cover
Contact Name
Sinta Paramita
Contact Email
sintap@fikom.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
prologia@fikom.untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Prologia
ISSN : -     EISSN : 25980777     DOI : -
Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Prologia published twice a year.
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): Prologia" : 36 Documents clear
Pemanfaatan Kanal Youtube OtoDriver Dalam Upaya Membangun Ketertarikan Subscriber Terhadap Fitra Eri Rhandi Seeto Wiguna; Eko Harry Susanto
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2398

Abstract

Perkembangan penggunaan media sosial di Indonesia semakin pesat, salah satu media sosial yang cukup diminati oleh subscriber  adalah Youtube. Untuk menghadapi situasi tersebut, diperlukan figur yang mampu membawakan konten yang ada di Youtube dengan baik dan penuh inovasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana subscriber  bisa tertarik terhadap Fitra Eri lewat konten Youtube yang di muat di kanal Youtube OtoDriver. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya media sosial, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi massa, citra, public relations, teknologi komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun key informan dalam penelitian ini adalah seorang pakar media sosial serta lima orang subscriber OtoDriver yang digunakan untuk mengumpulkan data serta menjadi pembanding dari hasil penelitian ini. Hasil penelitiannya adalah, jumlah viewers yang dihasilkan oleh setiap tayangan konten tidak serta merta membuat subscriber  tertarik. Subscriber  beranggapan bahwa isi konten lebih penting dibanding jumlah viewers untuk menjadikan subscriber  tertarik akan individu. Lebih lanjut,latar belakang yang dimiliki oleh Fitra Eri sudah dketahui oleh subscriber  dan itu sudah mengindikasikan subscriber  tertarik, lalu Fitra Eri tidak begitu menghadapi persaingan dalam ranah Youtube dengan reviewer lain, itu disebabkan karena ciri khas serta citra yang kuat dimiliki oleh sosok Fitra Eri.
Analisis Strategi Kreatif Iklan Billboard Gojek Di Kuningan Tjiara Willianto Setiawan; Gregorius Genep Sukendro
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2389

Abstract

Billboard telah menjadi salah satu media cetak yang cukup populer di kalangan masyarakat. Penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus ini akan membahas salah satu iklan dengan media billboard yang dibuat oleh PT. Applikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek Indonesia) yang sempat viral di media internet karena keunikan iklan tersebut. Penelitian ini juga didukung dengan melakukan wawancara terhadap dua narasumber seorang Creative Director dari salah satu biro iklan yaitu Bates Chi & Partners dan ketua tim kreatif pembuat iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kreatif dalam pembuatan iklan Go-Jek di Kuningan. Namun, ketentuan-ketentuan billboard sendiri yang sudah berubah mengikuti perkembangan zaman serta masyarakat yang jenuh dengan iklan yang itu-itu saja membuat munculnya iklan Go-Jek tersebut menjadi pecutan untuk para praktisi iklan lebih mengembangkan dan memanfaatkan media-media kuno menjadi lebih efektif lagi.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kepuasan Komunikasi (Studi Kasus Di PT. Wahana Solusi Manajemen) Michael Michael; Widayatmoko Widayatmoko
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2412

Abstract

Perusahaan adalah sebuah institusi yang sangat kompleks dimana terdapat banyak individu yang memiliki pemikiran berbeda dan dibatasi dengan hirarki  dan jabatan tertentu (Sherly, Widayatmoko & M.Adi Pribadi 2012). Di dalam perusahaan terdapat pemimpin dan pengikut yang saling membutuhkan satu sama lain dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori kepemimpinan transformasional menurut Burns (dNorthouse, 2013) dengan 4 dimensi yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual, dan pertimbangan yang diadaptasi. Serta teori kepemimpinan transaksional menurut Burns (Northouse, 2013) dengan 2 dimensi yaitu  imbalan kondisional dan manajemen dengan pengecualian. Teori kepuasan komunikasi menurut Pace & F.Faules (Mulyana, 2006) dengan 8 dimensi yaitu Informasi yang berkaitan dengan pekerjaan, kecukupan informasi, kemampuan untuk menyarankan perbaikan, efisiensi berbagai saluran komunikasi ke bawah, kualitas media, cara sejawat berkomunikasi, informasi tentang organisasi secara keseluruan dan integrasi organisasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan PT.Wahana Solusi Management  sebanyak 22 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode sensus dan menggunakan metode survey. Berdasarkan Hasil Penelitian adalah bahwa  persamaan regresi linear berganda Y = 26,642 + (-0,236) X1 + 0,996 (X2) yang menyatakan terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,189 dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan komunikasi di PT.Wahana Solusi Manajemen dengan nilai sig. 0,000. Dari hasil uji F (Annova) dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan komunikasi dengan nilai sig. sebesar 0,000.
Bentuk Komunikasi Pemasaran PT. Home Center Indonesia Dalam Pengembangan Program Informa Custom Furniture Priscilla Viby; Sinta Paramita
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2403

