cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan" : 14 Documents clear
KAJIAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BERDASARKAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Merinda Maranatha Sitorus; Fredik Melkias Boiliu
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.825

Abstract

ABSTRAK Artikel ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan teknologi di era disrupsi 4.0 dan persiapan menuju 5.0 mengikuti iman Kristen. Teknologi sudah ada sejak manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan (Imago Dei) Kejadian 1: 27-28, dimana Dia memerintahkan mereka untuk mengembangkan teknologi dan campur tangan dalam menentukan dimensi ruang di kapal, bahkan bahannya. Dalam hal ini, keterlibatan Tuhan dalam menciptakan teknologi menunjukkan bahwa itu dimaksudkan untuk digunakan untuk keselamatan manusia dan memuliakan Tuhan. Sebagai manusia pertama, Adam diperintahkan untuk merawat hewan lain yang diciptakan Tuhan, dan ini telah menjadi proyek tidak langsung yang diberikan kepada manusia hingga saat ini. Tuhan melengkapi manusia dengan akal; Oleh karena itu, melalui pemikiran inilah mereka dengan cepat mengembangkan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman dan peradaban yang saat ini berada di era disrupsi 4.0 dan menuju generasi 5.0 dimana manusia menciptakan teknologi dengan cepat dan canggih. Pendidikan Kristen dianalisa terhadap perkembangan teknologi untuk memahami manusia bahwa semua teknologi yang canggih berasal dari Tuhan karena Dialah Arsitek. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka dan studi pustaka
THE EFFECT OF INTRINSIC MOTIVATION ON ENGLISH LANGUAGE LEARNING AMONG SECONDARY SCHOOL STUDENTS Mimin Aminah; Muhammad Anjar Nugraha
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.930

Abstract

Abstract—In Pandemic situation students forced to deal with learning in 4.0 era. This era demanding student to be active in learning process. Thus, students’ factor, take control result of teaching learning beyond all kind of learning model that was presented in any research. Intrinsic motivation is one of many factors that can impact on success or failure for a complex challenge. With high motivation students could looking for many ways to get their goals. It is very affected when students have good motivation to study English as a new skill for them. In Indonesia exclusively, English is a foreign language. In a public senior high school mostly English just 4 hours per-weeks and it is less than enough to improve Students English skill, so here motivation take important part to make sure they could find another way to improve their English Skill in the condition that could not support their needs. Therefore, the purpose of this research to investigate how effective intrinsic motivation on English language learning among secondary school students. The data were collected through observational field notes, questionnaire and test of English competency. The researcher expected this research can give overview about students’ language learning process and outcomes.
The Effect of Students’ Writing Ability through Brainstorming Methods towards English Learning Achievement in 2013 Curriculum Ida Maulida ida maulida; Slamet Wahyudi Yulianto
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.931

Abstract

The process of writing has been seen as a problem for many students. This problem because students do not have the ability to develop ideas, creative solution. One of the methods to develop their ideas in writing by using Brainstorming Methods. Not only it, students have opportunities to develop their ideas using Jamboard in Education 4.0, especially it is suitable media in pandemic era. This research taught by brainstorming strategy using (Jamboard Application in Education 4.0), it is help students to develop innovative teaching strategies (brainstorming and concept mapping) on improving the students’ writing ability and creative thinking skill. Therefore, the purpose of this study is to the identify the methods applied by writing students’ ability through brainstorming methods towards English learning achievement in 2013 curriculum. The data were collected through observational used tests and questionnaires. The total samples used in this study were 38 students consisting of class XI IPS 1 of Public Senior High School in Subang. This research used an experimental method with the design of One Group Pretest Posttest Design. Moreover, considering, should provide more students to help them able to use the best techniques in teaching learning process online by using brainstorming methods (Jamboard in Education 4.0).
Program Latihan Kebugaran Jasmani Mandiri Solusi Perkuliahan Pendidikan Jasmani Secara Daring Fatkhur Rozi; Ibdaul Latifah; Setiorini Rahma Safitri; Dewi Wulandari
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.960

