cover
Contact Name
Nugroho
Contact Email
iqro.web.id@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.dokusid@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. merangin,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Fokus : Jurnal Kependidikan STKIP YPM Bangko
ISSN : 20852843     EISSN : -     DOI : -
Ruang lingkup jurnal FOkus adalah Manajemen Pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan, Sastra, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Fokus terbit dua kali dalam satu tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016" : 9 Documents clear
Analisis Kemampuan Berbicara Text Deskriptif Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo Fussalam, Yahfenel Evi
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaporkan hasil analisis kemampuan berbicara text deskriptif mahasiswa semester dua STKIP Muhammadiyah Muaro Bungo dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun komponen-komponen berbicara teks deskriptif yang dianalisis meliputi isi, tata bahasa, kelancaran, pengucapan, dan kosa kata dengan kategori buruk, rata-rata, bagus, sangat bagus.  Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan tes berbicara sebagai instrumennya. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2015-2016.Temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Secara umum kemampuan mahasiswa semester dua dalam komponen berbicara teks descriptif  dalam kategori rata-rata dan bagus, (2) perubahan kemampuan berbicara siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu (a) faktor internal dipengaruhi oleh motivasi dan kecemasan, dan (b) faktor eksternal yang meliputi materi pembelajaran, kegiatan kelas, pengelolaan kelas dan pendekatan pembelajaran. Dapat disimpulkan dalam pengajaran berbicara teks descriptif masih memerlukan latihan-latihan yang lebih banyak sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan pada peningkatan keterampilan berbicara mereka.
Upaya Orang Tua dalam Mengatasi Pengaruh Buruk Gadged Terhadap Anak di RT 09 RW 03 Kelurahan Pematang Kandis, Kecamatan Bangko Tahun 2016 rianto, If
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif  Gadged terhadap anak di RT 09 RW 03 kelurahan Pematang Kandis kecamatan Bangko dan yang menjadi fokus perhatian adalah kecanduan anak akan Gadged. Penggunaan Gadged secara berlebihan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari, seperti  menghindari kontak atau kegiatan lain dan hanya berfokus untuk menyelesaikan permainan dalam Gadged tersebut. Penelitian ini difokuskan pada upaya orang tua mengatasi pengaruh Gadged terhadap anak di RT 09 RW 03 kelurahan Pematang Kandis kecamatan Bangko. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk, penyebab, pengaruh, dan upaya orang tua dalam mengatasi pengaruh buruk Gadged terhadap anak di RT 09 RW 03 kelurahan Pematang Kandis kecamatan Bangko.
Teknik Scaffolding Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Sarjana Eriyani, Elfa
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan skripsi merupakan tugas yang paling menantang bagi mahasiswa program sarjana. Hampir semua mahasiswa mengalami hambatan berkaitan dengan teknis penulisan dan isi. Karena itu peran pembimbing dalam memberikan  dukungan atau scaffolding amatlah menentukan sehingga perlu dikenali teknik-teknik scaffolding yang sering digunakan dosen dalam pembimbingan skripsi mahasiswa. Setiap dosen mempunyai gaya tersendiri dalam memediasi mahasiswa menuju penyelesaian skripsinya, namun terlihat ada kesamaan teknik scaffolding yang digunakan pembimbing di STKIP YPM Bangko. Berdasarkan angket yang diberikan kepada 10 orang dosen yang telah berpengalaman sebagai pembimbing sekitar 5 – 30 tahun  dan wawancara informal dengan dosen yang berpengalaman lebih 20 tahun ditemukan tiga jenis teknik scaffolding yang digunakan dalam pembimbingan skripsi mahasiswa. Datanya dilengkapi dengan angket yang diberikan kepada 100 orang lulusan STKIP YPM Bangko yang menyelesaikan skripsi pada tahun 2016.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Thermoregulasi pada Manusia Menggunakan Model Problem Based Learning ., Nurmaliati
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran Materi Suhu dan Kalor terintegrasi Thermoregulasi pada manusia menggunakan model PBL dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian  pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model MCKenn. Dengan tahap Preliminary, Prototype Stage dan Assesment Stage. Pada tahap Preliminary diperoleh peserta didik berada pada tahap operasional formal dan mampu berpikir secara abstrak. Analisis materi diperoleh fakta, konsep, prinsip dan prosedur. Pada tahap Prototype Stage diperoleh validasi perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Handout, LKS,  dan Penilaian)  yang dirancang adalah sangat valid dengan persentase rata-rata  88,9%, 91,1%, 89,1% ,89,4% dan penilaian pengetahuan 82,50%, penilaian sikap 81,50%, penilaian keterampilan 84,50%, Penilaian  praktikalitas LKS dan Handout dengan persentase rata-rata 71,56 % yang berarti bahwa LKS dan handout yang dirancang adalah praktis. Tahap Assesment Stage diperoleh uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, angket respon guru, angket respon peserta didik dengan persentase rata-rata: 94,2%, 91,6%, 80,9%, 80,9%. Hasil uji efektivitas pada penilaian pengetahuan rata-rata 80,28 (B), penilaian sikap rata-rata 76.80 (Baik), penilaian keterampilan peserta didik rata-rata 83,62 (B) dan angket respon peserta didik 80,09%.
