cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@univbinainsan.ac.id
Phone
+6282216897066
Journal Mail Official
fidorizki@gmail.com
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas)
ISSN : 2541190X     EISSN : 26148706     DOI : https://doi.org/10.32767/jusim.v6i2
Core Subject : Science,
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Insan dalam dua kali setahun dengan No ISSN Online : 2614-8706 dan ISSN Print : 2541-190X Terakreditasi SINTA 4 DIKTI Nomor 36/E/KPT/2019 . JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) terbit 2 (dua) nomor dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Artikel yang telah dinyatakan diterima akan diterbitkan dalam nomor In-Press sebelum nomor regular terbit. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) telah terindeks Sinta Ristekbrin, Google Scholar, Garuda Ristekbrin, OneSearch.id Perpusnas, Crosreef, PKP Index, Dimensions, ROAD dan terus akan diupdate mengikuti perkembangan. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) merupakan jurnal ilmiah dalam bidang Sistem Informasi dan Komputer yang berfokus pada Perancangan, Evaluasi dan Tata Kelola Sistem Informasi. Sistem Informasi merupakan kombinasi antara aktivitas manusia dan penggunaan teknologi untuk mendukung manajemen dan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER" : 9 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN LAYANAN DIGITAL E-GOVERNMENT DI PEMERINTAHAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN Lily Pebriana. S; Darius Antoni; Muhamad Akbar; Widya Cholil
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.16 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1186

Abstract

ABSTRAK Kabupaten Musi Banyuasin adalah salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang telah menyediakan atau menerapkan e-government untuk melayani semua lapisan masyarakat. Contohnya adalah penerapan Muba Smart Regency diantaranya program Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Musi Banyuasin dalam mencetuskan program Muba Siaga 112. Walaupun, Kabupaten Musi Banyusin telah menerapkan e-Government untuk melayani setiap lapisan masayarakat, tetapi masayarakat desa belum secara merata untuk dapat menikmati layanan tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi yang ada berikut ini : Infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin tidak merata dan keadaan geografis Kabupaten Musi Banyuasin masih banyak persawahan dan rawa-rawa. Kabupaten Muba juga melalui tangan dingin Bupati Dodi Reza Alex Noerdin juga melakukan pembangunan Muba Command Centre dan pemasangan CCTV dibeberapa sudut kota Sekayu yang terkoneksi dengan Polres Muba dan Pemkab Muba sebagai tanda dimulainya Muba Smart Regency. Dalam waktu yang tidak terlalu lama Kabupaten Muba masuk dalam gerakan 100 Smart City Indonesia. Sehingga ke depan Bupati Muba tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur digital saja, melainkan pembangunan komunitas digital juga dilakukan.
RANCANG BANGUN APLIKASI PESAMLINE (PEMESANAN AMBULANCE ONLINE) BERBASIS ANDROID Dedi Saputra; Haryani Haryani; Martias Martias; Artika Surniandari; Kudiantoro Widianto
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.752 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1188

Abstract

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet seperti smartphone yang banyak beredar di pasaran atau bahkan yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang dapat digunakan oleh bermacam-macam peranti bergerak. Penelitian ini dibuat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan Ambulance secara Online dalam situasi darurat, seperti pertolongan untuk korban kecelakaan, ibu melahirkan, dan situasi darurat lainya. Aplikasi pemesanan ambulan berbasis android ini akan menampilkan layanan pemesanan ambulan dimana sebagai sampel penelitiannya layanan Ambulan yang berada di wilayah Kota pontianak, dapat mengirimkan pemesanan darurat ke Ambulance terdekat dari lokasi pemesan melalui aplikasi PESAMLINE yang terpasang di smartphone, sehingga mempermudah pengguna dalam mendapatkan pelayanan Ambulance. Penelitian ini menggunakan Android Studio dan menggunakan bahasa pemograman java dalam pembuatan Aplikasinya. Untuk pengembangan perangkat lunaknya menggunakan model waterfall. Hasil dari penelitian ini diharapkan pengguna dapat mengakses aplikasi untuk mengirim pesan darurat ke Ambulance terdekat yang sudah terdaftar di aplikasi.
EVALUASI KELAYAKAN INVESTASI PROYEK APLIKASI DASHBOARD HASIL ANALISA KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE UNIVERSITAS XYZ Alfiarini Alfiarini; Deni Apriadi
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.564 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1368

