cover
Contact Name
Putri Hana Pebriana
Contact Email
putripebriana99@gmail.com
Phone
+6285321149444
Journal Mail Official
konselingjpdk@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : ISSN2685     EISSN : 2685936X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Articles 94 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling" : 94 Documents clear
Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Etnis Sumba Marlon Landu Jawa; Christiana Hari Soetjiningsih
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.76 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.2642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa etnis Sumba. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan partisipan berjumlah 80 orang. Variabel self-efficacy menggunakan teori Bandura (1997) yang terdiri dari 27 item dan variabel kecemasan menggunakan teori James C. McCroskey (1984) yang terdiri dari 36 item. Metode penelitian yang dipakai dalam pengumpulan data dengan metode skala, yaitu skala general self-efficacy (GSE) dan skala personal raport communication apprehension (PRCA-24). Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan diperoleh koefisien korelasi -0,201 dengan nilai sig. = 0, 000 (p < 0,001). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa etnis Sumba.
Pengembangan E-book Berbasis PMRI Materi Perkalian Bilangan Bulat Kelas V SD Meisy Fransiska; Nila Kesumawati; Nora Nurmilasari
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.37 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.2800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book matematika berbasis PMRI dimana siswa dapat menghubungkan pembelajaran dengan hal-hal yang nyata. Dengan menggunakan e-book diharapkan siswa dapat memahami materi dengan mudah dan dapat memotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan e-book berbasis PMRI materi perkalian bilangan bulat yang valid untuk siswa kelas V SD. (2) Menghasilkan e-book berbasis PMRI materi praktikum perkalian bilangan bulat untuk siswa kelas V SD. (3) Mengetahui potensi pengaruh pengembangan e-book berbasis PMRI pada materi perkalian bilangan bulat siswa kelas V SD yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Toman. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan validasi angket ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori sangat valid dengan kriteria 3,8. dan persentase rata-ratanya adalah 91,66%. Kuesioner kepraktisan termasuk dalam kategori praktis dengan persentase rata-rata 92,90%. Dan rata-rata hasil potensi pengaruh yang diperoleh dari hasil tes siswa sebesar 82,10%. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul Pengembangan e-book berbasis PMRI pada materi perkalian bilangan bulat untuk siswa kelas V SD, disimpulkan bahwa e-book yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Kata kunci: e-book, perkalian, PMRI
Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetiton (Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Liana Liana; Amir Luthfi; Nurnalina Nurmalina
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.831 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.2852

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model Konvensional menerapkan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) yang diterapkan pada kelas eksperimen disbanding kelas kontrol yang menerapkan model Konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 13 siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dan 13 siswa kelas kontrol yang menerapkan model konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan teknik purposive sampling. Pengembilan data menggunakan instrument tes berpikir kritis berbentuk essai yang telah diuji validitas, reabelitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Analisis data menggunakan uji t menggunakan program SPSS forwindows version 21. Dilihat dari perbandingan thitungdengan ttabel, dimana pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitunglebih besar dari ttabel (3,39 > 2,797 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 
Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Darmadi; Ayu Safitri; Anggraeni Dyah Wardani; Widya Ambar Serly
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.271 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3074

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang memiliki peran penting dalam pengembangan kompetensi siswa. Mata pelajaran matematika diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan masalah, melalui proses berhitung serta berpikir. Dalam pembelajaran berbasis kurikulum 2013, siswa dituntut untuk dapat berpikir kritis. Berfikir kritis termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi yang sering disebut sebagai HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran matematika berbasis HOTS yang merupakan bagian dari kurikulum 2013 terhadap kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 6 guru Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari 5 Sekolah Dasar (SD) yang berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 7 buah pertanyaan terkait dengan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis HOTS sebagai bagian dari Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online melalui media google form. Analisis data bersifat induktif/kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 sampai dengan 31 Oktober 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis HOTS yang merupakan bagian dari kurikulum 2013 sangat efektif bagi siswa karena dapat melatih keaktifan dan kreativitas siswa. Selain itu, dengan adanya kurikulum 2013, siswa dipermudah untuk aktif bertanya pada guru sehingga hal ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa.
Pendidikan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah Sejahtera Sebagai Kepedulian Terhadap Lingkungan Prasita Puspita Sari; Eva Lafiani; Sofiyatus Sholikhah; Nur Ngazizah
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.829 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keperdulian masyarakat terhapat lingkungan melalui program Bank Sampah Sejahtera sebagai pendidikan lingkungan masyarakat di desa Salam, Gebang, Purworejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data-data yang bersumber dari hasil wawancara, catatan lapangan, video, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan desa Salam telah mulai menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk peduli dengan sampah. Penanganan dan pengelolaan sampah yang benar sangat penting untuk dilakukan sehingga menjadi tempat untuk belajar tentang pengelolaan sampah yang benar, memulai membangun kesadaran akan penanganan dan pengelolaan sampah dengan membentuk bank sampah berbasis pendidikan lingkungan. Bank Sampah Sejahtera ini berpotensi untuk tumbuh dan berkembang dengan konsisten melakukan kegiatan menabung sampah yang telah berlangsung.
Implementasi Kurikulum 2013 Saat Pembelajaran Daring di MAN 2 Madiun Melalui Tahapan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Anggi Puspitasari; Inani Mahmudah; Clariesa Alit Maharani; Intan Diyah Pratiwi; Darmadi
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.798 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3297