Fenomena Misrepresentasi Dalam Teks Berita Dan Hubungannya Dengan Kode Etik Jurnalistik Pratiwi, Anggia
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnalis yang hebat dan professional adalah jurnalis yang mampu memberitakan suatu peristiwa aktual berdasarkan fakta yang terbukti kebenarannya. Tidak hanya itu, seorang jurnalis harus memperhatikan Kode Etik Jurnalistik dalam melaksanakan tugasnya dalam menyampaikan pemberitaan. Namun, seringkali tanpa disadari jurnalis melakukan misrepresentasi atau kesalahan penggambaran pelaku sosial dalam pemberitaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik misrepresentasi yang muncul dalam pemberitaan. Melalui metode analisis wacana kritis, content analysis,  dan konteks, diketahui jurnalis seringkali melakukan misrepresentasi dalam mendeskripsikan topik atau pelaku sosial dalam pemberitaannya. Jurnalis tanpa disadari seringkali memasukkan ideologinya dalam pemberitaan. Hal tersebut membuat pembaca seringkali salah menginterpretasikan makna dari pemberitaan. Akibat kesalahan penggambaran tersebut, pelaku sosial dalam pemberitaan seringkali mendapatkan opini negatif dari masyarakat. Praktik misrepresentasi ini sangat bertentangan dengan Kode Etik Jurnalis yang telah disepakati dan ditetapkan oleh wartawan seluruh Indonesia.
Pengaruh Pola Asuh dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Anak Putus Sekolah di Desa Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin ., Iswandi
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research while belakangi by problems the high the drop out rate the education of children in the village Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin, It is in thought closely related to economic conditions family. The purpose of this research is to express influence foster pattern and condition of the economy of a family against children dropping out of school in the village Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin. Methods used in this research is the type of correlational , with samples from 43 people from parents who had children dropping out of school , in the village Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin. Technique data collection used the technique documentation and chief , while technique analysis data using distribution the frequency and pearsont product moment . The results of the study showed that: is the significant between pattern foster and condition of the economy of a family against children dropping out of school in the village Rantau Alai Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin by the value rhitung 0,493 With standard trust 5% unknown to thitung > ttabel which is 3,629>1,682.
Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 7 MERANGIN Tahun Ajaran 2015/2016 Fitri, Ahde
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 73,82 dan kelas kontrol 63,13 hal ini berarti bahwa  kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP N 7 Merangin Tahun Pelajaran 2015/2016 yang diajarkan dengan pendekatan problem solving lebih baik dari pada siswa yang di ajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan rumus t-tes  polled varians. Karena nilai thitung > ttabel  atau 2,738 > 1,678 berarti  Ha diterima dan Ho ditolak, maka  dapat disimpulkan  terdapat pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 7 Merangin Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kemandirian Mahasiswa Mughiroh, Hayatul
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The conceptual understanding of the student of STKIP YPM Bangko was still low. The learning process which was teacher-centered and the learning approaches which were varied were assumed as the causes of this problem. One of the effords done to overcome the problem was by applying Problem-Based Learning approach. This was a quasy experimental research which used Randomized Group Control Postest Only Design. The poluplation of the research was Mathemathics Education Students at STKIP YPM Bangko. The data was collected through a test, and then it was analyzed by using t-test and two ways anava. The result of research  indicated that the conceptual understanding of the students having high  or low learning independence taught by using PBL approach was better than that of students taught by using conventional learning. 
Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan matematika STKIP YPM Bangko ., Ferinaldi
FOKUS Vol 1, No 1: JURNAL FOKUS : November 2016
Publisher : STKIP YPM Bangko

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang diajarkan dengan model Co-op Co-op lebih tinggi daripada mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional. Jika ditinjau dari gaya belajar mahasiswa, kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dengan gaya belajar visual, auditori maupun kinestetik, yang diajar dengan model Co-op Co-op lebih tinggi daripada mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional.Selain itu, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Co-op Co-op dapat mengakomodasi semua gaya belajar mahasiswa dalam meningkatkan pemecahan masalah matematis mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 9