cover
Contact Name
Agung Rimba Kurniawan
Contact Email
agung.rimba@unja.ac.id
Phone
+628117410246
Journal Mail Official
penyunting.jurnal.g-pgsd@unja.ac.id
Editorial Address
Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University Gajah Mada Street, Teratai, Muara Bulian District, Batanghari Regency, Jambi Province
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Published by Universitas Jambi
ISSN : 26147092     EISSN : 26219611     DOI : -
Core Subject : Education,
Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All submitted texts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. The Gentala Journal of Basic Education is a medium of information and scientific knowledge that mainly publishes articles from research and theoretical studies in the field of primary education and receives manuscripts from the following fields with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: 1)Learning and Learning 2)Curriculum 3)Evaluation 4)Pedagogics of elementary school teachers 5)Learning Innovation 6)Developmental psychology 7)Inclusive Education 8)Management of education 9)Guidance and counseling for primary school teachers 10)ICT in elementary schools
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar" : 10 Documents clear
Pengembangan Lembar Kerja Kelompok Berbasis Keterampilan Proses untuk Melatih Percaya Diri Siswa A Arsil
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.869 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6779

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan sebuah lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses untuk melatih percaya diri siswa yang valid, praktis dan efektif. Fokus pada muatan IPA kelas 5 sekolah dasar, subtema hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem, materi rantai makanan. Jenis penelitian yaitu R & D, menggunakan metode pengembangan Sugiyono 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 17/I Rantau Puri Kabupaten Batanghari, Jambi. Hasil validasi lembar kerja kelompok melalui angket oleh ahli media, materi dan bahasa dalam kategori valid setelah dilakukan revisi. Hasil angket, juga menunjukkan respon positif (sangat baik) yang didapatkan dari guru terhadap penggunaan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses sebesar 91,1% dan respon siswa sebesar 95,5%. Hasil observasi terhadap sikap percaya diri siswa telah mengalami peningkatan sebesar 71,43%. Kesimpulan bahwa pengembangan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses telah memenuhi kriteria valid dan praktis dipergunakan pada proses pembelajaran muatan IPA kajian rantai makanan serta terbukti efektif dalam melatih dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci : keterampilan proses, percaya diri
Meningkatkan Nilai Karakter Bersahabat Melalui Model Teams Games Tournaments Di SDIT Al-Azhar Kota Jambi Ahmad Hariandi
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.204 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6780

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian yaitu Terjadinya peningkatan karakter bersahabat pada siswa kelas IV E SDIT Al-Azhar jambi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Dengan siklus I mendapatkan persentase 47.62% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 38.1% dan pertemuan kedua mendapat presentase 47.62% sehingga diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II dalam mendapatkan persentase 80,96% dengan pertemuan pertama mendapat presentase 76,19% dan pertemuan kedua mendapat presentase 76,19% sehingga pada siklus II penelitian dihentikan karena sudah mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan yaitu dengan persetase 75%. Kesimpulan yaitu model teams games tournaments dapat meningkatkan nilai karakter bersahabat di kelas IV SDIT AL-AZHAR Kota jambi. Kata Kunci : Karakter Bersahabat, Teams Games Tournaments
Penerapan Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pariang Sonang Siregar
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.196 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6781

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa dengan pendekatan bermain di kelas IV SD Negeri 05 Inderalaya, Ogan Ilir. Penelitian ini meru­pakan penelitian eksperimen semu dengan meng­gunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan bermain pada pokok bahasan Bilangan Romawi. Rata-rata hasil belajar siswa terlihat meningkat dari 63,72 menjadi 75,86 serta persentase ketun­tasan dari 65,51 % meningkat menjadi 75,86 %. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: pendekatan, bermain, matematika
Meningkatkan Motivasi Bertanya Siswa Melalui Model Snowball Throwing Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammad Sofwan; K Komisah
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.108 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6782

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rendahnya motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian dikarenakan kemauan bertanya siswa masih rendah, lebih senang bermain, dan lebih banyak mengobrol sesama teman saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi bertanya siswa dengan menggunakan model snowball throwing di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamtan siswa yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model snowball throwing. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi motivasi bertanya siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I motivasi bertanya siswa 63,71 % (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 74,95 % (baik). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model snowball throwing dapat meningkatkan motivasi bertanya siswa di kelas IV SD Iqra Muara Bulian. Kata Kunci : Motivasi, Bertanya, Model Snowball Throwing
Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar M Maryono
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.819 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6819

Abstract

Abstrak. Guru memiliki peran penting di dalam menerapkan pembelajaran tematik agar siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru dalam menerapkan proses pembelajaran tematik di kelas IV SDN No.42/IV Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan 3 cara; yang pertama dengan melakukan observasi yang kedua melakukan wawancara dan dokumentasi dari observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa peran yang dimiliki oleh seorang guru di dalam menerapkan pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 Kelas IV SDN No. 42/IV Kota Jambi yaitu guru berperan sebagai pemimpin, fasilitator,moderator motivator, evaluator Semua peran tersebut dilaksanakan oleh guru di dalam menerapkan pembelajaran tematik dikelas. Adapun kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 Kelas IV SDN No. 42/IV Kota Jambi belum dapat berjalan secara optimal. Kata kunci : Peran, Guru, Pembelajaran Tematik
Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar Y Yantoro
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.715 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6820

