswa yang menganggap remeh mata kuliah matematika dan kurang memahami bahwa belajar matematika sangat penting dalam mempelajari program. Permasalahan yang akan diteliti adalah peran kemampuan awal matematika dan persepsi mahasiswa terhadap prestasi belajar statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan awal matematika dan persepsi mahasiswa terhadap prestasi belajar statistika. Metode penelitian adalah metode survey dengan instrumennya berupa angket. Data dianalisis dengan analisis regresi menggunakan software SPSS Statistic 17.0. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan di antaranya: 1) kemampuan awal memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang tidak signifikan, 2) persepsi pada mata kuliah statistika memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang signifikan, 3) kemampuan awal dan persepsi memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Dengan melihat kemampuan awal yang tidak signifikan, dosen diharapkan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk lebih giat belajar latihan soal agar prestasi belajar meningkat. Mahasiswa dengan persepsi tinggi terhadap mata kuliah statistika diharapkan memberikan motivasi kepada mahasiswa lain.
Antara EYD dan PUEBI: Suatu Analisis Komparatif Zetty Karyati
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.969 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1024

Abstract

Ejaan merupakan satu aspek yang penting dalam penggunaan bahasa Indonesia yang benar. Dalam sejarah perkembangan bahasa Indonesia telah terjadi beberapa kali perubahan aturan ejaan. Dua yang terakhir ialah yang disebut Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara EYD dan PUEBI. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kepustakaan untuk mendapatkan analisis komparatif. Dari perbandingan dua ejaan mutakhir ini didapat hasil bahwa antara EYD dan PUEBI terdapat banyak sekali perubahan. Perubahan itu bisa berupa penambahan, penghilangan, pengubahan, dan pemindahan klausul.
Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya Yunita Endra Megiati
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.863 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1019

Abstract

Dasar dibentuknya Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan adalah adanya perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi yang esensinya membuka peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan. Pemerintah menyadari bahwa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi penyelenggaraan pendidikan, dan demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif berdasarkan studi kepustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah keberadaan Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan sesungguhnya merupakan sebuah harapan besar dalam pengembangan sekolah dan pemberdayaan masyarakat. Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan dibentuk dengan maksud agar yang diharapkan oleh masyarakat dapat dilaksanakan oleh sekolah, yakni kelak ketika peserta didik atau anak telah berada dalam lingkungan masyarakat dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan harapan anggota masyarakat lainnya.
Alih Kode (Code-Switching) pada Jejaring Sosial Path Rosdiana Rosdiana
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.012 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1028

Abstract

Alih kode, perubahan kode dalam penggunaan bahasa merupakan fenomena bahasa dalam masyarakat bilingual atau multibahasa. Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan banyak perubahan bahasa juga terjadi di internet termasuk situs jejaring sosial seperti Path. Penelitian ini adalah tentang bagaimana alih kode dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ditunjukkan pada jejaring sosial Path. Penelitian ini berfokus pada jenis alih kode, pola bahasa, tema, dan fungsi alih kode. Data kode- beralih statusnya jalan dianalisis dengan teori alih kode oleh Poplack (1980), Gumperz (1982), dan Romaine (2000). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan jenis alih kode di Path saling sentential dan intra beralih sentensial. Kedua jenis alih kode disajikan dalam kata-kata, frasa, dan kalimat. Alih kode pada kata adalah kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan kata kerja. Frasa dalam kode-switching kata benda, kata sifat, adverbial, dan frase preposisional. Sedangkan alih kode kalimat yang ditemukan di Path tunggal, majemuk, dan kalimat kompleks. Tema dalam alih kode pada Path mencakup tema yang berkaitan dengan kehidupan sosial, akademik, dan pribadi dari pengguna bahasa. Fungsi alih kode dalam status dianalisis adalah untuk mengekspresikan emosi dan makna tertentu, untuk memaksakan makna tertentu, dan untuk menunjukkan identitas bahasa pengguna.
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dedy Yusuf Aditya
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.83 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP AT-TAQWA. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP AT-TAQWA Jakarta Pusat tahun ajaran 2013-2014. Teknik sampling yang digunakan teknik simple random sampling, sebanyak 40 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari tes sumatif terhadap responden pada pokok bahasan garis dan sudut. Teknik pengujian hipotesis dengan menggunakan uji beda rata-rata (uji-t). Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dari penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro Ummi Rosyidah
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 1, No 2 (2016): SAP
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.647 KB) | DOI: 10.30998/sap.v1i2.1018

Abstract

Salah satu cara peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dengan peningkatan relevansi model mengajar. Model mengajar dikatakan relevan jika dalam prosesnya mampu mengantarkan siswa mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan model yang relevan dengan kebutuhan siswa. Salah satu alternatif, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Metro. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu hasil t_hitung>t_tabel yaitu 1,870> 1,701. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Metro.

Page 1 of 2 | Total Record : 12