cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA
ISSN : 23560215     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities,
Jurnal AL - AZHAR SERI HUMANIORA merupakan jurnal ilmiah yang memuat makalah dan artikel hasil penelitian atau kajian teoristis dalam bidang Humaniora. Kata Al-Azhar berakar dari z-h-r. Verba zahara bermakna to shine, give light, be radiant, to glow, gleam, glare, shine, to blossom, be in bloom (Wehr, 1974:384). Dengan demikian kata Al-Azhar berarti sesuatu yang bersinar, yang memberi cahaya, yang berseri-seri atau yang mekar. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan bulan September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2014)" : 7 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini Suwardi Suwardi; Masni Erika Firmiana; Rohayati Rohayati
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.062 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.177

Abstract

Abstrak – Perbaikan kualitas pendidikan yang salah satunya diindikasikan dengan peningkatan hasil pembelajaran, tidak lepas dari usaha perbaikan dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor diantaranya penggunaan alat peraga oleh pendidik dalam proses belajar mengajar. Penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran pada  sekolah dasar (SD) sangat membantu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan terhadap materi pelajaran yang diajarkan terutama pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pemelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan alat peraga dengan tanpa alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar khususnya mata pelajaran matematika dengan memperhatikan hasil belajar anak didik pada usia dini. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa pada kelompok eksperimen dan 25 siswa kelas pada kelompok kontrol, maka jumlah keseluruhan yang diteliti sebanyak 50 siswa. Komparasi penelitian dilakukan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan alat peraga, sedangkan pada kelompok kontrol tanpa menggunakan alat peraga. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yang digunakan tes akhir berbentuk isian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan ANAVA. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh dengan nilai F hitung = 62,443 dan signifikansi > α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada anak usia dini,  Kata Kunci – Alat peraga, hasil belajar, anak usia dini
Laman Muka Blog koinkeadilan.com sebagai Bagian dari Gerakan Koin Peduli Prita Tahun 2009 (Analisis Wacana Kritis) Era Bawarti
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.804 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.173

Abstract

Abstrak – Penelitian ini menginvetigasi keberadaan sense kuasa dalam sebuah teks sebagai sebuah wacana. Korpus yang dipilih adalah teks laman muka blog koinkeadilan.com yang merupakan bagian dari Gerakan Koin Peduli Prita yang bergulir pada tahun 2009. Teks ini dianalisis lantaran mengandung sense kuasa di dalamnya. Teori yang melandasi analisis terhadap teks ini adalah teori analisis wacana kritis (AWK) oleh Fairclough, yang menyatakan bahwa teks pada hakikatnya adalah selain sebagai teks juga sebagai praktek diskursif dan praktek sosial. Metode penelitiannya adalah metode penelitian kepustakaan karena peneliti hanya berhadapan dengan teks yang siap pakai, merupakan data sekunder, dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif karena melibatkan prosedur pengumpulan data non-numerikal dengan hasil terbuka dan dianalisis menggunakan metode non-statistik, serta memiliki bentuk rumusan masalah yang deskriptif, karena masalah yang diteliti menuntut eksplorasi yang menyeluruh, luas, dan mendalam. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara tekstual, teks ini menggunakan wording dan metafora serta transitivitas dan modalitas yang menampilkan sense kuasa; secara praktek diskursif, teks ini diproduksi, diedarkan, dan dikonsumsi sebagai kuasa, dengan menilik ciri koherensi dan intertektualitasnya; dan sebagai praktek sosial, teks ini berefek kuasa karena ia berhasil mempraktekkan proses hegemonik yang mempergilirkan kuasa, namun bukan melaluai kekerasan, melainkan melalui proses komunikasi  dan argumentasi dalam ruang publik sebagaimana dijabarkan oleh Habermas.  Kata kunci – laman muka blog koinkeadilan.com, AWK, teks, praktek diskursif, praktek sosial, kuasa.  Abstract – This paper investigates the existence of the sense of power in a text as a discourse. Corpus chosen is the front page of blog koinkeadilan.com as part of Gerakan Koin Peduli Prita (Coins for Prita Movement). The text is analysed for it contains the sense of power. The theoretical background for the analysis is critical discourse analysis (CDA) by Fairclough. The method used is library reseach method, as the researcher has dealt with text only, which was ready-made, a secondary data, and unlimited in terms of time and space. Another method used is qualitative method, as the research has included non-numerical data collection procedure, the result of which is open, the analysis used non-statistical method, and had a descriptive research question since it needs wholistic, wide, and deep exploration. The result shows that textually, the text used wordings, metaphors, transitivities, and modalities which represent the sense of power; as a discursive practice, the text was produced, circulated, and consumed as power based on its coherence and intertextuality features; and as a social practice, the text had power effect as it has successfully managed to practice hegemonic prosess by circulating power, yet not through violence but through communication and argumentation within a public sphere, as suggested by Habermas. Keywords – the front page of blog koinkeadilan.com, CDA, text, discursive practice, social practice, power.
Evaluasi Cambridge International Primary Programme Siswa SD Al Azhar pada Mata Pelajaran Sains dalam Bahasa Inggris Ria Herwandar; Denny Azhari Safryono
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.288 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.174

