cover
Contact Name
Taufiq Hidayat
Contact Email
taufiq.hidayat@umk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
crankshaft@umk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL CRANKSHAFT
ISSN : 26230720     EISSN : 26230755     DOI : -
Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan ajang berbagi karya riset dan pengembangannya di bidang teknologi. Jurnal Crankshaft terbit 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)" : 10 Documents clear
Simulasi Pengaruh Temperatur Heater Selama Proses Pemanasan Udara sebagai Inlet pada Spray Dryer Akhmad Zidni Hudaya; Setya Deni Maula; Shofwan Bahar; Sigit Arrohman; Henry Carles; Muhamad Sukis; Eflita Yohana
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12497

Abstract

Spray drying merupakan teknologi pengolahan produk yang digunakan untuk mengubah bentuk cairan menjadi bentuk partikel kering dengan media semprot pengeringan panas. Proses pengeringan yang singkat dengan kondisi operasional yang terkontrol dapat mempertahankan temperatur droplet agar tetap rendah sehingga dapat menerapkan temperatur udara pengeringan yang tinggi tanpa mempengaruhi produk. Temperatur produk yang rendah dan waktu pengeringan yang singkat memungkinkan metode spray drying dapat digunakan untuk pengeringan produk yang sangat sensitif terhadap panas dan mempertahankan berkualitas produk seperti warna, rasa, dan nutrisi. Banyak kajian eksperimental maupun numerikal telah dilakukan untuk mengetahui karakteristik proses spray drying termasuk membandingkan hasil eksperimental dan simulasi, dan menghasilkan prediksi profil kecepatan dan temperatur selama proses spray drying menggunakan simulasi komputasi dinamika fluida. Penelitian mengenai pengaruh temperatur pada proses spray drying telah dilakukan, dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa semakin tinggi temperatur pengeringan, maka semakin rendah nilai moisture content dan water activity pada produk yang dihasilkan. Dalam penelitian ini, parameter pengeringan yang digunakan adalah temperatur udara masuk pada spray dryer dimana udara tersebut akan dipanaskan menggunakan pemanas udara terlebih dahulu. Simulasi dilakukan secara numerik dengan pemodelan 3 dimensi menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Hasil yang diperoleh mempunyai nilai error sebesar 3% dibandingkan dengan data eksperimen. Semakin tinggi temperatur heater maka akan menghasilkan temperatur outlet yang tinggi pula. Temperatur tertinggi berada pada area heater dan temperatur dinding pemanas udara sangat mempengaruhi proses pemanasan udara. Udara setelah melewati heater 3 mempunyai nilai temperatur yang paling tinggi dibandingkan heater-heater sebelumnya dan bahkan heater-heater setelahnya. Dari kesimpulan tersebut, alat pemanas udara harus dievaluasi ulang terutama dari segi desain dan sistem kerjanya untuk meningkatkan efisiensi pemanasan udara.
Analisa Hasil Sambungan Las ( Pipa STKM 13B Dan Plat SPH 440) Dengan Pengujian Tarik dan Photomacro Luqman Fikri; Yulianto Simamora; Muhammad Untung Zaenal Priyadi; Yasya Khalif Perdana Saleh; Mohammad Zaenudin; Sidik Mulyono; Adhes Gamayel; Askar Triwiyanto; I nyoman Jujur
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12657

Abstract

ABSTRACTGMAW (Gas Metal Arc Welding) is a fast, versatile welding technique that can be used in various positions, but it often results porosity in welded joints.This research aims to analysis of the welded joints of STKM13B pipe and SPD 440 plate using tensile and micro testing, using welding a current of 18 and varying voltages of 110, 130, and 150. The results is the shape of the welded joint of the plate and pipe is perfectly connected, the tensile test results showed that the ultimate strength values for specimen 1, 2, 3 (A110/V18, A130/V18, A150/V18) were (18,959, 27,886, 40,005 N) respectively. The highest ultimate strength values were obtained from the specimens (A150/V18) while the lowest ultimate strength value was obtained from specimen (A110/V18). The use of welding current strongly correlates with ultimate strength value and photomacro results, with higher currents resulting in higher density levels, minimizing porosity, and increasing ultimate strength. Keywords: GMAW Welding, Tensile Test, Macro Optical Test. 
Rancang Bangun Kipas Angin Otomatis Berbasis Arduino Muhammad Wahyudin; Jojo Sumarjo; Deri Teguh Santoso
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12359