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pemecahan masalah dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika materi pecahankelas V C di SD Negeri 34 / I Teratai. Terdiri dari tiga siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi rasa ingin tahu siswa yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan metode pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas V C di SD Negeri 34 / I Teratai. Berdasarkan lembar hasil rekapitulasi persentase rasa ingin tahu siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I rasa ingin tahu siswa 63,54% meningkat pada siklus II menjadi 66,67% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pemecahan masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas V C di SD Negeri 34/I Teratai. Kata kunci : Rasa Ingin Tahu, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika
Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar Faizal Chan
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.465 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6821

Abstract

Abstrak. Efektivitas guru adalah kemampuan guru dalam mengajar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Efektivitas guru adalah keberhasilan pendidikan bagi siswa mereka, karena guru yang efektif dapat mendukung keberhasilan tingkat pembelajaran peserta didik. Studi ini bertujuan untuk mempengaruhi efektivitas guru dalam menggunakan metode permainan pada ilmu mata pelajaran kelas III SDN 110/1 Tenam Village. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 110/1 Tenam Village, Kecamatan Muara Bulian, Kecamatan Batanghari yang digelar selama satu bulan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan kajian pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru meninjau dalam pelaksanaan pembelajaran, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan guru telah efektif dalam menggunakan metode permainan mata pelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 desa Tenam. Dan pelaksanaan pelajaran IPA di kelas III SDN 110/1 desa Tenam belajar sesuai dengan tahapan metode permainan belajar. Kata kunci : efektivitas guru, metode permainan, pelajaran sains.
Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar D Destrinelli
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.941 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6822

Abstract

Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen kelas dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 139/I Sungai Buluh.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 28 orang siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. untuk mengetahui tingkat pemberian hadiah dengan hasil belajar siswa. Kemudian dilakukan interprestasi besaran nilai koefisien korelasi dan uji hipotsesis penelitian melalui uji signifikan koefisien korelasi dengan taraf kepercayaan α = 5% dengan ketentuan r-hitung ≥ r-tabel. Dari hasil penelitian diperoleh hasil 256,714 dengan 1,93 pada tingkat signifikan 0,05 nilai ≥ atau 256,714 dengan 1,93, karena lebih besar maka tolak dan terima . Sementara itu untuk pengujian paired samples t-test yang menunjukkan pre test 2,179 dengan -4,238 dan post test -1,980 dengan -8,011 maka ˃ sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hadiah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No.139/1 Sungai Buluh. Kata Kunci : Pemberian Hadiah, Hasil Belajar
Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Intan Shabrina; Imas Kania Rahman; Salati Asmahasanah
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.934 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6823

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III pada konsep bangun datar sederhana di SDIT Al-Madinah Cibinong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, pada penelitian ini pemilihan sampel pada quasi experimental tipe Non Equivalent Control Group Design tidak dilakukan pemilihan sampel secara random melainkan dipilih sengaja oleh peneliti yaitu dengan masing-masing sampel kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 27 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes. Proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Matematika melalui tiga tahapan yaitu think, pair dan share. Think (Berpikir), Pair (Berpasangan) dan Share (Berbagi). Dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) siswa sangat antusias sekali karena mereka memiliki waktu berpikir untuk menjawab pertanyaan dari guru, Jadi penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dikatakan efektif dan terdapat perubahan atau peningkatan signifikan. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini bisa menjadi salah satu alternative model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.
Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Dwi Kurnia Hayati
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Publisher : Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.565 KB) | DOI: 10.22437/gentala.v2i1.6824

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matakuliah Konsep Dasar IPA.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, yang tahapannya meliputi: (1) penelitian awal dengan tahapan: (a) analisis kebutuhan, (b) analisis mahasiswa, (c) analisis kurikulum; (2) tahap pengembangan yang terdiri dari (a) pengembangan buku ajar, (b) pengembangan instrumen; dan (3) tahap penilaian yang terdiri dari (a) validasi ahli, (b) analisis kevalidan dan revisi I, (c) uji coba kelompok kecil, (d) analisis dan revisi II, (e) uji coba kelompok besar, dan (f) analisis keefektifan. Subjek penelitian sebanyak 42 mahasiswa semester I Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNJA. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi ahli, angket tanggapan mahasiswa, lembar observasi dan rubrik keterampilan proses sains. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa buku ajar Konsep Dasar IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengamatan pada dua kali perkuliahan, buku ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa dari 60,3% pada pertemuan pertama menjadi 66,9% pada pertemuan kedua. Kata Kunci: buku ajar, Konsep Dasar IPA, keterampilan proses sains

Page 1 of 1 | Total Record : 10