cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain" : 17 Documents clear
Analisis Preferensi User Interface untuk Adopsi Hewan Terlantar Hanifah Nur Athifah; Zita Nadia
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15705

Abstract

Interaksi sistem komputer dengan seseorang dibantu melalui User Interface. Pemilihan tampilan desain yang baik akan membantu seseorang menjalankan sistem tersebut dengan benar. Dengan metode User Centered Design menentukan fitur dan media untuk kebutuhan adopsi hewan agar dapat membantu proses tersebut. Analisis preferensi untuk User Interface adopsi hewan terlantar dengan melakukan metode penelitian campuran yaitu kuesioner, teori dan penelitian sebelumnya yang pernah ada.
Analisis Konsep Desain pada Pembelajaran Desain Busana Nurul Hidayati; Pande Made Sukerta; Eko Supriyanto; Silvester Pamardi
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.16495

Abstract

Pada dasarnya, pembuatan konsep busana atau story boards dan mood boards pada pembelajaran desain busana harus menerapkan proses pembuatan desain busana dengan benar agar mendapatkan hasil produk busana yang maksimal. Story Boards adalah narasi singkat dari sebuah desain busana yang akan dibuat, sedangkan mood boards adalah kutipan beberapa gambar yang dikumpulkan dan ditempekan pada sebuah papan untuk membantu proses pembuatan desain busana yang akan dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep desain atau story boards dan mood boards yang telah dibuat pada oleh mahasiswa yang mengikuti pembelajaran Gelar Cipta Busana busana tahun 2021, sesuai atau tidak sesuai proses yang telah dilalui oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.  Story boards dan mood boards dari desain busana yang telah dibuat pada pembelajaran gelar cipta busana dan tidak semua tahap pembuatannya dilakukan sesuai dengan prosedur, oleh karena itu mood boards dan story boards yang dibuat tidak berfungsi dengan maksimal pada saat proses pembuatan desain busana karena terdapat beberapa tahap yang tidak dilaksanakan.
Perancangan E-book Beradaptasi terhadap Perubahan Iklim sebagai Bahan Penyuluhan BBP2TP setiap Provinsi Desy Irma Andreinadya; Amata Fami; Maulida Riski
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15112

Abstract

Perubahan iklim (climate change) merupakan suatu fenomena yang disebabkan oleh pemanasan global (global warming). Perubahan iklim tersebut berdampak terhadap berbagai sektor, terutama pertanian. Guna menangani dampak tersebut, diperlukan edukasi terkait inovasi teknologi pertanian yang adaptif dalam menghadapi perubahan iklim. Tujuan yang peneliti lakukan adalah merancang e-book untuk menambah pemahaman bagi para pelaku pertanian khususnya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kepada petani. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dan untuk membantu mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui analisis data, wawancara, dan studi literatur. Hasil dari perancangan buku elektronik ini adalah berbentuk PDF yang berisi materi untuk bahan penyuluhan BBP2TP kepada petani di setiap provinsi. E-book dikemas dengan tampilan ilustrasi dan beragam desain tata letak yang berbeda di setiap halamannya agar pembaca tidak merasa jenuh, serta terdapat juga foto asli yang dapat menggambarkan keadaan nyata kepada pembaca. E-book ini mendapatkan respon yang positif dari BBP2TP untuk memberikan informasi kepada para petani mengenai dampak perubahan iklim di Indonesia.
Perancangan E-book Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) Ferdy Elfanes; Amata Fami; Gandi Juhendra
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15308

Abstract

E-book merupakan buku digital yang memiliki informasi dan panduan-panduan seperti buku biasanya. Hal itu mendorong Badan Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) dengan Sekolah Vokasi IPB University untuk membuat sebuah e-booktentang bagaimana cara pembudidayaan ayam kampung unggul dengan judul “Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB)”. Metode penelitian yang dilakukan dalam pembuatan e-book ini yaitu metode terapan dengan cara mendapatkan informasi tentang materi budidaya ayam KUB dari hasil tanya jawab dengan klien  dari BBP2TP dan Kementan, melakukan analisis data dengan menjawab pertanyaan 5W+1H terkait dengan pembuatan e-book, serta melakukan wawancara dengan peternak ayam KUB. E-book ini berisikan informasi tentang keunggulan ayam KUB serta cara pembudidayaan ayam KUB yang baik dan benar sehingga mendapatkan hasil produksi yang maksimal. E-book “Budidaya Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB)” ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat umum terutama para peternak milenial tentang keunggulan ayam KUB dibandingkan dengan ayam kampung biasa dan cara membudidayakan ayam KUB yang sesuai dengan arahan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dengan adanya e-book ini dapat membuat masyarakat lebih mengetahui tentang keunggulan dari ayam KUB dan cara pembudidayaannya agar mendapatkan hasil yang diharapkan.
Studi Literatur Tahapan Pembuatan Design User Interface Aplikasi Kesehatan Berdasarkan Metode Design Thinking Addara Camelia; Zita Nadia
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15711

