cover
Contact Name
Rohmad Adi yulianto
Contact Email
yulianto.fh@uia.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
veritasjournal@uia.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Veritas: Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafiiyah
ISSN : 24072494     EISSN : 2655979X     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
VERITAS Journal of Law Studies (ISSN: 2407-2494) (E-ISSN: 2655-979X)is a national journal that is published by the Postgraduate of Law Study Program, Faculty of Law, As-Syafiiyah Islamic University, Indonesia. Published twice a year (March and September). Each issue number (issue) amounts to a minimum of seven (7) the title. The journal endeavors to provide forums for academicians and reseachers who are interested in the discussion of current and future issues on Law and Legal studies (see Focus and Scope). The journal is dedicated to the scholarly study of all aspects of national and international law. The journal is committed to the publication of original research on law as science and practice.
Arjuna Subject : -
Articles 116 Documents
KEDUDUKAN HUKUM KOMISARIS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS Annora Arsan; Hasniati Fahmi
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1086

Abstract

Pursuant to Article 1 number 6 of Law Number 40 of 2007 concerning Limited Liability Companies, a Commissioner is an organ of the Company whose task is to carry out general and / or special supervision in accordance with the articles of association and provide advice to the Board of Directors. In principle, the role of the Commissioners is actually to supervise and provide advice to the Directors. However, individual commissioners do not have significant power in supervising directors. From the research results, it can be concluded that the Legal Position of Commissioners based on Law Number 40 of 2007 concerning Limited Liability Companies is that the Commissioners must be able to wisely manage various conflicts as a result of differences in the interests of shareholders. However, in practice, the responsibility of the Commissioner to manage these differences of interest can take various forms, for example making various agreements that benefit the company, not hiding information for personal gain, not abusing trust and not engaging in unfair competition. Commissioners are fully responsible for the management and operation of the company for the interests and goals of the company. In carrying out these duties, Commissioners are given full rights and powers, with the consequence that every action and action taken by the directors will be considered and treated as the company's actions and actions, as long as they act in accordance with what is stipulated in the company's articles of association. Abstrak Berdasarkan Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Pereroan Terbatas, Komisaris adalah Organ Perseroan yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada Direksi. Secara prinsip, peran Komisaris sebenarnya adalah melakukan pengawasan dan memberi nasihat kepada Direksi. Namun, komisaris secara individu tidak punya kekuatan yang berarti dalam mengawasi direksi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Kedudukan Hukum Komisaris Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas adalah Komisaris harus mampu mengelola secara bijak berbagai pertentangan sebagai akibat adanya perbedaan kepentingan para pemegang saham. Namun, dalam pelaksanaannya, tanggung jawab Komisaris pengelolaan perbedaan kepentingan ini dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya membuat berbagai perjanjian yang menguntungkan perseroan, tidak menyembunyikan suatu informasi untuk kepentingan pribadi, tidak menyalahgunakan kepercayaan dan tidak melakukan kompetisi yang tidak sehat. Komisaris bertanggung jawab penuh atas pengurusan dan jalannya perseroan untuk kepentingan dan tujuan perseroan. Di dalam menjalankan tugasnya tersebut, Komisaris diberikan hak dan kekuasaan penuh, dengan konsekwensi bahwa setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan oleh direksi akan dianggap dan diperlakukan sebagai tindakan dan perbuatan perseroan, sepanjang mereka bertindak sesuai dengan apa yang ditentukan dalam anggaran dasar perseroan.
PENEGAKAN HUKUM MATERIIL DALAM PERSELISIHAN HASIL PEMILUKADA DI INDONESIA Heru Widodo
VERITAS Vol 6 No 2 (2020): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v6i2.1109

Abstract

Since the first local elections held, there are four periodization of authority to examine local election results: first, at the Supreme Court from 2005 to 2008; second, at the Constitutional Court from 2008 to 2013; Third, at the High Court and can be submitted for higher examination to the Supreme Court; and fourth, the transitional period at the MK from 2015 until the special judicial institution has been formed. The judicial procedure to examine the local election results on all four periodization have similarities and differences. The difference lies on the time limit of registration and examination, how to examine and the number of examiner judges, proof models adopted, as well as varying decisions in the third period at the PT, which still can be objected to the Supreme Court. As long as it meets three conditions: being within the threshold of the difference in votes, influencing the vote acquisition and changing the configuration of the choice of candidate pairs, the idea is proposed to expand, the scope of the dispute over the election results to cover also legal events in the quiet period, the night of voting, also in the span of the day of the election until the determination of recapitulation, which has the potential to be legal problem, whether administration or criminal violation, with restrictions, that affected the configuration of the vote and election of the candidates.
MENATA IUS CONSTITUTUM MENUJU SATU SISTEM HUKUM NASIONAL Rachmat Trijono
VERITAS Vol 6 No 2 (2020): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v6i2.1110

