cover
Contact Name
Syamsir Firdaus Manggar Wanrantoniara, SH
Contact Email
daus_mbol@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppmumsb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Menara Ilmu
ISSN : 16932617     EISSN : 25287613     DOI : -
MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk publikasi di jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019" : 15 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII C DI SMP 2 SOLOK SELATAN Febrieti Febrieti
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1553

Abstract

Abstrak : Tujuan pengembangan inovasi pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VIIC di SMP 2 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. 2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan memainkan alat musik pianika pada siswa kelas VII C di SMP 2 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 2 Solok Selatan dengan alamat nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC di SMP 2 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan selama 5 minggu, dimulai tanggal 17 April 2018 dan berakhir tanggal 22 Mei 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data merupakan upaya untuk mengolah data yang telah diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan analisa data penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan bermain alat musik pianika khususnya kelas VII C di SMP 2 Solok Selatan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang terjadi peningkatan dari 24 siswa pada pra siklus 6 siswa (25%) memperoleh nilai ≥ 70, pada siklus 1 terjadi peningkatan 14 siswa (58%) memperoleh nilai ≥ 70, dan meningkat cukup pesat pada siklus 2 yaitu: 22 siswa (92%) berhasil memperoleh nilai ≥ 70. Sedangkan siswa yang belum berhasil memperoleh nilai ≥ 70 hanya 2 siswa (8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut para guru disarankan untuk menggunakan metode yang tepat dalam upaya meningkatkan aktivitas dan belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya, salah satu metode tersebut adalah metode tutor sebaya. Kata Kunci: Keterampilan Bermain. Alat Musik Pianika. Tutor Sebaya
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 2 SOLOK SELATAN TP 2018/2019 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Olniati Olniati
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1558

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Solok Selatan TP 2018/2019. Lokasi penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 2 Solok Selatan yang berlokasi di Nagari Pasar Muaralabuh Kecamatan Sungai Pagu. Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2018 semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini berfokus pada pokok bahasan Teks Deskripsi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengisi lembar pengamatan observasi, serta memberikan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: 1) Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dan membuat siswa percaya dengan yang dipelajari, serta siswa lebih aktif pada saat belajar dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik, selain itu siswa menunjukan respon yang positif. Hal ini dapat dilihat dari semangat dan kemauan siswa pada saat melakukan pengamatan. 2) Pentingnya perencanaan atau RPP yang matang oleh guru terutama memilih dan penggunaan metode. Disamping itu pentingnya bimbingan dan pengawasan guru saat siswa melakukan proses pembelajaran. 3) Pelaksanaan RPP yang telah dirancang dengan baik sesuai langkah-langkah pendekatan kontekstual dapat memotivasi siswa dalam belajar Bahasa Indonesia. 4) Hasil pembelajaran siswa yang didapat baik itu dari penilaian proses dan penilaian hasil ternyata juga lebih baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil penilaian yang telah dilakukan (dapat dilihat pada lampiran). 5) Penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesi dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes setiap akhir siklus. Kata Kunci: Bahasa Indonesia. Model Pembelajaran Kontektual
MERGER AS THE FULFILLMENT OF MINIMUM CAPITAL REQUIREMENTS AND FULFILLMENT OF CORE CAPITAL BPRBASED ON FINANCIAL REGULATION NO. 5/POJK.03/2015 (CASE STUDY AT PT. BPR RANGKIANG AUR DAN PT. BPR RANGKIANG DENAI) Dodi Yuli Satria, Nasfi
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1549

Abstract

Abstract : Research that aims to identify, study and interpret the selection of merger alternatives as a step in PT. BPR Rangkiang Aur and PT. BPR Rangkiang Denai in addressing POJK number 5 / POJK.03 / 2015. The method used in this study is a combination research method / mix methods, namely by collecting, analyzing data, interpreting findings and drawing conclusions with quantitative and qualitative methods. The merger was carried out on the condition that the two BPRs were financially sound so the authors carried out the analysis of the health of the two BPRs using CAR, NPL, LDR, ROA, ROE and BOPO financial ratios. The results of this study indicate that the merger of PT. BPR Rangkiang Aur with PT. BPR Rangkiang Denai can fulfill the provisions of POJK number 5 / POJK.03 / 2015 with the results of CAR or KPMM reaching 15.11% with the fulfillment of core capital reaching Rp. 6,836,939 thousand, which has exceeded the minimum core capital provisions. Besides that, with the merger, the vision and mission of PT. BPR Rangkiang Aur and opens opportunities to grow better. Keywords: Merger, CAR, NPL, LDR, ROA, ROE, BOPO and FinancialRegulation No. 5/POJK.03/2015
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN TENTANG PERMAINAN BOLA VOLLY DENGA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRILL DAN BERMAIN PADA KELAS VI SDN 101/II MUARA BUNGO Hairul Sobri
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1554

