cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA" : 14 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TELA TELA; VARA NINA YULIAN; YANRY BUDIANINGSIH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.159 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.464

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam pemecahan masalah yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori; 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kuasi eksperimen dan lokasi penelitian ini adalah SMPIT Asyifa Boarding School. Dengan Subjek penelitian siswa kelas VII Fatimah sebagai kelas eksperimen dan VII Maryam sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori; 2) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN RAJU RAHADIAN
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.566 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.412

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pembelajaran smash bolavoli untuk siswa SMK. Memperoleh data data empiris tentang efektivitas model pembelajaran smash bolavoli untuk siswa SMK. Pendekatan penelitian pengembangan model pembelajaran smash ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall. Hasil analisis kebutuan menunjukan bahwa model pembelajaran smash bola voli sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hasil pengembangan model pembelajaran smash bolavoli berdasarkan validasi 5 ahli diperoleh 26 model dari 34 model yang peneliti susun. Hasil uji coba kelompok kecil kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bolavoli diperoleh nilai 76,30% (baik) dan 80.56% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok besar, kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bolavoli diperoleh nilai 71,75% (baik) dan 75.36% (baik). Keefektifan model yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan. Berdasarkan dari hasil perbandingan antara nilai pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa diperoleh hasil t0 sebesar 11,895 dan ttabel 2,042. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil smash bolavoli peserta didik setelah diberikan perlakuan model pembelajaran smash bolavoli.
ANALISIS ALIH KODE DALAM DIKSI DEBAT DAN PRESENTASI PENGAMAT POLITIK ROCKY GERUNG SUNARA SUNARA
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.551 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengambilan diksi alih kode bahasa Indonesia kedalam bahasa Inggris yang dilakukan oleh pengamat politik Rocky Gerung dalam setiap debat dan presentasi di berbagai media visual. Perubahan diksi terjadi pada bahasa sumber bahasa Indonesia menjadi diksi bahasa sasaran bahasa Inggris menyebabkan terjadinya alih kode. Pengamat politik Rocky Gerung dalam pengambilan diksi alih kode bahasa Inggris untuk mempresentasikan maksud memiliki beberapa tujuan misalnya untuk berkomunikasi yang indah dan tidak membosankan serta menarik untuk didengar, memiliki tujuan sebagai analogi, membandingkan, menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan kalimat lain yang memiliki analogi sama. Alih Kode Rocky Gerung juga memiliki rasa bahasa yang biasa saja, dia memilihnya bahasa Inggris untuk menguatkan rasa bahasa dan gampang diingat, membuat ungkapan yang efektif dan hemat dalam pengambilan diksi alih kode, menekankan, dan mempertahankan warna asli bahasa tersebut, memperhatikan kejiwaan agar makna diksi yang diucapkan lebih mengena dan mendalam, atau secara suka suka ia ungkapkan dengan diksi bahasa Inggris sambil tertawa dan bercanda, atau sebagai argumentasi untuk menarik simpatik pendengar sehingga menjadi menarik. Rocky Gerung memang memiliki bakat berbahasa dan pengetahuan yang cukup. Peneliti menggunakan teori sosiolinguistik alih kode. Metode analisis yang digunakan adalah analisis alih kode yang difokuskan pada aspek kebahasaan terkait dengan aspek sosial data yang berupa suara dari presentasi dan debat dikumpulkan dari media YouTube dan dianalisis dengan menggunakan model alih kode yang diungkapkan situasi dan maksud tujuan tertentu. Rocky sering memberikan penjelasan kepada lawan bicara melalui audio visual dalam bentuk seminar atau debat yang diselenggarakan beberapa televisi swasta. Para hadirin menyaksikan debat dan presentasinya dari berbagai lapisan akademisi, ahli hokum, mahasiswa dan rakyat biasa yang menonton dari layar televisi media visual. Dari pengamatan observasi variasi bahasa dan tipe penggunaan diksi rekaman video yang baik dan menarik di YouTube telah mendorong netizen untuk berpartisipasi memberikan komentar beragam dan menarik secara politik, social, budaya, ekonomi dan linguistic.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION (AIR) SERTA DAMPAKNYA PADA SELFCONFIDENCE SISWA SMP IMAS MASRIAH; NITA DELIMA; YANRY BUDIANINGSIH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.392 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.465