Abstract

Criticism of the ius constitutum of Indonesia which is still not organized according to the appropriate grading and grundnorm has resulted in a reconstruction of the arrangement of the ius constitutum. The purpose of this paper is to reconstruct the arrangement of the constitutum ius which is spread in various scientific papers by the author. The method used is a qualitative method with a descriptive approach. The conclusion was that efforts had been made to rearrange the ius constitutum, however, if it was not carried out in a focused and thorough manner, there would not be a single national legal system that was unique and suited to the Indonesian situation. The necessity of realizing a national legal system is not just a dream.
PENERAPAN SISTEM BEBAN PEMBUKTIAN TERBALIK DALAM PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA Bagus Surya Prabowo; Syarif Fadillah
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1176

Abstract

Corruption crimes always turn out to be more neat and difficult to reveal, thus demanding changes in the system that capable of eradicating corruption to its roots. And one of the changes is the implementation of a reversed burden of proof system that makes it easier for prosecutors to reveal the criminal elements in a corruption case. Even though it has been included in positive law, in practice this proof is not fully applied and there are still obstacles in its application. This study seeks to answer in what cases this reverse burden of proof is applied and what are the obstacles in its application. This research concludes that the reversal burden of proof system in Indonesia is applied only to criminal acts of gratification whose nominal value is above Rp. 10 million and is used to confiscate the property of the defendant who has not been charged by the prosecutor. Meanwhile, the obstacles to implementing a system of reversal burden of proof are 1) the existence of a judicial mafia, 2) a legal culture that has not yet adapted to the new system, and 3) reverse burden of proof is not clearly regulated in Indonesian law. Abstrak Kejahatan korupsi selalu berubah menjadi lebih rapih dan sulit diungkap sehingga menuntut adanya perubahan sistem yang mampu untuk memberantas korupsi sampai keakarnya. Dan salah satu perubahan itu adalah dengan penerapan sistem beban pembuktian terbalik yang memudahkan jaksa untuk mengungkap unsur pidana dalam sebuah kasus korupsi. Meskipun sudah dicantumkan didalam hukum positif, namun dalam praktiknya pembuktian ini tidak diterapkan secara menyeluruh serta masih ada hambatan dalam penerapannya. Penelitian ini berupaya menjawab dalam kasus apa saja beban pembuktian terbalik ini diterapkan serta apa saja hambatan dalam penerapannya. Penelitian ini menyimpulkan sistem beban pembuktian terbalik di Indonesia dilaksanakan hanya pada tindak pidana gratifikasi yang nominalnya diatas Rp 10 juta serta digunakan untuk perampasan harta terdakwa yang belum didakwakan jaksa. Sedangkan hambatan penerapan sistem beban pembuktian terbalik yaitu 1) adanya mafia peradilan, 2) budaya hukum yang belum beradaptasi dengan sistem baru, dan 3) pembuktian terbalik tidak diatur secara jelas dalam undang-undang.
PROSPEK KEADILAN RESTORATIF DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA Cholida Hanum
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1231

