cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Communications
ISSN : -     EISSN : 26848392     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, communication business, media studies, and beyond. Communications strives to serve as a major vehicle for the exchange of ideas and research among communication scholars.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS" : 5 Documents clear
PRAKTIK EKONOMI POLITIK AKUN INFORMASIONAL DI TWITTER Massageng Widagdhaprasana; Syaifa Tania; Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas; Maulin Ni’am
Communications Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/communications4.1.1

Abstract

Titik awal kapitalisasi konten informasi bermula kala muncul sejumlah akun yang mengkhususkan dirinya untuk mendistribusikan informasi tentang tema-tema spesifik (subject-based informational accounts). Peran informasi yang awalnya dikonsumsi sebatas konten oleh audiens bertransformasi menjadi komoditas ekonomi melalui sejumlah aspek yang dapat dikapitalisasi. Pemahaman terhadap fenomena ini secara konseptual dapat di identifikasi menggunakan pendekatan ekonomi politik komunikasi. Kapitalisme informasi yang berlangsung dalam akun-akun informasional di sejumlah kanal media baru dikaji menggunakan tiga pintu masuk dalam pendekatan ekonomi politik Mosco; strukturasi, komodifikasi, dan spasialisasi. Dengan menggunakan metode studi kasus, praktik ekonomi politik informasi teridentifikasi dalam akun-akun informasional berbasis subyek Yogyakarta yaitu di @jogjaupdate, @infojogja dan @lalinjogja. Ketiga praktik ekonomi politik yaitu strukturasi, komodifikasi dan spasialisasi mereka laksanakan dalam rutinitas mereka saat mengelola akun-akun tersebut.
ANALISIS PENGARUH TRUST, PRICE, BRAND IMAGE, SERVICE QUALITY, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP PURCHASE INTENTION PELANGGAN KEDAI MINUMAN BOBA Raza Wardani; Faunillah Oktavia; Shofiyah Azizah Ali; Usep Suhud
Communications Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/communications4.1.3

Abstract

This research was conducted to examine what influences the purchase intention of customers when buying a boba drink product "Chatime". This study uses the variabels of trust, price, brand image, service quality, and purchase intention to measure. The study was conducted in Jakarta on October 14-30, 2021. The data was collected using a questionnaire distributed online using a purposive sampling technique and obtained a sample of 204 pesertats, consisting of 70 men and 134 women. The data were processed using exploratory factor analysis and structural equation models. The results showed that not all variabels resulted in a positive relationship. So, it can be concluded that service quality affects customer satisfaction and customer satisfaction affect purchase intention positively and significantly. Meanwhile, brand image, price, and trust have a negative and low influence on customer satisfaction and purchase intention. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apa saja yang mempengaruhi niat pembelian pelanggan ketika membeli suatu produk minuman boba “Chatime”. Penelitian ini menggunakan variabel kepercayaan, harga, citra merek, kualitas layanan, dan niat membeli untuk mengukur. Penelitian dilakukan di Jakarta pada tanggal 14-30 Oktober 2021. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara daring dengan teknik purposive sampling dan didapat sampel sebanyak 204 peserta, yang terdiri dari 70 orang pria dan 134 wanita. Data diolah menggunakan analisis faktor eksploratori dan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua variabel menghasilkan hubungan yang positif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan keputusan pelanggan mempengaruhi niat beli secara positif dan signifikan. Sedangkan citra merek, harga, dan kepercayaan memiliki pengaruh negatif dan rendah terhadap kepuasan konsumen dan niat beli.
PRIVACY CONCERN DAN KASUS PENIPUAN BERKEDOK KONTEN Dessy Kushardiyanti; Widodo Agus Setianto; Seipah Kardipah
Communications Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/communications4.1.2