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, pemanasan global dan perubahan iklim telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk kesehatan dan kenyamanan. Salah satu dampak langsung adalah fluktuasi suhu tubuh manusia. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian telah dilakukan untuk mengembangkan alat yang dapat membantu menstabilkan suhu tubuh manusia. Salah satu alat tersebut adalah kipas angin. Namun, banyak kipas angin yang digunakan saat ini masih beroperasi secara manual. Penelitian terbaru telah mengembangkan sistem kipas angin otomatis yang memanfaatkan sensor suhu DHT11 dan dikendalikan menggunakan Arduino Uno. Penelitian ini menambahkan fitur otomatisasi, memungkinkan kipas angin untuk beroperasi tanpa perlu intervensi manusia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membantu manusia dalam menghidupkan dan mematikan kipas angin secara otomatis.
Analisis Redaman Sistem Vibrasi Paksa Satu Derajat Kebebasan Pada Simple Vibration Apparatus Dibyo Setiawan; Zainiddin Zainuddin; Ibnu Annas Thoyib; Ahmad Kholil; Catur Setyawan Kusumohadi
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12447

Abstract

Vibration testing in the field of mechanical engineering has an important role in planning and maintaining machines to determine whether the design is safe and suitable for application. Newton's second law is a reference for back-and-forth movement around equilibrium both within the system and from outside the system which affects the machine itself, if the frequency of stimulation is equal to one of the system's natural frequencies, then resonance occurs, and dangerously large oscillations, resonance can cause damage to the system. The solution to avoid excessive resonance requires a damper. Forced vibration oscillations are applied by excitation using an unbalanced mass installed on a DC motor unit, the response is a mass deviation to obtain oscillations or time relationships with amplitude, the natural frequency of the system, mass-spring deviation, and characteristics of vibration. This activity aims to analyze the effect of the vibration amplitude of a forced vibration simulator under conditions without damping and using damping. The experimental test method was applied to a forced vibration system with one degree of freedom with an oil and air damper in a simple vibration apparatus simulator, 2 types of unbalanced masses, regulated by rotation up to 500rpm, tested under conditions without a damper, using an oil and air damper. The results of the activity showed that the air-dampening media can limit greater amplitude compared to the oil-dampening media.
Analisis Tingkat Kegagalan dan Perbaikan pada Mesin Impact Crusher: Pendekatan Perawatan Proaktif Yudi Siswanto; Hendi Lilih Wijayanto
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12603

Abstract

Mesin Impact Crusher adalah jenis mesin penghancur yang digunakan untuk mengubah ukuran material menjadi lebih kecil dengan cara memanfaatkan energi kinetik dari palu atau batang yang berputar dengan kecepatan tinggi. Penggunaan mesin ini memungkinkan proses penghancuran material menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga sangat penting dalam berbagai industri yang membutuhkan pengolahan material padat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap tingkat kegagalan yang sering terjadi pada mesin impact crusher dan mengembangkan pendekatan perawatan proaktif yang efektif. Metodologi penelitian disusun secara sistematis sehingga setiap tahap memiliki kaitan erat antar tahap lainya. Dengan perancangan metodelogi penelitian yang sistematis diharapkan juga menjadikan penelitian yang akan dilakukan menjadi lebih terarah untuk mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan dalam perumusan tujuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jumlah kegagalan dan jam operasi selama 12 bulan, serta rata-rata tingkat kegagalan dan MTBF. Total kegagalan selama 12 bulan adalah 23, dan total jam operasi selama 12 bulan adalah 8.460 jam. Rata-rata tingkat kegagalan selama 12 bulan adalah 2,7 kegagalan per 1.000 jam, dan rata-rata MTBF selama 12 bulan adalah 368 jam. Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat kegagalan mesin impact crusher bervariasi setiap bulannya.
Analisis Pengaruh Draft Blower terhadap Kestabilan Temperature di Ruang Bakar Mesin Smelter guna Memaksimalkan Hasil Produksi di PT YNX Muhammad Daris Saputra; Jojo Sumarjo; Boni Sena
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12387