Abstract

This study aims to examine the concept of restorative justice from the point of view of Indonesian legislation. So far, studies on restorative justice have been limited to criminal law studies alone, so it is interesting to later portray restorative justice from a statutory perspective which is part of the study of constitutional law. Based on the author's investigation, the adoption of the concept of restorative justice in Indonesia is relatively new, which began after the DPR passed Law No. 11 of 2012 on an integrated criminal justice system. This law, although it was formed in 2012, came into effect two years later, namely in 2014. Restorative justice in the SPPA Law is enforced by a diversion method, namely the process of transferring children's cases from the judicial process to outside the court. There are at least two derivative regulations to carry out the mandate of the SPPA Law, first, the Supreme Court Regulation Number 4 of 2014 concerning Guidelines for the Implementation of Diversion in the Juvenile Justice System and second, the Republic of Indonesia Attorney's Regulation Number 15 of 2020 concerning Cessation of Prosecution Based on Restorative Justice. Abstrak Penelitian ini berusaha mengkaji konsepsi keadilan restoratif dalam sudut pandang peraturan perundang-undangan di Indonesia. Selama ini kajian mengenai keadilan restoratif terbatas pada kajian hukum pidana semata sehingga menarik untuk kemudian memotret keadilan restoratif dari perspektif perundang-undangan yang mana menjadi bagian dari kajian hukum tata negara. Berdasarkan penelusuran penulis, pengadopsian konsep keadilan restoratif di Indonesia terbilang baru yakni dimulai pasca DPR mensahkan Undang-undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan pidana terpadu. Yang mana undang-undang ini meskipun dibentuk pada tahun 2012 namun mulai berlaku dua tahun kemudian yaitu pada tahun 2014. Keadilan restoratif dalam UU SPPA diberlakukan dengan metode diversi yaitu proses pengalihan perkara anak dari proses peradilan menjadi di luar peradilan. Setidaknya terdapat dua peraturan turunan guna melaksanakan amanah UU SPPA ini pertama, Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi dalam Sistem Peradilan Anak dan kedua, Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.
MENYOAL PIDANA MATI BAGI KORUPTOR Syarif Fadillah
VERITAS Vol 6 No 2 (2020): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v6i2.1232

Abstract

Kematian adalah hak Prereogatif Allah SWT, apapun alasannya manusia tidak boleh mematikan,orang . kecuali kematian yang karena sebab yang wajar misalnya Kematian karena usia, sakit dan kecelakaan atau musibah lainnya. Bagaimana dengan kematian karena Putusan Pengadilan (Pidana Mati) apakah dapat dibenarkan ? Kemastian karena hukuman (Pidana Mati) di Indonesia, sercara hukum telah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan yaitu ; (1) Dalam KUHP diatur dalam 10 KUHP, Pasal 340 KUHP dan Pasal 104 KUHP. (2) Dalam Undang –undang No. 5 Tahun 1997, Tentang Psyikotropika dalam Pasal 59 ayat (1). (3) Dalam Undang-undang No. 5 tahun 2018 (Perubahan terakhir UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme), Pasal 6 (4) .Dalam Undang-undang No.31 Tahun 1999,yang telah diubah dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2001, Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, diatur dalam Pasal 2 ayat (2). Terhadap Pidana Mati, meskipun telah diatur dalam perundang-undangan di atas, masih menimbulkan Pro Kontra di kalangan masyarakat luas, khussunya dikalangan para praktisi hukum dan akademisi. Namun demikian karena telah diatur secara hukum, maka dalam praktek peradilan telah diterapkan pada kasus-kasus seperti pembunuhan berencana, kejahatan keamanan negara (makar), Narkotika, Psyikotropika dan kejahatan terorisme. Serta Kejahatan Korupsi. Hanya saja untuk kejahatan/tindak pidana korupsi, pelakunya belum ada yang dihukum mati. Bagaimana dengan hukum Islam terhadap pidana mati ? Hukum Islam memandang pidana mati dapat dibenarkan. Hal ini telah diatur dalam hukum Qisas, Hudud dan Takzir. Terhadap Kejahatan Korupsi, dalam hukum Islam korupsi bisa dianalogikan sebagai Ghulul dan Sarqoh. Menurut Dr. Nurul Irfan, MA., Kejahatan Korupsi masuk ke dalam Jarimah Takzir. Lebih jauh Dr. Nurul Irfan mengatakan seyogyanya Takzir tidak ada hukuman mati. Tetapi para Fuqoha sepakat boleh dihukum mati bagi pelaku Korupsi dengan pengecualian untuk kemaslahan umum.
PERGUMULAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT PADA MASYARAKAT OSING BANYUWANGI (SEBUAH KAJIAN ETNOGRAFI HUKUM ISLAM) Moh. Lutfi Nurcahyono; Rohmad Adi Yulianto
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1234

