cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran" : 8 Documents clear
INTERELASI KETERAMPILAN MENULIS DENGAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DI MTS SURYA BUANA MALANG Intan Zuhrotun Nafiah; Gigit Mujianto
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.3

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1. Bentuk pemilihan kata yang digunakan oleh peserta didik kelas VIII B dan kelas VIII C setelah menyimak sebuah video. 2. Faktor yang mempengaruhi proses menulis peserta didik setelah menyimak sebuah video, dan 3. Pengaruh keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Data yang digunakan untuk penelitian ini berupa hasil tulisan peserta didik dan hasil wawancara dengan pendidik Bahasa Indonesia di Mts Surya Buana Malang. Adapun sumber data yang dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII B dan kelas VIII C dan pendidik Bahasa Indonesia di MTs Surya Buana Malang. Hasil dari penelitian ini ialah bentuk kalimat yang ditemukan ada dua yakni kalimat tunggal, serta kalimat majemuk setara, tiga faktor yang mempengaruhi proses menulis peserta didik diantaranya ialah kosakata yang dimiliki oleh peseta didik, suasana atau kondisi kelas, serta tingkat kognitif yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Pengaruh keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis adalah meningkatkan pembendaharaan kata yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik. Melalui keterampilan menyimak juga memberikan sebuah ide kepada peserta didik dalam menulis sebuah karangan yang sesuai dengan bahan simakan yang telah didengar.
ANALISIS STRUKTURAL KUMPULAN CERITA RAKYAT DAYAK JANGKANG TANJUNG DUSUN KOMPOR BARU DESA ENGKODE KECAMATAN MUKOK KABUPATEN SANGGAU Valentinus Ola Beding; Frideta Heni
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis terhadap unsur intrinsik dan nilai moral dalam kumpulan cerita rakyak Dayak Jangkang Tanjung. Metode dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif berbentuk Deskriptif. Peneliti menggunakan teknik observasi, teknik perekaman. Alat pengumpulan data lembar observasi, handpone android, kamera handpone. Berdasarkan hasil analisis ditemukan unsur intrinsik kumpulan cerita rakyat Dayak Jangkang Tanjung Dusun Kompor Baru Desa Engkode Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau memiliki 5 tema, terdapat alur cerita dengan jenis alur maju dan alur campuran, 8 latar waktu,18 latar tempat, 5 latar sosial, terdapat 30 penokohan dan perwatakan, sudut pandang dengan jenis campuran, gaya bahasa majas metafora, majas interupsi, dan bahasa yang biasa, serta terdapat 5 amanat. dalam kumpulan cerita rakyat juga terdapat nilai moral berkaitan manusia dengan Tuhan, hubungan antara manusia sesama manusia dan hubungan antara manusia dengan alam. Dari analisis struktural kumpulan cerita rakyat yang telah dikaji, ditemukan banyak hal positif yang dapat diterapkan di kehidupan untuk menjaga kebudayaan secara turun-temurun khususnya kebudayaan. Peneliti yang akan melakukan penelitian lebih lanjut agar memahami unsur struktural dalam kumpulan cerita rakyat Dayak Jangkang Tanjung Dusun Kompor Baru Desa Engkode Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau.
KESALAHAN UMUM PENGUCAPAN HURUF DIAM (SILENT LETTERS) OLEH MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS DI STKIP NURUL HUDA SUKARAJA agung setiadi setiadi; Hastuti Retno Kuspiyah; Zulaikah Zulaikah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.6

Abstract

Kesalahan umum pengucapan huruf diam (silent letters) merupakan permasalahan yang kerap dilakukan oleh pembelajar bahasa asing. Yang mana pembelajaran huruf dan bagaimana cara melafalkanya merupakan pembelajaran dasar dalam pembelajaran bahasa asing. Oleh karena itu sangat dimungkinkan seorang pembelajar Indonesia mengalami kesulitan bahkan kesalahan dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris. Misalnya seringkali mendengar pembelajar bahasa Inggris mengucapkan “Know /nəʊ/”dengan “/knəʊ/ atau “Right /rait/” dengan /raig/”. Dengan kesalahan seperti ini akan mudah sekali terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Penelitian ini difokuskan pada kesalahan-kesalahan umum pengucapan huruf diam(silent letters) dalam kata-kata bahasa Inggris oleh para pembelajar bahasa Indonesia tingkat pemula(novice). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lebih jauh lagi bahwa pengumpulan data menggunakan tes dengan kata-kata bahasa Inggris tingkat pemula(novice).
ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DILAN DALAM FILM DILAN 1990 Pipit Novita Anggraeni; Asep Purwo Yudi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.7

