cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 48 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 48 Documents clear
Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Ade Sintia Wulandari
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.620

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir, melayani, dan mengakui keberagaman siswa dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan preferensi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review. Penelitian diawali dengan mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Kriteria artikel ilmiah yang digunakan sebagai data berupa artikel ilmiah yang bersumber dari jurnal nasional maupun internasional dengan kemutakhiran 10 tahun terakhir yaitu dari tahun 2012-2022. Hasil analisis 17 artikel jurnal diperoleh lebih banyak mengembangkan jenis penelitian PTK dan literature review dari jenis penelitian lainnya. Kemudian instrument yang digunakan cenderung mengukur hasil belajar, gaya belajar serta minat siswa, belum menyentuh ranah lainnya. Belum banyak artikel yang menjabarkan terkait dengan empat pembelajaran diferensiasi.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA Erni Mariana; Kusuma Wardany; Dwi Aprillia Setia Asih
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.621

Abstract

Salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh siswa merupakan pemecahan masalah. meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yakni untuk mempengaruhi pada peningkatan pola pikir siswa. Salah satu metode yang digunakan adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa merupakan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro. Tipe penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain Control Group Posttest Design. Populasi dalam riset ini seluruh kelas VIII SMP Kartikatama Metro, pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling atau pengambilan dilakukan secara acak yaitu terpilih kelas VIII A selaku kelas eksperimen dengan perlakuan model Problem Based Learning serta kelas VIII C selaku kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran langsung yang mewakili populasi. Metode pengumpulan informasi dalam penelitian ini ialah menguji setelah itu dianalisis dengan statistik deskriptif serta inferensial memakai uji-t (Independent Sample t-test). Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro
Efektivitas Modul Stoikiometri Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Ranti Gusti Rahayu; Yerimadesi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.626

Abstract

Telah tersedia modul stoikiometri berbasis guided discovery learning yang telah teruji valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap pembelajaran, sehingga belum dikatakan layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dan disebarkan kepada wilayah yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul stoikiometri berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi-experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas X IPA 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam pembelajaran menggunakan modul berbasis guided discovery learning, sementara kelas kontrol menggunakan sumber lain. Instrumen penelitian berupa soal tes pretest-posttest yang telah valid,reliabel, memiliki daya pembeda soal dan indeks kesukaran yang baik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Keefektifan modul dianalisis berdasarkan nilai n-gain. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata n-gain kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 0,721 sedangkan kelas kontrol 0,620. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung ttabel yaitu 4,18 1,99. Kesimpulannya, pengggunaan modul stoikiometri berbasis guided discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis? Fatimah Millenia Fauziah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena terbatasnya artikel tinjauan terkait hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah systematic literature review guna mengidenfitikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan penelitian yang ada dengan topik yang relevan dengan pertanyaan penelitian yang ditentukan. Jumlah artikel ditemukan sebanyak 43, kemudian tereduksi menjadi 17 yang sesuai dengan research question dan selanjutnya menjadi 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara KPS dengan keterampilan berpikir kritis. Kemdian, pembelajaran berbasis KPS efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria kegiatan pembelajaran memberi pengalaman belajar mencari dan penemuan serta mengarah pada pemecahan suatu masalah dengan metode, pendekatan, atau model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu problem based learning, inquiry discovery learning, inkuiri terbimbing berorientasi proses, dan SETS. Selain itu, penggunaan LKPD berbasis KPS pada kegiatan pembelajaran terbukti efektif penguasaan KPS dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 2 Solok Selatan Pada Materi Hidrolisis Garam Salmar Pepteti; Latisma DJ
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar dan mengungkapkan faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Solok Selatan pada materi Hidrolisis Garam. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membantu guru memberikan solusi terbaik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sebagai mana mestinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes diagnostik berupa essay terstruktur kimia yang sudah valid dan teruji reliabilitasnya. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan pemberian angket/kuisioner untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa, baik dari faktor internal maupun faktor eksternalnya. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada materi asam basa di kelas XI MIPA 1 SMA 2 Solok Selatan berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 62,5% dengan-faktor penyebab kesulitan belajar berupa materi penghambat yaitu stoikiometri sebesar (5,36%), persamaan reaksi larutan (18,75%), dan asam basa (49,11%). Faktor penyebab internal berupa minat belajar sebesar (59,2%), bakat (48,2%), motivasi (69,6%), serta kebiasaan belajar yang kurang baik sebesar (56,7%). Sementara itu faktor penyebab eksternal yang berpengaruh berupa aspek cara mengajar guru sebesar (55,7%), singkatnya waktu pelajaran kimia (51,8%), dan fasilitas sekolah sebesar (71,4%). Faktor lingkungan yang berpengaru berupa lingkungan keluarga sebesar (64,1%) dan lingkungan sosial sebesar (62,2%).
Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa I Made Arya Putra Wibisana; I Nyoman Suardana; Dewa Ketut Sastrawidana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.632

