cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA" : 30 Documents clear
THE RESEARCH OF CHILD LANGUAGE ACQUISITION AGE OF THREE RISMA JULISTIANA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.543 KB)

Abstract

Pada usia 18 bulan atau lebih, banyak anak mulai memproduksi ujaran satu- dua kata. Di usia ini, mereka mulai berinteraksi dengan lingkungan disertai bimbingan orang tua mereka. Penelitian ini difokuskan kepada cara pemerolehan bahasa anak berusia tiga tahun, dimana di dalam nya mencakup produksi satu-dua kata, kalimat lengkap, negative, dan kalimat tanya. Pelitian ini menngunnakan metode kualitatif deskriptif. Data dianalisis secara deskriptif. Disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa anak usia 3 tahun sudah bervariasi. Ujaran satu-dua kata sudah dipadupadankan menjadi kalimat lengkap yang dapat dimengerti. Kalimat negatif dan kalimat tanya pun sudah dapat diproduksi dengan baik.
TEACHERS' PERSPECTIVE TOWARDS POST-METHOD PEDAGOGY Muhammad Anjar Nugraha
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.991 KB)

Abstract

Post-method pedagogy offers with the controversial claim that in the 21st era the play of teaching method is dying. Post-method pedagogy is the current issue of English Language Teaching (ELT) nowadays. This is a qualitative case study aimed to seek English teachers’ perspective towards post-method pedagogy. Ten English teachers from different school grade were asked to answer the questionnaire and semi-structured interview, which is related to what method usually do in their classroom, and do they have positive attitudes towards post-method pedagogy or vice versa. Results suggested that, although the teachers did not spell out exactly what post-method is, they have a positive response on the post-method pedagogy parameter dimension and frameworks had stated. It is recommended to the further research to do with the wider scale in order to get the wider perception towards the 21st current issue of ELT.
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN SMK NEGERI 2 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019 (Metode Survei Pada Siswa Kelas XI NKPI SMK Negeri 2 Subang) MAGFI NUGRAHA WAHYUNA; IYAN NURDIYAN HARIS; DEDEN BUDI ROSMAN
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.538 KB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Subang merupakan sekolah kejuruan yang sangat mengutamakan fisik dan tingkat kesegaran jasmani disamping prestasi akademik. Kegiatan seperti pembebanan fisik satu jam sebelum pelajaran dilakukan disekolah tersebut. Iklim sekolah yang menyerupai militer pun diterapkan di sekolah. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut peneliti ingin membuktikan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2018-2019 Kabupaten Subang dalam kondisi baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa kelaas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 SUbang tahun pelajaran 2018-2019 Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani (TKJI) tahun 2010 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani untuk remaja umur 16-19 tahun dengan koefisien validitas untuk putra 0,960 dan koefisien reliabilitas untuk putra 0,720. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif presentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI nautika kapal penangkap iakan sebangayak 29 siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani siswa kelas XI SMK Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2018-2019 Kabupaten Subang sesuai dengan hasil tes yang dimasukkan ke dalam tabel norma tingkat kesegaran jasmaniyaitu, 0 siswa kategori kurang sekali (KS), 0 siswa kategori kurang (K), kategori sedang (S) sebanyak 2 siswa presentase 7%, kategori baik (B) sebanyak 24 siswa presentase 83%, kategori baik sekali (BS) 3 siswa presentase 10%.
PENGARUH LATIHAN LONCAT KATAK DAN LONCAT NAIK TURUN BANGKU TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENI MUDIAN
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.954 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan loncat katak dan latihan loncat naik turun bangku terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas V SD IT ‘Alamy Kecamatan Subang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan loncat katak dan loncat naik turun bangku terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa putra kelas V SD IT ‘Alamy Kecamatan Subang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola M – S. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT ‘Alamy yang berjumlah 24 siswa. Pengambilan sample menggunakan tehnik total sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu latihan loncat katak dan loncat naik turun bangku, serta variabel terikat yaitu kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Instrumen penelitian tes lompat jauh gaya jongkok. Analisis data menggunakan t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung 2,457 > t-tabel 2,201 pada taraf signifikan 5% dengan db 11 berarti ada perbedaan pengaruh antara latihan loncat katak dan loncat naik turun bangku terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas V SD IT ‘Alamy Kecamatan Subang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari perhitungan mean, menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen 1 lebih besar dari mean kelopok eksperimen 2 (321,417 < 310,167). Dengan demikian, latihan loncat naik turun bangku lebih berpengaruh daripada latihan loncat katak.
PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING CYCLE (ALC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DAMPAKNYA PADA MOTIVASI SISWA SMA KASEM KASEM; SUMPENA ROHAENDI; MARIAM AR RAHMAH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.906 KB)

