cover
Contact Name
Putri Hana Pebriana
Contact Email
putripebriana99@gmail.com
Phone
+6285321149444
Journal Mail Official
konselingjpdk@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : ISSN2685     EISSN : 2685936X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Articles 884 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling" : 884 Documents clear
Bahasa Arab Bagi Muslim Indonesia antara Identitas dan Cinta pada Agama Iis Susiawati; Dadan Mardani
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.51 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.5432

Abstract

Bahasa Arab di Indonesia bagaikan bahasa kedua setelah bahasa Indonesia. Umat muslim Indonesia, mengenai identitas dan kecintaannya pada agama terkadang menarik perhatian saat dikaitkan dengan bahasa Arab, yang merupakan bahasa kitab suci agamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana seorang muslim mencintai agama dan bahasanya, bagaimana posisi bahasa Arab sebagai identitas seorang muslim ditinjau dari rasa cintanya pada agama, dan upaya apa saja yang telah dilakukan seoramg muslim untuk menunjukkan kecintaannya pada agamanya. Untuk memenuhi tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi teks, penelaahan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis teks secara deskriptif pada sumber-sumber kepustakaan yang ditemukan dan relevan dengan topik yang sedang diteliti. Hasil temuan disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menjelaskan fakta yang ada dengan rinci dan detail. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa bahasa Arab sebagai bahasa ilmu, bahasa agama, bahasa budaya, dan bahasa komunikasi internasional tentunya baik dan mestinya dipelajari serta dikuasai oleh umat islam yang kitab sucinya berbahasa Arab, serta kesulitan dan segala kendala dalam mempelajari bahasa Arab tentunya ada, akan tetapi bagi seorang pecinta tentunya bukan penghalang baginya untuk terus maju meneruskan belajar bahasa Arab yang merupakan identitas dan ekspresi cintanya kepada Islam, agama yang dipeluknya dengan penuh ketakwaan.
Trend Of Research Design On Teaching English As A Foreign Language Afro' Desinta; Y. Gatot Sutapa Yuliana
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.89 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6395

Abstract

This study aims to describe the results of content analysis on the Trend Of Research Design On Teaching English As A Foreign Language for two years (2020-2022) on the Scopus index. The research design used is quantitative with content analysis of 42 search results manuscripts using publish or perish. The results of this study found that the research design trend of Teaching English As A Foreign Language was dominated by Qualitative n = 8 (19%) and Mix method n = 8 (19%). And the least is Quantitative case study and Qualitative content analysis n= 1 (2%). Thus, the author recommends for future research on Teaching English As A Foreign Language to further explore the design of quantitative case studies and qualitative content analysis. Whether as a research thesis, master thesis, and dissertation.
Meningkatkan Karakter Semangat Kebangsaan pada Siswa SD (Sekolah Dasar) Melalui Pembiasaan THK (Tri Hita Karana) I Gusti Ayu Indah Paramita; I Gusti Agung Ayu Wulandari
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.423 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter semangat kebangsaan pada siswa Sekolah Dasar melalui pembiasaan Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 10 Pedungan dengan subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa fase yaitu tahap perencanaan, implementasi tindakan, tahap pemantauan, evaluasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 91,7% siswa dapat terbiasa mendengarkan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib nasional; 70% siswa dapat mempertahankan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik; 100% siswa menunjukkan sikap kerja sama dengan teman yang berbeda agama; 75% siswa menunjukkan semangat untuk mengobarkan semangat nasionalisme; serta 62,5% siswa dapat meyakini adanya persamaan hak dan kewajiban antar teman. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembiasaan Tri Hita Karana dapat meningkatkan karakter semangat kebangsaan siswa kelas V Sekolah Dasar.
Analisis Nilai Karakter Kedisplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SDN 08 Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 Sonia Yulia Friska; Pernando Jefri Okta; Anggrayni Anggrayni
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.272 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6535

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai karakter kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 08 Sungai Rumbai. Peneliti ini menggunakan penelitian deskripif  kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pembina pramuka dan 5 siswa puta, 5 siswi putri. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.                Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter kedisiplinan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 08 Sungai Rumbai yaitu ada beberapa indikator peserta didik yang memiliki karakter kedisiplinan, hal ini dapat dilihat dari proses belajar di kelas maupun di kegiatan ektrakurikuler pramuka antara lain hadir tepat waktu, mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran, taat peraturan sekolah. Dari hal tersebuat dapat meningkatkan peserta didik untuk disiplin.
Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo Nurhayati Nurhayati; Zeinul Arifin; Ratna Damayanti
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.803 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6537