Abstract

Islamic and customary law in Indonesia are two entities whose dialectics are taken into consideration in resolving legal issues. The dialectic of both is interesting to study when responding to the changes that occur. Identity is certainly something that is maintained in the midst of this change. It is hoped that the harmonization of the two will always be realized so that the two legal systems are complementary. Islamic law accepts the effectiveness of customary law in its legislative process, while adat accepts Islamic law as the culmination point of indigenous law. This paper tries to understand the dialectic of Islamic law with Osing customs, especially the traditions of the Osing tribe with an ethnographic approach and using a non-conflictual approach theory. The struggle for Islamic and customary law that runs in harmony can be found among the Muslim community of the Osing Banyuwangi tribe. So that the dialectic process and results both deserve to be assessed as the uniqueness of Islam in Indonesia. Abstrak Hukum Islam dan adat di Indonesia merupakan dua entitas yang dialektikanya dijadikan pertimbangan dalam menyelesaikan persoalan hukum. Dialektika keduanya menarik untuk dikaji ketika merespon perubahan-perubahan yang terjadi. Identitas tentu menjadi hal yang dipertahankan di tengah perubahan itu. Harmonisasi keduanya tentu diharapkan akan selalu terealisasi sehingga kedua sistem hukum ini saling melengkapi. Hukum Islam menerima keefektifan hukum adat dalam proses legislatifnya, sementara adat menerima hukum Islam sebagai titik kulminasi dari hukum pribumi. Tulisan ini mencoba memahami dialektika hukum Islam dengan adat Osing khususnya tradisi-tradisi suku Osing dengan pendekatan etnografi dan menggunakan teori non-konfliktual approach. Pergumulan hukum Islam dan adat yang berjalan dengan harmonis ini dapat dijumpai di kalangan masyarakat muslim suku Osing Banyuwangi. Sehingga proses dan hasil dialektika keduanya patut untuk dinilai sebagai kekhasan Islam di Indonesia.
ANALISIS YURIDIS PERALIHAN TANAH GIRIK KE HAK GUNA USAHA BERDASARKAN ITIKAD TIDAK BAIK DI PULAU PARI KEPULAUAN SERIBU DKI JAKARTA Martini Martini; Efridani Lubis
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1253

Abstract

Conflict of land between Pari Island’s community and PT BPA begin in the year 1993 where corporate consorsium declared that 90% of the ownership of the island belongs to them. The corporate said that the land had been acquired through sale purchasing with local administrator. The legal issue has been proceseed at the moment, however there is no official decision yet. Another aspect of this case is mal-administration that conducted by Jakarta Land Office which had been processed by Ombudsman based on community report. The aim of this research is to understand the regulation and procedure of custom land right to cultivation right and the implementation of it in Pari Island. The research used qualitative method with normative legal approach including court decision regarding the issue. The result of the study shows that the community in Pari Island actually have their custom land right legally, therefore they need legal advices and aid to resolve the conflict. The output of the research is article published in accreditation national journal. Abstrak Permasalahan konflik tanah/lahan antara warga Pulau Pari dan pihak swasta PT BPA dimulai sejak tahun 1993, yaitu ketika satu konsorsium korporasi, PT BPA menyatakan bahwa 90% kepemilikan tanah di Pulau Pari adalah milik perusahaan konsorsium. Perusahaan menyatakan tanah-tanah tersebut telah diakusisi melalui jual beli secara resmi melalui kelurahan. Permasalahan ini telah masuk ke ranah hukum, namun belum memperoleh kekuatan hukum yang tetap. Ombudsman telah melakukan pemeriksaan terhadap kasus ini berdasrkan permohonan warga dan menemukan adanya tindak mal-administrasi yang dilakukan Kantor Pertanahan Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaturan dan prosedur peralihan tanah girik ke hak guna usaha dan bagaimana pelaksanaanya di Pulau Pari Kepulauan Seribu, Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif adalah pendekatan dengan mengutamakan dan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan, termasuk hasil putusan pengadilan yang berhubungan dengan penelitian ini. Istilah lain untuk pendekatan ini adalah Studi Kepustakaan. Hasil penelitian secara yuridis, warga Pulau Pari belum memiliki bukti formal dan jelas atas kepemilikan tanah maka perlu ada solusi secara hukum, administrasi dan ekonomis untuk menyelesaikan konfilik pertanhan di Pulau Pari ini. Luaran penelitian ini adalah publikasi di jurnal nasional terakreditasi.
KEDUDUKAN KEWARGANEGARAAN DJOKO CHANDRA DALAM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PEMBUATAN PASPOR REPUBLIK Afif Alamsyah; Mohammad Taufik Makarao
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1254