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu hal terpenting didalam kehidupan. Aktivitas tidak dapat dijalankan dengan baik jika kita mengalami sakit. Saat ini telah banyak aplikasi kesehatan yang tersedia. Aplikasi tersebut dirancang melalui berbagai metode yang mendukung terselesaikannya perancangan. Metode design thinking merupakan salah satu metode yang digunakan dalam perancangan desain user interface. Setelah mendapatkan data mengenai permasalahan yang ada pada topik serta solusi apa yang dapat dilakukan, perancangan user interface dibuat berdasarkan prinsip desain. Prinsip-prinsip tersebut digunakan sebagai tolak ukur atau tujuan keberhasilan perancangan.
Ekspresi Budaya Jawa pada Figur Dewa dalam Ilustrasi Pawukon Santi Sidhartani; Ranang Agung Sugihartono; Suyanto Suyanto
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.17376

Abstract

Artikel ini membahas penggambaran figur dewa dalam ilustrasi pawukon yang disampaikan dalam gaya visual wayang. Figur dewa yang menaungi setiap wuku pada ilustrasi pawukon merupakan simbol yang menyampaikan pesan mengenai karakter manusia sehingga penggambarannya mewakili ekspresi tertentu. Pada penggambaran karakter wayang, penyampaian pesan karakter tokoh dapat dilihat dari postur, posisi kepala dan arah pandang mata serta warna yang ditampilkan. Pembahasan figur karakter dewa pada artikel ini dibatasi pada penggambaran wajah dan postur kepala yang menjadi aspek penting dalam penyampaian ekspresi dan karakter figur wayang. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis interpretatif dengan mengelompokan figur dewa berdasarkan penggambaran elemen pada wajah serta postur kepala. Hasil pegelompokan dibandingkan dengan penjelasan karakter tokoh dewa yang ada dalam naskah.  Hasilnya menunjukan adanya perbedaan dalam penggambaran ekspresi wajah dan postur kepala dalam figur dewa yang terkait makna yang dikembangkan dalam seni wayang purwa.
Designing a Sign System as an Information Facility for Flora Clinic Bandar LAmpung Dika Tondo Widakdo; Ade Moussadecq; Desiana Muryasari
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15118

Abstract

Klinik Flora memiliki visi yaitu menjadi klinik pilihan pertama yang memberikan pelayanan terbaik bagi khalayak. Sistem tanda yang tidak terstruktur sebagai representasi visual dari penanda lokasi di klinik Flora sulit mewujudkan pelayanan terbaik yang diprioritaskan oleh pihak pengelola. Sistem tanda merupakan media interaksi manusia dengan ruang publik melalui bentuk-bentuk visual. Adanya sign system pada suatu ruang publik dapat membantu masyarakat mengetahui lokasi tempat yang akan dituju. Perancangan sign system sebagai sarana informasi untuk klinik Flora di kota Bandar Lampung menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengamati kondisi objek alam, dimana seorang peneliti merupakan instrumen kunci utama penelitian. Perancangan sistem tanda klinis Flora menggunakan metode kreatif yaitu mind mapping. Tony Buzan mengatakan bahwa mind mapping adalah metode dengan mengelompokkan ide-ide dalam kerangka terstruktur untuk mentransfer pemikiran di otak ke dalam bentuk tulisan atau gambar
Perancangan Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat berjudul Terima Kasih Dewi Sri Ngakan Putu Darma Yasa; Anak Agung Gde Raka Wiadi Netera
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15458

