cover
Contact Name
asriyadin@gmail.com
Contact Email
asriyadin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asriyadin@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880294     EISSN : 26219166     DOI : https://doi.org/10.37630/jpm
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam.
Arjuna Subject : -
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA" : 41 Documents clear
Analisis Kebutuhan Belajar pada Mata Kuliah Metode Eksperimen Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi Asy-syifa Ainil Umayroh; Menza Hendri; Dian Pertamaiwi Rasmi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika. Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif kualitatif karena menggambarkan kebutuhan belajar mahasiswa pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika. Subjek pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Pendidikan Fisika angkatan 2020 Universitas Jambi yang telah mengontrak mata kuliah tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara. Berdasarkan hasil peneleitian ini menunjukkan pada mata kuliah Metode Eksperimen Fisika ini mahasiswa membutuhkan sebuah bahan ajar berupa lembar proyek mahasiswa atau buku panduan dalam eksperimen.
Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan Berbasis Solar Cell pada Pembelajaran IPA Ega Marita Delima; Afrizal Mayub; Euis Nursa’adah
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.889

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan alat peraga energi terbarukan berbasis solar cell pada pembelajaran IPA yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasai hingga tahap development untuk menentukan validitas isi dari alat peraga yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX dan guru IPA SMPN 4 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data berupa angket siswa, angket validasi ahli dan panduan wawancara guru. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik persentase dan rumus Aiken’s V untuk mengukur validitas alat peraga yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan valid (layak) dengan nilai rata-rata indeks Aiken sebesar 0,98 yang telah melampaui standar batas minimal Aiken’ V untuk penelitian ini yaitu 0,92.
Pengembangan E-Modul Tema Sehatkan Bumiku untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII Arief Rizki Ramadhan; Liska Berlian; Adi Nestiadi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.891

Abstract

Salah satu bahan ajar atau media yang praktis, menarik dan dapat dikembangkan yaitu e-modul. E-modul adalah media yang dapat menyampaikan empat bentuk informasi berupa gambar, audio, video dan animasi. E-modul tema Sehatkan Bumiku dikembangkan berdasarkan analisis masalah pada latar belakang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul tema Sehatkan Bumiku untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono hanya dilaksanakan sampai 5 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, perbaikan desain produk. Instrumen yang digunakan untuk uji kevalidan yaitu lembar penilaian validasi ahli materi, ahli media, dan guru IPA. Data analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan e-modul tema “Sehatkan Bumiku” untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII menurut ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 84,26% dengan kategori “Sangat Valid” dan guru IPA memperoleh nilai persentase sebesar 88,67% dengan kategori “Sangat Valid”.
Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dewanta Eka Putra Bagus; Rusdianto Rusdianto; Supeno Supeno
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.893

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui berupa rendahnya penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran, yang dikembangkan secara khusus supaya dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Modul aplikasi merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi terkini. Media ini telah disesuaikan dengan perkembangan jaman yang menuntut pengaplikasian teknologi dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami informasi yang diberikan. Modul didesain terintegrasi dengan fitur Virtual Reality (VR) yang dapat menstimulus siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektifitas modul aplikasi berbasis android yang memiliki fitur VR dan gambar 360, dalam meningkatkan HOTS siswa SMP melalui topik pencemaran lingkungan. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai validasi aplikasi sebesar 95%, nilai efektivitas aplikasi sebesar 95%, dan nilai n-gain berdasarkan hasil pretest dan posttest sebesar 0.66 yang menyatakan bahwa bahwa aplikasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kategori sedang.
Implementation of Problem Based Learning By Using Authentic Assessment to Improve Students’ Activity and The Ability of The Students to Solve Problem Muda Sakti Raja Sihite; Lena Rosdiana Pangaribuan
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.895

Abstract

The learning process of Mathematic in a conventional way took place in classroom was dominated by a teacher and gave less opportunity for the students to be more active in the learning process. Problem Based Learning by using Authentic Assessment is one of the alternatives to improve students’ activity in solving problems. This is a classroom action research. This research is focused on the improvement of students in problem solving; and improve the students’ activity. The instrument in this research consists of test in solving problem in Equation and Quadratic Function. Data Processing is done to find out the improvement of problem solving ability, students’ activity and teachers’ ability in managing teaching learning process. The result of the research shows: (1) The application of problem based learning by using authentic assessment improves the problem solving ability of mathematics. On 1st cycle, it is found 62.5% from the students has the ability of problem solving in the average of moderate. On 2nd cycle 85% of the students gets the average of moderate. (2) It is concluded that the students’ problem solving ability and the level of students’ activity are improve.
Efektivitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory pada Materi Asam Basa terhadap Hasil Belajar Siswa Elsa Aprilli; Andromeda Andromeda
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Basa Ampek Balai tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda yang memiliki validitas, reliabelitas, daya beda, serta indeks kesukaran dengan kategori soal baik. Efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory dapat diketahui melalui uji n-gain. Analisis n-gain diperoleh hasil dengan nilai g = 0.801 yang menyatakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory pada materi asam basa memiliki kategori tinggi sehingga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
The Effect of Discovery Learning Model On The Learning Outcomes of Sciences (Physics) In Junior High School Students Januaris Pane; Bajongga Silaban; Viktor Alexander Baene; Hebron Pardede; Juliper Nainggolan; Jojor Silalahi
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.921