Abstract

Pada penelitian ini peneliti memiliki tiga identifikasi masalah yaitu; Banyaknya industri properti furniture di Indonesia, membuat perusahaan tersebut harus memiiki strategi yang tepat, Viral Marketing saat ini menjadi strategi komunikasi pemasaran saat ini dan produk Informa Furnishing’s berhasil dalam melakukan Event Marketing melalui viral marketing dalam program Opening Informa Custom Furniture. Rumusan masalah yang muncul adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT. Home Center Indonesia dalam pengembangan program Informa Custom Furniture?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif yang bertujuan mengambarkan suatu gejala, fakta atau realita. Teknik pengumpulan juga menggunakan data primer yang diantara nya adalah wawncara serta observasi dan data sekunder diantaranya studi kepustakaan serta data online. Mengenai pembahasan pemasaran yang sudah dijelaskan dan diuraikan, hal ini menjadikan pemasaran yang efektif yaitu Viral Marketing.
Pengaruh Komunikasi Persuasif Endorser Rachel Vennya Terhadap Minat Beli Pada Kalangan Pengguna Instagram Syani Putriani; Anoesyirwan Moein; Roswita Oktavianti
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2394

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pentingnya komunikasi persuasif endorser Rachel Vennya terhadap minat beli pada pengguna Instagram. Dengan rumusan masalah apakah terdapat pengaruh komunikasi persuasif endorser Rachel Vennya di media sosial Instagram terhadap minat beli produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga hasilnya terdapat 100 responden untuk mengisi kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana, uji f, dan uji t melalui program SPSS versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh komunikasi persuasif terhadap minat beli dan signifikan. (2) Terdapat hubungan yang cukup antara komunikasi persuasif dengan minat beli. (3) Komunikasi persuasif memberikan kontribusi sebesar 30,8% kepada minat beli, sisanya 69,2% variabel lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Terpaan Media pada Film Susah Sinyal Terhadap Keputusan Berwisata ke Pulau Sumba Maria Maria; Widayatmoko Widayatmoko
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2417

Abstract

Film mempunyai kekuatan yang besar dalam mempengaruhi khalayak. Penonton yang melihat tampilan lokasi pada layartergerak untuk pergi ke lokasi yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh dari terpaan media pada film Susah Sinyal terhadap keputusan berwisata ke Pulau Sumba. Mеnurut Rosеngrеn (dalam Rakhmat, 2009), tеrpaan mеdia dapat diukur mеlalui tiga hal yaitu frekuensi, durasi, dan atensi. Proses pengambilan keputusan seorang wisatawan melalui lima fase (Pitana dan Gayatri, 2005), yaitu (1) kebutuhan atau keinginan melakukan perjalanan, (2) pencarian dan penilaian informasi, (3) keputusan melakukan perjalanan wisata, (4) persiapan perjalanan dan pengalaman wisata, dan (5) evaluasi kepuasan perjalanan wisata. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner ke 69 followers Instagram @thelensofntt. Dari penelitian ini diperoleh hasil regresi linear sederhanaY = 9,376 + 0,662X, serta nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.01. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan media pada film Susah Sinyal terhadap keputusan berwisata ke Pulau Sumba.
Analisis Strategi Perencanaan Media di PT. Mega Pro Communications Andrew Thimotius; Wulan Purnama Sari
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2385