Abstract

Indonesia adalah negara yang selalu berusaha mengikuti perkembangan Era Globalisasi dan persuasi, setiap pergantian Kepala Negara (Presiden) juga Pergantian Menteri Pendidikan maka perubahan kurikulum pun dilakukan. Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan hingga akhirnya kurikulum baru lahir pada tahun 2013, yang biasa kita sebut Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 berjalan cukup baik di beberapa sekolah. Namun pada tahun 2020 di berbagai negara di dunia mengalami pandemi covid-19, hal itu berdampak pada pembelajran sekolah di Indonesia. Yang biasanya siswa melakukan pembelajaran luring kini pembelajaran dilakukan secara daring. Sesuai dengan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Bagaimana Penerapan Kurikulum 2013 saat pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 2 Madiun”. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang berdasarkan angka dan data selain itu juga menggunakan penelitian pustaka. Dari hasil penelitian terdapat beberapa problematikayang dialami peserta didik dan guru seperti kurangnya pemahaman materi, sulitnya berkomunikasi, penguasaan tekonologi. Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak hal dalam dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik, guru harus mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi agar kegiatan pembalajaran tetap berjalan dengan baik selama pandemi COVID-19.
Hubungan antara Faktor Internal dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19 Andriyan Ino Ponto; Fajar Adinugraha; Riska Septia Wahyuningtyas
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.374 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3320

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor internal belajar siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Selain itu, untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa selama pembelajaran daring. Selanjutnya, untuk menganalisis hubungan antara faktor internal belajar dan hasil belajar Biologi siswa. Metode penelitian menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada Juli-Oktober 2021. Sampel berjumlah 148 responden dari Kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, dan XI MIPA 4. Data berupa faktor internal dan hasil belajar Biologi yang dianalisis secara statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika inferensial menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Faktor internal yang dominan di Kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta secara berurutan adalah faktor kesehatan=faktor motivasi > faktor minat > faktor kebugaran > faktor bakat. Hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta berada di atas KKM dengan skor rerata 76.13. Terdapat hubungan/korelasi positif antara faktor internal dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 37 Jakarta. Rendahnya nilai koefisien korelasi kemungkinan disebabkan oleh faktor lain di luar faktor internal belajar siswa.
Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca Andryan Vania Amanda; Febria Indah Lestari; Ranisha Dian Insani; Febrina Dafit
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.654 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3334

Abstract

Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca Keterampilan berbahasa khususnya membaca merupakan suatu keterampilan yang perlu dikembangkan karena membaca merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pemahaman tentang sesuatu. Membaca semakin penting dalam kehidupan masyarakat, karena setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca dan kemampuan membaca merupakan tuntutan realitas kehidupan sehari-hari manusia. Pembelajaran integratif berdiferensiasi dikembangkan berdasarkan pendekatan pembelajaran integratif dan pendekatan diferensiasi. Pembelajaran integratif secara dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran baik dalam hal materi, kecakapan hidup, maupun konteks dunia nyata. Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca adalah ancangan (kebijakan) pembelajaran bahasa dengan menyajikan materi pelajaran secara terpadu yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan ajar sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah. Metode integratif dapat juga diartikan sebagai penyatuan dari berbagai aspek kedalam suatu keutuhan. Dalam pengajaran bahasa, konsep Integratif Diferensiasi Penerapan Membaca mengacu pada pengertian materi bahasa secara utuh.
Multiliterasi Penerapan Menulis Adriansyah; Beta Salsabilla; Nurhaliza Putri Sabila; Febrina Dafit
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.332 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3335

Abstract

Proses pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman, atau sesuai dengan tuntutan pada abad sekarang ini. Multiliterasi merupakan paradigma baru dalam pembelajaran literasi. Pembelajaran literasi berimplikasi pada munculnya konsep multiliterasi. Konsep multiliterasi muncul karena manusia tidak hanya membaca atau menulis, namun mereka membaca dan menulis dengan genre tertentu yang melibatkan tujuan sosial, kultural, dan politik yang menjadi tuntutan era globalisasi, maka hal ini menjadi dasar lahirnya multiliterasi dalam dunia pendidikan. Penerapan pembelajaran literasi menulis diartikan sebagai sebuah proses yang ditujukan agar mampu mengembangkan serangkaian aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan dalam rangka menghasilkan sebuah tulisan yang berilmu melalui proses menulis yang berkelanjutan di bawah bimbingan, arahan serta motivasi guru. Pembelajaran menulis haruslah menekankan proses menulis yang sesungguhnya sehingga pembelajaran menulis tidak hanya sekadar menekankan pada produk menulis. Pembelajaran menulis pun harus dilakukan guru dengan mengaitkannya dengan keterampilan berbahasa yang lain khususnya membaca. Tulisan yang dibuat siswa haruslah tulisan otentik yang bermakna dan bermanfaat bagi siswa.
Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah Aldi Jasmanto; Betaria Putra; Novi Novrita
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.343 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i1.3352

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah. Penelitian merupakan jenis penelitian eksperimen (exsperiment research). Populasi dalam penelitian berasal dari mahasiswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah yang berjumlah 33 orang. Sampel penelitian berasal dari kelas kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-T. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa yang menggunakan media animasi dalam pembelajaran biologi dikelas XI IPA MAS Koto Rendah diperoleh rata-rata sebesar 82.29 dengan standar deviasi 9.506, 2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media animasi dalam pembelajaran biologi dikelas XI IPA MAS Koto Rendah diperoleh rata-rata sebesar 68.55 dengan standar deviasi 6.642, 3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA MAS Koto Rendah dengan nilai uji-T sebesar 0.00 < 0.05

Page 1 of 10 | Total Record : 94