Abstract

Hasil wawancara yang dilakukan dengan salah satu guru bidang studi matematika di SMAN 1 Kroya, bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, siswa hanya mampu mengerjakan soal yang sudah dicontohkan oleh guru saja, jika diberikan soal yang bersifat menantang hanya 8% dari 25 siswa yang mampu mengerjakannya. Dengan ketidak mampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal pemecahan masalah tersebut, siswa menjadi malas dan takut untuk belajar matematika. Hal itu menyebabkan motivasi siswa dalam belajar matematika menjadi menurun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Dengan alat pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar, angket sikap siswa terhadap model accelerated learning cycle (ALC). dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas ekperimen mendapat pembelajaran accelerated learning cycle ALC dan kelas kontrol mendapat pembelajaran ekspositori. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan bagaimana dampaknya terhadap motivasi belajar siswa serta pembelajaran manakah yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran accelerated learning cycle ALC lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Siswa yang memperoleh pembelajaran accelerated learning cycle ALC memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Hampir seluruhnya sikap siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran accelerated learning cycle ALC.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TAECHING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA HARIYANA SANTOSO; PULUNG RIYANTO; IYAN NURDIYAN HARIS
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.269 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa di SMPN 1 Jalancagak Subang. Populasi dan sampel penelitian ini siswa kelas IX. Untuk menentukan besarnya sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling atau pengambilan sampel acak berdasar area. Dari populasi yang ada kemudian diperoleh sampel sebanyak dua kelas yang masing-masing kelas berjumlah 38 siswa, satu kelas sebagai kelas ekperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data angket. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS uji paired sample T-test dan independensample T-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmanai siswa di SMPAN 1 Jalancagak. Nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmanai siswa di SMPN 1 Jalancagak.. Sebelum diberikan model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) berada pada rerata 122,68 dan pada saat posttest meningkat menjadi 141,03. Ternyata besarnya rerata setelah diberikan model pembelajaran tutor ssebaya (peer teaching) berpengaruh terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa. Dari hasil perhitungan analisis data bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMPN 1 Jalancagak Subang.
PENGARUH BENTUK LATIHAN ENVELOPE RUN DAN BOOMERANG RUN DENGAN METODE LATIHAN REPETISI TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PEMAIN SEPAK BOLA MOCHAMAD ZAKKY MUBAROK
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.004 KB)

Abstract

Fokus kajian dalam penelitian ini adalah penerapan bentuk latihan envelope run dan boomerang run melalui metode latihan repetisi terhadap peningktan kelincahan pemain sepak bola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan nonequivalent control group design, teknik pengumpulan data menggunakan illinois run test. Populasi dan sampel berjumlah 22 pemain dari tim Liga Santri Nusantara 2018 Pondok Pesantren Darul Ma’arif Indramayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menyatakan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan envelope run terhadap peningkatan kemampuan kelincahan pada pemain sepak bola; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan boomerang run terhadap peningkatan kemampuan kelincahan pada pemain sepak bola; (3) Peningkatan kelincahan pemain sepak bola melalui latihan envelope run lebih baik dan signifikan dibandingkan dengan peningkatan kelincahan melalui latihan boomerang run.
PENGARUH LATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KETEPATAN UMPAN (PASSING) PADA PEMAIN SEPAK BOLA MAHARDHIKA FC RONI RONI; IYAN NURDIYAN HARIS; ARIS RISYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.771 KB)