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa smp yang masih rendah, siswa masih kebingungan untuk menentukan konsep dalam menyelesaikan soal matematika, baik dalam bentuk abstrak atau dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, self-confidence siswa masih rendah, masih banyak siswa yang belum berani menyampaikan gagasan yang mereka miliki baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis serta berdampak pada self-confidence siswa adalah model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pagaden. Sampel diambil dengan memilih dua kelas secara acak. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran AIR, dan satu kelas sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pagaden yang menggunakan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dan yang menggunkan pembelajaran ekspositori. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dan pembelajaran ekspositori berbeda atau sama. Selanjutnya adalah untuk mengetahui hubungan timbal balik kemampuan penalaran matematis dan selfconfidence siswa dari adanya peningkatan dengan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model auditory, intellectualy, repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis N-gain terhadap siswa yang pembelajarannya dengan AIR lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Sedangkan hasil analisis angket auditory, intellectualy, repetition (AIR) dapat disimpulkan siswa sebagian besar menyetujui pembelajaran dengan menggunakan AIR. Serta hasil analisis self-confidence siswa dengan penerapan model pembelajaran AIR adalah sebagian besar siswa memiliki self-confidence yang tinggi.
THE INFLUENCE OF GALLERY WALK MODEL TOWARDS STUDENTS’ SPEAKING SKILL ELIS ANDINI; SUNARA SUNARA; SUMPENA ROHAENDI
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.144 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.413

Abstract

The purpose of the researchwas to investigate whether or not the influence gallery walk model towards students speaking skill. The resarch was onducted in SMPN 2 Purwadadi. This research use Quantitative method and used non-equivalent control group design categorized as Quasi expeimental design. Two classes were selected from seventh as experiment and control class. The result of the data analysis were as follows. Mean score of pretest in experiment class was 15.66 and standard deviation was 2.057. while, mean score in control class was 16.25 and standard deviaton was 1.586 . further, mean score of posttest in experiment class was 17.81 and standard deviation was 1.533. while, mean score posttest in control class was 17.66 and standard deviation was 1.619. The result of T-test shows that value sig. (2–tailed) was 201in pretest. It was higher than 0.05. Then, there was not diffence of mean between experiment and control class in pretest. The value sig. (2–tailed) was 6.93 in posttest. It was higher than 0.05. Then, there was not difference of means between experiment and control class in posttest. Based on the result of model summary in simple regression, R squere was 0.051 with significance 0.214. it means that the influence of independent variable (questionnaire) towards dependent variable (posstest) was 0.05 %. While, 99.95 % influenced by other variable. Then model of regressing was not good enough as predictors. Based on the coefficient, constant of 20.308 if there was nothing questionnaire, then value of posttest is -0.046. Regression coefficien X of (-0.214) it means each addition 1 value of questionnaire then decline of posttest value of (-0.214). it shows that there was not the significance influence of Gallery walk model toward students speaking skill.
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTs RATNA NURWAHIDAH; VARA NINA YULIAN; MARIAM AR RAHMAH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.206 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.437

Abstract

Penelitian ini karena kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih kurang, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal matematika, selain itu juga siswa terlihat pasif dan hanya mengikuti contoh penyelesaian yang dilakukan oleh guru. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pendekatan Open-Ended. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Fatah Pabuaran. Peneliti memilih dua kelas sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended, dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran ekspositori. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah pretes-postes Control Group Design. Dari hasil uji hipotesis rerata indeks gain dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas yang menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik daripada kelas yang menggunakan metode ekspositori. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar dalam kelas, siswa terlihat antusias dalam mengerjakan soal Open-Ended dan menjawab soal tersebut dengan berbagai alternatif jawaban. Hasil tersebut diperkuat oleh data angket yang menggambarkan bahwa respon siswa positif dan siswa menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended. Dengan demikian pendekatan Open-Ended dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran selama dikelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir keatif matematis siswa MTs.
PEMBELAJARAN TANGGUNG JAWAB DALAM PENJAS DI SEKOLAH RAJIP MUSTAFILLAH RUSDIYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.367 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.408