Abstract

Abstrak – Penelitian ini memiliki judul Evaluasi Cambridge International Primary Programme Siswa SD Al Azhar pada Mata Pelajaran Sains dalam Bahasa Inggris'. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman dan kelancaran dalam melakukan ujian sains yang berisi bahan ESP / EAP. Hasilnya sangat tak terduga menjanjikannya. Siswa telah mencapai hasil yang baik di semua bidang ilmu pengetahuan seperti biologi, kimia, fisika dan penyelidikan ilmu pengetahuan dan telah terbukti bahwa siswa di usia tua bisa belajar dan memperoleh bahasa kedua dan bahasa pertama di dasar kesetaraan sekitar tiga belas tahun. Oleh karena itu, peserta didik muda harus intensif bahasa Inggris dalam membantu mereka mengembangkan pelajaran sekolah lainnya dalam kurikulum utama Inggris. Kata Kunci – Science enquiry, biologi, kimia, fisika, ESP/EAP Abstract – This research has a title of ‘Evaluation Cambridge International Primary Programme for Pupils of Al Azhar in  Science’. The purpose of the research is to identify their level of understanding and fluency in doing science examinations which contains ESP/EAP materials. The results have been unexpectedly promising. The pupils have achieved good results in all areas of science such as biology, chemistry, physics and science enquiry and it has been proved that pupils in the age of around thirteen years old could learn and acquire second language and first language in equal basis.  Therefore, Young learners should be intensively exposed to excellent English language learning in helping them developed other school subjects within the English primary curriculum. Keywords – Science enquiry, biology, chemistry, physics, ESP/EAP
Pesan-Pesan Kemanusiaan Novel Jenghis Khan Karya John Man: Pendekatan Struktural Genetik Tri Budianingsih
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.624 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.175

Abstract

Abstrak - Penelitian ini mengenai pesan-pesan kemanusiaan pada novel Jenghis Khan sebuah kisah yang diangkat dari negeri Mongolia karya seorang penulis barat yang bernama John Man. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural genetik. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sisi baik dari seorang panglima besar yang terkenal dan ditakuti di penjuru dunia dalam masanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi model induktif. Dalam analisis isi kualitatif, seharusnya ditentukan apa bagian penarikan kesimpulan dari informasi yang dibuat, kepada aspek-aspek komunikator (pengalaman, pendapat dan perasaannya). Hasil penelitian menunjukkan dalam novel Jenghis Khan Karya John Man terdapat 16 informasi yang menunjukkan nilai-nilai kemanusiaan sang tokoh terhadap pesan-pesan kemanusiaan, kepedulian dan toleransi berjumlah 5 dengan presentasi 31%, kegotongroyongan dan harapan berjumlah 3 dengan presentasi 19%. Kata Kunci – Novel, Pesan Kemanusiaan, Struktural Genetik Abstract – This research is about the messages and humanity in the novel Genghis Khan, a story lifted from Mongolia by a writer named John Man. This study is a qualitative research with a genetic structural approach. The purpose of this study was conducted to determine the good side of a great commander known and feared throughout the world in his time. The method used in this study used a qualitative approach with the method of inductive content analysis models. In a qualitative content analysis, it should be determined what part inference of created information to the aspects of the communicator (thoughts, opinions and feelings). The results showed on Genghis Khan novel by John Man, there are 16 information that shows the values of humanity of the hero to the messages of humanity, caring and tolerance amounts 5 with 31% presentation, mutual cooperation and hope totaling 3 with 19% presentation. Keywords – Novel, Messages of Humanity, Structural Genetic
Pemanfaatan E-learning untuk Latihan Kanji dan Tata Bahasa Jepang untuk Tingkat Menengah Vera Yulianti
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.564 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.171

Abstract

Abstrak – Seiring dengan meningkatnya tingkatan pembelajaran bahasa Jepang, diperlukan sarana latihan yang dapat menunjang kemandirian proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pemanfaatan e-learning unutk latihan Tata Bahasa Jepang dan Kanji tingkat menengah . Metode penelitian adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan alat ukur tes awal dan tes akhir serta angket skala likert 5 mengenai kepuasan pembelajar tentang penggunaan e-learning untuk latihan kanji dan tata bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning untuk latihan menunjukkan pengaruh yang positif pada prestasi belajar pembelajar, membantu penguasaan pemahaman dasar dasa Kanji yang sedang dipelajari dan membantu kemandirian pembelajar dalam mengembangkan kemampuan Tata Bahasa dan Kanji tingkat menengah.Kata kunci – e-learning, tata bahasa Jepang, Kanji bahasa Jepang, latihan, proses belajar mandiriAbstract – While the learner’s level becoming higher, there is a need of exercise media which support autonomous learning process. Therefore, the aim of this study is to evaluate the effectiveness of using e-learning as media for exercising Intermediate Kanji and Japaense Grammar. The Method of this study is action research using pre test, post test and 5 likert scale questionnaire to investigate the effectiveness of using e-learning. The results show using e-learning as a media for exercising intermediate Kanji and Japanese grammar gives positive effect to the learner’s study result, , improves the learner’s understanding of basic Kanji knowledges itself and helps the learners of developing the autonomous o learning process.Keywords – e-learning, japanese grammar, japanese kanji, exercise, autonomus learning process
“Mewah menuju Rahmatullah” : Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Trend Pemakaman Mewah Masyarakat Muslim Masni Erika Firmiana; Siti Rahmawati; Rochimah Imawati
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.647 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.176