Abstract

Film Dilan 1990 merupakan sebuah film karya Pidi Baiq. Film dilan menceritakan tentang kisah percintaan anak SMA. Film ini sukses menarik perhatian masyrakat karena kisah cinta pada tahun 1990 dan karena dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif Dilan dalam film Dilan 1990. Penilitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitin ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Data penelitian ini berupa penggalan tuturan Dilan yang berupa tindak tutur ekspresif. Sumber data penelitian ini yaitu keseluruhan tuturan Dilan kepada milea dalam film Dilan 1990. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tindak tutur ekspresif dilan. Dari data penelitian, ditemukan tindak tutur ekspresif filan kepada milea yaitu tindak tutur ekspresif memuji, meminta maaf, mengucapkan selamat, mengkritik.
IDIOM DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Vivi Furtining Dewi; Agus Budi Wahyu
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk idiom, jenis idiom dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sesuai kepenuhan maknanya berdasarkan kajian antropolinguistik, serta mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak-catat, kemudian data dianalisis menggunakan metode agih dan metode padan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama, bentuk idiom yang ditemukan dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata adalah sebanyak 70 idiom. Kedua, berdasarkan kepenuhan maknanya idiom dalam Novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu idiom penuh dan idiom sebagian. Idiom penuh ditemukan sejumlah 50 idiom yang terbagi atas idiom penuh bertataran kata berimbuhan, bertataran kata majemuk, dan bertataran frasa. Idiom sebagian ditemukan sebanyak 20 idiom dibagi atas idiom sebagian bertataran kata berimbuhan dan bertataran kata majemuk. Idiom yang sering muncul adalah idiom kaki lima dan idiom pedagang kaki lima. Berdasarkan konteks budaya, hal ini menggambarkan bahwa penduduk Kota Belantik ialah orang-orang biasa yang tidak hanya berprofesi sebagai pegawai, namun juga berprofesi sebagai pedagang kaki lima. Ketiga, pemanfaatan hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA pada KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.
PENGEMBANGAN BUKU DASAR-DASAR PENERJEMAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA NON-BAHASA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA DALAM MENERJEMAHKAN TEKS INDONESIA-INGGRIS DAN INGGRIS-INDONESIA Armilia Sari; Nova Lingga Pitaloka; Nandang Heryana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.9

Abstract

Mahasiswa non-bahasa Universitas Sriwijaya harus mempelajari metode penerjemahan karena mereka membutuhkan lebih banyak referensi internasional. Mereka juga harus submit penelitian ke konferensi internasional. Meskipun demikian, belum ada buku pedoman yang berisi prinsip-prinsip dasar bagi mahasiswa dalam menerjemahkan teks bahasa Indonesia-Inggris atau teks bahasa Inggris-bahasa Indonesia. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menerjemahkan teks. Beberapa di antaranya menggunakan Google Terjemahan, dan beberapa lainnya membayar layanan terjemahan yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku Dasar-Dasar Penerjemahan. Peneliti menggunakan model Pengembangan ADDIE dengan melakukan lima tahapan yaitu Analyzing (menganalisis), Designing (merancang), Developing (mengembangkan), Implementing (menerapkan) dan Evaluating (mengevaluasi). Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa masih menggunakan penerjemahan kata demi kata atau metode penerjemahan langsung tanpa melihat bagaimana mereka digunakan secara bersamaan dalam frasa atau kalimat.
Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi Akhmad Rizqi Turama; ansori ansori; Sri Rarasati Mul
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.51

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh sudah tersusunnya prototipe bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Namun, bahan ajar belum divalidasi dan diuji efektivitasnya. Hal ini disebabkan penelitian sebelumnya lebih terfokus pada penyusunan bahan ajar. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menciptakan suatu buku ajar apresiasi prosa fiksi. Hasil yang diharapkan adalah tercipta bahan ajar yang utuh (kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, bahan/materi, kegiatan perkuliahan, latihan dan evaluasi). Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan, diawali menyusun tujuan pembelajaran, menganalisis kebutuhan, menyusun bahan ajar, memvalidasi prototipe kepada tiga orang reviuwer, memperbaiki dan menyusun prototipe bahan ajar sesuai saran reviuwer. Tiga validator yang dimaksud adalah validator materi, validator bahasa, dan validator media. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk ini layak untuk diujicobakan. Setelah diujicoba kepada mahasiswa, hasil pretes dan postes menunjukkan adanya kenaikan nilai mahasiswa dari rata-rata 72 menjadi 84.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN MENULIS AKADEMIK BERBASIS MOODLE PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA Santi Oktarina; Sri Indrawati; Adeng Slamet
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/logat.v8i1.67

Abstract

Revolusi industri 4.0 atau revolusi industri keempat adalah suatu era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Di era ini pendidik bukan hanya memiliki pengetahuan luas, kecakapan yang tinggi dalam keilmuan, kemampuan tinggi dalam memlilh dan menggunakan model, metode, teknik, atau strategi, tetapi juga harus membuat, menggunakan, dan mengembangkan teknologi pembelajaran. Selain itu. penggalakan penggunaan E-Learning di Universitas Sriwijaya menuntut tesedianya multimedia pembelajaran yang berbasis riset. Artikel ini adalah bagian dari riset pengembangan dengan tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE pada mata kuliah bahasa Indonesi di Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall serta teori Lee and Owens. Artikel yang merupakan bagian dari riset penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi pengguna (mahasiswa) terhadap multimedia interaktif pada pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE di Universitas Sriwijaya. Metode yang digunakan adalah metode Delpi. Teknik pengumpulan data adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada pembelajaran menulis akademik berbasis MOODLE dipersepsikan sangat baik jika ditinjau dari segi isi materi, bahasa, penyajian multimedia interaktif, dan E-Learning MOODLE.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue