cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@stiesultanagung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surabaya N0. 19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Maker: Jurnal Manajemen
ISSN : 25024434     EISSN : 2686259X     DOI : 10.37403
Core Subject : Science,
Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022" : 10 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, BRAND IMAGE, DAN RISIKO KEUANGAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT Rizal Ula Ananta Fauzi; Agas Kurniawan Darsono
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi kemudahan, brand image, risiko keuangan terhadap minat menggunakan melalui kepercayaan sebagai variabel intervening masayarakat di Jawa Timur. Sampel yang digunakan sebanyak 400 responden. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan, brand image dan risiko keuangan berpengaruh kepada minat menggunakan serta variabel persepsi kemudahan dan risiko keuangan berpengaruh kepada kepercayaan sedangkan risiko keuangan tidak berpengaruh terhadap kepercayaan adanya pengaruh tidak langsung secara signifikan brand image terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening, dan ada pengaruh tidak langsung yang bersifat tidak signifikan persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening, serta resiko keuangan terhadap minat menggunakan melalui variabel kepercayaan sebagai variabel intervening.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, SOCIAL MEDIA MARKETING, E-WOM, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK SKINCARE ALZENA DI KABUPATEN PATI Indiyatno Nur Setiyadi; Agus Rahman Alamsyah; Ike Kusdyah Rachmawati
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.470

Abstract

Social distancing memberikan banyak waktu bagi masyarakat untuk melakukan perawatan tubuh, inilah yang menjadikan permintaan terhadap produk-produk skincare bertambah, terlihat dari transaksi online yang mencapai 80% di tahun 2020. Beberapa tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui efek dari kualitas produk, social media marketing, eWOM, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk skincare Alzena di kabupaten Pati. Data kuantitatif dikoleksi dari 100 responden melalui kuisioner dengan accidental-sampling-technique. Setelah itu analisis PLS dilakukan menggunakan SmartPLS 3.3.9 software. Hasil penelitian mengungkap bahwa ada efek positif signifikan kualitas produk pada keputusan pembelian, ada efek positif signifikan social media marketing pada keputusan pembelian, ada efek positif signifikan eWOM pada keputusan pembelian, dan ada efek positif signifikan promosi pada keputusan pembelian. Sehingga untuk meningkatkan keputusan pembelian dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas produk, social media marketing, eWOM dan promosi.
PENTINGNYA BRAND IMAGE PRODUK: KAJIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING Evelyn Wijaya; Yusnita Octafilia
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.475

Abstract

Brand image merupakan kunci pemasaran dalam suatu bisnis dimana dengan membangun brand image yang kuat maka akan berpeluang untuk menarik konsumen lebih banyak dibandingkan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh credibility, attraction dan power celebrity endorser terhadap brand image produk scarlett whitening. Populasi penelitian adalah konsumen pengguna produk scarlett whitening di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian sebanyak 120 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa credibility dan power celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Sedangkan attraction tidak signifikan terhadap brand image. Power celebrity endorser menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kuat atau lemahnya brand image suatu produk. Dalam era pemasaran digital saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan influencer sebagai media promosi produk akibat adanya trend kecenderungan konsumen akan mencoba produk yang dikonsumsi oleh influencer favorit.
ANTESEDEN POSITIVE WORD OF MOUTH LAYANAN M-HEALTH Jesie Tampubolon; Sri Vandayuli Riorini
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari anteseden atau faktor-faktor yang memengaruhi positive word of mouth layanan m-health, yaitu Mobile Service Quality (usability, value-added feature, security/privacy, interactivity), Brand Attachment, dan Brand Equity yang berpengaruh positif pada Positive Word of Mouth. Sebanyak 282 responden berpartisipasi dalam survei online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria responden pengguna m-health satu tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa value-added features, security/privacy, dan interactivity berpengaruh positif pada brand attachment. Sementara usability tidak berpengaruh positif pada brand attachment. Brand attachment berpengaruh positif pada brand equity dan brand equity berpengaruh positif pada Positive Word of Mouth. Temuan ini memberikan referensi kepada penyedia layanan m-health bahwa dalam meningkatkan promosi WOM, perlu fokus pada brand attachment dan brand equity serta meningkatkan kualitas layanan m-health. Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Studi selanjutnya perlu menambahkan jumlah responden dan brand m-health lainnya untuk meningkatkan generalisasinya.
KINERJA GURU SEBAGAI AKIBAT DARI KETERAMPILAN GURU PADA SEKOLAH DASAR PERGURUAN BUDDHIST MANJUSRI PEMATANG SIANTAR Efendi Efendi; Marisi Butarbutar; Rosita Manawari Girsang; Alver Archie Tandria
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.495