Abstract

PT YNX, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam produksi Frit, bahan baku untuk kaca dan keramik. Proses produksinya melibatkan beberapa tahap sebelum produk akhir dijual. Dimulai dari penimbangan bahan baku, pencampuran sesuai formula, proses smelter dengan suhu maksimal 1650°C, pendinginan, hingga proses bagging. Selama pemurnian bahan baku, alat pendukung seperti blower digunakan untuk mengalirkan fluida gas melalui pipa dengan tekanan tertentu. Fan, blower, dan kompressor berperan penting dalam menggerakkan udara dan mengatur tekanan sistem. Hasil optimal dicapai pada suhu 1541°C dan 1310°C dengan rear gas dan oksigen yang masuk sesuai proporsi.  
Analisis Pembebanan Statis Roll Bar Chassis Mobil Hemat Energi Kholiq Deliasgarin Radyantho; Shafera Maulana Rahman; Muhammad Hakim Fadhillah; Daffa Akmalludin Arrizal; Sajri Ramadhani; Kevin Joshwadi Malau; Rizal Muhammad Hakiky; Eka Yoga Wiratmoko; Happy Aprillia; Devy Setiorini Sa’adiyah; Alfian Djafar; Hadhimas Dwi Haryono
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12649

Abstract

Regulasi pembatasan emisi gas buang dari kendaraan bermotor mulai banyak diterapkan di banyak negara mendorong industri otomotif untuk beralih menggunakan teknologi yang ramah lingkungan, seperti mobil listrik. Pada penelitian ini analisis pembebanan dilakukan berdasarkan peraturan teknis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024 untuk mengetahui nilai tegangan, safety factor, dan defleksi pada chassis berbahan galvanized steel dan aluminium 6061 dengan pembebanan sebesar 700 N pada bagian roll hoop/roll bar. Simulasi menggunakan software CAD dengan metode finite element analysis (FEA). Pada chassis berbahan galvanized steel nilai tegangan maksimum 52,420 MPa dari batas yield strength 203,94 MPa, defleksi maksimumnya 0,461 mm, dan safety factor 3,6. Kemudian pada chassis berbahan aluminium 6061 nilai tegangan maksimum 54,410 MPa dari batas yield strength 227,52 MPa, defleksi maksimum nya 1,34 mm, dan nilai safety factor sebesar 4,2. 
Rancang Bangun Pintu Otomatis Menggunakan RFID dan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Maruli Hadiatma Harahap; Jojo Sumarjo; Deri Teguh Santoso
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12389