Abstract

Abstrak: Siswa adalah anak-anak yang tumbuh dan berkembang baik dalam hal perkembangan fisik dan mental, siswa adalah target pendidikan, mereka akan diperhatikan untuk dibimbing dan diasuh oleh orang tua atau pendidik untuk menjadi manusia yang memiliki kepribadian utama. Yang memiliki potensi, potensi yang memiliki perkembangan, baik perkembangan fisik maupun spiritual. Pembelajaran Pendidikan Penjaskes adalah bagian untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh dan kebugaran jasmani, kemudian menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi dengan LKS. Pendidikan jasmani pada dasarnya adalah bagian integral dari sistem pendidikan keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan menuju pencapaian tujuan tersebut. Tujuan eduksi fisik tidak hanya untuk mengembangkan domain fisik, tetapi juga untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran fisik, keterampilan berpikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas fisik dan aktivitas olahraga. Penelitian ini dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah sangat menentukan peningkatan hasil kemampuan olahraga. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui penerapan model pembelajaran dengan peningkatan kemampuan olahraga dengan baik dan dapat bermanfaat bagi siswa SDN 101 / II Muara Bungo. Sedangkan saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran dengan cara bermain ini dapat diterapkan pada materi pembelajaran lainnya karena model pembelajaran dengan bermain memudahkan siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Kata Kunci : Pelajar, Olahraga, Pendidikan
PENGURAIAN KESAMAAN PADA METODE SIMPLEKS DALAM PENYELESAIAN PEMOGRAMAN LINIER Silvia Rosita
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1559

Abstract

Abstrak :Metode simpleks adalah suatu metode yang secara sistematis dimulai dari suatu penyelesaian dasar yang fisibel ke penyelesaian dasar fisibel lainnya, secara berulang-ulang sehingga tercapai suatu penyelesaian dasar yang optimum. Dalam penyelesaiannya tersebut dengan menggunakan metode simpleks terdapat dua kemungkinanterjadinya kesamaan untuk menentukan pilihan yang akan menyelesaikan lebih lanjut atau pivotisasi.Kesamaan pada angka di baris indeks untuk menentukan kolom kunci.Kesamaan ini sering terjadi dan ditemukan dalam penyelesaian persoalan pemograman linier dengan menggunakan metode simpleks pada setiap proses perhitungan tabel simpleks. Dengan menggunakan beberapa ketentuan sehingga solusi optimum dapat ditentukan. Kata kunci: pemograman linier, metode simpleks, penguraian kesamaan
PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 26 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN Eli Marni
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1550

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan Pembelajaran PKn melalui Metoda Bermain Peran Siswa Kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau. 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau?. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran di kelas I SDN 26 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau?. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 26 Sungai Limau Kecamtan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman pembelajaran PKn di sekolah ini belum pernah menggunakan metoda bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 26 Sungai Limau yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016-2017. Pada Bulan Februari s.d April 2017. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data dilakukan terhadap data yang telah direduksi baik data perencanaan, pelaksanaan, maupun data evaluasi. Berdasarkan data hasil penelitian, dan pembahasan tentang upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan metode bermain peran dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Sebelum melaksanakan pembelajaran, guru harus membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran. Rancangan pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran yang akan digunakan. 2) Pembelajaran PKn dengan metode bermaian peran adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga dapat mengembangkan afektif dan psikomotor siswa. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metoda bermain peran terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap periapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. 3) Pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermaian peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 26 Sungai Limau. Kata Kunci: Pembelajaran PKN. Metode Bermain Peran
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII. A SMPN 2 SOLOK SELATAN PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD Helfi Yusna
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1555

Abstract

Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan menggunakan metode Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Solok Selatan, Kabupaten Solok Selatan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action recearch) yang diartikan sebagai penelitian dengan tindakan yang dilakukan di kelas. Lokasi berlangsungnya penelitian yaitu di SMPN 2 Solok Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 2 Solok Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian hasil belajar meningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar IPS diantaranya pada siklus I pertemuan 2 bersemangat dalam belajar mengalami peningkatan yakni 58,3% artinya sudah terjadi peningkatan 12%, namun masih berada dalam kategori siswa belum bersemangat dalam belajar. Kemudian setelah dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran pada sikus II peningkatan kemampuan diantaranya aktivitas dalam bersemangat dalam belajar lebih baik yakni sebesar 86,5%, dan bersemangat dalam belajar meningkat dari rata-rata siklus I 52% menjadi 86,5%. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga mrmbawa dampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas sebesar 65,2. Dan setelah diperbaiki pada siklus II dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yaitu menjadi 80,2. Kata Kunci: Bahasa Indonesia. Pembelajaran Kontekstual
PERAWATAN KAKI PADA PENYANDANG DIABETES MELITUS DI WILAYAH KERJA DI PUSKESMAS LUBUK BUAYA PADANG Yessi Fadriyanti
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1560