Abstract

Saat ini, cerita rakyat yang disampaikan dengan cara mendongeng mulai tidak diminati. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya minat membaca teks yang terlalu panjang. Perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan cerita rakyat semakin menghilang. Namun cerita rakyat tetap perlu dilestarikan dengan mengikuti perkembangan teknologi. Untuk mengembangkan cerita rakyat secara modern diperlukan media yang menarik serta mudah untuk dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah menyajikan cerita rakyat berbasis teknologi dalam bentuk film animasi 2 dimensi. Kelebihan yang ditampilkan dalam film terletak pada bagian penyampaian cerita menggunakan gambar bergerak serta diikuti dengan narasi monolog. Animasi memiliki tampilan yang estetik sehingga mampu menarik minat orang untuk melihat dan memahami isi cerita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah berupa film animasi 2 dimensi. Film ini juga diujikan kepada remaja di Denpasar serta mendapatkan respon positif bahwa animasinya menarik, penyampaian cerita dan pesan moral mudah dipahami. 
Panduan Dasar Konsep Perancangan Identitas Visual Kawasan Kampung Wisata Arab Panjunan Cirebon Jafar Sodik; Fajar Ciptandi; Ira Wirasari
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.15967

Abstract

Kampung Arab Panjunan merupakan kawasan di Kota Cirebon dengan mayoritas penduduk etnis Arab yang berasal dari Baghdad, Irak. Kawasan ini memiliki beberapa ciri khas salah satunya tradisi kerajinan gerabah dan pernah menjadi sentra gerabah terbesar di Cirebon. Namun, saat ini tradisi tersebut sudah tidak dapat ditemukan. Ciri khas lainnya yaitu, Masjid Merah Panjunan, makanan dan musik khas Timur Tengah. Namun, tradisi tersebut telah mengalami akulturasi. Pemerintah Daerah Kota Cirebon bersama Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki rencana strategis mengembangkan Kampung Wisata Arab Panjunan, salah satunya merancang identitas visual dengan mengangkat ciri khas kawasan. Ciri khas tradisi kawasan yang hilang dan akulturasi yang terjadi menjadi permasalahan dalam merancang identitas visual. Destination branding merupakan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kawasan berdasarkan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan konsep perancangan identitas visual kawasan dengan mengangkat ciri khas kawasan menggunakan destination branding dengan batasan pada tahap Market Investigation, Analysis and Strategic Recommendations. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode Limas Pemandu Inovasi, Matriks Perbandingan Perwujudan Budaya, Analisis PEST dan SWOT. Hasil dari penelitian ini yaitu rekomendasi bagi pemerintah berupa panduan dasar konsep perancangan identitas visual Kampung Wisata Arab Panjunan dengan mengangkat tradisi kerajinan gerabah, Masjid Merah Panjunan, makanan dan musik khas Timur Tengah ke dalam bentuk values, strategi pengembangan dan jenis identitas visual kawasan yang layak untuk diimplementasikan.
Sosiologi Desain sebagai Perspektif Pemecahan Masalah Saat Pandemi COVID 19 di Masyarakat Handriyotopo Handriyotopo
Jurnal Desain Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v11i1.20592

Abstract

Pandemi Covid 19 telah mewabah di tahun 2020 sd. 2022 dan mulai tahun 2023 saat ini menjadi endemi. Akibat pandemic, membuat cara hidup manusia untuk lebih menjaga diri terkhusus pada pola perilaku kebersihan dan kesehatan yang dikenal dengan istilah 3M yaitu mencuci tangan, menjaga kesehatan dan memakai masker. Terlepas kontroversi perkara virus yang berubah atau bermutasi menyerang kondisi fisik tubuh manusia adalah pada kenyataanya selama hampir dua tahun pandemi ini menyebabkan negara turun tangan dan berusaha untuk menyelesaikan serta berupaya menemukan solusi dan pencegahan. Perspektif sosiologi desain dipandang sebagai pendekatan untuk melihat dan menganalisis perilaku manusia dalam upaya mencegah dan mengatasi pandemi itu. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan melihat dan mendiskripsikan secara mendalam melalui metode kualitatif atas fenomena yang terjadi dengan studi pustaka. Objek kajiannya adalah usaha pencegahan yang dilakukan oleh negara atau institusi untuk menemukan dan merancang pencegahan, baik berupa ditemukanya vaksin, desain baju pelindung kesehatan dan desain masker. 

Page 1 of 2 | Total Record : 17