Abstract

Investasi sistem informasi dan teknologi informasi yang besar umumnya di sertai dengan potensi resiko yang besar dan dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar apabila keputusan yang di ambil tidak tepat. Agar biaya investasi dan biaya berjalan yang di keluarkan tidak sia-sia maka manajemen perlu melakukan evaluasi dengan mengukur manfaat ekonomis dari proyek sistem informasi dan teknologi informasi sebelum investasi dilaksanakan. Pengukuran manfaat ekonomis suatu sistem informasi dan teknologi informasi memerlukan metode yang dapat dirangkum secara menyeluruh dari manfaat ekonomis yang ditimbulkan bagi perusahaan atau organisasi. Hasil Investasi aplikasi dashboard hasil analisa kepuasan pengguna website Universitas XYZ dapat memberikan manfaat yang secara ekonomis memiliki kecenderungan nilai terus meningkat tiap tahunnya setelah pengembangan, dengan ROI=2148% di akhir tahun ke-tiga walapun berdasarkan hasil evaluasi proyek ini pada tahun pertama telah memberikan manfaat lebih besar dibanding nilai invetsasi ditambah dengan nilai operasional. Nilai manfaat yang di dapat lebih besar dari biaya investasi penggunaan dashboard pada perguruan tinggi XYZ yang diukur dengan BCR, dimana pada penelitian ini terbukti bahwa BCR >1, yang berarti bahwa investasi untuk dashboard hasil analisa kepuasan pengguna website Universitas XYZ layak.
ANALISIS ALGORITMA K-MEANS PADA SPREADING REPORT DEPARTEMEN CUTTING PT. BUSANA INDAH GLOBAL Kamila Aprilia; Falentino Sembiring
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.6 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1414

Abstract

Departemen cutting adalah bagian dari proses produksi yang ada di perusahaan industri garment. Departemen ini juga menjadi salah satu ujung tombak tahap ke-4 awal produksi pada industri garment. Namun di dalam departemen ini masih terdapat beberapa permasalahan terutama dalam pengolahan dan manajemen data. Penelitian ini membahas tentang analisis algoritma dengan metode clustering K-means pada data spreading report departemen cutting PT. Busana Indah Global . Sumber data dalam penelitian ini adalah data spreading report salah satu buyer brand yang sedang melakukan proses produksi di PT. Busana Indah Global yaitu data spreading H&M Mapple Flare Leggings season 3. Data diolah menggunakan metode K-means dengan melakukan clustering yang terbagi kedalam 3 cluster yaitu cluster fabric cutting tertinggi, cluster fabric cutting sedang/pertengahan dan cluster fabric cutting terendah. Proses olah data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan software RapidMiner. Hasil yang diperoleh dari metode K-means yang diimplementasikan ke dalam RapidMiner memiliki nilai yang sama dengan yang diolah dalam Microsoft Excel yaitu menghasilkan 1 fabric cutting kategori cluster spreading tertinggi , 13 fabric cutting kategori cluster spreading sedang dan 7 fabric cutting kategori cluster spreading terendah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tumpuan untuk pihak admin departemen cutting PT. Busana Indah Global sebagai laporan ketika buyer dan audit membutuhkan data spreading report produksi fabric cutting jumlah tertinggi ataupun rendah dengan tujuan agar produksi cutting lebih baik kedepannya.
SIMULASI PENCARIAN KEUNTUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO PADA PENJUALAN PRODUK WARDAH DI WARDAH OFFICIAL SHOP (SHOPEE) Bias yulisa geni
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.919 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1427

Abstract

Penjualan adalah sebuah transaksi jual beli barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Penjualan selalu berkaitan dengan persediaan barang. semakin besar jumlah penjualan maka semakin besar juga jumlah barang yang harus tersedia. Perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen berdasarkan permintaan pasar sehingga akan meningkatkan jumlah perndapatan perusahaan tersebut. Wardah Official Shop adalah sebuah market yang menjual berbagai macam jenis produk kecantikan wardah mulai dari makeup, lip, perawatan tubuh, perawatan rambut, skincare, dan jenis produk perawatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi keuntungan penjualan produk wardah.Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data penjualan produk wardah tahun 2019 yang diolah dengan menggunakan metode simulasi monte carlo. Prediksi pendapatan penjualan akan dilakukan setiap tahun. Selain untuk memprediksi keuntungan penjualan, data penjualan juga digunakan untuk memprediksi jumlah produk yang terjual setiap tahun. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan tingkat akurasi dari seluruh penjualan produk wardah adalah 77,4 %. Dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi, penerapan metode monte carlo dianggap dapat melakukan prediksi pencarian keuntungan masing-masing produkwardah setiap tahunnya. Sehingga, akan memudahkan pihak penjual untuk memilih strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan pendapatan penjualan produk.
ANALISIS LAYANAN TI PADA DOMAIN SERVICE OPERATION DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 Winata Nugraha; Edi Surya Negara
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.037 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1476

