cover
Contact Name
Syamsir Firdaus Manggar Wanrantoniara, SH
Contact Email
daus_mbol@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmumsb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Menara Ilmu
ISSN : 16932617     EISSN : 25287613     DOI : -
MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk publikasi di jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018" : 21 Documents clear
HUBUNGAN PERILAKU 3M PLUS TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) Riamah, -; Erlina Gusfa
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.649

Abstract

Demam Berdarah  Dengue (DBD) merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia dan angka kematian DBD selalu meningkat dari tahun ke tahun yang menimbulkan Kejadian Luar Biasa / KLB DBD. Setiap tahunnya sekitar 50 sampai 100 juta penderita dengue dan 500.000 Penyakit  Demam  Berdarah  Dengue  (DBD)  erat  hubungannya  dengan  perilaku masyarakat tujuan  penelitian ini untuk  mengetahui  hubungan perilaku  3M Plus terhadap  Kejadian Demam Berdarah Dengue.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan rancangan penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan Cross Sectional ,jumlah populasi 916 KK, seluruh sampel berjumlah 30 responden, teknik sampling data ini menggunakan Quota Sampling. Dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini ibu-ibu di RW 12 Kelurahan LB Baru Timur. Analisa data yang digunakan yaitu Bivariat Chi Square.Hasil penelitian Perilaku 3M Plus yaitu mayoritas berperilaku Negatif 53.3% sedangkan Kejadian Demam Berdarah Dengue 50% dan hubungan perilaku 3M Plus terhadap kejadian Demam Berdarah Dengue tidak terdapat hubungan bermakna P=0.143>P=0.05.Kesimpulan penelitian ini tidak terdapat hubungan bermakna antara perilaku 3M Plus Terhadap Kejadian  Demam Berdarah Dengue. Kata Kunci : Perilaku 3M Plus, Kejadian Demam Berdarah Dengue, Hubungan Sumber       :  22 Referensi ( 2005 – 2016 )
HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU MENGATASI GEJALA PREMENSTRUASI SYNDROME (PMS) DI MAN MODEL KOTA JAMBI Elisa Murti Puspitaningrum
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.640

Abstract

Setiap remaja akan mengalami pubertas yang akan mengalami peningkatan kadar hormon sehingga menyebabkan pematangan payudara, ovarium, rahim, dan vagina serta dimulainya siklus menstruasi. Remaja tidak akan lepas dari gangguan yang terjadi dalam siklus menstruasi yang disebut Premenstruasi syndrome yang merupakan gabungan dari perubahan fisik dan emosi. Premenstruasi syndrome memang bisa menghinggapi 70-80% wanita usia reproduktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Remaja Putri dengan Perilaku Mengatasi Gejala Premenstruasi Syndrome (PMS) di MAN Model Kota Jambi. Penelitian ini bersifat deskriptif korelaif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total populasi sejumlah 68 responden. Instrumen yang dipakai menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis univariat. Dari hasil penelitian dieroleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara Pengetahuan Remaja Putri dengan Perilaku Mengatasi Gejala Premenstruasi Syndrome (PMS) di MAN Model Kota Jambi dengan uji Chi Square diperoleh nilai p-value 0,004. Diharapkan tenaga kesehatan mampu meningkatkan pemberian konseling, informasi, dan edukasi kesehatan khususnya tentang gejala premenstruasi syndrome pada remaja putri. Kepada pihak sekolah untuk aktif mengikuti atau pengadakan kegiatan penyuluhan tentang masalah reproduksi. Kata kunci       : Pengetahuan, Remaja Putri, Gejala Premenstruasi Syndrom
SISTEM PENGENDALIAN INTERN KAS PADA KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAGIRI HULU TENGKOE IRAWAN
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.656