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu mengetahui dampak keterampilan guru terhadap kinerja guru. Pendekatan yang digunakan dalam desain penelitian yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, korelasi dan determinasi, uji t dengan hasil penelitian yaitu pengaruh yang positif serta signifikan antara keterampilan guru terhadap kinerja guru dan tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontribusi variabel keterampilan terhadap kinerja sebesar 51,9%.
MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Sudung Simatupang; Efendi Efendi; Marisi Butarbutar; Erbin Chandra; Marto Silalahi
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.494

Abstract

Kehadiran media sosial YouTube dewasa ini diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan pembelian dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian. Hasil dari google form terhadap responden yang domisili Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun diperoleh jumlah responden sebanyak 132 responden. Untuk butir instrument kuisioner diperoleh hasil analisa bahwa hasilnya memiliki kriteria valid dan reliabel, serta memiliki distribusi normal karena seluruh variabel penelitian memiliki nilai asymp. sig. (2-tailed) > probabilitas 0,05 dan koefisien determinasi dari media sosial YouTube terhadap keputusan pembelian nilainya 38% dengan nilai koefisien korelasi 61% yang artinya memiliki hubungan yang kuat. Selanjutnya untuk pesamaan regresi sederhana bahwa media sosial YouTube memiliki koefisien arah yang positif hal tersebut dapat dilihat pada persamaan Y = 8,044 + 0,524 X dan untuk hasil uji hipotesa parsial (uji t) bahwa media sosial YouTube memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
TRANSFORMASI UMKM PRODUK UNGGULAN DI KABUPATEN PASURUAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 MENGGUNAKAN TECHNOSOCIOPRENEUR May Agus Suwandono; Miftahul Huda; Nur Ajizah
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.487

Abstract

Tujuan penelitian untuk mencari model bisnis entrepreneurship bagi kalangan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tahapan persiapan pra-lapangan, tahapan turun lapangan, dan tahapan analisis data. Berdasarkan data Kemenko UMKM tahun 2021, 68% ÙMKM penjualannya menurun, 12% UMKM mulai kesulitan dengan permodalan, 11% distribusi terhambat, 6% UMKM kesulitan dalam bahan baku, dan 4% UMKM dalam produksinya terhambat dikarenakan dari kebijakan mengurangi kerumunan. UMKM merubah strategi penjualan mereka dengan memanfaatkan teknologi digital. Kabupaten pasuruan banyak Produk Unggulan berasal dari berbagai potensi desa kemudian diolah, dipaking, serta dijual sendiri. Daerah Nongkojajar, Apel menjadi potensi utama diolah menjadi minuman sari buah apel, kopi di daerah Prigen, Purwosari, dan Purwodadi diolah menjadi kopi khas Kopi Kapiten. Masih banyak lagi IKM seperti Kampung Tape di Sukorejo dan keripik jamur di Bangil. Hasil pengamatan pada objek-objek penelitian ini, technosociopreneursip memang efektif untuk digunakan sebagai transfomasi UMKM yang mengalami masalah ekonomi pasca pandemi, mereka bisa memperhatikan nasib petani-petani lokal yang juga butuh untuk bertahan hidup. Konsep yang ditawarkan menggunakan technosociopreneursip berupa gabungan antara teknologi dan sosial, yang mana UMKM dalam proses promosi dan penjualannya melalui platform digital. Sisi sosialnya, UMKM tersebut harus memperhatikan para petani yang akan nanti mensuplai bahan dasar tersebut dengan memberikan benih dan pupuk untuk keberlangsungan penanamannya. Para petani akan merasa ringan dan terus berlanjut dalam bekerja karena hasil panennya akan langsung disalurkan kepada pihak UMKM. Pihak UMKM pun akan merasa ringan karena bahan dasar mereka akan terpenuhi sesuai dengan permintaan hal ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak.
PERAN KEPUASAN KERJA PADA KOMITMEN ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Dhuha Safria; Purwatiningsih Purwatiningsih; Alan Budi Kusuma
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.481

