cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 37 Documents clear
Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Pengembangan Instrumen Reni Andriani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Sikap Ilmiah siswa Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian ini adalah metode survei terapan. Data sikap ilmiah siswa sekolah menengah atas diperoleh melalui kuesioner. Enam dimensi dari sikap ilmiah siswa diperiksa dalam penelitian ini, keingintahuan, sikap terbuka, penghormatan terhadap data atau fakta, fleksibilitas dalam berpikir, pemikiran kritis, dan sikap sensitif terhadap lingkungan. Seorang pakar kelompok mengkonfirmasi validitas konten dari Sikap Ilmiah siswa dengan 25 item yang telah diberikan kepada 122 siswa kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas. Data dianalisis menggunakan model Rasch yang memenuhi kriteria unidimensionality, item fit, estimasi kesulitan / kemampuan, reliabilitas, dan fungsi informasi. Hasil dari model Rasch menunjukkan bahwa ada 22 item Sikap Ilmiah yang sesuai dengan model Rasch dan reliabilitas tinggi. Sikap ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas dapat diterima sebagai instrumen yang baik untuk mengumpulkan data. Studi ini menunjukkan bahwa Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas akan terbukti menjadi instrumen yang berguna untuk mengukur sikap ilmiah Siswa Kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas untuk topik laju reaksi dalam pembelajaran kimia.
Lubang Resapan Biopori Sebagai Upaya Pencegahan Bencana Banjir di Kota Palangka Raya Gusti Iqbal Tawaqal; Rudy Yoga Lesmana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.790

Abstract

Air hujan sebelum mencapai permukaan tanah, tertahan oleh vegetasi maupun sampah yang menumpuk di tanah. Air hujan yang dapat mencapai permukaan tanah jika permukaannya tidak kedap air, dapat bergerak masuk ke dalam tanah dengan gaya gravitasi dan gaya kapiler dalam suatu aliran disebut infiltrasi (Seyhan, 1990). Dengan infiltrasi, limpasan permukaan akan terkendali. Lubang resapan biopori (LRB) berperan sebagai pintu masuk bagi air hujan untuk dapat masuk ke dalam tanah. LRB yang diisi sampah organik akan memancing berbagai organisme melakukan pergerakan yang akan memperbesar poti yang ada di dalam tanah untuk mempercepat proses penyerapan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas infiltrasi air hujan di permukaan dan untuk mengetahui jenis sampah yang dapat mempengaruhi laju infiltrasi. Pengukuran laju infiltrasi dilakukan dengan bantuan alat biopori. Secara keseluruhan laju infitrasi maksimum terjadi pada minggu ke 2 sampai minggu ke 5. Pembusukan terjadi tergantung dari komposisi jenis sampah. Pada komposisi daun kering 100% (LRB B) dan sampah dapur 100% (LRB D) peningkatan maksimum terjadi dalam 2 minggu sebanyak 20,97% dan 19,26%. Pada komposisi campuran, pembusukan paling cepat dan paling berpengaruh terjadi pada LRB E3. Keadaan lingkungan seperti cuaca, jenis tanah, curah hujan, luas wilayah, dan tofografi serta faktor lainnya juga dapat berpengaruh terhadap hasil pengujian.
Pengaruh Pemberian Air, MSG (Monosodium Glutamate) dan Garam NaCl terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Cabai (Capsicum Annuum L.) Selvia Selvia; Indah Amelia Jupani; Dea Sartika; Indayana Febriani Tanjung; Febry Ramadhani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.798

Abstract

Capsicum annuum L. merupakan tanaman yang sangat populer di Indonesia. Perawatan tanaman cabai perlu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dan kualitas buah. Penelitian ini dilakukan dengan metode praktik langsung (drill method) dan didukung oleh studi literature dari beberapa ahli. Metode ini memberikan latihan-latihan terhadap materi yang dipelajari tentang Ekologi Tumbuhan. Pada Pengamatan ini dilakukan 3 Perlakuan yaitu menggunakan air, MSG (Monosodium glutamate) dan Garam NaCl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian air, MSG, dan Garam NaCl pada tanaman cabai memiliki pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman yang meliputi tinggi tanaman, jumlah dan panjang daun
Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar Nabila Nur Annisa; Erna Suhartini; Muhammad Ramli Buhari; Andi Asrafiani Arafah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.800

