cover
Contact Name
Ahmad Faiz Muntazori
Contact Email
faiz.muntazori@gmail.com
Phone
+6287878094858
Journal Mail Official
desain.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Kampus A Gedung 3 lantai 2, Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Desain
ISSN : 23390107     EISSN : 23390115     DOI : https://doi.org/10.30998/jd
Core Subject : Art,
Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, Product Design, Fine Art, Photography, Animation and other related fields of Visual Art. The scope of this journal encompasses to a study of typography, branding, photography, media studies, design studies, advertising, animation, illustration, visual culture, nirmana, film, videography, etc.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain" : 13 Documents clear
Hegemoni Soeharto dalam Buku Komik Merebut Kota Perjuangan, 1 Maret 1949 Guruh Ramdani; Haries Marithasari; Renny Soelistiyowati
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.12711

Abstract

Komik bisa dipergunakan untuk mengukuhkan kekuasaan suatu rezim melalui unsur-unsur teksnya, yaitu gambar, tulisan, balon kata, dan kotak teks yang dikonstruksi sedemikian rupa untuk mencapai maksud komunikasi tertentu, atau bisa dikatakan bahwa kekuasaan juga bekerja menanamkan pengaruhnya melelui komik untuk membentuk memori kolektif. Di Indonesia, salah satu komik yang mengartikulasikan hal ini adalah komik yang berjudul “Merebut Kota Perjuangan 1 Maret 1949, yang diterbitkan pada tahun 1985, yaitu komik sejarah merebut kembali kota Yogyakarta oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tangan Belanda yang ingin kembali berkuasa pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia (1945),  yang dikenal dengan peristiwa serangan umum 1 Maret 1949. Komik ini menampilkan hegemoni Letkol Soeharto pada masa perjuangan revolusi fisik tersebut. Soeharto merupakan Presiden Republik Indonesia pada saat komik ini diproduksi dan diedarkan. Ideologi yang dikonstruksi di sini menempatkan Soeharto sebagai tokoh sentral atau pahlawan yang paling berperan dalam peristiwa tersebut, sementara para pelaku sejarah lainnya yaitu para petinggi negara dan petinggi militer lainnya hanya diperlihatkan sebagai pelengkap cerita saja.
Pengembangan Produk Desain Keranjang Rotan pada Industri Kecil Rotan Cirebon melalui Pendekatan Estetika Visual Adisti Ananda Yusuff; Oskar Judianto; Sakundria Satya Murti Wardhana
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11752

Abstract

Banyaknya persaingan pada industri rotan di pasar Internasional, menjadikan produk lokal Indonesia harus lebih bangkit lagi guna menempati posisi jajaran atas dalam pasar Internasional. Selain pasar Internasional, masyarakat dalam negeri saat ini pun mulai melirik produk rotan yang dibuat oleh para pengrajin lokal. Salah satu hasil produk yang diminati adalah produk furnitur dan juga dekorasi rumah.  Desa Tegalwangi Kabupaten Cirebon merupakan salah satu Kabupaten penghasil produk rotan teranyak di Indonesia, mulai dari perusahaan besar sebagai perusahaan export import terbesar hingga pengrajin kelas mengengah dan kebawah pun ada di Kabupaten Cirebon. Banyak para pengrajin menjual hasil produk rotannya sebagai salah satu oleh-oleh bagi para wisatawan yang dating ke Kota Cirebon. Namun bagi para pengrajin biasanya membuat produk rotan hasil turun temurun atau hasil meniru dari produk yang sudah ada sebelumnya. Kebutuhan akan pengenalan produk baru dan pembelajaran pengembangan produk dirasa sangat dibutuhkan bagi para pengraajin di Kabupaten Cirebon ini. penulis membuat penelitian berjudul “Pengembangan Desain Produk Keranjang Rotan Pada Industri Kecil Rotan Cirebon Melalui Pendekatan Estetika Visual” sebagai salah satu upaya dan keinginan untuk membangun pengrajin di Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik lagi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan eksperimental. Metode kualitatif deskriptif digunakan pada pengolahan data awal hingga peneliti mendapatkan konsep , bentuk, dan cara pembuatan desain selanjutnya desain tersebut di ujicoba (eksperimen) sehingga menghasilkan sebuah prototype.
Pengaruh Sirkulasi terhadap Keamanan Kamar Tidur Lansia pada Rumah Keluarga Pitoy, Depok Tabita Angeletta Magdalena Silitonga; Tessa Eka Darmayanti; Irena Vanessa Gunawan
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11888