Abstract

Abstrak : Survey yang dilakukan Wild, Roglic, Green, Sicree, & King (2004) memprediksi adanya peningkatan jumlah penyandang diabetes yang cukup besar pada tahun – tahun mendatang. Pada tahun 2000 mayoritas penderita diabetes di negara berkembang berada pada usia 45 – 64 tahun sedangkan di negara maju mayoritas berada pada usia lebih dari 64 tahun. Diperkirakan pada tahun 2030 jumlah penderita diabetes yang berusia lebih dari 60 tahun akan menjadi lebih dari 82 juta di negara berkembang dan lebih dari 48 juta di negara maju. Survey ini juga menunjukkan bahwa Indonesia berada pada urutan keempat dari sepuluh negara dengan angka diabetes tertinggi. Indonesia diperkirakan akan mengalami kenaikan yang cukup drastis. Jumlah pasien diabetes sekitar 8,4 juta jiwa pada tahun 2000 akan menjadi sekitar 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. Ulkus diabetes merupakan komplikasi menahun yang paling ditakuti oleh penyandang DM, lamanya perawatan dan pengobatan yang didapatkan menghabiskan dana lebih banyak dibandingkan tanpa ulkus (Soegondo, 2004). Ulkus ini timbul karena kontrol glikemik dan manajemen diabetes yang kurang baik, seperti tidak patuh dalam melakukan tindakan pencegahan luka, aktivitas tidak sesuai, dan kelebihan beban pada kaki (Lypsky et al., 2004). Menggunakan Metode edukasi modifikasi CBIA dalam proses edukasi pasien DM terutama pada perawatan kaki. CBIA juga efektif meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan self care pasien diabetes mellitus. Maka itu perlunya meningkatkan pengetahuan dan perawatan kaki pada penyandang Diabetes Melitus di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Buaya. Tujuan kegiatan untuk mengharapkan meningkatnya pengetahuan tentang perawatan kaki pada penyandang Diabetes Melitus dan meningkatnya kemampuan atau prilaku tentang perawatan kaki pada penyandang Diabetes Melitus. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Ceramah dengan konvensional, Ceramah dengan media gambar, menonton video perawatan kaki. Populasi adalah semua pasien DM yang ada di Puskesmas Lubuk buaya Padang dan sampel diambil secara total sampling. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan adalah Rata rata usia responden adalah 59,81 tahun dengan standar deviasi 7,38. Selanjutnya rata –rata lama 8, 38 tahun dan rata – rata pengetahuan, sikap, dan perilaku responden meningkat setelah diberikan intervensi modifikasi CBIA. Dimana rata-rata skor pengetahuan awal adalah 5,3, meningkat menjadi 43. Rata – rata skor sikap diawal adalah 25,12 meningkat menjadi 35,62, dan skor perilaku diawal yang sebesar 7,68, meningkat menjadi 12,75. Peningkatan skor pengetahuan, sikap, dan perilaku juga terjadi setelah setiap tahap intervensi pada CBIA. Bagi penanggung jawab Program DM sebaiknya menggunakan Metode edukasi modifikasi CBIA dalam proses edukasi pasien DM terutama pada perawatan kaki. Kata kunci: DM, CBIA
PENGARUH MANAJEMEN LAKTASI PAKET BREAST TERHADAP MASALAH LAKTASI IBU MENYUSUI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG Elvia Metti, Zolla Amely Ilda
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1551