Abstract

Operasional bisnis PT. PLN (Persero) ULP sudah memanfaatkan TI dalam meberikan pelayanannya yang berupa sistem informasi berbasis website, layanan yang diberikannya seperti pelayanan online pemasangan listrik baru, penambahan daya listrik dan penyambungan sementara. Namun dalam penerapan operasional layanan TI yang berjalan belum sepenuhnya mengarah pada satu pengelolaan yang mengacu pada pedoman manajemen TI. Untuk memaksimalkan kinerja layanan TI, implementasi dari manajemen insiden dan masalah dengan kerangka kerja Information Technology Infrastructure Library (ITIL) merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan TI di PT. PLN (Persero) ULP Lubuklinggau. Domian pada framerwork ITIL V3 yang digunakan dalam penelitian ini adalah domain service operation. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa tingkat kematangan dari proses event management, incident management, dan problem management berada pada level 3 atau Defined serta request fulfillment berada pada level 2 atau Repeatable. Dengan nilai 3,06 untuk event management, nilai 3,12 untuk incident management, nilai 2,54 untuk request fulfillment, nilai 3,24 untuk problem management.
PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI JABATAN DI STMIK MBC PALEMBANG BERBASIS WEBSITE Edi Sudarsono; Firmansyah Firmansyah
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.387 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1477

Abstract

Pada sebuah perguruan tinggi, untuk bisa memanajemen sumber daya manusia dengan baik membutuhkan yang namanya seleksi jabatan. Penilaian dan proses seleksi jabatan dapat dan mudah dilakukan secara komputerisasi dengan memperhatikan indikator-indikator dan variabel penunjang melalui sebuah sistem pendukung keputusan. Metodologi yang digunakan antara lain dengan menggunakan metode profile matching yang memungkinkan dilakukan seleksi jabatan sesuai indikator-indikator yang telah ditetapkan. Hasil pembobotan terhadap penilaian diproses sehingga menjadi luaran terhadap keputusan yang akan diambil dengan memperhatikan kaedah-kaedah profile matching. Pemrograman sistem menggunakan PHP dan database mysql. Metode pengembangan sistem menggunakan metode prototyping dimulai dari analisis kebutuhan, desain, testing, dan implementasi.
EVALUASI PEMANFAATAN INTERNET DESA DI KABUPATEN MUSI RAWAS (STUDI KASUS DESA NGADIREJO) Muhammad Cahyono; Dedy Syamsuar; Linda Atika; Edi Surya Negara; Yessi Novaria Kunang
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.857 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1478

Abstract

Desa Ngadirejo merupakan salah satu desa yang mendapat bantuan program Desa Broadband dari Kementerian Kominfo, desa Ngadirejo mendapat bantuan internet melalui Program Desa Broadband Terpadu (DBT) dengan Kapasitas Bandwidth 5 mbps karena menjuarai lomba Desa Wisata Tingkat Nasional pada Tahun 2016, tetapi pada kenyataannya keberadaan program DBT di Desa Ngadirejo masih belum sesuai dengan harapan, pemanfaatan internet yang disediakan masih kurang maksimal serta keberadaan DBT belum maksimal dalam mendukung kinerja pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan masyarakat hal ini karena bandwidth yang diberikan tersebut masih belum mencukupi, sehingga sebagian besar masyarakat belum bisa menikmati keberadaan DBT, selain itu masalah lainnya adalah jangkauan sinyal masih terpusat pada lokasi tertentu saja. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan suatu kajian yang lebih mendalam tentang pemanfaatan jaringan internet desa yang ada di Desa Ngadirejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif, metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat, adapun fakta-fakta dalam penelitian ini dilihat dari aspek efektivitas, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan internet desa di Desa Ngadirejo belum sesuai dengan tujuan diadakannya program internet desa.
ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SMK NEGERI TUGUMULYO BERBASIS USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE (UEQ Anita Maharani; Bunga Intan; Andrianto Tri Susilo
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.898 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v6i2.1479

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah belum diketahui seberapa besar tingkat pemahaman user terhadap website SMK Negeri Tugu Mulyo dan belum diketahui apakah posisi website SMK Negeri Tugumulyo berada pada posisi yang baik atau belum, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah UEQ dapat digunakan untuk menilai pengalaman pengguna untuk setiap jenis produk interaktif, Konstruksi User Experience Questionaire (UEQ) memiliki 6 (enam) variabel pengukuran dengan 26 item pertanyaan di dalamnya, hasil dari penelitian ini adalah Pada skala daya tarik, hasil dari Website SMK Negeri Tugumulyo mencapai nilai rata- rata 1.66 dengan begitu skala daya tarik berada pada nilai good. Selanjutnya skala kejelasan, Website SMK Negeri Tugumulyo mendapat nilai rata-rata mencapai 1.72 yaitu berada pada katagori rata-rata. Untuk selanjutnya skala efisiensi, mendapat nilai mencapai 1.79 dengan begitu skala efisiensi juga berada pada nilai baik. Skala selanjutnya yaitu ketepatan, untuk skala ini Website SMK Negeri Tugumulyo bang mendapat nilai yaitu 1.37 yaitu nilai rata-rata. Pada skala stimulasi, mendapat nilai 1.29 yaitu nilai rata-rata. Pada skala terakhir yaitu kebaruan, Website SMK Negeri Tugumulyo mendapatkan nilai sebesar 0.89 yaitu nilai rata-rata

Page 1 of 1 | Total Record : 9