Abstract

Seiring berjalannya waktu kemampuan panca indera dan fisik para lansia semakin lama akan semakin melemah. Saat menginjak fase ini lansia akan cenderung mengurangi aktifitas mereka dan menghabiskan waktu untuk tidur atau bersantai sejenak di kamar tidur. Sebagai tempat yang cukup sering digunakan oleh para lansia selama menjalani hari, desain kamar tidur perlu diperhatikan lebih dalam. Desain kamar tidur sebaiknya memenuhi aspek keamanan. Riset ini dilakukan agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam menciptakan desain ruang kamar tidur yang sesuai dengan standar sirkulasi dan diterapkan dalam perancangan kamar tidur untuk kaum lanjut usia. Data diperoleh melalui metode penelitian kualitatif dengan cara mewawancarai Keluarga Pitoy dan observasi langsung terhadap kamar yang ditempati oleh Keluarga Pitoy yang berlokasi di Depok. Penelitian ini diharapkan memiliki dampak bagi para pembaca dan dapat dijadikan sebagai acuan sirkulasi dapat diterapkan pada kamar tidur lansia.
Humanistik dan Citra Perempuan dalam Film Bertema Poligami Nurjannatin Aliya Albany Tanjung; Wibisono Tegar Guna Putra; Lingga Agung
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.12906

Abstract

Poligami merupakan salah satu realita yang menimbulkan kontroversi di lingkungan masyarakat karena adanya anggapan bahwa dalam hal ini perempuan adalah pihak yang dirugikan, diposisikan sebagai korban, dan tidak berdaya. Film sebagai media komunikasi massa yang menjadi representasi tentang keadaan nyata di sosial masyarakat turut andil dalam memperkuat anggapan tersebut. Akan tetapi film “Berbagi Suami” dapat menceritakan kehidupan perempuan yang dipoligami dengan memberikan citra yang berbeda dengan memposisikan perempuan sebagai manusia seutuhnya yang dapat berkembang. Dengan menggunakan alat analisis tematik pada scene yang terpilih, dapat ditentukan tema dan pola dari film “Berbagi Suami”. Hasil penelitian menunjukan bahwa perempuan sebagai pihak yang sering diposisikan oleh media sebagai pihak yang tidak berdaya adalah  seorang manusia dapat berkembang sesuai potensinya sehingga dapat mengaktualisasikan dirinya di mana hal tersebut merupakan tujuan ideal setiap manusia sesuai dengan teori humanistik Abraham Maslow.
Perancangan Media Pembelajaran Membaca Kosa Kata untuk Anak Keterlambatan Bicara pada Paud Anak Ceria Ariq Fernanda Atalantha; Rahmat Kurniawan; Poerbaningtyas E
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11819

Abstract

Penelitian ini membahas terdapat anak speech delay (keterlabatan bicara) pada PAUD Anak Ceria berusia 3-5 tahun. Para guru sudah melakukan sesi stimulasi namun anak masih tidak bisa fokus karena dilakukan secara berulang-ulang yang membuat anak jenuh, sehingga memerlukan dampingan guru dalam waktu yang lama. Maka diperlukannya sebuah media motion graphics yang menampilkan visual, warna, objek gerak, dan audio yang bisa menjadi daya tarik dan menyampaikan informasi yang bisa dicerna oleh anak. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis 5w+1h dan untuk memperoleh data menggunakan teknik wawancara kepada guru, observasi ke PAUD tersebut dan studi pustaka. Untuk perancangannya menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dimulai dari concept, design, material collecting, assembly, testing (alpha beta), dan distribution.
Meme Korupsi Dana Bantuan Sosial Covid-19 Juliari Batubara di Media Siber: Perspektif Meaning and Media Sunaryanto Sunaryanto; Andi Faisal Bakti; Yunita Soleha
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11396