Abstract

Pembelajaran di kelas IV SDN 002 Sepaku selama ini cenderung secara klasikal yang berfokus pada hafalan, serta terikat dengan buku teks yang menyebabkan peserta didik kurang bersemangat pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis STEM pada tema 1 serta mengevaluasi kelayakannya sehingga lebih menarik dan berwarna guna membuat peserta didik semakin termotivasi untuk fokus pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode R&D serta model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil dari analisis kebutuhan diketahui bahwa penggunaan bahan ajar di lokasi masih kurang. Selain itu pada kegiatan pembelajaran guru masih kurang berinovasi dalam pemilihan pendekatan pembelajaran sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Data presentase yang didapatkan dari para validator ahli adalah sebesar 100% oleh validator bahasa, 90,2% oleh validator materi, dan 100% oleh validator media. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan pada kelompok kecil mendapatkan data presentase sebesar 84,6% dan dilakukan kembali uji coba pada kelompok besar dengan hasil presentase 89,25% sebagai penguat penilaian kelayakan dilakukan penilaian oleh wali kelas dengan hasil presentase 90%. Sehingga berdasarkan validitas produk LKPD menunjukkan hasil yang sangat valid yang menunjukkan produk LKPD sangat layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Luthfia Chaira; Hardeli Hardeli
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul berbasis guided discovery learning dengan probing prompting question pada materi termokimia kelas XI SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini research and develompment Model Plomp. Penelitian dilakukan sampai pada Prototyping Phase pada tahap Small Group untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari e-modul yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah Dosen Kimia FMIPA Universitas Negeri Padang, guru kimia dan peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Enam Lingkung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Rumus Aiken’s V untuk mengukur validitas dan Rumus Purwanto untuk mengukur tingkat praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis.
Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di Kabupaten Serang Elva Zahrotun Naqiyah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.810

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, mampu memecahkan masalah yang kompleks untuk menghadapi era globalisasi menghadapi tantangan di masa depan, oleh karena itu peserta didik dapat dibekali dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang didukung melalui evaluasi pembelajaran dalam penilaian akhir semester. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai persentase soal tipe HOTS pada naskah soal penilaian akhir semester dan untuk memperoleh data kategori, karakteristik soal HOTS pada naskah soal penilaian akhir semester. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, instrument dalam penelitian ini adalah daftar kriteria penilaian butir soal berdasarkan indikator dan tingkatan taksonomi Bloom. Hasil penelitian berdasarkan kategori soal PAS IPA didominasi oleh soal tingkat kognitif LOTS dari pada HOTS, karena guru belum memahami mengenai pembuatan soal HOTS dan belum ada pelatihan mengenai HOTS di sekolah sehingga minimnya pengetahuan dan pembuatan soal berbasis HOTS. Maka soal PAS IPA tipe HOTS terdapat sebesar 7,5%, soal tipe MOTS sebesar 4,1% dan soal tipe LOTS sebesar 50,8%. Karakteristik soal yang menunjang berpikir kritis sebesar 5%, soal yang menunjang kemampuan menyelesaikan masalah sebesar 2,5% dan tidak ditemukan karakteristik kemampuan berpikir kreatif.
Pengembangan Buku Panduan Permainan Angin Puyuh dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPA SD Rudi Hartono; I Wayan Suastra; Ida Bagus Putu Arnyana
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.813