Abstract

Ketepatan umpan (passing) adalah hal yang vital atau sangat penting dalam olahraga sepak bola. Sangat banyak metode latihan atau cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas mengumpan pada pemain sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode latihan small-sided games terhadap ketepatan umpan (passing) pada pemain klub Mahardhika Fc.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah pemain sepak bola klub Mahardhika Fc. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Jenuh, teknik ini untuk penentuan sampel bila anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang, atau penelitian yang ingin membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Teknik pengambilan data menggunakan tes.Berdasarkan temuan penelitian menunjukan bahwa, nilai signifikansi probability 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari metode latihan Small-sided games terhadap ketepatan umpan (Passing) pada pemain klub sepakbola Mahardhika Fc. Sebelum diberikan metode latihan small-sided games terhadap ketepatan umpan (passing) pada pemain klub sepakbola Mahardhika Fc berada pada rerata 8,7 dan pada saat posttest meningkat menjadi 11,4. Ternyata besarnya rerata setelah diberikan metode latihan small-sided games meningkat sebesar 2,70 atau sebesar 31,04 %.
IMPROVING STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT THROUGH WRITING DAIRY MIMIN AMINAH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.92 KB)

Abstract

The research using classroom action research method, this research involved students in tenth grade at SMKN Cijambe. The research data obtained from tests for three cycles, and observation sheets. Furhermore the data was analyzed to determine the increase in students' ability of writing recount text and also the response of students towards teaching recount text by using writing dairy.The improvement appeared in the average of the score in the cycle I, Cycle II and cycle III. The average score in cycle I was 61,59 and it increased into 76,9 in cycle II. In the cycle III the average was 79,63. The students who passed Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) was 27% or it was 6 students in cycle I and it was 77% passing the KKM or it was 17 students passing the KKM in cycle II. In third cycle all students passed KKM with 100% or it was 22 students passing the KKM in cycle III. The minimum score in cycle I was 45 but it was 55 in cycle II. The minimum score was 75 in cycle III. The maximum score was 80 in cycle I and it was 85 in cycle II, finally 85 in cycle III. The results data analysis demonstrate that using writing dairy method can improve students' writing ability on recount text. The students’ also gave a good response. It demonstrate on observation sheet that filled out by the observer during three cycles.
PENGARUH METODE LATIHAN MULTIBALL DAN LATIHAN DENGAN PEMAIN LAIN TERHADAP KETEPATAN FOREHAND DRIVE PADA SISWA EKSTRAKULIKULER TENIS MEJA SMA NEGERI 1 JALANCAGAK TAHUN 2018 Santi Nurdianti; DENI MUDIAN; ARIS RISYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 4 No. 02 (2018): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.984 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jalancagak kabupaten Subang, Jawa Barat. Rumusan penelitian adalah (1) Apakah metode latihan multiball dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan forehand drive pada siswa Ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak? (2) Apakah metode latihan dengan pemain lain dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan forehand drive pada siswa Ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak? (3) Metode latihan manakah yang lebih memberikan pengaruh yang signifikan antara metode latihan multiball dan metode latihan dengan pemain lainterhadap ketepatan forehand drive pada siswa Ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak?. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The Static Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakulikulertenismeja SMA Negeri 1 Jalancagak dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang.Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak sebanyak 20 orang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) latihan multiball memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan forehand drive pada siswa ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak dengan nilai t hitung 13,668 > t tabel 1,83311 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05. (2) latihan dengan pemain lain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan forehand drive pada siswa ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak dengan nilai t hitung 7,797 > t tabel 1,83311 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan multiball dan latihan dengan pemain lain terhadap ketepatan forehand drive pada siswa ekstrakulikuler tenis meja SMA Negeri 1 Jalancagak dengan nilai gain untuk latihan multiball 9,6 dan latihan dengan pemain lain 5,7, sedangkan dilihat dari nilai sig.(2-tailed) 0,001 < 0,05.

Page 1 of 3 | Total Record : 30