Abstract

Indonesia sampai saat ini dapat dikatakan sebagai negara terkorup nomor tiga di Asia. Indikator sebagai negara terkorup misalnya ditandai dengan korupsi yang dilakukan para pejabat negara. Kasus terbaru yaitu dugaan korupsi dana bantuan sosial penanganan Covid-19 yang dilakukan menteri sosial sekaligus kader PDIP yaitu Juliari Batubara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna meme korupsi dana bantuan sosial Covid-19 Juliari Batubara di media siber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah meaning and media dari Branston dan Stafford.  Kesimpulan penelitian adalah tanda (sign) yang terdapat dalam korupsi dana bantuan sosial Juliari Batubara yaitu lambang bendera Indonesia, lambang PDIP, baju putih lengan panjang, dan lain-lain. Penanda (signifier) yang terdapat dalam meme adalah Juliari Batubara dan Presiden Joko Widodo. Secara denotasi misalnya Juliari Batubara dan Jokowi merupakan pejabat yang seharusnya menjaga amanah rakyat. Mereka berdua merupakan kader terbaik PDIP yang dapat dikatakan sebagai partainya wong cilik. Makna konotasi yaitu dengan korupsi yang dilakukan oleh Juliari Batubara dapat merusak bangsa Indonesia. Perilaku tersebut merupakan tindakan penjahat yang harus dihukum seberat-seberatnya sebab sangat merugikan bangsa Indoensia.
Pengaruh Warna dan Cahaya pada Kafe Roempi, Janji Jiwa dan Kopi Dari Hati di Tanjung Balai Karimun terhadap Manusia Vincent Vincent; Tessa Eka Darmayanti
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11996

Abstract

Interior desain dirancang untuk memenuhi salah satu kebutuhan manusia. Setiap interior tidak bisa terlepas dari elemen-elemen desain seperti bentuk, tekstur, warna dan cahaya. Manusia dan lingkungan saling berhubungan sehingga interaksi antar manusia dan lingkungan sangat penting dimana dapat mempengaruhi psikologi. Namun masih banyak ruang publik seperti tempat makan kafe menggunakan cahaya dan warna yang kurang tepat yang dapat mengganggu psikologi manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakter warna dan cara menentukan intensitas cahaya yang tepat pada ruang yang sesuai dengan keperluan aktivitas user ketika bersantai, bekerja dan membaca. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi literatur dan meneliti responden bagaimana rasanya dan efek yang diterima ketika berada di ruangan dengan setting cahaya dengan intensitas berbeda-beda dan penggunaan kombinasi warna yang berbeda. Dengan penelitian ini pembaca terutama desainer dapat memanfaatkan pengetahuan tentang karakter setiap warna dan intensitas cahaya untuk diimplementasikan pada proyek-proyek dimasa yang akan datang.
Desain Elemen Branding dan Implementasi Digital Marketing sebagai Penguatan Daya Tarik Wisata Unggulan Pulau Kemaro Palembang Arief Rahman Pratama; Dendi Pratama; Ahmad Faiz Muntazori
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.10120

Abstract

Pulau Kemaro memiliki keunikan tersendiri, berbeda dengan pulau lainnya jika dibandingkan dengan tempat wisata alam yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Pulau Kemaro merupakan satu-satunya pulau yang menjadi tempat wisata di Kota Palembang. Pulau ini juga memiliki nama yang cukup menarik yaitu Pulau Kemaro yang memiliki arti pulau yang tidak pernah tergenang atau tidak tergenang air bahkan pada saat musim hujan. Pengamatan dilakukan pada 10 Desember, bertempat di Pulau Kemaro, 11 Desember bertempat di Benteng Kuto Besak, dermaga penyeberangan menuju Pulau Kemaro, 12-13 Desember, terletak di seberang Pulau Kemaro untuk melihat kehidupan sekitarnya. masyarakat yang bergantung di Pulau Kemaro. Setelah melakukan observasi langsung dengan mengunjungi Pulau Kemaro, Kota Palembang dan melakukan wawancara langsung dengan Pak Burhan, ditemukan beberapa peluang untuk meningkatkan kunjungan dan juga menjadikan Pulau Kemaro sebagai objek wisata unggulan. Dan salah satu aspek yang pertama harus dilakukan adalah melakukan visual branding identity tentang Pulau Kemaro itu sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, praktisi membuat logo dan tagline untuk mendeskripsikan identitas Pulau Kemaro, Palembang, sehingga masyarakat sekitar atau masyarakat di luar Kota Palembang dapat dengan mudah mengenalinya. Desain logo Pulau Kemaro mengandung makna dan filosofi yang terdapat pada elemen yang terdapat pada logo tersebut.
Panduan Dasar Konsep Perancangan Mainan Robot Edukasi untuk Media Belajar Anak Usia Dini dengan Pendekatan Persepsi Orangtua Bertha Bintari Wahyujati
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11938

Abstract

Orang tua dan guru merupakan lingkungan terdekat bagi perkembangan anak usia dini. Perkembangan kecerdasan kognitif, emosional, dan motorik pada anak usia dini dibangun dari lingkungan dengan stimulus bermain sebagai cara anak belajar. Bermain sebagai kegiatan pembelajaran memerlukan media yang tepat untuk menyampaikan tujuan dari materi yang diajarkan, meskipun dilakukan dengan bermain. Perancangan mainan robot edukasi harus mampu mengakomodir kebutuhan sebagai media bermain sekaligus media pengajaran. Mainan yang menarik bagi anak dan membangkitkan rasa ingin tahu akan memotivasi mereka untuk bereksplorasi dan berkreasi. Mainan yang bisa mereka kendalikan dengan perintah melatih anak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Hal ini difasilitasi dengan merancang mainan menggunakan teknologi robot sederhana sebagai media pengenalan teknologi. Merancang mainan dengan konsep yang dipandu oleh kebutuhan pengguna dan mengikuti peraturan SNI yang berlaku akan memastikan mainan digunakan dengan aman. Selain itu, pendekatan teknis yang diperoleh dari prinsip-prinsip desain mainan menggunakan teknologi membantu desainer mengembangkan ide konsep desain
Visual Branding Kemasan Olahan Bandeng sebagai Makanan Lokal pada Usaha Kecil dan Menengah :Studi Kasus Kemasan Produk Bandeng Bu Zuhro Ernawati Ernawati; Renny Nirwana Sari; Septianti Septianti
Jurnal Desain Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Desain
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jd.v9i3.11153

Abstract

Indonesia memiliki keberagaman budaya yang beragam, didalamnya mencakup sistem teknologi tradisional, adat istiadat, dan sebagainya. Di antara keragaman itu, salah satu hasil budaya yang menarik adalah keragaman jenis makanan tradisional. Sidoarjo merupakan kota yang kaya dengan keragaman udang dan ikan, salahsatumnya ikan bandeng. Keragaman olahan makanan, diberdayakan dan digerakan oleh UMKM.  Produk UMKM sebaiknya memiliki desain kemasan yang menarik, karena salah satu elemen terpenting dalam visual produk adalah kemasan. Kemasan memiliki fungsi sebagai wadah untuk membungkus dan melindungi produk. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai media identifikasi produk dipasar. Penelitian ini memfokuskan pada kajian visual branding kemasan produk lokal olahan bandeng UMKM di Sidoarjo. Sidoarjo memiliki produk unggulan lokal berupa olahan bandeng.  Tujuan dari penelitian ini mengeahui tata visual, bentuk, fungsi dan makna dari visual branding. Guna mengungkap hal tersebut penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan estetika dari aspek bentuk, fungsi dan makna. Pegumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur.  Analisis data yang diterapkan yaitu analisis visual. Tujuan penelitian untuk dapat mengetahui aspek bentuk, fungsi dan makna elemen Visual Branding yang ada pada kemasan produk olahan bandeng UMKM Sidoarjo terkait identitas merek dan citra merek sebagai produk khas unggulan daerah. Hasil dari penelitian menunjukkan kemasan dari produk bandeng Bu Zuhro belum mempresentasikan produk khas Sidoarjo.

Page 1 of 2 | Total Record : 13