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan dengan menerapkan teori Bruner, dimana isi teori Bruner adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan (1) tahap enaktif; pembelajaran dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi nyata, (2) tahap ikonik; dipresentasikan dalam bentuk bayangan visual atau gambar dan (3) tahap simbolik; menuliskan simbol-simbol yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Desain penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin dengan subyek penelitian 8 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi bilangan pecahan, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (planning) (ii) aksi atau tindakan (acting) (iii) observasi (observing) dan (iv) refleksi (reflecting). Penerapan teori Bruner melalui tahap enaktif, ikonik dan simbolik dapat meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan siswa kelas VII. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 75,83% dan pada siklus II sebesar 85%. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,33% berada pada kategori sangat baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 96% berada pada kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,67% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 92% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, berarti penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bilangan pecahan di kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan.
Manajemen Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) Guna Mempersiapkan Asesmen Kompetensi Mahasiswa (Studi Deskriptif Tentang Penyusunan Materi Uji Kompetensi di LSP-PI UNPAS Bandung dan LSP-PI POLTEK TEDC Cimahi) Reksi Agusjaya; Deti Rostini; Wiwik Dyah Aryani
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.87 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6538

Abstract

Kesenjangan materi pembelajaran di Perguruan Tinggi yang kurang mengikuti perkembangan kebutuhan dunia industry, dunia usaha, maupun bidang kerjanya (DUDIKA) seperti yang di amanahkan dalam PP Nomor 8 tahun 2012 tentang pembelajaran berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan kriteria kemampuan bidang kerja, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kewajiban Perguruan Tinggi memberikan SKPI bagi lulusannya, dengan bukti sertifikat kompetensi sesuai UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan berupa bukti sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dimana sertifikat kompetensi ini menjadi tolak ukur dan bukti kemampuan lulusan perguruan tinggi yang diakui secara Nasional. Proses Sertifikasi Kompetensi Kerja, harus dilakukan secara sistematis, obyektif dan mengacu kepada Standar Kompetensi yang ditetapkan oleh BNSP; maka diperlukan Manajemen / Tata kelola yang baik dalam mempersiapkan pembuatan MUK (Materi Uji Kompetensi) sesuai aturan yang ditetapkan oleh BNSP. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan GR. Terry dalam Daeng. A (2014:9), Manajemen merupakan proses tindakan seperti Merencanakan, Mengorganisasi, Menggerakkan, dan Mengelola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan studi literatur (library research), dimana data hasil observasi, wawancara dianalisis, diarahkan untuk memperoleh pemahaman, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada penyusunan Materi Uji Kompetensi, berupa (1) Perencanaan untuk menentukan skema sertifikasi (2) Pengorganisasian dengan terciptanya pembagian tugas yang baik dan tertib; (3) Pelaksanaan sesuai dengan skema yang diperlukan sebagai profil kelulusan prodi; (4) Evaluasi dilakukan secara berkala di dalam sistem penjaminan mutu LSP. Simpulan dari penelitian ini bahwa, Manajemen Penyusunan MUK guna mempersiapkan asesmen kompetensi mahasiswa sudah terlaksana, hanya belum semua prodi mempunyai skema sebagai profil kelulusan mahasiswa.
Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Quantum Teaching pada Siswa Kelas III MTs. Harapan Mutiara Kecamatan Seruway Aceh Tamiang Sulaiman W.
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.686 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6540

Abstract

Motivasi belajar merupakan daya penggerak psikis dalam diri seseorang untuk dapat melakukan kegiatan belajar dan menambah keterampilan serta pengalaman. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktiviatas siswa dalam belajar dengan menggunakan pendekatan quantum teaching terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri empat langkah; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi yang dimulai dari kondisi awal, sebelum tindakan sampai akhir siklus. Data dianalisa dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan quantum teaching dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Evaluasi Program Pembelajaran Kitab Kuning dengan Model Cipp di Pondok Pesantren Yati Kampung Baru Nagari Kamang Mudik Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam Lisa Yunita; Junaidi Junaidi; Yefi Dewi; Supratman Zakir
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.538 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6543