Abstract

Tujuan penelitian adalah memahami pengaruh variabel kepuasan kerja pada komitmen organisasi dan organizational citizenship behaviour di Bank XYZ. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pada 47 responden. Metode penelitian menggunakan analisis jalur dengan SPSS 28.0. Penelitian ini memperlihatkan hasil bahwasanya kepuasan kerja berpengaruh signifikan pada komitmen organisasi dan kepuasan kerja melalui komitmen organisasi berpengaruh signifikan pada organizational citizenship behaviour di Bank XYZ. Sumbangan pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap variabel komitmen organisasi adalah 68 persen. sedangkan sumbangan pengaruh variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap variabel organizational citizenship behavior adalah 73,9 persen. Organizational citizenship behavior yang tinggi dapat dibangun dengan menjaga kepuasan kerja dan komitmen organisasi pada seluruh karyawan yang tergabung di perusahaan. Saran untuk penelitian berikutnya yaitu mempergunakan variabel lainnya yang kemungkinan juga mempengaruhi organizational citizenship behavior agar terlihat apa variabel yang paling berpengaruh.
EFEK MEDIASI MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN JOB INSECURITY PADA PEGAWAI TIDAK TETAP Emilia Rahmawati; Shofia Amin; Besse Wediawati
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.489

Abstract

Tujuan penelıtian ini adalah untuk menguji pengaruh Job Insecurity terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batanghari dengan motivasi intrinsik sebagai variabel mediator. Semua PTT pada kantor tersebut dijadikan responden dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Job Insecurity secara langsung berpengaruh positif signifikan terhadap OCB dan motivasi intrinsik.  Motivasi intrinsik secara langsung juga berpengaruh positif signifikan terhadap OCB. Sementara Job Insecurity secara tidak langsung juga berpengaruh positif signifikan terhadap OCB  melalui motivasi intrinsik sebagai variabel mediator. Penelitian ini membuktikan bahwa justru dengan status PTT yang memiliki job insecurity yang tinggi, mereka malah memiliki OCB dan motivasi intrinsik yang kuat. Direkomendasikan kepada instansi yang memiliki PTT agar lebih memperhatikan bagaimana meningkatkan motivasi intrinsik pegawai, karena dengan memiliki motivasi intrinsik yang tinggi akan berpengaruh lebih besar terhadap peningkatan OCB dibandingkan dengan pengaruh langsung antara job insecurity dan OCB.
MANAJEMEN ORGANISASI STARTUP: FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT SCALE-UP STARTUP (STUDI PADA INKUBATOR BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA) Djunita Pemata Indah; Kaniza Alfi Ardhina
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 8, No 2 (2022): Volume 8 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/mjm.v8i2.420

Abstract

Kemajuan teknologi telah mendorong pertumbuhan Startup yang masiv di Indonesia, khususnya di Pontianak.  Pada tahun 2019 terdapat 6 startup dari Pontianak yang mendapat perhatian nasional dan menyebabkan peningkatan menjadi 16 startup di tahun 2021. Kenyataannya, tingkat kegagalan dalam perkembangan startup sangat tinggi dan hanya 1% saja perusahaan yang mampu mencapai status Unicorn. Sehingga, proses manajemen organisasi perlu diperkuat dengan memperhatikan tahapan-tahapan perkembangan startup itu sendiri .Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui pendekatan in-depth interview terhadap dua kelompok partisipan. Kelompok pertama berasal dari Startup binaan inkubator bisnis Universitas Tanjungpura dan kelompok kedua berasal dari para praktisi Startup yang sudah beroperasi dalam skala nasional. Hasil wawancara kemudian direduksi, disajikan dan diverifikasi dengan membandingkan dari hasil kajian literatur terkait Startup, manajemen organisasi serta tahapan perkembangan Startup. Hasil temuan penelitian menunjukkan Para pelaku startup mengalami kesulitan dalam pengembangan produk agar fit to the market, kesulitan menemukan anggota tim berdasarkan konsep “hustler, hipster, hacker” dan tidak mampu fokus untuk mengembangkan startupnya karena masih berstatus mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10