Abstract

Djoko Tjandra involvement in corruption led him took an escape to Papuan New Guinea. During the search of Djoko Tjandra, police found new fact about Djoko Tjandra which said he gain new citizenship status from Papua New Guinea. According to Law No. 12/2006 about Indonesia Citizenship, Indonesia citizen will lose their citizenship status from Indonesia if they willing to accept another citizenship status from another country. Due to the loss of Djoko Citizenship status, government should act on this case. Government have the obligation to make sure that Djhoko does not receive any rights that belongs to Indonesia Citizen only, some of these rights are right to gain citizenship card and Indonesian passport. Abstrak Terjeratnya Djoko Tjandra dalam kasus tinda pidana korupsi membuatnya kabur dari Indonesia. Pada proses pencarian Djoko Tjandra, didapati bahwa ia mendapat status kewarganegaraan dari Papua Nugini. Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dijelaskan bahwa seseorang akan kehilangan status kewarganegaraan Indonesia sesaat ia secara sukarela menerima status kewarganegaraan dari negara lain. Hilangnya status kewarganegaraan Djoko Tjandra harus ditindak tegas oleh negara. Negara harus memastikan bahwa Djoko Tjandra tidak mendapat hak yang hanya dimiliki oleh Warga Negara Indonesia, beberapa diantaranya adalah hak untuk mendapat KTP dan Paspor Indonesia.
TANGGUNG JAWAB HUKUM AGEN ASURANSI TERKAIT PRAKTIK FRAUD PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG MERUGIKAN NASABAH Desta Putra Widiyanto; fauziah fauziah
VERITAS Vol 7 No 1 (2021): VERITAS
Publisher : Jurnal Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Islam As-Syafi'iyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34005/veritas.v7i1.1282

Abstract

Insurance agents are part of human resources that offer products directly to prospective insured. If insurance agents do not have adequate quality, increasing the number of agents each year will cause problems for the parties involved. Formulation of the problem: (1) How is the responsibility of the insurance agent to the insurance company and insurance customers. (2) How is the process of resolving fraud cases conducted by insurance agents at insurance companies. The purpose of this research is to find out how the legal responsibility of insurance agents to companies and customers as well as the process of resolving fraud cases committed by insurance agents. The research method in this writing is as follows: The type of research used by the author in this study is normative juridical research and data collection methods which include primary legal materials, secondary legal materials and tertiary legal materials. Insurance agents as representatives of insurance companies in marketing products must be responsible to the insurance company and insurance customers regarding the fraud they have committed, which has been regulated in Law Number 40 of 2014 concerning insurance, the Criminal Code and the Code of Law. Civil law. Forms of legal responsibility and settlement, insurance agents can be subject to criminal sanctions, civil sanctions and administrative sanctions, even in the process of settlement sometimes through mediation based on the agreement of the parties. Abstrak Agen asuransi merupakan bagian dari sumber daya manusia yang menawarkan produk secara langsung kepada para calon tertanggung, jika para agen asuransi tidak memiliki kualitas yang memadai maka dengan bertambahnya jumlah agen tiap tahunnya justru akan menimbulkan masalah bagi pihak-pihak yang terkait. Perumusan masalah: (1) Bagaimana tanggung jawab agen asuransi kepada perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. (2) Bagaimana proses penyelesaian kasus fraud yang dilakukan agen asuransi pada perusahaan asuransi. Tujuan peneletian ini untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab hukum agen asuransi kepada perusahaan dan nasabah serta proses penyelesaian kasus fraud yang dilakukan oleh agen asuransi. Metode penelitian dalam penulisan ini sebagai berikut: Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif serta metode pengumpulan data yang mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Agen asuransi sebagai perwakilan dari perusahaan asuransi dalam memasarkan produk harus bertanggungjawab kepada perusahaan asuransi dan nasabah asuransi terkait tindakan fraud yang telah dilakukannya, yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Bentuk tanggung jawab hukum dan penyelesaiannya, agen asuransi dapat dikenakan sanksi pidana, sanksi perdata maupun sanksi administratif, bahkan dalam proses penyelesaiannya kadang melalui jalur mediasi berdasarkan kesepakatan para pihak.

Page 1 of 12 | Total Record : 116