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar e-modul IPA SMP kelas VII berbasis komik berpendekatan jelajah alam sekitar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan yang mengakomodasi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas ahli materi dengan teknik analisis gregory, ahli media dan bahasa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, kepraktisan guru dan siswa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, tes hasil belajar siswa dengan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitian dilakukan dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) e-modul dikemas dengan komik berpendekatan jelajah alam sekitar dilengkapi fenomena alam sekitar, video, dan kuis interaktif. (2) e-modul IPA dinyatakan sangat valid secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 99,7. (3) e-modul IPA dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata 99,3 , sangat valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 1,00. (4) e-modul dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai <gain score> 0,52 dengan kualifikasi sedang.
Efektivitas E-Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 7 Padang Sridefa Rahmi; Yerimadesi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.633

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMAN 7 Padang diperoleh sebanyak 68,6 % peserta didik menyatakan bahwa materi titrasi asam basa sulit dipahami. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan randomized control group pretest posttest desain. Populasi terdiri dari XI MIPA dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes yang telah diuji kevalidannya dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Tingkat efektivitas e-modul dianalisis dari hasil uji n-gain. Hasil n-gain diperoleh pada kelas eksperimen 0,74 pada kategori tinggi sedangkan kelas kontrol 0,62 pada kategori sedang. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa e-modul titrasi asam basa berbasis guided discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VIII Semester II Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Made Laksmi Mahardani; A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika; I Ketut Sudiana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains untuk siswa kelas VIII semester II. Pengembangan mengikuti panduan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil uji efektivitas produk adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Uji efektifitas dilakukan terhadap 32 orang siswa kelas VIII.Hasil analisis data menunjukkan buku ajar IPA berbasis KPS memiliki karakteristik yaitu menerapkan indikator keterampilan proses sains yang secara eksplisit disajikan sebagai subbab dalam setiap materi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata skor validitas buku ajar IPA berbasis KPS pada aspek isi dan penyajian sebesar 86,5% dengan kategori sangat valid, skor validitas aspek bahasa sebesar 88,5% dengan kategori sangat valid, aspek kegrafikaan memperoleh skor validitas sebesar 100% dengan kategori sangat valid.Hasil analisis respons guru terhadap kepraktisan buku ajar IPA berbasis KPS menunjukkan rerata skor sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis. Respon siswa terhadap kepraktisan buku ajar menunjukkan rerata skor sebesar 82,3% berkategori sangat praktis.Skor N-Gain hasil analisis pretest dan posttesthasil belajar siswa sebesar 0,5 dengan kategori efektif. Hasil ini mengindikasikan bahwa pembelajaran yang dilakukan menggunakan buku ajar IPA berbasis KPS yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Validitas E-LKPD Berbasis PBL Tema Energi dan Makanan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Shofiyah Qonitah; Liska Berlian; Lulu Tunjung Biru
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.636

Abstract

Hasil observasi awal kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam berpikir kreatif masih kurang. Sejalan dengan hasil The Global Creativity Index Indonesia berada pada posisi ke 115 dari 139 Negara. Pada kegiatan pembelajaran guru masih kurang beragam model pembelajaran yang digunakan serta kurang menariknya bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis PBL tema energi dan makanan dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dan mengetahui tingkatan validitas E-LKPD berbasis PBL tema energi dan makanan dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian menggunakan metode R&D serta model pengembangan yang dimodifikasi menjadi 3D Thiagarajan. Data didapatkan dari validasi ke validator ahli dan guru secara deskriptif kualitatif kuantitatif dengan penilaian Skala Likert. Persentase validitas didapatkan sebesar 88,56% melalui rincian validator materi 80%, validator media 92,1%, dan validator guru 93,57%. Validitas produk E-LKPD menunjukan hasil yang sangat valid dan sangat layak untuk diterapkan dalam kegiatan proses pembelajaran.
Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Quran terhadap Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu Fatmi Fatmi; Fatrima Santri Syafri; Poni Saltifa
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : LPPM STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v12i3.639

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya menhafal Al-Quran dapat meningkatkan kecerdasan otak sehingga dapat meningkatkan prestasi dalam belajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan menghafal Al-Quran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek 19 siswa kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Pancasila kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data denga soal tes tertulis dan dan lisan, dimana tes tertulis berupa soal pemahaman konsep matematika dan tes lisan berupa hafalan Al-Quran siswa. Analisis data yang digunakan yaitu teknik regresi sederhana. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur'an terhadap pemahaman konsep matematika dengan hasil analisis data yang diperoleh nilai Thitung = 4.533 dan sig = 0,000. Nilai sig lebih kecil dari 0,05. Maka terdapat pengaruh positif antara kemampuan menghafal al-Qur’an dengan pemahaman konsep matematika.