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu membutuhkan sarana pengendalian internal agar seluruh kegiatannya terarah kepada pencapaian tujuan yang ditetapkan. Salah satu sarana yang dapat digunakan manajemen untuk mengarahkan anggota organisasinya di dalam bidang keuangan adalah pengendalian internal terhadap kas, khusunya sistem dan prosedur pengeluaran kas. Dari hasil penelitian didapat hasil bahwa sistem pengendalian intern kas yang diterapkan pada Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu khususnya pengendalian intern pengeluaran kas sudah baik dan efektif serta sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Struktur organisasi pada Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu telah menunjukkan pembagian tugas, fungsi, wewenang dan tanggungjawab yang jelas dan tepat sehingga pelaksanaan pengendalian intern kas dapat dilaksanakan dengan baik. Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu melakukan pemeriksaan pengeluaran kasnya sekali dalam sebulan. Pada akhir tahun dilakukan pengawasan ekstern oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu. Prosedur pengeluaran kas Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu sudah baik, hal ini ditandai dengan pencatatan akuntansi pengeluaran kas yang terlaksana dengan baik, dan setiap transaksi yang dicatat ke dalam pembukuan akan berhasil mengurangi terjadinya penyalahgunaan kas. Sistem otorisasi atas terjadinya transaksi yang menyangkut kas dari bagian keuangan dan pimpinan instansi terlaksana dengan baik. Dengan adanya sistem pengendalian intern yang dilaksanakan dengan baik, maka Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu dapat memperkecil setiap kesalahan yang terjadi dalam organisasi dan juga keberadaan kas Dinas Pendidikan Kab. Indragiri Hulu dapat terkoordinasi dengan baik, sehingga hal ini akan mendorong tercapainya tujuan instansi yang telah ditetapkan sebelumnya.
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Ramadhani, Suci
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara corporate governance perception index, kebijakan dividen, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penellitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar dibursa efek. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam pemeringkatan corporate governance perception index. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Untuk menganalisis sampel dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 19.0. Berdasarkan hasil olahan data maka didapat bahwa corporate governance perception index tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebiajakn hutang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.Keyword : CGPI, DPR,DER,PBV.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU TENTANG PEMANTAUAN PERTUMBUHAN BAYI 0-1 TAHUN DI PUSKESMAS TANJUNG PINANG KOTA JAMBI TAHUN 2016 MellyaPutri, Kristy
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.645

Abstract

Pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan pada anak berguna untuk mendeteksi secara dini gangguan tumbuh kembang dan status gizi. Semakin banyak dan sering anak di timbang, maka semakin mudah mendeteksi gangguan pertumbuhan dan status gizi kurang atau gizi buruk dan semakin cepat pula penanggulangannya. Hasil cakupan pemantauan pertumbuhan DDTK Kontak 1 di Puskesmas Tanjung Pinang tahun 2014 adalah sebesar 41,6% untuk anak laki-laki dan 41,9% untuk anak perempuan (Dinkes Kota Jambi, 2014).Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubunganantara pengetahuan dengan sikap ibu tentang pemantauanpertumbuhanbayi 0-1 tahun di PuskesmasTanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifdengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 1.804 dan sampel 30 respondendengan teknik accidentalsampling, pengumpulan data di lakukan dengan cara penyebaran kuesioner dananalisispenelitian secara univariatdanbivariat.Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 8 responden (26,7%) memiliki pengetahuan baik dan 13 responden (43,3%)  memiliki sikap positif.Dari hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai p_value 0,000 (p<0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap ibu tentang Pemantauan Pertumbuhan Bayi 0-1 Tahun di PuskesmasTanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan responden pernah mendapatkan penyuluhan kesehatan/konseling dari petugas kesehatan tentang manfaat dari memantau pertumbuhan bayi 0-1 tahun setiap bulannya.Diharapkan petugas kesehatan dapat meningkatkan keaktifan dalam pemberian konseling ataupun penyuluhan khususnya tentang pentingnyapemantauanpertumbuhanbayi 0-1 tahun dan petugas kesehatan ikut berperan aktif dalam penanganan sikap responden terhadap masalah pertumbuhanbayi 0-1 tahun agar tidak membuat prilaku responden menjadi kurang baik dan mengajak para kader untuk memberikan informasi. Kata kunci           :Pengetahuan, Sikap, Pemantauan, Pertumbuhan, Bayi
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL PREMIERE PEKANBARU Sartika, S.Sos.,M.I.Kom
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.650