Abstract

The unfinished Covid-19 pandemic has an impact on all factors of life in society, one of which is education. The purpose of this study was to qualitatively describe the application of independent physical fitness training in physical education courses at IAIN Salatiga. This research is a qualitative descriptive study. The instrument is a researcher himself to collecting the data and analyzing it by way of reducing data, presenting data, and verifying it. The results of this study were a physical fitness training program carried out at IAIN Salatiga in Physical Education lectures, arranged in three stages; planning, implementation, and evaluation. This study concludes that independent physical fitness training for IAIN Salatiga students can be used as a solution during online physical education learning during the Covid-19 pandemic.
Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi Asep Aziz Nasser; Opan Arifudin; Ujang Cepi Barlian; Sofyan Sauri
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.965

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Sistem perekrutan siswa baru untuk meningkatkan mutu siswa. Penelitian sistem penerimaan siswa baru berbasis web ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa perencanaan system perekrutan siswa baru sudah sesuai dengan standar dilihat dari terlaksananya indicator memperhatikan daya tampung dan besarnya kelas (class size), adanya kriteria calon siswa, adanya penerapan sistem yang objektif, transparan dan akuntabel dan adanya prosedur baku yang diterapkan dalam PSB. Pengorganisasian penerimaan siswa baru kriteria penerimaan dan sistem seleksi, dilakukannya pembuatan, pemasangan dan pengiriman pengumuman siswa baru, dilakukannya pendaftraan siswa baru, dilakukannya proses seleksi siswa baru, penentuan siswa baru yang diterima, pengumuman siswa baru yang diterima, dan dilakukannya registrasi/daftar ulang bagi siswa baru yang diterima. Pengarahan system perekrutan siswa baru dengan indikator berbagai jalur seleksi penerimaan siswa baru, masuk dalam kategori standar karena menerapkan tiga jalur seleksi dalam penerimaan siswa baru yaitu jalur regular, jalur prestasi dan jalur lingkungan. Sedangkan untuk indikator pelaksanaan masa orientasi siswa masuk dalam kategori standar. Pengendalian perekrutan siswa baru terlihat dari terlaksananya indikator monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi baru dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan monitoring dan evaluasi oleh komite sekolah.
Inovasi Pembelajaran Daring Melalui Penggunaan Aplikasi Media Sosial (Social Networking) : (Studi Kasus pada SMP Islam Terpadu Mentari Ilmu Karawang) Rahman Tanjung; Deni Hadiansah; Sofyan Sauri; Ujang Cepi Barlian
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.966

Abstract

Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan pada bidang teknologi informatika, memicu gelombang disrupsi dalam berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Terlebih lagi mewabahnya virus Covid-19 ke seluruh dunia termasuk Indonesia, telah mendorong lembaga pendidikan untuk berinovasi dalam kegiatan pembelajaran daring yang salah satunya adalah melalui penggunaan aplikasi media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan inovasi pembelajaran daring melalui aplikasi media sosial di SMPIT Mentari Ilmu Karawang, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta kendala dan solusi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian penelitian menggunakan pendekatan metode deskriptif analisis berdasarkan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi daring yang terjadi secara mendadak telah mendorong adanya inovasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh lembaga pendidikan, salah satunya melalui media sosial dan SMPIT Mentari Ilmu Kabupaten Karawang telah menjawab tantangan kondisi perubahan tersebut dengan memanfaatkan inovasi pembelajaran daring melalui media sosial dalam suatu sistem aplikasi pembelajaran elektronik atau e-learning yang disebut dengan Elektronik Mentari Ilmu Karawang (EMIK) yang juga mengintegrasikannya dengan media sosial lainnya seperti What Apps, Instagram dan Youtube.
Means Ends Analysis untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Wahid Umar
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.967