Abstract

Abstrak : Kontraksi rahim pada ibu nifas bisa ditingkatkan melalui proses menyusui. Akan tetapi proses ini bisa mengalami hambatan karena berbagai faktor, diantaranya faktor ibu (keadaan mammae dan kepercayaan diri). Diperlukan upaya perawatan payudara dan manajemen laktasi yang benar untuk membantu proses tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen laktasi paket Breast terhadap masalah laktasi ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Metode penelitian adalah quasi experiment, dengan pendekatan one group pre test - post test design. Pengumpulan data penelitian dilakukan bulan September - November 2017, dengan teknik purposive sampling terhadap 21 ibu hamil/menyusui. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan masalah laktasi sebelum dengan sesudah intervensi (p = 0,016), dimana terdapat penurunan jumlah ibu yang mempunyai masalah laktasi sebelum intervensi sebanyak 9 orang (42,9%) dan sesudah intervensi 5 orang (23,8%). Penelitian ini merekomendasikan agar petugas Puskesmas menginformasikan pentingnya perawatan payudara selain teknik laktasi dan menjadikan bagian dari materi program/kelas ibu hamil. Kata kunci: manajemen laktasi, masalah laktasi, perawatan payudara
PENGARUH POLITIK UANG TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KABUPATEN DHARMASRAYA PADA PILKADA SERENTAK 2015 Anggraini, Mery
Menara Ilmu Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/mi.v13i9.1556

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menganalisis pengaruh politik uang terhadap partisipasi politik masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Tujuan dari peneltiian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh politik uang terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Perhelatan demokrasi lokal sangat erat kaitannya dengan partisipasi politik masyarakat. Setiap suara yang diberikan memenentukan masa depan suatu daerah. Terdapat beberapa faktor mendorong masyarakat untuk mau berpartisipasi. Trend politik uang atau transaksi politik dalam setiap penyelenggaraan pemilihan umum bukan lagi menjadi hal yang tabu. Rasionalitas politik yang didorong karena adanya transaksi politik uang dapat melemahkan makna demokrasi itu sendiri. Dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2015 transaksi politik uang masih menjadi daya tarik masyarakat Kabupaten Dharmasraya dalam berpartisipasi. Politik uang dan tingkat partisipasi politik memiliki hubungan yang positif yang lemah. Namun, faktor ini tidak hanya mempengaruhi masyarakat pada ekonomi menengah ke bawah tetapi juga masyarakat dengan tingkat kesejahteraan yang sangat baik. Artinya, politik uang mempengaruhi setiap lapisan sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Kata Kunci: Politik Uang, Partispasi Politik, Pilkada

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 JANUARI 2024 Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 APRIL 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 JANUARI 2024 Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 APRIL 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JULI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 JANUARI 2023 Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 OKTOBER 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 APRIL 2023 Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JANUARI 2023 Vol 16, No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JULI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 OKTOBER 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022 Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO. 1 JULI 2022 Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 JANUARI 2022 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO.2 JULI 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 OKTOBER 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 APRIL 2021 Vol 15, No 2 (2021): VOL. XV NO. 2 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JANUARI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO.1 APRIL 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 JULI 2021 Vol 15, No 1 (2021): VOL. XV NO. 1 OKTOBER 2021 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JANUARI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 JULI 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 APRIL 2020 Vol 14, No 2 (2020): VOL. XIV NO. 2 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020 Vol 14, No 1 (2020): Vol. XIV No. 1 Januari 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 OKTOBER 2020 Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 APRIL 2020 Vol 13, No 11 (2019): Vol. XIII No. 11 Oktober 2019 Vol 13, No 10 (2019): Vol. XIII No. 10 Oktober 2019 Vol 13, No 9 (2019): Vol. XIII No. 9 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 7 (2019): Vol. XIII No. 7 Juli 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 6 (2019): Vol. XIII No. 6 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 5 (2019): Vol. XIII No. 5 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 4 (2019): Vol. XIII No. 4 April 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 2 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 80 (2018): Vol. XII Jilid 1 No.80 Febaruari 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 12 (2018): Vol. XII No. 12 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 11 (2018): Vol. XII No. 11 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 9 (2018): Vol. XII No. 9 Oktober 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 7 (2018): vol. XII No. 7 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 6 (2018): vol. XII No. 6 Juli 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 5 (2018): Vol. XII No. 5 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 4 (2018): Vol. XII No. 4 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Vol. XII No. 3 April 2018 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 3 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 3 Vol 12, No 2 (2018): Vol. XII No. 2 Januari 2018 Vol 12, No 2 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 2 Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Menara Ilmu Januari 2018 Jilid 1 Vol 12, No 1 (2018): Vol. XII No. 1 Januari 2018 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 2 No.78 November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 78 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 78, November 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 77 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 77, Oktober 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 76 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 76, Juli 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 2 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 11, No 74 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 74, Januari 2017 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 60-65 (2016): Jurnal Edisi 2016 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 73 (2016): Menara Ilmu Desember Jilid 2 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 72 (2016): Jurnal Menara Ilmu November Jilid 1 Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P Vol 10, No 10 (2016): Jurnal Fungsional Dr. Yusnaweti, M.P More Issue