Abstract

Media Planning adalah serangkaian keputusan yang terlibat dalam menyampaikan pesan promosi kepada calon pembeli dan/atau pengguna produk atau merek yang prospektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris proses perencanaan media planningdalam perusahaan agensi iklan. Pengalaman media planning, keahlian dalam strategi periklanan, proses perencanaan media planning, peran divisi media planningterhadap klien di agensi periklanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh oleh peneliti adalah PT. Megapro Communications memiliki struktur organisasi dalam perusahaan tersebut. PT. Megapro Communications mempunyai langkah-langkah dalam melakukan proses perencanaan media, berawal dari: Pertemuan dengan klien, melakukan brainstorming, membuat kampanye, hasil program kampanye yang diberikan kepada klien, eksekusi iklan, monitoringhingga proses evaluasi (post buy campaign). Jadi dapat disimpulkan bahwa sebuah iklan harus melakukan tahap proses perencanaan iklan. Sehingga pesan iklan dapat tersampaikan sesuai dengan keinginan klien.
Pengaruh Komunikasi Pada Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Image Wardah (Studi Kasus: Followers @Wardahbeauty) Monicca Monicca; Widayatmoko Widayatmoko
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2408

Abstract

Pada saat ini social media khususnya Instagram merupakan salah satu media yang sering digunakan banyak orang. Menurut Social Media Marketing dari New York “We Are Social” pada tahun 2018, pengguna aktif Instagram dari Indonesia sebanyak  38% atau kurang lebih 262 juta pengguna. Wardah merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan sosial media Instagram sebagai saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada konsumen secara meluas. Manfaat dari social media bagi perusahaan yaitu untuk menaikkan brand image, membangun hubungan dengan konsumen secara tidak langsung dan meningkatkan penjualanan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing Instagram (X) terhadap brand image Wardah (Y) pada followers Instagram @wardahbeauty. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori social media menurut Chris Heur (2010) terdapat 4C dengan dimensi context, communication, collaboration, dan connection, serta menggunakan teori brand image menurut Kotler dan Keller (2013) dengan dimensi kepribadian, reputasi, nilai-nilai dan identitas perusahaan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @wardahbeauty pertanggal 11 April 2018 sebanyak 1,3 juta dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan teknik sampling insidental. Dari penelitian diperoleh hasil persamaan regresi linear Y = 17,079 + 0,608 X dan nilai signifikasi 0,000 yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara sosial media marketing Instagram terhadap brand image Wardah pada followers Instagram @wardahbeauty.
Pengaruh Keragaman Budaya Karyawan dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT Indosurya Sukses Ready Saputra
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2399

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh keragaman budaya karyawan dan komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan di perusahaan PT Surya Citra Cemerlang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif-survei. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh,. Uji instrument yang dilakukan adalah Uji validitas dengan nilai Corrected Item-Total Correlation>0.200. Uji Reliabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha>0,60. Uji Normalitas dengan nilai p (Asymp. Sig.) > 0.05. Kemudian dilakukan uji asumsi, antara lain Uji Multikolinieritas dengan melihat korelasi antara variabel independen dengan nilai r (Pearson Corelation) < 0,5. Uji Autokorelasi dengan nilai Durbin-Watson hitung yang terletak diantara nilai dU (Upper Bound) dan 4-dU. Uji Heteroskedastisitas dengan melihat grafik Scatterplot dimana titik-titik menyebar di atas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y. Terakhir dilakukan uji hipotesis yang menghasilkan Nilai R Square sebesar 0,394. Nilai Uji t keragaman budaya karyawan terhadap kinerja karyawan sebesar 0.00< 0,05. Nilai Uji t komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan sebesar 0,00< 0,05. Nilai Uji F keragaman budaya karyawan dan komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian, disimpulkan bahwa keragaman budaya karyawan dan komunikasi organisasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan.
Iklan Shopee Dalam Menarik Minat Beli Mahasiswa Tjam Robby; Eko Harry Susanto
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2390

Abstract

Iklan nerupakan suatu bagian dari kelangsungan dalam proses mengangkat sebuah brand dan manarik minat beli seseorang. iklan menjadi suatu peranan penting untuk mengenalkan suatu brand baru kepada orang yang belum mengetahuinya. Dalam penelitian ini penulis meneliti bagaimana iklan Shopee menarik minat beli Mahasiswa, Teknik analisis kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode wawancara dan melakukan observasi lapangan. Observasi dilakukan di lingkungan Universitas Tarumanagara dan narasumber penelitian merupakan mahasiswa maupun alumni Universitas Tarumanagara Dari hasil penelitian penulis mendapatkan informasi dan pengetahuan. Setelah melakukan penelitian, peneliti mengetahui bahwa iklan sangat berperan penting dalam memasarkan suatu produk dan iklan shopee sangat berperan dalam menarik minat beli Mahasiswa FIKOM Universitas Tarumanagara.

Page 1 of 4 | Total Record : 36