Abstract

Artikel ini menyajikan hasil penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control group design yang mengkaji model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri yang ada di Kota Tidore provinsi Maluku Utara. Sampel yang melibatkan adalah sebanyak 158 siswa kelas VIII dari dua SMP level sekolah tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan berpikir kritis matematis dan skala disposisi matematis. Analisis data menggunakan uji Non Parametrik Mann-Whitney dan uji beda lanjut atau post hoc dari One-Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan model MEA lebih unggul secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dibanding siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional (PKV). Hasil penelitian ini, juga menemukan bahwa tidak terdapat interaksi antara kemampuan berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis siswa.
PENERAPAN METODE LATIHAN KETERAMPILAN PSIKOLOGIS BERUPA RILEKSASI UNTUK MENINGKATAN KINERJA WASIT DALAM MEMIMPIN PERTANDINGAN FUTSAL Deni Mudian; Aris Risyanto
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.969

Abstract

Latar belakang penelitian dilatar belakangi oleh media massa yang sering kali memberitakan wasit dalam memimpin jalannya suatu pertandingan, bahkan menjadikan pokok pemberitaan hangat terkait dengan sikap wasit dalam pertandingan. Wasit seringkali dijadikan sasaran ketidak puasan pemain, ofisial, dan penonton ketika mereka merasa tidak puas dengan kinerja wasit, terutama ketika kondisi kesebelasan ada pada posisi kalah. Lebih-lebih dalam kondisi tersebut wasit sering tidak terkontrol emosinya ketika diperlakukan tidak sewajarnya. Akibat dari seringnya pemain, ofisial dan penonton memberikan protes berlebihan dan seakan-akan melecehkan wasit dalam suatu pertandingan, tidak jarang pula membuat wasit semakin tidak bisa mengontrol emosinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah penerapan metode latihan keterampilan psikologis berupa latihan Rileksasi dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja wasit dalam memimpin pertandingan futsal. Penelitian dilakukan terhadap wasit AFK Kabupaten Subang, luaran yang ditargetkan adalah dipublikasikan di jurnal BIORMATIKA Universitas Subang. Metode eksperimen dan desain One Group Pretest-Postest Desaign dipilih pada penelitian ini untuk melihat sejauh mana pengaruh latihan keterampilan Rileksasi terhadap kepemimpinan wasit futsal. Adapun uraian TKT penelitian yang diusulkan dalam penelitian ini adalah Rancangan dan Metodologi Penelitian tersusun komplit.  
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER 6S MELALUI POSTER DAN SLOGAN Putra Kaslin Hutabarat Putra
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.971

Abstract

The purpose of this study was to describe the strategies used in improving 6S in SD / MI. This journal uses a descriptive approach, observation data collection techniques, and interviews. Meanwhile, the data analysis technique uses an interactive model. Then test the validity of the data using data triangulation. And the strategy used is to use posters, slogans and posters that are displayed in class and outside the classroom. The results of this study are proven by showing a friendly and fully open attitude with good character, the language style starts from the greeting sentence. which is an example applied by the teacher when going into the room to shake hands and pray together. So it can be concluded that the existence of posters and slogans can increase the attitude and attitude of grade III students
Hubungan Keukuatan Otot Lengan dan Power Tungkai dengan Kemampuan Jump Shoot Tim Putri Extrakulikuler Bolabasket SMA Negeri 1 Sukaraja Sukabumi Faiz Faozi; Novy Yuliantini
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 7 No. 1 (2021): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v7i1.972

Abstract

This study aims to determine the relationship of arm muscle strength and leg power with the jump shot ability of the extracurricular women's basketball team. This research is a Non-Experimental study with correlational design.Data collection techniques in this study were tests. The instruments used in this study were push-up tests, vertical jump tests, and ball-to-ring tests with jump shots that were at 5 shot post points with 5x chance to shoot at each post.The results of the analysis showed that: There was a significant relationship between arm muscle strength and jump shoot, significance value 0.001 <0.05, the magnitude of the relationship between arm muscle strength and Jumpshot by 75.3%. (2) There is no significant relationship between leg muscle power and jump shoot in basketball extracurricular women's teams with t count 3.105> t table 2.23, and significance value 0.316 <0.05. (3) There is a significant relationship between arm muscle strength and leg power simultaneously to Jump shoot ability with r = 0.753 and significance = 0.001 with sig F change = 0.004.

Page 1 of 2 | Total Record : 14