cover
Contact Name
Syamsir Firdaus Manggar Wanrantoniara, SH
Contact Email
daus_mbol@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmumsb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Menara Ilmu
ISSN : 16932617     EISSN : 25287613     DOI : -
MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk publikasi di jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018" : 12 Documents clear
PENGARUH STRATEGI CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSEO) Tbk (Studi pada Nasabah Taplus Bisnis Kantor Cabang Pekanbaru) SM, DAMRI
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.637

Abstract

The present research sought to find out the effect of each customer bonding process including awareness, identity, relationship, community and advocacy bonding on the customer loyalty. The data were collected using a questionnaire of 250 Business Taplus Customers chosen using purposive sampling technique. The data were analyzed using partial least square because normality, homogeneity and outlier assumptions were not met.The results showed that the customer bonding process reciprocally had positive and significant relationships in that awareness bonding affected identity bonding and identity bonding affected relationship bonding, the relationship bonding had an effect on community bonding, the community bonding had an effect on advocacy bonding. Whereas, the relationship between customer bonding and customer loyalty were only positive and significant at two levels, advocacy bonding and relationship bonding. While on the levels of awareness bonding, identity bonding and community bonding had a positive but insignificant affect on the customer loyalty.Various actions should be done in order to strengthen the customer bonding so that the customer loyalty could be increased. These included advertisements, promotional programs, and public corporate social responsibility, the content and renewal of website information, and customer-focused community. Key words: customer bonding, awareness bonding, identity bonding, relationship bonding, community bonding, advocacy bonding, customer loyalty, Bank BNI Pekanbaru
HUBUNGAN INISIASI MENYUSU DINI PADA IBU POSTPARTUM DENGAN PENGELUARAN ASI DI RUMAH BERSALIN NURI KOTA JAMBI TAHUN 2017 Anggraini, Putri Dewi
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.648

Abstract

IMD adalah proses alamiah dengan memberikan kesempatan kepada bayi untuk mencari dan menghisap ASI sendiri, dalam satu  jam pertama pada awal kehidupannya. Hal ini dapat terjadi jika segera setelah lahir, bayi dikeringkan dan setelah dipotong tali pusatnya bayi langsung dibiarkan melakukan kontak kulit dengan kulit ibunya, setidaknya selama 2 jam untuk menjamin berlangsungnya proses menyusui yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observational dengan pendekatan cross sectional, pengumpulan data menggunakan checklist, teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada pada tahun 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin yang melakukan IMD dan yang tidak melakukan IMD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 37 responden didapatkan 20 orang responden (54,1%) melakukan Inisiasi Menyusu Dini dan Pengeluaran ASI nya cepat dan 17 orang responden (45,9 %) tidak melakukan Inisiasi Menyusu Dini dan Pengeluaran ASI nya lambat. Hasil uji statistic P-value 0,000 (P<0,05) menunjukan ada hubungan yang bermakna antara Inisiasi Menyusu Dini dengan Pengeluaran ASI di Rumah Bersalin Nuri Kota Jambi Tahun 2017. Diharapkan dapat terjadinya peningkatan Inisiasi Menyusu Dini Pada Ibu Postpartum dengan Pengeluaran ASI dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya serta dapat melakukan Inisiasi Menyusu Dini terhadap bayi nya.Kata Kunci      : Inisiasi Menyusu Dini, Pengeluaran ASI
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Ramadhani, Suci
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara corporate governance perception index, kebijakan dividen, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penellitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dibursa efek. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam pemeringkatan corporate governance perception index. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Untuk menganalisis sampel dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 19.0. Berdasarkan hasil olahan data maka didapat bahwa corporate governance perception index tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebiajakn hutang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Keyword : CGPI, DPR,DER,PBV.
SELECTING READING MATERIALS FOR READING CLASS Andriani, Desi
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.638

Abstract

This article discusses about the ways how English teacher chooses reading texts for his/ her students. In selecting the texts, teacher pays attention to the words of the texts. The number of function and lexical words of the texts is considered in selecting texts. Function words are such as the, a, an, this, those, that and these. Lexical words are words that refer to someone, things, actions and properties.Key words: texts, function words, lexical words
HUBUNGAN PERILAKU 3M PLUS TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) -, Riamah,; Gusfa, Erlina
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.649