Abstract

Abstrak – Riset ini dilakukan untuk melihat pengaruh Status Sosial Ekonomi (SSE) yang terdiri dari pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan terhadap persepsi mengenai trend pemakaman mewah di DKI Jakarta dan sekitarnya. Dengan harga 17 juta - milyaran rupiah per lubang makam (tergantung pengembang/ developer), ternyata peminatnya tidak sedikit, bahkan belakangan muncul pemakaman mewah khusus muslim. Padahal Islam sendiri menganjurkan umatnya untuk hidup dalam kesederhanaan. Teori yang akan digunakan dalam riset ini adalah Persepsi dan Status Sosial Ekonomi. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif, pengumpul data utama adalah kuesioner, dan didukung oleh wawancara. Dengan jumlah responden 63 orang, hasil analisis data dengan regresi berganda menunjukkan Status Sosial Ekonomi berpengaruh sangat signifikan terhadap persepsi responden mengenai trend pemakaman mewah, sebesar 49%. Faktor yang paling berpengaruh adalah pekerjaan. Saran penelitian selanjutnya adalah menggunakan Teori Reasoned Action dari Aczjen, untuk melihat intensi (kecenderungan bertingkah laku) melakukan pembelian makam mewah. Kata Kunci  – Persepsi, Status Sosial Ekonomi, Pemakaman Mewah Abstract. – This research is conducted  to analyze the effect of socioeconomic status to perceptions about lavish funeral’s  trends at DKI Jakarta and surroundings. For  the minimum price 17 million – billions rupiahs (depends on developer), there is a lot of person who interested to having the lavish funeral. For a couple years ago, there is emerging lavish funeral for moslem, whereas Islam suggesting Moslems to unpretentious live. The theory in this research is perception, and socio economic status. This research using quantitative technique, the prime data collection is questionaire, and interview too.  With N= 63, the data analyzed showed that there is a significant effect of socioeconomic status to perceptions about lavish funeral’s, about 49%.  The most affected factor is occupation.  The researcher suggesting the next research using  The Reasoned Action Theory from Aczjen to asses the intention to buy lavish funeral. Keywords – Perception, socioeconomic status, lavish funeral
Belief Pembelajar Bahasa Jepang Orang Indonesia pada Pembelajaran Mengarang (Fokus: Kegiatan Peer Response) Arianty Visiaty
JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA Vol 2, No 4 (2014)
Publisher : Universitas Al Azhar Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.486 KB) | DOI: 10.36722/sh.v2i4.172

Abstract

Abstrak – Salah satu kesulitan yang dihadapi pengajar dalam mengajar mengarang bahasa Jepang adalah mengoreksi. Penelitian ini berfokus pada belief pembelajar bahasa Jepang orang Indonesia terhadap kegiatan peer response. Hasil penelitian ini adalah: Belief pembelajar orang Indonesia terhadap kegiatan peer response cenderung positif sebelum dan sesudah kegiatan peer response, bahkan terjadi perubahan belief setelah dilakukannya kegiatan peer response ke arah yang lebih positif, yaitu: (1) Pembelajar merasa lebih mendapatkan masukan yang bermanfaat ketika mengoreksi karangan temannya, (2) Pembelajar lebih ingin berdiskusi tentang karangannya dengan temannya, (3) dan lebih merasa ingin karangannya diperiksa teman. selain itu Belief terhadap bimbingan pengajar juga mengalami perubahan, dimana pembelajar masih ingin guru mengoreksi karangannya akan tetapi kadar ketergantungannya berkurang.Kata Kunci – Peer Response, Peer Learning, BeliefAbstract – One of the difficulties faced by teachers in teaching Japanese writing is correcting. This study focuses on Indonesian Japanese Leaners Beliefs on peer response activities. The results of this study are as mentioned below. Indonesian Japanese Learners beliefs on peer response activities tends to be positive, before and after the activities. More over, there were some beliefs that had changed into more positive after the activities. After the sudent done the activities, (1) the students felt that they had more benefit by reviewing their friend composition, (2) they want to discuss more about their composition with their friend, (3)and want to reviewed by their friend more. On the other side, they still want the teacher to review/correct their composition, but more less than before the peer response activities done.Keywords – Peer Response, Peer Learning, Belief

Page 1 of 1 | Total Record : 7