Abstract

 Penelitian ini berfokus pada pengembangan sistem pengunci pintu otomatis yang lebih efisien dan aman dibandingkan dengan kunci konvensional. Sistem ini dirancang menggunakan Arduino dan sensor RFID untuk mendeteksi keberadaan objek hingga jarak maksimal 3 meter. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun pintu otomatis serta sistem keamanan yang efektif dengan sensor RFID. Metode riset dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini, melibatkan sembilan tahap, mulai dari identifikasi masalah hingga analisis data. Hasilnya, sistem ini dapat mendeteksi objek hingga jarak 3 meter dengan output sensor sebesar 3.4 Volt DC. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah pengunjung dengan pergerakan manusia yang menjadi objek deteksi. Dengan demikian, sistem ini menawarkan solusi praktis dan efisien untuk meningkatkan keamanan rumah dengan banyak pintu.
Analisis Pengaruh Kecepatan Spindle dan Variasi Pahat HSS terhadap Kekasaran Permukaan Baja ST 42 dalam Proses Bubut Konvensional dengan Metode Taguchi Formanto Paliling; Christof Geraldi Simon; Zainal Sudirman; Risa Lazarus; Frans Robert Bethony; Zerial Jhoy
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecepatan spindle dan variasi pahat High-Speed Steel (HSS) terhadap kekasaran permukaan baja ST 42 selama proses bubut konvensional dengan metode Taguchi. Dalam metode penelitian ini, tinjauan literatur dilakukan untuk menetapkan kerangka kerja, diikuti dengan persiapan peralatan dan bahan serta pelaksanaan proses pemesinan yang sesuai. Analisis hasil menunjukkan bahwa faktor jenis pahat (Faktor A) memiliki pengaruh signifikan terhadap kekasaran permukaan, khususnya dengan pahat HSS Bohler Molibdenum 2 menunjukkan kinerja terbaik. Sementara itu, faktor kecepatan spindle (Faktor B) juga berpengaruh signifikan, di mana peningkatan kecepatan spindle menyebabkan peningkatan kekasaran permukaan. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan karakteristik kualitas hasil pemesinan, disarankan untuk menggunakan pahat HSS Bohler Molibdenum 2 pada kecepatan spindle 500 rpm sebagai pengaturan faktor proses yang optimal. Dengan demikian, metode Taguchi telah membantu dalam merumuskan rekomendasi praktis untuk meningkatkan kualitas pemesinan baja ST 42 dalam proses bubut konvensional.
Pengaruh Coil Merk X dengan Coil Standar pada Mobil Calya 1200 Cc terhadap Efesiensi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar dengan Metode Gas Emission Analysis Moh Azizi Hakim; Sony Sukmara; Erik Heriana; Ari Ekoprianto; Adi Ganda Putra
JURNAL CRANKSHAFT Vol 7, No 2 (2024): Jurnal Crankshaft Vol.7 No.2 (2024)
Publisher : Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24176/cra.v7i2.12651

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah emisi gas buang berbahaya yang dihasikan oleh kendaraan. Pada penelitian ini penulis akan melakukan penelitian kwalitas coil standar dengan coil merk X dengan metode gas emission analysis yaitu konsumsi bahan bakar, kadar gas buang CO dan kadar gas buang HC dengan tiga variable  Rpm yaitu 1000, 4000, dan 7000, supaya masyarakat tahu bahwa penggunaan coil untuk kendaraan tidak melihat dari sisi harga, namun harus mempertimbangkan dampak polusi yang dihasilkan oleh kendaraan.  Penggunaan kendaraan roda empat banyak peminat dari masyarakat, karena mobilitas kegiatan dapat terbantu oleh kendaraan. Namun hal tersebut mengakibatkan polusi udara semakin terganggu karena banyaknya kendaraan yang mengeluarkan gas yang berpotensi merusak keasrian udara. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan konsumsi bahan bakar, serta menurunkan kadar CO dan HC pada gas buang kendaraan. Efektifitas dan kinerja pengapian sangat berpengaruh pada performa mesin, selain bahan bakar dengan kwalitas yang baik, penggunaan coil standar dan coil merk X ini ternyata jauh berbeda kwalitasnya, terutama pada konsumsi bahan bakar dengan selisih 19,6% pada putaran tinggi yaitu 7000 Rpm. Selain itu emisi gas buang sudah diatur oleh pemerintah supaya kadarnya harus diminimalisir, karena berbahaya bagi kesehatan juga lingkungan, kadar gas CO. Pada penelitian ini persentase antara coil standar dan coil merk X di angka 60% pada saat 1000 Rpm. Penelitan selanjutnya mengenai gas buang HC juga sangat berbahaya, dimana persentase antara coil standar dan coil merk X juga sangat segnifikan yaitu 26% sengan selisih 138 ppm.

Page 1 of 1 | Total Record : 10