Abstract

Dunia perhotelan pada saat ini menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan dikarenakan kebutuhan konsumen akan mendapatkan tempat yang layak huni meskipun hanya bersifat sementara. Oleh sebab itu, banyak pebisnis yang melirik usaha ini dengan harapan agar mendapat keuntungan yang lebih. Begitu banyak berbagai trik dan cara untuk dapat menarik perhatian konsumen agar tertarik untuk memakai layanan jasa ini. Perhotelan memiliki kelas sesuai dengan kualitas, fasilitas, serta pelayanan yang diberikan tiap hotel berbeda-beda.IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL PREMIERE PEKANBARU
PENGEMBANGAN DAN VALIDASI TES KIMIA DENGAN FRAMEWORK PISA PADA MATERI KELAS XI SEMESTER 1 Elita De Ovira
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes kimia dengan framework PISA pada materi kelas XI semester 1 yang valid, reliabel, dan layak dan bisa digunakan dalam skala luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dan validasi. Metode pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan tes kimia dengan framework PISA, lalu tes kimia yang dihasilkan diuji validitas, reliabilitas dan kelayakannya. Pengembangan tes kimia dengan framework PISA divalidasi oleh tujuh validator ahli, yang terdiri dari lima orang dosen kimia dan dua orang guru kimia SMA yang sudah berpengalaman. Responden dalam penelitian ini adalah 66 orang siswa di SMA N 3 Sumedang kelas XI MIA pada tahun ajaran 2014/2015 dan tiga orang guru kimia untuk diwawancara. Produk dari penelitian ini adalah tes kimia yang dikembangkan dengan framework PISA pada materi kelas XI semester 1 yang valid, reliabel, dan layak. Hasil validasi dianalisis dengan menggunakan CVR (Content Validity Ratio). Analisis reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20 melalui penentuan nilai koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua butir soal dinyatakan valid dan nilai CVR yang didapatkan yaitu sebesar 0,714. Nilai reliabilitas berdasarkan koefisien Cronbach’s Alpha yang didapatkan adalah 0,701 dan artinya reliabilitasnya dapat diterima. Terdapat hasil wawancara yang memberikan penguatan terhadap tes yang dikembangkan bahwa tes yang dikembangkan tersebut layak untuk digunakan dilihat dari segi ketersediaan waktu dan soal tes yang dikembangkan ini dapat digunakan untuk tes sumatif kimia.Kata kunci: Pengembangan, Validasi, Tes Kimia, Framework PISA.
LANGKAH STRATEGIS PENINGKATAN KUALITAS, RELEVANSI DAN PEMERATAAN PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM RANGKA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN -, SULISTYANDARI
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.655

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam meningkatkan kualitas manusia. Pendidikan yang berkualitas dapat menciptakan generasi yang unggul dan kompetitif dalam menghadapi tantangan yang terjadi di masa mendatang. Rendahnya kualitas lulusan merupakan salah satu bukti bahwa pendidikan di Indonesia belum secara optimal dikembangkan. Relevansi pendidikan dalam hal substansi dengan kebutuhan masyarakat dinilai masih rendah. Dunia industry mengeluhkan masih kurang relevannya kompetensi lulusan pendidikan tinggi dengan dunia kerja, tenaga kerja tidak relevan dengan industry. Pembangunan pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Pembangunan pendidikan nasional yang akan dilakukan secara jelas menekankan pentingnya pendidikan sebagai salah satu cara untuk penanggulangan kemiskinan, peningkatan keadilan, dan kesetaraan gender, pemahaman nilai-nilai budaya dan multikulturalisme serta peningkatan kesejahteraan. Kata Kunci : kualitas, relevansi, pemerataan, pendidkan, kesejahteraan
PENGARUH FASILITAS INTERNET GRATIS (FREE WI-FI HOTSPOT) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA INDUSTRI RESTORAN DI KOTA PEKANBARU Nia Anggraini
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.646