Abstract

Artikel ini memuat tentang kajian teoritik upaya meningkatkan perilaku positif di lingkungan siswa sekolah dan remaja. Tujuan dari artikel ini memberikan pengetahuan tentang upaya yang dapat dilakukan untuk menekan kenakalan remaja. Penulis mencoba menjelaskan secara procedural dan sistematis langkah dan tahapan yang digunakan dalam proses pembelajaran tanggungjawab. Dalam prosesnya siswa dituntut untuk saling menghormati dan menjaga perasaan teman, siswa dituntut untuk berpartisipasi dan berupaya dalam segala aktivitas yang ditugaskan, siswa mampu bertanggungjawab pada diri sendiri serta mampu membuat perencanaan hidup sendiri, siswa mampu bekerjasama dengan teman bermaian, dan siswa mampu menerapkan nilai-nilai yang sudah dipelajaran diimplementasikannya dalam kehidupan dimasyarakat.
PENGARUH PELATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN KAPASITAS AEROBIK MAKSIMAL DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PADA PEMAIN SEPAKBOLA RIZKI APRILIYANTO
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.592 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.414

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran lapangan yang berbeda pada pelatihan small sided games. Ukuran lapangan besar (62 x 44 m) dan ukuran lapagan kecil (32 x 23 m). Tiga puluh pemain terlibat dalam penelitian ini dan terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok eksperimen I pelatihan small sided games ukuran lapangan besar. Kelompok eksperimen II pelatihan small sided games ukuran lapangan keci dan kelompok kontrol dengan pelatihan konvensional. Penilaian dari pelatihan small sided games diukur menggunakan dua macam test: a) multistage fitness test, b) test dribbling.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Analisis MANOVA menunjukkan bahwa ukuran lapangan besar lebih optimal dibandingkan dengan ukuran lapangan kecil dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran lapangan adalah faktor yang lebih berpengaruh. Pengaruh dari faktor ukuran lapangan dapat menyebabakan beban kerja pemain. Dalam hal ini peningkatan kapasitas aerobik maksimal dan keterampilan dribbling.
PENERAPAN HYPNOTEACHING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA ASEP HABIBI; NITA DELIMA; YANRY BUDIANINGSIH
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.176 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.448

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan hypnoteaching melalui model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis serta mengetahui motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching; (3) Mengetahui motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Adapun data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis, angket sikap, dan angket motivasi belajar.
HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT KAKI, KOORDINASI MATA-TANGAN, DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL KETERAMPILAN JUMPING SERVICE BOLA VOLI DOMI BUSTOMI
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.347 KB) | DOI: 10.35569/biormatika.v5i01.409

Abstract

Hasil pengujian hipotesis terdapat hubungan positif antara Daya Ledak Otot Kaki (X1) dengan Hasil Keterampilan Jumping service Bola Voli (Y), Hal tersebut berarti bahwa Daya Ledak Otot Kaki memberi kontribusi sebesar 68% terhadap Hasil Keterampilan Jumping service Bola Voli. Terdapat hubungan positif antara Koordinasi Mata-tangan (X2) dengan hasil keterampilan jumping service bola voli (Y), Hal tersebut berarti bahwa koordinasi mata-tangan memberi kontribusi sebesar 78% terhadap hasil keterampilan jumping service bola voli. Terdapat hubungan positif antara Rasa Percaya Diri (X3) dengan hasil keterampilan jumping service bola voli (Y), Hal tersebut berarti bahwa rasa percaya diri memberi kontribusi sebesar 46% terhadap hasil keterampilan jumping service bola voli. Terdapat hubungan positif antara power tungki (X1), koordinasi mata-tangan (X2), rasa percaya diri (X3) dengan hasil keterampilan jumping service bola voli (Y), Sehingga scara bersama-sama Daya Ledak Otot Kaki, koordinasi mata-tangan dan rasa percaya diri memberi sumbangan sebesar 82% dengan hasil keterampilan jumping service bola voli. Jadi dapat disimpulkan bahwa Daya Ledak Otot Kaki, koordinasi mata-tangan, dan rasa percaya diri memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil keterampilan jumping service bola voli.

Page 1 of 2 | Total Record : 14