cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JURNAL PENA EDUKASI
Published by Smart Education
ISSN : 24070769     EISSN : 25494694     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena Edukasi (JPE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dalam bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021): April 2021" : 6 Documents clear
Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Meet Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif Bayu Fitra Prisuna
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas media pembelajaran daring melalui Google Meet terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian kualitatif Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VB pada mata kuliah metodologi penelitian kualitatif Program Studi Bimbingan Konseling Islam IAIN Pontianak sebanyak 28 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik total sampling, artinya seluruh anggota populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Jenis instrument yang digunakan adalah pretest dan posttest hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media pembelajaran daring melalui google meet berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain score sebesar 0,63.
Aktivitas E-Sports Oleh Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Fajar Hidayatullah
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.544

Abstract

Perkembangan eSports yang telah cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan hal baru dalam dunia industri olahraga maupun aktivitas baru bagi anak-anak, remaja hingga orang dewasa untuk terlibat di dalamnya. Dalam hal ini eSports telah membawa pemahaman baru tentang olahraga modern di dunia digital dengan karakteristik hampir sama dengan permainan catur, bridge dan beerapa permainan lainnya yang tidak membutuhkan aktivitas fisik berat namun tetap membuat otak untuk berpikir aktif dan beberapa keterampilan gerak halus lainnya. Siswa sekolah menengah hingga mahasiswa perguruan tinggi di Kabupaten Bangkalan telah banyak yang aktif dalam komunitas eSports hingga berkumpul dan berlatih secara rutin dalam suatu waktu yang menunjukkan bahwa eSports di Kabupaten Bangkalan mulai memasuki pada hal yang cukup serius untuk ditekuni. Selain itu, dari hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa mereka yang aktif dalam komunitas eSports dan  berkumpul serta latihan secara rutin sadar bahwa kurangnya gerak saat berlebihan dalam aktivitas eSports akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan sehingga sebagian besar diantara mereka tetap memilih aktif untuk berolahraga fisik di luar ruangan. Bahkan beberapa diantara mereka menyatakan memiliki prestasi olahraga lainnya selain aktivitasnya di eSports. Disimpulkan bahwa kedewasaan diri saat berkegiatan eSports dapat memisahkan hal negatif yang beresiko muncul seperti munculnya kebiasaan dalam kekerasan permainan hingga kurangnya aktivitas gerak sehingga hal positif saja yang akan tersisa dalam kegiatannya.
Media Pembelajaran Gaya Mengajar Komando Untuk Guru PJOK Ahmat Fauzi; Advendi Kristiyandaru; Abdul Rachman Syam Tausikal
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.540

Abstract

The purpose of this article is to find out how the commando teaching style instructional media for corner teachers. Specifically, the teacher must have the ability to develop learning strategies and be able to choose the right strategy in learning activities. Teaching style is one of the abilities that can support the teacher's ability in the learning process. Command teaching style is one of 11 teaching styles in Muska Mosston's book. The commando teaching style was the first to be introduced among the other styles, and is most often used by corner teachers. However, the teaching style of command in its implementation is not only commanding, but also there are several steps that must be fulfilled as explained by Muska Mosston. Learning media is an intermediary that can help teachers to better understand the commando teaching style.
Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Candra Wahyudi; Syahriani Sirait; Elfira Rahmadani; Andy Sapta; Sri Rahmah Dewi Saragih
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.491

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use ofwhatsapp group on the student’s abbility to understand mathematical concepts. This typeof research is descriptive qualitative. The subjects of this study were 21 students oc classXI Accounting at SMK Swasta Umum Sentosa TA 2020/2021. The research sample wastaken by purposive sampling. The question instrument used ini this study was in the formof 4 items in the form of a description which refers to the indicator of the ability tounderstand mathematical concepts. Based on the results of data analysis, it can beconcluded that of the 21 subjects studied,1 student score 91, 10 students score between 80-84, 6 students scored 75-79, 3 students scored 65-69, 1 student gets a score of 58. Wherethe value of the level of effectiveness of learning is 77,7% and falls into the “effective”category.Keywords: whatsapp group; effectiveness; mathematical conceptsAbstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas PenggunaanWhatsapp Group terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jenispenelitian adalah deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 21 siswa kelas XIAkuntansi SMK Swasta Umum Sentosa TA 2020/2021. Sampel penelitian yang diambilsecara purposive sampling. Instrumen soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 4butir soal berbentuk uraian yang mengacu pada indikator kemampuan pemahaman konsepmatematis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dari 21 subyek yangditeliti diantaranya terdapat 1 orang siswa memperoleh nilai 91, 10 orang siswamemperoleh nilai antara 80-84, 6 orang siswa memperoleh nilai 75-79, 3 orang siswamemperoleh nilai 65-69, 1 orang siswa memperoleh nilai 58. Dimana Nilai dari tingkatefektivitas pembelajaran adalah 77,7% dan masuk kedalam kategori “efektif”.Kata Kunci: efektivitas; konsep matematis; whatsapp group
Hubungan Antara Iklim Kelas dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Sheril Agnuedella; Nina Agustyaningrum
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.534