Abstract

Belakangan ini banyak fenomena baru muncul di media sosial terutama dalam keikutsertaan penggunanya pada tren viral yang ada di berbagai platform. Termasuk yang sedang banyak diperbincangkan yaitu fitur addyours di Instagram Story, berbasis User Generated Content seharunya dapat berdampak positif pada jangkauan engagement lebih luas pada Instagram, namun kenyataannya di Indonesia fitur ini disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga berujung pada isu penipuan dengan penyalahgunaan identitas pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk menganalisis fenomena tren addyours pada Instagram story kaitannya dengan privacy concern pada pengguna media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi etnografi virtual. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram yang melakukan aktivitas posting konten berdasarkan challenges yang ada pada fitur addyours di Instagram Story. Hasil penelitian menunjukan beberapa motif dalam penggunaan fitur ini diantaranya motif hiburan, motif integrative sosial, motif identitas pribadi, dan motif informasi. Serta penggolongan privasi berfokus pada 2 aspek terkait identitas pribadi yaitu Privacy of data about a person dan Privacy of a person’s persona.
PARTISIPASI TIONGHOA NON-MUSLIM DALAM KEGIATAN DI MASJID CHENG HO SURABAYA Eva Putriya Hasanah
Communications Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/communications4.1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan lebih dalam mengapa hubungan antara etnis Tionghoa muslim dan Tionghoa non-muslim di Masjid Cheng Ho Surabaya dapat terjalin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatif kualitatif dengan menggunakan perspektif hubungan interpersonal dan teori pertukaran sosial. Penelitian ini menemukan bahwa hubungan yang terjalin antara etnis Tionghoa muslim dan non-muslim ditunjukkan dengan adanya partisipasi dan kolaborasi Tionghoa muslim dan non-muslim yang dilakukan di masjid Cheng Ho. Hal tersebut terjadi tidak semata-mata karena bentuk adanya toleransi melainkan terdapat faktor lain yakni pertama, kesamaan etnis yang secara fisik maupun budaya yang mana keduanya sulit untuk dibedakan. Kedua, adanya kesamaan pengalaman. Sebagai etnis minoritas Tionghoa keduanya pernah mengalami diskriminasi baik oleh masyarakat maupun pemerintah sehingga mereka memiliki kepentingan yang sama yakni keinginan memperoleh rasa aman. Sehingga dengan berpartisipasi didalam kegiatan Tionghoa muslim, orang-orang non-muslim Tionghoa lebih mudah untuk melakukan pendekatan dan memperkenalkan budaya kepada masyarakat secara luas sehingga mereka dapat diterima dan terhindar dari deskriminasi. Begitu juga dengan muslim Tionghoa dengan menjalin hubungan akan memperoleh dukungan dan menjaga eksistensinya sebagai muslim di mata semua pihak.
PROSES ADAPTASI MAHASISWA RANTAU DARI BATAM DALAM MENGHADAPI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DI UPNVJ Rania Putri Faradyba; Windhiadi Yoga Sembada; Garcia Krisnando Nathanael
Communications Vol 4 No 1 (2022): COMMUNICATIONS
Publisher : Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/communications4.1.5

Abstract

This study aims to discuss the adaptation process of out-of-province students from Batam in UPN Veteran Jakarta in facing cross-cultural communication barriers using the Communication Accommodation Theory. The study used the qualitative descriptive method using primer and secondary data; the data collecting technique was done by purposive sampling. Then the researcher used the Miles and Huberman data analysis stages which are the data reduction stage, presenting data, then drawing conclusions and verification using the triangulation method. The final result of the study shows that out-of-province students from Batam experienced the five stages of the adaptation process according to Young Y. Kim. The five stages cover Planning Phase, Honeymoon Phase, Frustration Phase, Readjustment Phase, and Resolution Phase through each other’s different experiences. Although different, they experienced similar problems in facing cross-cultural communication barriers, which are cultural differences, especially languages, customs, and lifestyle, so they experience culture shock. Therefore, out-of-province students from Batam started to develop in various ways, thus making accommodations and convergence in facing cultural differences to be able to adapt and interact comfortably in the UPNVJ environment. Keywords; adaptation process, out-of-province students, cross-cultural communication, communication accommodation theory

Page 1 of 1 | Total Record : 5