Abstract

Demam Berdarah  Dengue (DBD) merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia dan angka kematian DBD selalu meningkat dari tahun ke tahun yang menimbulkan Kejadian Luar Biasa / KLB DBD. Setiap tahunnya sekitar 50 sampai 100 juta penderita dengue dan 500.000 Penyakit  Demam  Berdarah  Dengue  (DBD)  erat  hubungannya  dengan  perilaku masyarakat tujuan  penelitian ini untuk  mengetahui  hubungan perilaku  3M Plus terhadap  Kejadian Demam Berdarah Dengue.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan rancangan penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan Cross Sectional ,jumlah populasi 916 KK, seluruh sampel berjumlah 30 responden, teknik sampling data ini menggunakan Quota Sampling. Dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini ibu-ibu di RW 12 Kelurahan LB Baru Timur. Analisa data yang digunakan yaitu Bivariat Chi Square.Hasil penelitian Perilaku 3M Plus yaitu mayoritas berperilaku Negatif 53.3% sedangkan Kejadian Demam Berdarah Dengue 50% dan hubungan perilaku 3M Plus terhadap kejadian Demam Berdarah Dengue tidak terdapat hubungan bermakna P=0.143>P=0.05.Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan bermakna antara perilaku 3M Plus Terhadap Kejadian  Demam Berdarah Dengue. Kata Kunci : Perilaku 3M Plus, Kejadian Demam Berdarah Dengue, Hubungan Sumber       :  22 Referensi ( 2005 – 2016 )
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN YANG TERPADU TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN SIAGA PT BANK BUKOPIN CABANG PEKANBARU MARJUKI, ISMAIL
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.644

Abstract

The aim of study is to investigate  direct and indirect effects of  integrated marketing communication toward customer satisfaction and customer loyalty. The population are customers of Siaga Saving Account PT Bank Bukopin Tbk Pekanbaru Branch. The sample consisted of 200 customer who were selected with a convenience sampling technique. The variables are advertising, direct marketing, sales promotion,personal selling and public relation  as independent variables, customer loyalty as dependent variable and customer satisfaction as an intervening variable. The data were analyzed with Fishbein analysis and path analysis by using SPSS 17 for windows.   The results show that  personal selling and public relation gives a positive and significant impact to both customer satisfaction or customer loyalty. Meanwhile, advertising, direct marketing, and sales promotion gives no significant impact to customer satisfaction and customer loyalty. Customer satisfaction no signifikan influences customer loyalty.It is recommended to depelove integrated marketing communications especially personal selling and public relation to make a good relationship with the customer and focused on market segmentation to promote a kind of product on create anew customer and have a good relationship with existing customer.  Keywords: Integrated Marketing Communicatin, Customer Satisfaction and Customer loyalty
LANGKAH STRATEGIS PENINGKATAN KUALITAS, RELEVANSI DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN -, SULISTYANDARI
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.655

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan yang berkualitas dapat menciptakan generasi yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi tantangan yang terjadi di masa mendatang. Rendahnya kualitas lulusan merupakan salah satu bukti bahwa pendidikan di Indonesia belum secara optimal dikembangkan. Relevansi pendidikan dalam hal substansi dengan kebutuhan masyarakat dinilai masih rendah. Dunia industry mengeluhkan masih kurang relevannya kompetensi lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja, tenaga kerja tidak relevan dengan industry. Pembangunan pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Pembangunan pendidikan nasional yang akan dilakukan secara jelas menekankan pentingnya pendidikan sebagai salah satu cara untuk penanggulangan kemiskinan, peningkatan keadilan, dan kesetaraan gender, pemahaman nilai-nilai budaya dan multikulturalisme serta peningkatan kesejahteraan. Kata Kunci : kualitas, relevansi, pemerataan, pendidkan, kesejahteraan
ANALISIS BEBAN KERJA DAN KEBUTUHAN PERAWAT DI RUANGAN CENDRAWASIH RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU TAHUN 2017 Ningsih.D, Dewi Setia
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.639