Abstract

Abstract: This research aims to determine: (1) Correlation of classroom climate to the result mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 at Batam, (2) Correlation of independence learning to the result mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 at Batam, (3) The correlation of classroom climate and independence of learning as simultaneously on the result of mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 Batam. This used quantitative research with the correlation method. The population of this research were 222 respondents, which is the whole students in 8 grade on SMPN 30 Batam. The Sampling of this survey is Simple Random Sampling. The draft instrument this survey of documentation and questionnaire that had been tested for validity and reliability. The result of the analytical test can we conclude: (1) There is a significant correlation of classroom climate toward the result of mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 Batam with the coefficient correlation value 0.796, (2) There is a significant correlation of independence learning toward the result of mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 Batam with the coefficient correlation value 0.496, (3)  Simultaneously indicating that there is the is a significant correlation of classroom climate and independence of learning as simultaneously on the result of mathematic lesson in 8 grade of SMPN 30 Batam with the coefficient correlation value 0.798 Keywords: classroom climate; independence of learning; math learning results.  Abstrak:i Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan iklim kelas terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 30 Batam, (2) Hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 30 Batam, (3) Hubungan iklim kelas dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 30 Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Batam sebanyak 222 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan angket yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Batam dengan koefisien korelasi sebesar 0,796, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Batam dengan koefisien korelasi sebesar 0,496, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Batam dengan koefisen korelasi berganda sebesar 0,798. Kata Kunci: hasil belajar matematika; iklim kelas; kemandirian belajar.
The Effect of Problem Solving Technique and Motivation Toward Students' Writing Skills Rona Rossa; Rina Hayati Maulidiah; Yen Aryni
JURNAL PENA EDUKASI Vol 8, No 1 (2021): April 2021
Publisher : Smart Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54314/jpe.v8i1.654

Abstract

Abstract: This study was conducted to find out the effect of Problem Solving technique and motivation toward students’ writing skills in STKIP Adzkia. This research was based on the problems which were occurred in the writing class. The students at STKIP Adzkia did not sufficiently-learn skills on how to make a good paragraph, how to get many ideas when they start their writings and how to arrange their ideas systematically. This research was a quasi-experimental research with factorial design 2x2. The instruments that were used for this research were writing test and motivation questionnaire. T-test analysis and two ways ANOVA analysis were used in analyzing the data. The result of this research revealed that: (1) Students who were taught by Problem Solving Technique were better than students who were taught by brainstorming technique toward students’ writing skill; (2) Students who had high motivation and were taught by Problem Solving Technique were better than who thought by Brainstorming technique; (3) Students who had low motivation and were taught by Problem Solving Technique were better than who were thought by Brainstorming technique; (4) There was no interaction between technique and motivation toward students’ writing skill. The Findings had been proven that Problem Solving technique gave significant impact on students’ writing skills. Keywords: Problem Solving technique; motivation; writing skill  Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh teknik Problem Solving dan motivasi terhadap keterampilan menulis siswa di STKIP Adzkia. Penelitian ini didasarkan pada masalah yang terjadi di kelas menulis. Mahasiswa STKIP Adzkia tidak cukup mempelajari keterampilan membuat paragraf yang baik, cara mendapatkan banyak ide saat memulai tulisan dan cara menyusun ide secara sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis dan angket motivasi. Analisis uji-t dan analisis ANOVA dua arah digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang diajar dengan Teknik Problem Solving lebih baik daripada siswa yang diajar dengan teknik brainstorming terhadap keterampilan menulis siswa; (2) Siswa yang memiliki motivasi tinggi dan diajar dengan Teknik Problem Solving lebih baik daripada siswa yang berpikir dengan teknik Brainstorming; (3) Siswa yang memiliki motivasi rendah dan diajar dengan Teknik Pemecahan Masalah lebih baik daripada yang berpikir dengan teknik Brainstorming; (4) Tidak ada interaksi antara teknik dan motivasi terhadap keterampilan menulis siswa. Temuan telah membuktikan bahwa teknik Problem Solving memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa. Kata kunci: Teknik Pemecahan Masalah; motivasi; keterampilan menulis

Page 1 of 1 | Total Record : 6