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan: (1) untuk mengembangkan panduan permainan angin puyuh menjadi media yg menarik dan menyenangkan & acceptable, menurut kegunaan, ketepatan, kelayakan & relevansi pada menaikkan keterampilan sosial anak (2) buat mengetahui keterlaksanaan kitab pedoman permainan angin puyuh menjadi media yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak yang teridentifikasi pada pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yg menyelidiki pengembangan buku panduan permainan angin puyuh menjadi media yang menarik dan menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dalam pembelajaran pembelajaran IPA sekolah dasar. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan buku panduan permainan angin puyuh sebagai sarana pengajaran yang dapat diterima berdasarkan kegunaan, ketepatan, kelayakan, dan relevansinya untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dalam pembelajaran IPA. (2) buku panduan permainan angin puyuh sebagai sarana pengajaran dan media yang menarik dan menyenagkan khususnya dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran IPA sekolah dasar
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Praktikum terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta didik Yopansius Hefri; Erna Suhartini
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.815

Abstract

enerapan pembelajaran pada kelas 5 di SDN 007 Sungai Kunjang selama ini belum pernah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing sehingga banyak siswa tidak bisa belajar dengan mandiri, para siswa bergantung pada guru dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model inkuiri terbimbing dalam praktikum pada keterampilan psikomorik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini merupakan siswa kelas V A sebanyak 24. Variabel penelitian ini ada 2 yakni, variabel bebas dan terikat. Inkuiri terbimbing (bebas) dan keterampilan keterampilan psikomotorik (terikat). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument penilaian yang dilakukan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Hasil penelitian memperlihatkan adanya pengaruh model inkuiri terbimbing, hal ini dibuktikan dengan nilai koefesien korelasi 0,552 artinya antara model pembelajaran inkuiri terbimbing (X) dan keterampilan keterampilan psikomotorik (Y) terdapat pengaruh yang cukup kuat. Koefisien regresi 0,314.. Setelah dianalisis dengan tabel uji koefisien dan hipotesis ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,04 < probabilitas 0,05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kemudian model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam praktikum berpengaruh terhadap keterampilan psikomotorik siswa sebesar 0,314 atau sama dengan 31,4%. Berdasarkan hasil penelitian, bisa dinyatakan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam praktikum terhadap keterampilan psikomotorik siswa.
Identifikasi Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Dwi Wulandari; Maison Maison; Dwi Agus Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berargumentasi peserta didik pada pembelajaran fisika di SMAN 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dengan informan yang merupakan guru mata pelajaran fisika di kelas XI IPA. Teknik analisis data menggunakan metode Miles and Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi memiliki kemampuan berargumentasi yang rendah pada pembelajaran fisika. Hal tersebut disebabkan oleh pemahaman konsep peserta didik yang rendah yang menyebabkan peserta didik sulit untuk berargumentasi pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu penting bagi guru untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik agar peserta didik tidak mengalami miskonsepsi sehingga peserta didik mampu beragumentasi dan aktif dalam pembelajaran. Pemahaman konsep dan kemampuan berargumentasi memiliki hubungan satu sama lain. Tingkat pemahaman konsep pada peserta didik dapat diketahui dari kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan dan mengulangi kembali materi yang telah didapat selama proses pembelajaran dikelas.
Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21 Arief Muttaqiin
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i1.819

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan salah satu tuntutan kurikulum dan seringkali dilatihkan kepada peserta didik, baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi untuk mempersiapkan peserta didik yang mampu bersaing di dunia kerja. Penerapan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada proses pembelajaran dapat merangsang peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan mampu mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan menantang yang dihadapinya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menyajikan informasi dan hasil analisis artikel penelitian tentang pendekatan STEM pada pembelajaran IPA dan hubungannya dengan keterampilan abad 21. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kajian literatur (literature review). Hasil kajian dari beberapa literatur dan artikel penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEM pada pembelajaran IPA seringkali dikombinasikan dengan berbagai model pembelajaran agar terdapat langkah-langkah yang sistematis. Hasil-hasil penelitian juga mengungkap bahwa pendekatan STEM yang diterapkan di kelas memiliki dampak yang positif terhadap keterampilan abad 21 peserta didik. Temuan dalam penelitian ini berimplikasi pada alternatif penerapan pendekatan STEM pada kurikulum di Indonesia dalam rangka meningkatkan keterampilan abad 21 peserta didik melalui model-model pembelajaran yang merangsang keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran IPA.

Page 1 of 4 | Total Record : 37