Abstract

This study aims to determine the effect of the discovery learning model on student learning outcomes on simple aircraft material in class VIII UPT SMP Negeri 12 Medan. The research method used was a quasi experiment with a population of 284 students of class VIII UPT SMP Negeri 12 Medan. The sampling technique used was purposive sampling, namely class VIII 6 and VIII 7 each as an experimental class and control class. The instrument used was a multiple choice test of learning outcomes as many as 20 questions. Before being given treatment, a prerequisite test was first carried out to determine whether the sample came from a normally distributed and homogeneous population. Furthermore, the pretest was given to the experimental class and control class with an average score of 48.83 and 48.67 respectively with a standard deviation of 16.59 and 16.45, After the treatment was followed by giving the posttest, the average score was 80.83 and 66.00 respectively with a standard deviation of 11.52 and 15.05. To see the difference in the two classes, a one-sided t-test was conducted with  = 0.05, it was found that the t-count was greater than the t-table which indicated that there was a difference in learning outcomes in the two classes. Furthermore, the magnitude of the effect of the discovery learning model on learning outcomes was carried out a simple regression test, with the equation "Y" ̅ = "57.19 + 0.11X". Finally it was concluded that there was a significant effect of the discovery learning model on the learning outcomes of students of SMP Negeri 12 Medan on simple aircraft material.
Efektivitas Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar di Madrasah Aliyah Yunita Lestari A; Iryani Iryani
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.925

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an yang telah diuji validitas dan pratikalitasnya, tetapi belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X MIPA MAN 2 Kota Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, sebagai sampel kelas X MIPA 6 dan 7. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Hasil nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh 0.84 dengan kategori tinggi sedangkan nilai N-gain kelas kontrol adalah 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu Thitung (9,3) > Ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an efektif meningkatkan hasil belajar di Madrasah Aliyah.
Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Rachmat Rizaldi; Syahwin Syahwin; Uswatun Hasanah.S
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.931

Abstract

Kemajuan Pendidikan tidak terlepas dari kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Kreatifitas guru dalam membuat suatu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan menjadi faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Guru mampu merancang suatu media pembelajaran sesuai perkembangan zaman dan tidak terlepas dari tuntutan kurikulum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perangkat ajar E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains yang valid. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D. Tahapan-tahapan dalam 4-D model terdiri atas beberapa fase, yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji validitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data validitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji validitas didapatkan bahwa Bahan Ajar dalam bentuk E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL terhadap ketrampilan Proses Sains siswa dengan kategori sangat valid dengan nilai 88,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL dapat diujicobakan.
Keragaman Jenis dan Kerapatan Tumbuhan Air di Sungai Mandau Kabupaten Siak Provinsi Riau Lauura Hermala Yunita; Fiki Harjuni; Yoppie Wulanda; Septy Heltria; Ester Restiana Endang Gelis
JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Publisher : Pusat Publikasi Ilmiah, STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpm.v13i2.933

Abstract

Sungai Mandau merupakan sungai yang terdapat di Kabupaten Siak dimana aliran sungai ini mengalir sepanjang kurang lebih 137 km melewati beberapa wilayah dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak. Dipinggiran sungai terdapat pemukiman penduduk, perkebunan dan di tumbuhi dengan tumbuhan air. Penelitian ini untuk melihat keragaman jenis dan kepadatan tumbuhan air yang ada di sungai tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2022. Metode dalam penentuan stasiun penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengambilan sampel tumbuhan air dilakukan berdasarkan metode Transek Garis. Identifikasi tumbuhan air menurut Van Steenis (1981). Dalam penelitian ini bahwa jenis tumbuhan air yang terdapat di Sungai Mandau terdiri dari 6 familia dan 7 jenis, yaitu familia Pontederiaceae, Convolvulaceae, Poaceae, Cyperaceae, Salviniaceae, Pandanaceae dan jenis tumbuhan air adalah Eichhornia crassipes, Pontederia cordata, Ipomoea aquatic, Panicum repens, Cyperus rotundus, Salvinia sp., Pandanus sp. Kerapatan rata-rata tumbuhan air yang ada Sungai Mandau berkisar 26.7 – 46.5 individu/m2. kerapatan yang memiliki nilai tertinggi terdapat pada stasiun II yaitu dengan rata-rata 46.5 individu/ m2, sedangkan kerapatan terendah terdapat pada stasiun III dengan rata-rata 26.7 individu/ m2. Kerapatan relatif jenis tumbuhan yang paling tinggi yaitu jenis Eichhornia crassipes yaitu berkisar 37-46% dan yang terendah terdapat pada jenis tumbuhan Salvinia sp yaitu I7-8%.