Abstract

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau merupakan salah satu Rumah Sakit Kelas B pendidikan milik Pemerintah Provinsi Riau. Berdasarkan Depkes Bed Occupacy Rate (BOR ) mempunyai standar 60 – 85 %, di ruangan Cendrawasih BOR nya melebihi 85 %. Artinya jumlah penggunaan tempat tidur pasien tinggi dan beban kerja perawat pun meningkat. Tujuan penelitian di lakukan analisis beban kerja perawat sebagai dasar untuk menentukan jumlah kebutuhan tenaga perawat di ruangan Cendrawasih RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau tahun 2017.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik observasi, pedoman wawancara, dan penelusuran dokumen, hasil dari beban kerja yang didapat digunakan untuk perhitungan kebutuhan tenaga perawat. Informan utama terdiri dari 3 orang perawat yang di observasi, 3 orang perawat yang di wawancara serta kepala ruangan sebagai informan pendukung. Hasil penelitian didapatkan waktu kerja di ruangan Cendrawasih adalah 233 hari kerja/  tahun atau 1864 jam kerja / tahun atau 111.840  menit / tahun. Beban kerja perawat di ruangan cendrawasih di dapatkan 82,3 %, standar kelonggaran 1,17 dan perhitungan kebutuhan tenaga perawat yang di lakukan sesuai metode Kepmenkes No 81 tahun 2014 menghasilkan membutuhkan tenaga perawat 26 orang perawat, jumlah perawat di ruangan cendrawasih saat ini berjumlah 21 orang . Kesimpulan beban kerja perawat di ruangan cendrawasih tinggi yaitu 82,3 % dan jumlah tenaga perawat masih kurang. Agar pelayanan tetap berjalan dengan baik disarankan mengadakan ekstra pudding untuk perawat yang shif malam, memberikan jasa pelayanan berdasarkan jumlah pasien dan melakukan capacity building untuk tenaga keperawatan yang dapat meningkatkan komitmen dalam bekerja dan menghindari kejenuhan. Kata Kunci : waktu kerja, standar beban kerja, standar kelonggaran, kebutuhan tenaga perawat 
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL PREMIERE PEKANBARU S.Sos.,M.I.Kom, Sartika,
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.650

Abstract

Dunia perhotelan pada saat ini menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan dikarenakan kebutuhan konsumen akan mendapatkan tempat yang layak huni meskipun hanya bersifat sementara. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang melirik usaha ini dengan harapan agar mendapat keuntungan yang lebih. Begitu banyak berbagai trik dan cara untuk dapat menarik perhatian konsumen agar tertarik untuk memakai layanan jasa ini. Perhotelan memiliki kelas sesuai dengan kualitas, fasilitas, serta pelayanan yang diberikan tiap hotel berbeda-beda.IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL PREMIERE PEKANBARU
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU TENTANG PEMANTAUAN PERTUMBUHAN BAYI 0-1 TAHUN DI PUSKESMAS TANJUNG PINANG KOTA JAMBI TAHUN 2016 MellyaPutri, Kristy
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.645

Abstract

Pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan pada anak berguna untuk mendeteksi secara dini gangguan tumbuh kembang dan status gizi. Semakin banyak dan sering anak di timbang, maka semakin mudah mendeteksi gangguan pertumbuhan dan status gizi kurang atau gizi buruk dan semakin cepat pula penanggulangannya. Hasil cakupan pemantauan pertumbuhan DDTK Kontak 1 di Puskesmas Tanjung Pinang tahun 2014 adalah sebesar 41,6% untuk anak laki-laki dan 41,9% untuk anak perempuan (Dinkes Kota Jambi, 2014).Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubunganantara pengetahuan dengan sikap ibu tentang pemantauanpertumbuhanbayi 0-1 tahun di PuskesmasTanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifdengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 1.804 dan sampel 30 respondendengan teknik accidentalsampling, pengumpulan data di lakukan dengan cara penyebaran kuesioner dananalisispenelitian secara univariatdanbivariat.Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 8 responden (26,7%) memiliki pengetahuan baik dan 13 responden (43,3%)  memiliki sikap positif.Dari hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai p_value 0,000 (p<0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap ibu tentang Pemantauan Pertumbuhan Bayi 0-1 Tahun di PuskesmasTanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan responden pernah mendapatkan penyuluhan kesehatan/konseling dari petugas kesehatan tentang manfaat dari memantau pertumbuhan bayi 0-1 tahun setiap bulannya.Diharapkan petugas kesehatan dapat meningkatkan keaktifan dalam pemberian konseling ataupun penyuluhan khususnya tentang pentingnyapemantauanpertumbuhanbayi 0-1 tahun dan petugas kesehatan ikut berperan aktif dalam penanganan sikap responden terhadap masalah pertumbuhanbayi 0-1 tahun agar tidak membuat prilaku responden menjadi kurang baik dan mengajak para kader untuk memberikan informasi. Kata kunci           :Pengetahuan, Sikap, Pemantauan, Pertumbuhan, Bayi

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024 Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 APRIL 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 JANUARI 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JULI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JANUARI 2023 Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO. 1 JULI 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO.2 JULI 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 OKTOBER 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 APRIL 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JULI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 OKTOBER 2021 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JANUARI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 APRIL 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020 Vol 14, No 1 (2020): Vol. XIV No. 1 Januari 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 APRIL 2020 Vol 13, No 11 (2019): Vol. XIII No. 11 Oktober 2019 Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019 Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 2 (2018): Vol. XII No. 2 Januari 2018 Vol 12, No 2 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 2 Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1 Vol 12, No 1 (2018): Vol. XII No. 1 Januari 2018 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P More Issue