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja industri restoran di Kota Pekanbaru setelah adanya pelayanan fasilitas internet gratis yang diberikan oleh pihak restoran, rumah makan dan kafe yang memasang internet Wi-Fi hotspot. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan informasi bagi pembaca dan bahan acuan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan masalah ekonomi industri, serta sebagai pengembangan masa depan industri jasa, yaitu industri jasa restoran.Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data baik primer ataupun sekunder yang mempunyai hubungan erat dengan masalah yang diteliti, untuk kemudian diinterprestasikan secara deskriptif guna memperoleh suatu gambaran tentang masalah yang diteliti, kemudian membandingkannya dengan pengetahuan teoritis untuk meneruskan persoalan dan kemungkinan pemecahannya. Dalam metode deskriptif ini hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja industri rumah makan, restoran, dan kafe di Kota Pekanbaru meningkat setelah adanya fasilitas Wi-Fi. Ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah unit usaha lama yang memasang Wi-Fi dan jumlah unit usaha baru yang langsung memasang Wi-Fi, serta keuntungan yang didapat setiap unit usaha tersebut pun meningkat. Dimana dari hasil penelitian, 100% responden mengalami peningkatan terhadap jumlah pengunjung dan permintaan produk. Dimana jumlah konsumen dan permintaan produk rata-rata meningkat disemua tempat yang dijadikan objek penelitian, Namun peningkatan tersebut paling banyak adalah hanya peningkatan antara 5-15%. Kata Kunci : Teknologi, Peningkatan Kinerja, Wirausaha
PENGARUH STRATEGI CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSEO) Tbk (Studi pada Nasabah Taplus Bisnis Kantor Cabang Pekanbaru) DAMRI SM
Menara Ilmu Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v12i80.637

Abstract

The present research sought to find out the effect of each customer bonding process including awareness, identity, relationship, community and advocacy bonding on the customer loyalty. The data were collected using a questionnaire of 250 Business Taplus Customers chosen using purposive sampling technique. The data were analyzed using partial least square because normality, homogeneity and outlier assumptions were not met.The results showed that the customer bonding process reciprocally had positive and significant relationships in that awareness bonding affected identity bonding and identity bonding affected relationship bonding, the relationship bonding had an effect on community bonding, the community bonding had an effect on advocacy bonding. Whereas, the relationship between customer bonding and customer loyalty were only positive and significant at two levels, advocacy bonding and relationship bonding. While on the levels of awareness bonding, identity bonding and community bonding had a positive but insignificant affect on the customer loyalty.Various actions should be done in order to strengthen the customer bonding so that the customer loyalty could be increased. These included advertisements, promotional programs, and public corporate social responsibility, the content and renewal of website information, and customer-focused community. Key words: customer bonding, awareness bonding, identity bonding, relationship bonding, community bonding, advocacy bonding, customer loyalty, Bank BNI Pekanbaru

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024 Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 APRIL 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 JANUARI 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JULI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JANUARI 2023 Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO. 1 JULI 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO.2 JULI 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 OKTOBER 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 APRIL 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JULI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 OKTOBER 2021 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JANUARI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 APRIL 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020 Vol 14, No 1 (2020): Vol. XIV No. 1 Januari 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 APRIL 2020 Vol 13, No 11 (2019): Vol. XIII No. 11 Oktober 2019 Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019 Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 2 (2018): Vol. XII No. 2 Januari 2018 Vol 12, No 2 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 2 Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1 Vol 12, No 1 (2018): Vol. XII No. 1 Januari 2018 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P More Issue