Abstract

Adapun latar belakang penelitian ini adalah problematika pembelajaran kitab kuning yang berlangsung lebih kurang dua tahun ini di Pondok Pesantren YATI semakin meredup. Hal itu terlihat ketika penulis melakukan ujicoba siswa untuk menjawab pertanyaan acak seputar materi pelajaran kitab kuning. Hasilnya tidak ada siswa yang mampu menjawab dengan baik. Selanjutnya, pada umumnya pesantren tradisional belum mengenal sistem penilaian (evaluasi). Kenaikan tingkat cukup ditandai dengan bergantinya kitab yang dipelajari. Dengan kata lain potensi lulusan pondok pesantren langsung ditentukan oleh masyarakat konsumen. Penilaian akademik semacam itu tentu saja sulit dikembangkan dan dibudidayakan dalam dunia modern ini mengingat akan produk pendidikan yang semakin berkembang dan formal. Dalam situasi demikian dunia pesantren menjadi amat penting untuk membuktikan dan mengembangkan sistem penilaian yang komprehensif, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dan tentu saja perlu menentukan kriteria penilaian, penyusunan program penilaian, pengumpulan data nilai, serta menentukan penilaian kedalam kurikulum. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. penelitian deskriptif, merupakan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fenomena atau hubungan antar fenomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduski data dengan menyajikan seluru dakta dan fakta di lapangan. Dalam menguji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Triangulasi data adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konteks dilihat dari kebijakan kurikulum program pembelajaran kitab kuning, dukungan madrasah terhadap pembelajaran kitab kuning, serta dukungan orang tua siswa. Evaluasi Input terdiri dari Konsistensi pada asas tafaqquh fiddin, Pendidik, Peserta didik, Sarana dan prasarana, Rujukan mata pelajaran kitab kuning, Pendanaan (Biaya). Evaluasi proses bahwa proses pembelajaran telah berjalan dengan lancar. Evaluasi produk atau hasil dari program pembelajaran telah dilaksanakan evaluasi akhir dan berdampak adanya utusan pesantren untuk perwakilan lomba kitab tingkat nasional.
Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Pendukung oleh Guru BK di MAN 3 Langkat Ade Chita Putri Harahap; Ade Maulida Rahmi; Aini Jahara; Amalia Anjani Purba; Anggreini Ayu Lestari Br Sembiring; Alfia Andriany Hasibuan
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.943 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6544

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di MAN 3 Langkat. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian Koordinator BK, Kepala Sekolah dan Siswa/i MAN 3 Langkat. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Proses analisis data dimulai dengan menelaah hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Selanjutnya data tersebut direduksi, kemudian disajikan dalam bentuk uraian naratif dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis yang penulis dapatkan dari penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum kegiatan pendukung bimbingan dan konseling MAN 3 Langkat sudah dilaksanakan oleh guru pembimbing. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya buku data pribadi siswa yang secara khusus untuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling di MAN 3 Langkat. Kegiatan bimbingan dan konseling di MAN 3 Langkat kegiatan pendukung meliputi; aplikasi instrument data siswa, konferensi kasus, kunjungan rumah dan alih tangan kasus dengan kategori cukup baik.
The Role Of Msme Financial Management In Indonesia As A Strategy In The New Normal Time Of Covid-19 Abu A'la Abdullah; Faisal Saharuddin; Ridwan Fahrozi
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.67 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v4i5.6545

Abstract

Penelitian ini akan dilakukan untuk mengetahui bagaimana sebuah UMKM dapat bertahan dan terus berkembang ketika menjalankan usahanya sendiri selama masa Covid-19 dengan menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data tersebut berasal dari berbagai hasil penelitian dan penelitian sebelumnya yang masih relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa masih banyak UMKM yang belum menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Selama ini pelaku UMKM hanya mencatat keuangan masuk dan keluar. Bagi pelaku UMKM sendiri, pelaporan keuangan cukup sulit dan juga merepotkan. Selain itu, sebagian besar pelaku UMKM juga belum mengetahui pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, sehingga pelaksanaannya tidak dilakukan dengan baik. Kajian ini kemudian memberikan lima strategi yang dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM dalam permasalahan pengelolaan keuangannya.

Page 1 of 89 | Total Record : 884